Home » Artikel » Artikel Proses » Haloo Kak…! Ini Dia 4 Resep Cara Membuat Pizza Sederhana yang Berkelas

Haloo Kak…! Ini Dia 4 Resep Cara Membuat Pizza Sederhana yang Berkelas

Cara Membuat Pizza Sederhana – Anda semua tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan enak dan lezat yang satu ini, yaitu Pizza. Makanan khas Italia ini sangat populer di dunia.

Pizza adalah olahan makanan yang berbentuk lingkaran dengan bertabur berbagai macam topping diatasnya. Pizza juga sering dikenal sebagai olahan roti yang ditambahkan berbagai bahan lainnya.

Seperti yang sudah sering kita lihat, olahan pizza ini mempunyai bentuk lingkaran yang pipih, proses pembuatannya pun dilakukan dengan cara dioven.

Ada beragam bahan tambahan lain yang sering kita temukan dalam olahan pizza. Ada yang ditambahkan dengan jamur, sosis, daging, keju, saus, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Pizza Sederhana

Olahan pizza ini akan terasa sangat nikmat kalau dimakan dalam keadaan masih hangat, karena tekstur rotinya yang empuk dan citarasa pizza yang lezat akan semakin memanjakan lidah para penikmatnya.

Bagi Anda yang suka makan pizza, tidak ada salahnya kalau kali ini Anda membuat pizza sendiri di rumah. Pizza yang keluar dari oven Anda tentunya memiliki sensasi rasa yang begitu nikmat.

Cara membuat pizza sederhana ini bisa dibilang cukup mudah, karena pada dasarnya Anda hanya membuat adonan roti pizza yang dibentuk lingkaran pipih lalu ditaburi berbagai macam topping diatasnya, kemudian dioven dengan oven pemanggang.

Maka dari itu, pada artikel ini kami akan share bagaimana cara membuat pizza sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Membuat Pizza Sederhana

Cara Membuat Pizza Sederhana 1

Cara #1

Bahan-bahan

  • 1/2 cangkir air hangat
  • 1 wadah (2 1/4 sendok teh) ragi kering
  • 3 1/2 cangkir tepung serbaguna
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 1 sendok teh gula
  • 3 cangkir saus pizza buatan sendiri atau instan
  • Topping piza kesukaan Anda
  • 4 cangkir keju mozzarella parut
  • Tepung jagung
  • 2 sendok teh garam

Pilihan Topping Pizza

  • Keju parut (mozzarella, romano, parmesan, keju kambing, atau kombinasinya)
  • Irisan sosis pepperoni
  • Irisan bawang bombai
  • Paprika hijau
  • Sosis
  • Irisan daging asap
  • Daging ayam
  • Zaitun (hitam atau hijau, atau zaitun isi)
  • Jamur
  • Daging giling
  • Daging ham
  • Nanas
  • Daun basil
  • Bawang putih bakar
  • Ayam BBQ

Cara Membuat Pizza Sederhana

  1. Langkah pertama adalah membuat adonan pizza. Caranya masukkan air hangat ke dalam mangkuk atau wadah besar. Lalu tuangkan ragi ke air hangat itu dan biarkan sampai larut. Tunggu beberapa menit sampai raginya mulai berbusa.
  2. Kemudian masukkan tepung, minyak zaitun, gula, dan garam ke dalam mangkuk yang berisi larutan ragi. Aduk semua bahannya sampai terbentuk adonan yang basah. Lanjutkan menguleni adonan sampai adonannya memiliki tekstur yang lembut dan lentur.
  3. Setelah itu bulatkan adonan dan letakkan di dalam mangkuk atau wadah besar yang sudah diolesi dengan sedikit minyak zaitun.
    Lalu tutup rapat wadah itu dengan menggunakan kain bersih atau bungkus dengan plastik, tempatkan mangkuk di tempat yang hangat di dapur Anda supaya raginya bisa bekerja dengan baik. Diamkan adonan kurang lebih selama 1-2 jam sampai mengembang dua kali dari ukuran semula.
  4. Selagi menunggu adonannya mengembang, Anda bisa memanaskan oven pizza terlebih dahulu dengan suhu 218°C.
  5. Kemudian setelah adonannya sudah mengembang dua kali lipat dari ukuran semula, bagi adonannya menjadi dua bagian yang sama dan bentuk masing-masing menjadi bulatan. Lalu giling adonannya sampai berbentuk pipih dengan lingkaran yang simetris sampai cukup tipis, atau sesuai dengan ketebalan yang Anda inginkan.
  6. Gunakan kuas roti untuk mengoleskan minyak zaitun permukaan kulit pizza yang sudah jadi.
  7. Selanjutnya oleskan dan ratakan saus pizza buatan Anda sendiri atau saus pizza instan ke seluruh permukaan pizza. Tambahkan topping pizza kesukaan Anda, pastikan tidak membuatnya terlalu lebar atau bagian tepi kulit pizza. Terakhir taburkan parutan keju cheddar atau keju mozzarella kalau Anda suka.
  8. Langkah terakhir yaitu memanggang pizza. Letakkan adonan pizza diatas loyang, lalu masukkan ke dalam oven pizza. Panggang selama 15-20 menit atau sampai kulit pizza berwarna keemasan dan keju yang meleleh.


Cara #2

Cara membuat pizza sederhana yang kedua ini kurang lebih hampir sama dengan cara yang pertama, hanya saja cara yang ini lebih praktis karena menggunakan bahan pengganti.

Kalau Anda bisa dan bersedia membuat adonan pizza sendiri tentunya akan lebih baik, tapi pada kenyataannya seringkali justru terasa sulit dibuat atau sulit dipanggang.

Nah solusi alternatif untuk itu adalah Anda bisa menggunakan roti pita, roti panggang, atau tortilla untuk membuatnya. Selain lebih praktis, pizza yang dihasilkan pun juga akan terasa nikmat.

Cara Membuat Pizza Sederhana

  1. Pertama, siapkan roti pita yang akan diolah menjadi pizza.
  2. Kemudian oleskan saus pizza yang bisa Anda buat sendiri atau saus pizza instan. Bisa juga menggunakan saus pasta, karena saus pasta memiliki citarasa yang mirip dengan saus pizza.
  3. Setelah itu taburkan semua topping. Untuk membuat pizza sederhana ini, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di dapur. Mulailah dengan satu atau dua jenis sayuran seperti paprika dan tumisan jamur.
    Bisa juga ditambahkan pepperoni atau salami. Kemudian taburkan dengan pelengkap seperti buah zaitun hitam. Anda juga bisa bereksperimen dengan menggunakan bahan-bahan lainnya untuk dijadikan topping, semua sesuai dengan selera Anda.
  4. Taburkan parutan keju untuk menciptakan rasa pizza yang klasik, Anda bisa menggunakan keju cheddar, mozzarella, parmesan, atau jenis keju lainnya.
  5. Selanjutnya itu pemanggangan pizza. Untuk pizza dengan adonan roti pita, oven pemanggang roti cukup ideal untuk digunakan. Panggang pizza dengan pengaturan medium high selama 5 menit, lalu sesudah itu periksa tiap menitnya.
    Anda juga bisa memanggang pizza dengan menggunakan microwave, hanya saja microwave bisa membuat keju dan toppingnya cepat panas, tapi pizza yang dihasilkan akan terasa lembut dan basah, serta tidak renyah seperti kalau dipanggang dengan oven.
  6. Setelah pizza dirasa sudah matang, keluarkan dari oven pemanggang, dan siap untuk dihidangkan selagi masih hangat.

Cara #3

Cara yang ketiga ini agak sedikit berbeda dari cara pertama dan kedua, karena cara ini menggunakan alat tambahan yang bisa membuat pizza buatan Anda jadi lebih cepat matang secara merata, dan tentunya tekstur yang dihasilkan jadi lebih renyah dan rasanya nikmat.

Alat tambahan itu adalah pizza stone, yaitu berupa alas berbahan batu keramik yang berbetuk kotak. Pizza stone ini menyerap panas oven dan menyebarkannya secara merata ke adonan pizza untuk membuat pizza dengan tekstur yang renyah. Alat ini juga mencegah basahnya bagian tengah pizza saat dipanggang di dalam oven.

Bahan-bahan

  • 1 sdt gandum kering aktif
  • 1/4 cangkir air dingin
  • 1 cangkir air dingin
  • 1 sdt garam
  • 3 cangkir tepung roti
  • 3 sdt minyak zaitun ekstra virgin

Cara Membuat Pizza Sederhana

  1. Pertama, campur gandum dengan air hangat di dalam mangkuk atau wadah, lalu diamkan selama 5-8 menit sampai gandumnya menggelembung.
  2. Kalau sudah, aduk garam ke dalam air dingin. Lalu masukkan tepung yang sudah disiapkan. Tuang tepung setiap satu cangkir sampai adonannya cukup padat.
  3. Kemudian letakkan adonan tadi pada permukaan bersih yang sudah ditaburi atau dilumuri tepung, lalu remas-remas adonan diatasnya sampai halus. Kalau sudah dirasa cukup halus dan lembut, bagi 2 adonan sama rata dan bentuk menjadi bola. Lapisi tiap bola adonannya dengan minyak zaitun secara merata.
  4. Lalu letakkan bola adonannya di dalam wadah yang tertutup rapat dan diamkan sejenak pada suhu ruang kurang lebih selama 1-2 jam sampai adonannya mengembang dengan sempurna.
  5. Selanjutnya panaskan oven pemanggang Anda dan letakkan pizza stone di rak paling bawang oven dan panaskan sampai 260 derajat Celsius.
  6. Bola adonan yang sudah mengembang kemudian ditaburi tepung sampai tidak terasa licin atau lengket. Lalu pipihkan dengan menggunakan alat penggiling atau menggunakan tangan.
  7. Taburi adonan pizza yang sudah dipipihkan dengan saus tomat dan topping sesuai dengan selera Anda.
  8. Kemudian letakkan pizza diatas pizza stone yang sudah dipanasi di dalam oven pemanggang. Proses pemanggangan ini tidak memakan waktu yang lama, cukup 4-6 menit sampai adonan pizza sudah berubah kecoklatan.
  9. Setelah dirasa sudah matang, pizza lezat buatan Anda siap untuk dinikmati.

Cara Membuat Saus Pizza

Salah satu elemen penting dalam cara membuat pizza sederhana adalah saus pizza. Saus pizza akan membuat pizza buatan Anda jadi mempunyai rasa yang nikmat dan lezat. Saus pizza cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah, hanya memerlukan beberapa bahan-bahan dasar dan bumbu.

Pada umumnya ada dua varian saus pizza yang terkenal, yaitu saus merah dan saus putih. Saus pizza merah berbahan dasar tomat, sedangkan saus pizza putih berbahan dasar krim. Kedua saus ini bisa Anda gunakan untuk membuat pizza kreasi Anda sendiri di rumah.

 

Saus Merah

Bahan-bahan

  • 5-6 buah tomat matang, dipotong dadu
  • 2 siung bawang putih, dicacah
  • 3 sendok makan (45 ml) kemangi segar, dicacah
  • 1 sendok teh (5 ml) oregano segar, dicacah
  • 1/4 gelas (60 ml) minyak zaitun
  • 1 sendok teh (5 ml) garam
  • 1 sendok teh (5 ml) merica hitam tumbuk
  • 2 sendok teh (10 ml) gula pasir (opsional)

Cara Membuat Saus Pizza Merah

  1. 1. Pertama, panaskan oven pemanggang dengan suhu 190 derajat Celsius. Kemudian siapkan loyang dan olesi dengan minyak zaitun.
    2. Kemudian masukkan potongan tomat, bawang putih, garam, dan lada ke dalam loyang. Aduk semuanya sampai merata dengann minyak zaitun.
    3. Setelah itu panggang tomat beserta bahan lainnya di dalam oven yang sudah dipanaskan tadi, panggang selama kurang lebih 60 menit.
    4. Kalau sudah, keluarkan tomat dari oven pemanggang dan masukkan cacahan kemangi dan oregano ke dalam loyang, lalu masukkan lagi ke dalam oven selama 30 menit. Kalau Anda menggunakan rempah-rempah kering bukan yang segar, gunakan 1 sdm kemangi kering dan 1/3 sdt oregano kering.
    5. Setelah Anda mengeluarkan tomat dari oven, hancurkan semua bahan yang dipanggang tadi dengan menggunakan blender. Kalau tidak ada blender, Anda bisa menumbuknya dengan menggunakan sendok kayu sampai terlihat seperti bubur tomat.
    6. Lalu saring saus tomat yang sudah ditumbuk dengan menggunakan saringan untuk menyingkirkan biji dan kulitnya.
    7. Langkah terakhir itu memanaskan sausnya diatas wajan, panaskan dengan api sedang sampai airnya menguap dan sausnya mengental. Aduk saus tomatnya sesekali untuk mencegah sausnya gosong.
    8. Saus merah buatan Anda siap untuk digunakan dalam pembuatan pizza.

Saus Putih

Bahan-bahan

  • 2 sendok makan (30 ml) minyak zaitun
  • 1 bawang kecil, potong dadu
  • 2 siung bawang putih, dicacah
  • 1/2 gelas (125 ml) keju ricotta
  • 1/4 gelas (60 ml) krim kental dan krim-susu
  • 3 sendok makan (45 ml) peterseli segar, dicacah
  • 1 sendok makan (15 ml) timi segar, dicacah
  • 1/2 sendok teh (2.5 ml) garam
  • 1/4 sendok teh (1.25 ml) lada hitam tumbuk

Cara Membuat Saus Pizza Putih

  1. Pertama, aduk riccota dan krim dalam food processor sampai halus. Anda juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya. Krim kental akan menghasilkan saus yang lebih halus dan pekat, sedangkan krim susu menghasilkan saus yang lebih ringan dan sehat.
  2. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Kalau tidak mempunyai minyak zaitun, Anda bisa menggunakan minyak kanola atau minyak sayur.
  3. Setelah minyaknya cukup panas, tumis bawang yang sudah dipotong dadu selama 5-6 menit. Aduk bawang secara terus menerus dengan spatula saat menumis.
  4. Kemudian masukkan bawang putih cacah, lalu aduk bersama dengan bawang dan minyak sampai aromanya harum.
  5. Masukkan adonan ricotta dan krim ke dalam wajan, dan kecilkan panas sampai sedang-kecil, lalu masak selama 3 menit lagi. Saus harus mendidih dengan api kecil saat dipanaskan. Kalau sudah mengental dan sedikit menciut, Anda bisa mengangkatnya dari kompor.
  6. Masukkan peterseli, timi, garam, dan merica ke dalam saus, lalu aduk rata.
  7. Biarkan saus dingin sampai bersuhu ruangan sebelum digunakan untuk membuat pizza.

Tips:

  • Saus pizza merah bisa disimpan dalam kulkas selama satu hingga dua minggu. Pizza putih bisa disimpan dalam satu minggu.
  • Pilih loyang dengan pinggiran. Pinggiran yang cukup rendah bisa digunakan untuk menjaga tomat, bumbu, dan minyak dalam loyang ketika tomat dipanggang di oven.


Cara Membuat Adonan Roti Pizza

Kelezatan pizza salah satunya terletak pada adonan roti yang dibuat. Begitu Anda mencoba roti pizza buatan sendiri, pasti Anda akan menyadari perbedaan antara roti pizza yang Anda buat sendiri dengan yang ada di toko.

Bagaimana pun juga cara membuat pizza sederhana ini selalu dimulai dari membuat adonan roti pizza terlebih dahulu.

Bahan-bahan

  • 165 ml air hangat
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt ragi
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 250 gr tepung terigu

Cara Membuat Adonan Roti Pizza

  1. Langkah pertama adalah mengaktifkan raginya terlebih dahulu. Caranya dengan menuangkan air hangat ke dalam panci atau wadah besar, lalu tambahkan ragi dan gula. Aduk perlahan dan biarkan sekitar 5-10 menit sampai raginya aktif dan menjadi buih di permukaan air. Setelah itu tambahkan garam dan minyak.
  2. Kemudian tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Kalau adonan sudah mulai menjadi padat, jangan ditambah tepung lagi.
  3. Selanjutnya uleni adonan sampai mengkilat dan lengket, tapi tidak sampai menempel.
  4. Cara menguleni adonan roti pizza ini cukup mudah, keluarkan adonan dari wadah dan letakkan di permukaan bersih yang sudah dilumuri tepung.
    Kumpulkan seluruh adonan dan jadikan satu gundukan kemudian mulai tekan dengan kedua tangan.
    Tekankan pergelangan tangan bagian dalam dengan mantap pada adonan, dan dorong ke depan. Ulangi urutan tekan-lipat-putar ini selama proses menguleni berlangsung sampai adonannya kalis.
  5. Kalau dirasa sudah kalis, biarkan adonan mengembang selama 1 jam pada suhu ruangan.
  6. Letakkan adonan di atas nampan yang sudah dilumuri tepung dan tambahkan juga tepung di atas adonan itu.
  7. Bagi adonan menjadi dua bola yang sama besar. Kemudian pipihkan adonannya dengan menggunakan alat penggiling adonan, atau juga bisa secara manual dengan menggunakan tangan.

Tips Membuat Pizza Yang Baik dan Benar

  • Kalau bagian tepi kulit pizza dan bagian atasnya sudah gosong atau terbakar sebelum bagian dalamnya cukup matang, itu berarti suhu oven terlalu tinggi.
    Perlu Anda ketahui, Pizza yang tebal membutuhkan suhu yang lebih rendah, jadi bisa dimasak cukup lama untuk mematangkan bagian dalamnya tanpa membuat bagian luarnya gosong.
  • Sebelum Anda memulai proses pemanggangan di dalam oven, oleskan loyangnya dengan minyak zaitun untuk hasil akhir yang lebih renyah. Minyak zaitun ini juga akan mencegah pizza lengket pada loyang.
  • Untuk menghasilkan bagian atas pizza yang lebih renyah, panggang bagian atas pizza dengan menggunakan api atau sumber panas di bagian atas broiler, atau alat pemanggang dengan sumber panas hanya ada di bagian atas. Cara membuat pizza sederhana yang satu ini akan menghasilkan warna keemasan yang bagus pada bagian atas pizza buatan Anda.
  • Kalau Anda tidak bisa atau mungkin malas untuk membuat sausnya, Anda bisa menggunakan saus spaghetti instan sebagai pengganti saus tomat.
By | 2017-11-15T19:48:42+00:00 April 13th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Haloo Kak…! Ini Dia 4 Resep Cara Membuat Pizza Sederhana yang Berkelas

About the Author: