Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Membuat Kerupuk Ikan yang Pedas dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Ikan yang Pedas dan Gurih

Kerupuk Ikan Pedas

Kerupuk ikan merupakan salah satu kerupuk yang memang banyak digemari oleh pecinta kerupuk. Salah satunya adalah kerupuk Ikan Pedas. Dan disini kami akan sajikan cara membuat kerupuk ikan pedas.

Kerupuk ikan yang memang mengandung banyak protein serta kandungan lain karena tersebut dari ikan asli ini memang rasanya sangat menggoda sehingga tidak heran jika banyak penggemar kerupuk ikan.

Kerupuk ikan adalah salah satu makanan yang banyak dijual di swalayan atau tempat lain nya, kerupuk yang merupakan salah satu makanan yang biasanya wajib ada ketika makan memang tidak bisa dilewatkan begitu saja, sehingga banyak pasar tradisional yang pasti menjual kerupuk ikan ini.

Penting juga…! Macam-macam Jenis Kerupuk Ikan Dan cara Membuatnya.

 Cara Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih

Apakah anda salah satu penggemar kerupuk ikan? Tentu anda ingin tahu cara membuat kerupuk ikan yang pedas dan gurih? Dengan begitu anda bisa saja membuat kerupuk ikan sendiri dan mencoba nya apakah anda bisa membuatnya sehingga anda tidak perlu lagi untuk membeli kerupuk ikan diluaran.

Anda juga bisa menggunakan kesukaan anda terhadap kerupuk ikan sebagai suatu usaha yang bisa mendatangkan keuntungan bagi anda, tidak ada salah nya jika anda menggunakan makanan yang anda sukai sebagai bisnis yang menguntungkan, namun sebelumnya anda harus bisa menguasai cara membuat kerupuk ikan yang pedas dan gurih berikut ini agar anda bisa membuatnya dengan baik dan bisa disukai banyak orang.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih

Untuk bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ikan yang pedas dan gurih ini memang tidaklah berbeda dengan pembuatan kerupuk udang atau lain nya, bahan nya hampir sama serta prosesnya juga hampir sama. Dan berikut Bahan-bahan yang digunakan untuk Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih di bawah ini:

  • 300 gram ikan tenggiri yang dipotong kecil-kecil.
  • 300 gram tepung tapioca.
  • 9 siung bawang putih yang sudah dihaluskan.
  • Merica bubuk sebanyak 3 sendok teh.
  • Garam halus sebanyak 2 sendok teh.
  • Bubuk cabai sebanyak 100 gram.
  • Kaldu ayam sebanyak 200 ml.

 

 

Penting sebagai Info tambahan…! Cara Membuat kerupuk ikan tanpa bahan Pengawet.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih

  1. Untuk Cara Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih yang pertama adalah anda harus menghaluskan daging ikan yang akan anda gunakan untuk membuat kerupuk ikan tersebut dengan menggunakan blender, jika memang tidak banyak produksi yang akan anda lakukan, namun untuk mendapatkan hasil yang bagus, sebaiknya anda menggunakan mesin penghalus daging karena memang lebih bagus hasilnya.Setelah daging ikan halus, anda bisa mencampurkan tepung tapioka, bawang, garam, merica dan kaldu ayam ke dalamnya. Anda bisa menggunakan mesin yang memang dikhusukan untuk mencampur adonan jika memang produksi anda besar karena hasilnya tentu akan lebih tercampur sempurna dan memudahkan anda tentunya.
  1. Kemudian uleni adonan tersebut hingga kalis dan siap untuk dibentuk, kemudian anda bisa membentuknya dengan bentuk lonjong atau kotak yang memanjang untuk memudahkan anda untuk mengukusnya.
  1. Kemudian Kukus adonan tersebut hingga matang, kira-kira selama 50 menit, jika anda sudah yakin bahwa adonan sudah matang, maka anda bisa mengangkatnya dan mendinginkan nya. Gunakan alat pengukus yang memang khusus untuk membuat adonan kerupuk ikan agar hasil yang anda dapatkan juga lebih bagus.
  1. Potong adonan yang sudah anda buat tadi dengan alat pemotong adonan, untuk mempermudah pekerjaan anda, gunakanlah mesin pemotong adonan agar adonan anda memiliki potongan yang sesuai atau sama satu dengan yang lain nya agar nanti ketika anda menggorengnya dan kemudian menjualnya, kerupuk akan terlihat lebih bagus dan cantik sehingga menjadi lebih menarik di mata konsumen.Atau jika memang belum memiliki alat pemotong atau pencetak adonan, anda bisa menggunakan pisau yang tajam, namun hal ini tentu tidak begitu efektif dan lebih banyak membuang waktu. Setelah anda selesai memotong semua adonan yang sudah anda buat tadi dengan tipis, kemudian anda harus melakukan penjemuran kerupuk ikan yang sudah tipis tersebut di bawah sinar matahari langsung agar cepat kering, atau anda bisa menggunakan alat pengering makanan atau mesin pembuat kerupuk ikan agar hasilnya lebih cepat dan maksimal
  1. Kemudian setelah anda benar-benar yakin bahwa kerupuk ikan tersebut sudah kering, anda bisa menggorengnya dengan minyak yang mendidih. Setelah anda yakin bahwa sudah matang, anda segera angkat dan tiriskan minyak tersebut agar nantinya tidak menempel pada kerupuk karena jika hal tersebut terjadi, maka hasil kerupuk akan mudah bau atau tengik, jadi anda harus benar-benar meniriskan nya hingga habis minyaknya.
  1. Setelah ditiriskan, anda bisa mencampurkan bubuk cabai yang sudah anda persiapkan dengan kerupuk ikan dengan menggunakan mesin pencampur.
  1. Kemudian anda bisa segara menikmati kerupuk ikan hasil buatan anda, atau anda juga bisa memasarkan kerupuk ikan tersebut dan menjualnya.

Bahan ikan yang ada di dalam resep tersebut bisa anda ganti dengan ikan lain nya, untuk mendapatkan hasil yang nikmat, maka sebelum anda mengukus adonan anda, sebaiknya anda mencicipinya terlebih dahulu agar hasilnya bisa maksimal. Dan tambahkan bumbu yang menurut anda kurang, dengan begitu kerupuk akan benar-benar sedap nantinya.

Disarankan Baca….! Tips dan Resep cara Membuat Kerupuk Ikan Belida yang Gurih

Jika anda kesulitan untuk mengirisnya, anda bisa memasukkan adonan yang sudah anda kukus tersebut ke dalam freezer, tentu hal itu harus anda lakukan setelah anda mendinginkan adonan tersebut. Setelah itu anda bisa mengirisnya tipis-tipis.

Hasil dari penjemuran atau kerupuk ikan yang sudah kering tersebut bisa anda simpan beberapa lama sebagai stok, jadi anda cukup menggorengnya saja ketika anda membutuhkan kerupuk ikan. Waktu penjemuran juga menjadi penentu seberapa lama kerupuk ikan yang kering bisa bertahan lama. Atau anda juga bisa menambahkan pengawet makanan di dalamnya, namun dengan takaran yang cukup.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Kerupuk Ikan Pedas dan Gurih yang bisa kami berikan untuk anda. Agar hasil kerupuk menjadi lebih maksimal, sebaiknya anda menggunakan mesin pembuat kerupuk ikan, selain hasilnya menjadi lebih enak, pekerjaan anda juga akan lebih efisien tentunya. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

By |2017-10-19T09:07:53+00:00April 27th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Membuat Kerupuk Ikan yang Pedas dan Gurih

About the Author:

WhatsApp chat