Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris

Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris

Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris – Peluang bisnis membuat keripik singkong dalam skala besar dan memasarkan nya secara luas merupakan salah satu jenis usaha yang sebenarnya sangat berpotensi besar untuk berkembang pesat dan sangat menguntungkan mengingat orang Indonesia ataupun orang luar negeri suka dengan keripik terutama pada keripik singkong yang memiliki rasa khas tersendiri ketika di makan.

Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris
Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris

Bagi anda yang tahu cara memasarkan nya dengan baik dan cara pengolahan nya dengan benar akan menghasilkan peluang dan keuntungan yang sangat besar bagi bisnis keripik singkong ini. Untuk memulai bisnis keripik singkong ini tidaklah sesulit memulai bisnis lain nya, yang terpenting adalah bagaimana cara membuat keripik singkong yang memiliki rasa unik, bervariasi dan enak tentu nya, selain itu anda harus menjaga kualitas dari keripik singkong yang di pasarkan ataupun bahan yang digunakan dalam pembuatan nya.

Baca Juga : Tips Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Lebih Enak Dan Gurih

Cara Membuat Keripik Singkong yang Enak

Oleh karena itu, kami telah mempersiapkan ulasan tentang cara membuat keripik singkong yang enak untuk memulai bisnis keripik singkong yang laris dan menguntungkan:

Bahan :

  • 1 kg singkong yang masih segar.
  • 1 sendok makan kapur sirih.
  • 250 ml air.

Bumbu yang dihaluskan :

  • 3 sdm garam halus.
  • 1 sdm gula pasir.
  • 8 butir bawang merah.
  • 4 siung bawang putih.
  • minyak untuk menggoreng secukupnya.

Cara Membuat Keripik Singkong Yang Enak dan renyah:

  1. Dalam tahapan awal ini yang harus anda lakukan adalah memilih singkong yang akan anda gunakan untuk membuat keripik singkong. Membuat keripik singkong akan lebih bagus jika menggunakan singkong yang sudah berumur 3 bulan dan siap untuk di panen. Pilihlah singkong yang tidak terlalu tua karena singkong yang terlalu tua cenderung lebih keras di bandingkan dengan singkong yang muda.
  2. Singkong yang sudah anda pilih sebaiknya langsung anda bersihkan dari kulit ari nya, bersihkan hingga tidak ada kulit ari yang tersisa pada singkong. Setelah itu cuci singkong yang sudah anda anda kuliti tadi. Setelah itu iris dengan pisau yang tajam atau anda bisa menggunakan mesin pemotong keripik atau mesin pemotong singkong agar hasil keripik nya lebih bagus potongan nya. Untuk di jual tentunya harus menggunakan mesin pemotong keripik saja karena potongan yang bagus juga mempengaruhi penjualan serta ketebalan nya bisa di atur dan merata.
  3. Setelah singkong tersebut sudah dibersihkan dan sudah di iris, anda bisa melanjutkan nya ke tahap penggorengan. Untuk tahap ini anda langsung saja panaskan penggorengan dan minyak. Setelah panas masukkan singkong yang sudah di iris tadi ke dalam minyak. Jangan lupa untuk di aduk ketika menggoreng agar singkong nya tidak saling lengkat satu sama lain. Pastikan bahwa minyak goreng tersebut memang sudah cukup panas.
  4. Singkong yang sudah anda goreng tadi bisa anda tiriskan terlebih dahulu sebelum diberi bumbu agar nanti nya keripik menjadi kering dan tidak berminyak.
  5. Sambil menunggu keripik singkong meniris, anda buat bumbu yang sudah di persiapkan di atas. Haluskan semua bumbu yang ada dan goreng. Setelah itu masukkan keripik singkong tersebut ke dalam bumbu yang sudah jadi tersebut dan aduk hingga merata. Anda juga bisa menggunakan bumbu lain seperti cokelat, keju dan lain nya. Penggunaan nya sama, anda hanya tinggal mencelupkan keripik yang sudah anda goreng tadi ke dalam bumbu tersebut, misalnya cokelat ya tinggal masukkan keripik ke dalam coklat cair tersebut.
  6. Tahap selanjutnya adalah menimbang dan mengemas keripik singkong agar ukuran nya sama. Dalam hal ini anda harus teliti dalam menutupnya. Jika perlu gunakan mesin penutup agar keripik singkong bertahan lama dan kerenyahan nya terjaga.
  7. Keripik singkong yang sudah dikemas tinggal di jual atau di distribusikan. Buatlah sebanyak mungkin varian rasa dari keripik singkong ini dan buat menurut pesanan pelanggan anda seperti keripik singkong rasa balado, sapi panggang, jagung bakar, cokelat, keju dan lain sebagainya.

Tips Penjualan Keripik Singkong

Setelah anda membuat nya dan siap untuk menjualnya, tentu anda harus belajar bagaimana cara menjual nya agar laris manis di pasaran, jika hanya menunggu orang memesan atau dengan system titip tentu anda akan kesulitan untuk produksi keripik sinkong selanjutnya, jadi berikut ini adalah hal yang harus anda perhatikan dalam berbisnis keripik singkong agar produk anda laris:

  1. Rasa Dari Keripik Singkong

Rasa adalah hal utama yang harus anda perhatikan, dan hal yang paling penting adalah pada kerenyahan keripik singkong tersebut, kemudian bumbu yang anda gunakan harus yang berkualitas.

  1. Harga Keripik Singkong

Harga dari keripik singkong yang anda jual sebaiknya anda sesuaikan dengan target market anda, hal ini juga dipengaruhi oleh kemasan yang anda gunakan, jika untuk kelas menengah ke atas mungkin harga nya memang lebih mahal dan kemasan nya harus lebih bagus dan menarik jadi sesuaikan harga dan kemasan nya sesuai target market anda.

  1. Lokasi Strategis

Lokasi penjualan utama atau gerai anda haruslah strategis tempat nya, karena penjualan yang bagus harus memiliki tempat atau toko nyata di tempat yang strategis, selain itu buatlah toko online juga, perpaduan antara kedua nya akan membuat anda sukses dalam bisnis ini.

  1. Ramah Pada Pembeli

Keramahan atau pelayanan yang bagus dalam penjualan keripik anda akan membuat pengunjung anda kembali lagi membeli produk anda, jadi buatlah merek percaya bahwa layanan anda sangatlah bagus.

  1. Promo Menarik

Promo adalah salah satu hal yang paling disukai oleh seseorang, apalagi jika promo tersebut menarik. Namun anda harus benar-benar menghitung nya dengan tepat agar anda tidak mengalami rugi meskipun anda sedang memberikan promo yang menarik seperti beli 2 dapat 1 atau barang lain nya.

  1. Reseller

Menggunakan reseller dengan system dropship atau system lain nya juga akan sangat membantu bisnis anda berjalan dengan baik. Apalagi jika anda bisa memiliki reseller di berbagai kota, pastinya akan sangat membantu. Jadi anda bisa menggunakan cara online dalam memasarkan produk anda menjadi lebih luas lagi.

  1. Kerjasama

Kerjasama disini bisa anda lakukan dengan pemilik toko camilan yang ada di berbagai daerah, bahkan luar negeri. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan seperti titip di minimarket atau supermarket. Namun keripik singkong anda haruslah memiliki barkode, terdaftar di BPOM dan lain sebagainya agar bisa masuk ke toko tertentu.

Demikian informasi tentang Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris. Semoga informasi seperti ini bisa membantu anda untuk membangun sebuah bisnis yang bagus dan banyak disukai oleh masyarakat luas. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •