Ingin Kambing Anda Gemuk? Berikut Cara Membuat Pakan Kambing

Ingin Ternak Kambing Anda Gemuk Subur? Ikuti 8 Langkah Membuat  Pakan Kambing secara Mandiri Ini 1

Jika anda seorang peternak kambing, pasti menginginkan ternak anda gemuk dan subur, betul kan?  Ya kami kira semua sepakat, semua peternak kambing ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dari hasil ternaknya. Lalu apa rahasianya? Ternyata jawabannya adalah dari bagaimana cara anda membuat pakan kambing itu sendiri.

Nah bagaimana cara membuat pakan kambing secara mudah dan mandiri kita bisa mengikuti uraian masalah dan solusi dibawah ini dulu.

 

Ternak Kambing

cara membuat pakan ternak

Selama ini ternak kambing dan Domba saat ini masih menjadi salah satu usaha sampingan yang sering kita jumpai di pedesaan. Dan karena masih disetting  sebagai bisnis sampingan maka dengan pengetahuan yang seadanya para peternak kambing hanya melakukan pola ternak yang sama dari tahun ke tahun.

Pola ternak yang tidak berubah ternyata tetap dilakukan oleh para peternak karena tidak adanya para penyuluh peternakan memadai.

selain itu akses informasi dan layanan internet pun belum masuk pedesaan sehingga membatasi trasformasi ilmu baru kepada para peternak di desa.

Yang terjadi adalah mereka jarang sekali menghitung secara bisnis apakah potensinya sudah benar-benar maksimal atau bahkan baru setengah atau malah mungkin baru seuprit.

Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas peternak tidak menghitung secara cermat kalkulasi bisnis ternak kambing, dan sebenarnya sangat disayangkan.

Kurangnya pengetahuan terhadap ilmu-ilmu peternakan baru, membuat hasil dari bisnis sampingan ternak kambing ibarat kata hanya bisa difungsikan untuk beli baju lebaran saja.

 

Cara Membuat Pakan Kambing Secara Fermentasi

cara membuat pakan kambing

Upaya untuk memaksimalkan pakan kambing, salah satunya bisa dengan menggunakan pakan kambing dengan di fermentasi.

Cara pemberian pakan fermentasi ini adalah satu dari banyak cara memaksimalkan hasil ternak para peternak tradisional.

Pembuatan pakan model fermentasi ini memiliki beberapa manfaat, antara lain :

  1. Membuat efektif biaya yang dikeluarkan peternak. Mayoritas peternak kambing tidak menghitung ongkos upah diri sendiri ketika mereka harus meluangkan beberapa jam untuk mencari pakan kambing baik dengan cara merumput, cari jerami atau cari pakan hijauan. Dengan penggunaan metode pakan fermentasi para peternak bisa membuat pakan dalam jumlah banyak dan bisa disimpan, jadi mereka tidak harus banyak meluangkan waktu untuk cari pakan, karena mereka selalu mempunyai stock berlimpah pakan fermentasi. Waktu cari pakan yang bisa digantikan oleh jenis pakan fermentasi ini bisa digunakan untuk melakukan hal produktif lainnya
  2. Mampu membuka dan memberikan wawasan baru mengenai perkembangan ilmu peternakan sehingga hasil peternakan para peternak tradisional pun meningkat dan bisa memenuhi kebutuhan daging kambing untuk Indonesia sehingga tidak perlu melakukan impor daging kambing
  3. Mengurangi resiko bahaya keselamatan jiwa. Foto di bawah ini banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di daerah Jawa yang menjadi sentra-sentra lumbung padi, tiap hari para peternak mencari jerami segar untuk pakan ternak nya.

 

Cara Membuat Pakan Kambing dari Jerami Padi

Berikut cara membuat pakan fermentasi pakan kambing dengan media jerami padi

Bahan:

  1. 1000 kg atau bisa dikira-kira sekitar 5-8 ikat jerami padi , dipilih yang sudah kering, kemudian dicacah panjang 5 cm, tujuan pencacahan jerami ini untuk memudahkan terjadinya proses fermentasi dan ketika nanti pakan fermentasi sudah siap diberikan ke kambing, ternak kambing akan mudah memakan dan mengunyahnya. Cara mudah untuk mencacah jerami dalam jumlah banyak, idealnya menggunakan mesin pencacah rumput.
  2. 20-25 Lt, tetes atau molase bila tidak ada dapat diganti gula yang dilarutkan. Penggunaan larutan gula memang lebih mahal dibandingkan dengan tetes tebu, namun untuk jangka panjangnya akan lebih aman menggunakan larutan gula jawa atau gula aren.
  1. 1 botol probiotik ( jenis dan merknya sangat beragam, silahkan gunakan sesuai pilihan anda masing-masing )
  1. 250-300 Lt. Air untuk melarutkan probiotik dan tetes
  1. Bekatul atau dedak padi sebanyak 30 kg

Peralatan yang dibutuhkan :

  1. Tempat untuk fermentasi jerami dapat berupa tembok semen, bis semen, drum plastik, plastik bening, silahkan disesuai dengan kemampuan dana dan jumlah ternak
  2. Alat pemotong berupa mesin pencacah jerami untuk pakan ternak atau sabit atau sejenisnya
  3. Ember atau timba, gembor, terpal plastik atau karung plastik

 

Langkah Pembuatan Pakan Kambing dari Jerami Padi

  1. Sediakan tempat untuk pembuatan fermentasi, pastikan kondisinya bagus
  2. Jerami kering atau bahan-bahan kering, dipotong-potong memakai mesin pemotong  dengan ukuran kurang lebih 5 cm
  3. Larutkan tetes / air gula serta probiotik dengan air menjadi satu sesuai perbandingan bahan-bahan di atas.
  4. Siapkan terpal plastik untuk alas mencampur antara jerami dengan campuran tetes, probiotik dan air.
  5. Jerami padi yang sudah dipotong ditaruh di atas terpal sedikit demi sedikit kira -kira 1 lapis sekitar 15-20 cm kemudian bekatul ditebar secara tipis, sambil disiram larutan air tetes dan probiotik sesuai perbandingan di atas sampai merata dan jerami kelihatan basah.
  6. Setelah jarami benar-benar telah disiram rata dengan larutan tersebut, jerami dimasukkan ke dalam wadah sedikit demi sedikit sambil dimampatkan/diinjak-injak supaya padat.
  7. Setelah penuh dan padat, wadah ditutup hingga rapat, usahakan agar udara benar-benar kosong
  8. Setelah 14 hari jerami tersebut baru dapat mulai diberikan pada ternak kambing sesuai dengan kebutuhan

 

Nah.., sekarang anda sudah tahu kan cara membuat pakan kambing sendiri? Kami kira dengan mengikuti langkah-langkah diatas disertai dengan ketekunan, dimungkinkan usaha ternak kambing anda akan berhasil. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Baca juga Ini Dia Cara Ternak Kambing Bagi Pemula Yang Bisa Kalian Coba Dirumah!.

 

Perkenalkan, Punca Media

Kami kenalkan dulu chanel youtube PUNCA MEDIA. Disini Anda dapat melihat inspirasi dari para pengusaha dari mulai merintis usaha, mencari modal, melewati masa sulit hingga sukses seperti saat ini. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •