Begini Cara Membuat Minyak VCO yang Mudah dan Metodenya

Kali ini kita akan membahas cara membuat minyak VCO yaitu minyak yang terbuat dari kelapa tua yang berkualitas. Sebelum kita membahas cara membuat minyak VCO, alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa itu VCO dan Manfaat minyak VCO. Agar kita lebih Termotifasi lagi untuk Membuatnya.

Apa itu Minyak Kelapa VCO

cara membuat minyak vco

Virgin coconut oil alias minyak VCO dikenal luas memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar untuk masalah kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh. Tetapi masih banyak pertanyaan tentang apa saja manfaat minyak VCO yang terbukti secara medis? Dan, apakah perbedaan antara minyak VCO dengan jenis minyak kelapa lainnya?

Berbeda dengan minyak zaitun, kata virgin dalam minyak kelapa tidak memiliki standar. Namun, istilah virgin hanya bisa diterapkan pada virgin coconut oil yang dalam prosesnya tidak dimurnikan, tidak berbau, atau direduksi oleh unsur-unsur tertentu di dalamnya.

Perbedaan VCO dan minyak kelapa yang lain. Minyak VCO merupakan minyak yang diperoleh dari daging kelapa yang sudahtua yang masih segar. Proses pembuatannya juga menggunakan cara alami, bukan memanaskannya pada suhu yang sangat tinggi, apalagi mencampurkan bahan kimia.

Secara tradisional, VCO dapat dibuat dengan memeras kelapa tua dan mengekstrak santan. Santan ini kemudian diolah melalui fermentasi, pencampuran enzim tertentu, atau menggunakan mesin sentrifugal untuk memisahkan ampas kelapa, air dan minyak bening yang dikenal dengan minyak VCO.

Dengan cara yang lebih modern, minyak VCO dibuat dengan cara mengeringkan kelapa tua yang masih segar menggunakan mesin khusus. Kelapa kering kemudian diperas untuk menghilangkan minyak beningnya. Selain minyak VCO.

Jenis minyak kelapa komersial lainnya diberi label sebagai penyulingan sebagian dan terhidrogenasi. Minyak kelapa yang halus adalah minyak kelapa yang telah dipanaskan dan disaring lagi. Untuk menghilangkan bakteri, kotoran, dan bau tak sedap dari minyak kelapa.

Terkadang, bahan kimia seperti heksana digunakan dalam proses ini. Minyak kelapa ‘kasta terendah’ ??terhidrogenasi parsial, sehingga akan lebih awet saat disimpan. Proses pembuatan minyak kelapa jenis ini menghasilkan lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan.

 

Cara Membuat Minyak VCO yang Berkualitas

cara membuat minyak vco

Persiapan Bahan Baku

Kelapa yang akan diolah menjadi jenis minyak yang digunakan Kelapa berumur dalam ruangan antara 11 dan 12 bulan berbutir kasar dan berwarna  Cokelat kelapa. Buah kelapa tua akan menghasilkan tanaman minyak
tinggi.

Buat Santan

Hal yang perlu diperhatikan sebelum proses pembuatan kelapa adalah kelapa tua. Rasio kelapa dengan udara adalah 2,5 butir versus 1,5 liter udara mendidih. Untuk menghancurkan kelapa, bisa diiris dengan tangan, di mesin, atau di food processor.

Jika memungkinkan, gunakan mixer dalam skala kecil dengan cara memotongnya menjadi potongan kecil, kemudian diaduk dengan udara.

Peras dan saring hingga santannya keluar Langkah selanjutnya masukkan santan ke dalam mangkok atau tutup transparan dan tutupi bagian atasnya. Biarkan santan kurang lebih satu jam hingga terbentuk dua lapisan, lapisan paling atas disebut krim (cannell).

Lapisan paling bawah adalah udara yang memisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

Baca Juga : Manfaat Minyak VCO, Minyak Ajaib yang Multifungsi

Cara Membuat Minyak VCO

cara membuat minyak vco

Setelah krim masuk ke lapisan atas, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan VCO yang terdiri dari 6 metode. Metode pembuatan VCO meliputi:

Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini akan menghasilkan minyak bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yangftua dan mengikuti cara membuat minyak vco sebagai berikut:

  • Parut daging kelapa dan peras santannya (bisa juga memberi sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  • Masukkan santan ke dalam kantong plastik dan diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  • Buat lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma
    Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang tidak terkena sinar matahari selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah)
    Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.
  • Anda juga bisa meletakkannya di lemari es sehingga tiga lapisan teratas membeku. Ambil bagian yang beku, yaitu minyak, lalu ulangi langkah tersebut dengan tisu atau kain bersih. Tetesan minyak dari masalah ini disebut VCO.

Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan terkontrol. Untuk melakukan ini, krim yang diperoleh dari santan dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan api.

Pisahkan minyak dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan metode lainnya.

Cara Fermentasi

Cara membuat minyak VCO dimulai dengan fermentasi yaitu menyiapkan santan dalam toples kemudian menambahkan seperempat sendok teh ragi. Aduk campuran, lalu tutup toples. Biarkan (inkubasi) selama 24 jam. Hasilnya adalah 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

Metode Pancing

Metode memancing adalah slah satu Cara membuat minyak VCO yang mudah. Dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pancinganya untuk membentuk minyak VCO baru. Langkahnya sangat mudah: siapkan krim, taruh di toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk rata.

Tutup toples, lalu tunggu 24 jam. Hasilnya adalah 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan dalam cara membuat minyak VCO. Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil. Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup. Tunggu 24 jam hingga 3 lapisan terbentuk.

Lapisan atas adalah minyak, lapisan tengah pirang, dan lapisan bawah adalah air.

Metode Enzim Nanas

Dalam buah mengandung enzim bromelain yang bisa digunakan dalam cara membuat minyak VCO. Buat nanas sesuai selera (termasuk punuk tengahnya) dan parut. Campur nanas parut dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup. Biarkan selama 24 jam hingga membentuk 3 lapisan.

Metode Cuka Asam

Cara membuat minyak VCO dengan asam sangat sederhana, cukup tambahkan cuka makanan ke dalam santan. Perbandingannya adalah 200ml krim kelapa dicampur dengan 2 sendok makan cuka. Setelah tercampur dengan cuka, aduk hingga merata dan biarkan selama 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

Anda juga bisa menggunakan mesin vco untuk membuat minyak vco dengan kualitas yang baik dan nggak tengik. Beriktu ini video referensi membuat vco dengan metode pandingan.

 

Kandungan Gizi Minyak VCO

Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 862
  • Jumlah Lemak 100 g
  • Lemak jenuh 87 g
  • Lemak tak jenuh ganda 1,8 g
  • Kandungan lemak tak jenuh tunggal 6 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 0 mg
  • Jumlah Karbohidrat 0 g
  • Serat Pangan 0 g
  • Gula 0 g
  • Protein 0 g

Minyak VCO bisa anda buat sendiri dirumah atau membeli di pasaran. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kesehatan anda.

Namun jika ingin menggunakan minyak kelapa untuk kesehatan, disarankan untuk membatasi jumlahnya karena khasiat dan keamanannya masih perlu dipelajari. Apalagi jika Anda memiliki kondisi medis tertentu. Anda bisa berkonsultasi ke dokter sebelum menggunakan minyak kelapa, jika Anda memiliki masalah kesehatan.

 

Manfaat Minyak Kelapa VCO

Untuk Minyak Goreng dengan Nilai Gizi Tinggi

Minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai minyak goreng berkualitas tinggi, pengganti untuk pengolahan susu formula atau sebagai penggantinya.
pengolahan produk makanan yang membutuhkan minyak kelapa.

Satu dari susu formula yang beredar di pasaran, telah menggunakan minyak kelapa sebagai a
salah satu komponen dalam rumus tersebut adalah Enfagrow.

Kemudian dilaporkan, Makanan bayi yang menggunakan minyak kelapa bisa membantu
meningkatkan penyerapan kalsium. Keunggulan lainnya adalah minyak kelapa
mudah dicerna karena tergolong rantai sedang.

sehingga sangat cocok digunakan susu formula untuk bayi prematur dan mereka yang mengalami gangguan pencernaan. Selain itu dengan asam lemak jenuh tinggi (ALJ), maka minyak kelapa memiliki kestabilan terbaik
tinggi hingga oksidasi atau bentuk degradasi lainnya.

Sangat banyak digunakan dalam produk makanan yang membutuhkan umur simpan yang lama
seperti menggoreng kacang, makanan ringan, dan produk biskuit (Rindengan, 1993).

Misalnya keripik salak (diproduksi di Yogyakarta) yang digoreng menggunakan minyak kelapa.
Belakangan ini sudah mulai eksis di pasaran, baik pasar tradisional maupun pasar tradisional
swalayan.

Minyak goreng berbahan kelapa meski warnanya agak encer kekuningan. Ini menunjukkan bahwa beberapa konsumen mulai kembali menggunakan minyak goreng kelapa.

 

Manfaat Minyak VCO untuk Kesehatan

Manfaat virgin coconut oil/Minyak kelapa menurut beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa.

1. Meningkatkan Kolesterol Baik

Minyak kelapa murni atau VCO bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Saat HDL meningkat, kesehatan jantung juga akan lebih terjaga.

Sebuah penelitian pada penderita penyakit jantung koroner juga menunjukkan manfaat minyak kelapa murni. Kelompok penderita penyakit koroner yang diet dengan minyak kelapa murni berhasil meningkatkan kadar kolesterol baiknya.

2. Mencegah Penyakit Liver

Kandungan minyak kelapa murni juga dipercaya dapat mencegah penyakit lever. Hal tersebut disimpulkan berdasarkan penelitian yang dilakukan pada mencit pada tahun 2017.

Tikus dengan penyakit hati dibagi menjadi dua kelompok yang mengonsumsi makanan tinggi glukosa dengan minyak kelapa murni dan tanpa minyak kelapa murni.

Setelah empat minggu, kelompok tikus yang mengonsumsi minyak kelapa murni memiliki kesehatan hati yang lebih baik daripada kelompok yang tidak.

3. Mendukung Sistem Pencernaan

Manfaat minyak kelapa murni yang tidak kalah pentingnya adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Asam lemak yang terkandungf  di dalamnya yaitu asam laurat dan monolaurin mempunyai sifat sebagaiantimikroba, antibakteri dan antivirus.

Kandungan ini efektif membantu tubuh melawan berbagai bakteri, jamur dan parasit yang sering menyebabkan masalah usus.

4. Tingkatkan Rasa Kenyang

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda mungkin ingin mencoba minyak kelapa. Minyak kelapa murni dapat membantu Anda merasa kenyang setelah makan sehingga Anda tidak akan makan terlalu banyak.

5. Mengurangi Stress

Manfaat lain dari minyak kelapa murni adalah mengurangi stres akibat olahraga dan flu kronis. Penelitian tentang ini telah dilakukan pada hewan pengerat.

Selain itu, VCO juga sangat  dipercaya untuk menyembuhkan beberapa jenis depresi karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

6. Menjaga Kesehatan Gigi, Kulit dan Rambut

Selain dikonsumsi, minyak kelapa murni juga sering digunakan sebagai bahan kosmetik untuk perawatan kulit dan rambut. Berdasarkan penelitian, minyak kelapa berkualitas tinggi dapat meningkatkan kadar air pada kulit kering dan mengurangi gejala eksim.

Minyak kelapa juga bermanfaat untuk melindungi rambut dari sinar matahari. Penelitian mengatakan bahwa minyak kelapa murni dapat memblokir sekitar 20% sinar ultraviolet (UV).

Sedangkan untuk gigi dan mulut, manfaat minyak kelapa murni adalah membunuh beberapa bakteri berbahaya di dalam mulut.

7. Meningkatkan Fungsi Otak pada Penderita Alzheimer

Alzheimer adalah penyakit yang merusak sel-sel otak. Namun, peneliti menemukan bahwa asam lemak dalam minyak kelapa murni dapat memberikan sumber energi alternatif untuk sel-sel otak yang rusak, sehingga mengurangi gejala penyakit Alzheimer.

8. Untuk Diet

Anda bisa menggunakan VCO sebagai minyak saat memasak atau memblender. Kandungan dalam VCO dipercaya membantu merangsang metabolisme. Salah satu efek dari minyak kelapa adalah membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan atau ngemil yang berlebihan akan berkurang.

Minyak kelapa vco terdiri dari asam lemak  sedang yang dengan mudah masuk ke sel hati. Keunggulan ini menjadikan minyak kelapa menjadi lemak yang dibakar tubuh dengan cepat menjadi energi. Asam lemak rantai menengah tidak mudah diubah menjadi cadangan lemak, sehingga mendorong penurunan berat badan.

Meski diklaim baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan, sejauh ini data tentang efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, Anda tidak bisa hanya mengandalkan VCO. Anda tetap perlu berolahraga dan memiliki pola makan yang sehat dan seimbang. VCO bisa dikatakan sebagai bagian kecil dari pola makan yang baik. Konsumsi maksimal satu sendok makan sehari.

9. Antioksidan Baik untuk Jantung

Manfaat kesehatan jantung dari minyak kelapa diperkirakan karena kandungan polifenolnya. Ini karena polifenol mencegah terjadinya aterosklerosis, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah akibat penumpukan plak lemak di dinding pembuluh darah.

Artinya, risiko penyakit jantung juga berkurang. Apabila  kesehatan Anda normal,bisajuga minyak kelapa dapat dimasukkan ke dalam menu makanan keseharian Anda. Jika Anda memiliki penyakit jantung, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai konsumsi minyak kelapa.

10. Untuk Mengurangi Lemak Jahat

Salah satu khasiat minyak kelapa yang diklaim baik untuk kesehatan adalah menurunkan kadar kolesterol total, lemak jahat (LDL), dan trigliserida, serta meningkatkan lemak baik (HDL). Efek ini diprediksi dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak berpengaruh signifikan dalam menurunkan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah. Oleh karena itu, manfaat minyak kelapa masih perlu diteliti lebih lanjut.

11. Untuk Diabetes

Rantai asam lemak dalam minyak kelapa dianggap dapat meningkatkan toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, penelitian yang lebih ekstensif masih diperlukan untuk membuktikannya.

 

Minyak Kelapa Untuk Kecantikan

Minyak kelapa sangat bagus untuk kecantikan, termasuk:

1. Mengobati Jerawat

Pengobatan jerawat tidak selalu membutuhkan penggunaan obat-obatan kimiawi, tapi bisa juga menggunakan VCO. Asam laurat yang terkandung  didalam minyak kelapa vco dipercaya sangat efektif menimilasirkan peradangan dan melawan bakteri.

Karena itu, asam laurat dalam minyak kelapa bisa menjadi antibiotik alternatif untuk kulit berjerawat. Tentunya jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit dan makan.

2. Pelembab

Selain mengobati jerawat, asam laurat dalam minyak kelapa juga berperan sebagai pelembab kulit. Tak hanya untuk kesehatan kulit, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk eksim dan psoriasis. Efek antibakterinya sangat membantu dalam memerangi penyebaran bakteri staphylococcus pada penyakit ini.

Minyak kelapa bisa dibuat di rumah atau dibeli di pasaran. Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, jika ingin menggunakan minyak kelapa untuk perawatan kesehatan, sebaiknya batasi jumlahnya karena masih perlu diteliti efektivitas dan keamanannya.

Apalagi jika Anda menderita kondisi medis tertentu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak kelapa jika memiliki masalah kesehatan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •