Tips Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Lebih Enak Dan Gurih

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tanpa Bahan Pengawet Yang Enak Dan Renyah

Tentang Potensi Ikan

Ikan yang merupakan sumber protein hewani yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita punya kunggulan, yaitu rendah lemak sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya untuk kerupuk. Maka berikut kami sajikan resep cara membuat kerupuk ikan.

Kenapa kerupuk? karena Indonesia yang merupakan Negara kepulauan memang memiliki banyak sekali wilayah perairan. Bahkan Indonesia hampir di apit oleh perairan dari segala arah, jadi tidak heran jika Indonesia memiliki kekayaan ikan yang sangat besar.

Ikan yang melimpah ini akan cepat mengalami pembusukan ketika sudah di angkat ke daratan. Sehingga dibutuh alternative lain agar ikan bisa bertahan lama dan dilakukan proses pengawetan. Tanpa adanya usaha pengawetan tentu peningkatan produksi perikanan akan sia-sia.

Selama ini ada banyak cara pengawetan ikan yang dilakukan, seperti pengeringan, penggaraman, pemindangan, perasapan, pendinginan, dan peragian. Dalam hal ini tentu membutuhkan inovasi atau gaya baru dalam produksi ikan, sehingga ikan tidak hanya menjadi makanan utama atau lauk saja. Namun bisa menjadi makan yang berupa camilan, sehingga akan banyak di cari.

Resep cara membuat kerupuk ikan

Dalam hal ini tentu anda akan bertanya apakah kandungan protein, kalsium dan fosfor dari ikan segar hilang ketika dijadikan makanan lain? tentu jawaban nya tidak. Contohnya bahan daging ikan yang sudah dijadikan kerupuk ikan hampir tetap sama kandungan nya, hanya beberapa saja yang berbeda.

Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Keripik Singkong Yang Laris

Tips Resep Cara Membuat Kerupuk Ikan Enak dan Gurih

Dalam usaha kerupuk ikan, anda harus mengetahui proses pembuatan nya secara mendetail dan bisa memproduksinya secara massa. Sehingga anda bisa menyuplai ke berbagai daerah di Indonesia ataupun mancanegara. Oleh karena itu kami akan memberikan 7 tips resep cara membuat kerupuk ikan yang lebih enak dan gurih:

1. Proses Persiapan Bahan Baku

Untuk mendapatkan kerupuk ikan yang lebih enak, dan lebih gurih. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dalam proses persiapan bahan baku utama. Bahan baku disini tentu merupakan hal yang paling penting karena rasa yang di dapatkan sangat tergantung dari bahan bakunya.

Anda harus bisa mempersiapkan daging ikan yang masih segar dan memiliki karakteristik yang bagus. Tentu anda harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara memiliki ikan segar yang berkualitas bagus.

2. Proses Pembentukan Adonan Kerupuk Ikan

Adonan yang dibuat adalah adonan yang dicampur dengan bumbu-bumbu yang tentunya juga merupakan bumbu pilihan, tepung yang digunakan juga harus memiliki kualitas yang bagus, lihat tanggal kadaluarsa nya dan lain sebagainya. Dalam pencampuran tepung ke dalam adonan, anda bisa menambahkan air dingin yang matang hingga adonan menjadi kalis. Anda bisa menggunakan mesin pembuat kerupuk ikan dalam pembuatannya, agar proses pembuatan kerupuk ikan jadi lebih mudah dan cepat, produksi akan lebih lancar.

3. Proses Pencetakan

Dalam tahap pencetakan ini anda bisa menggunakan tangan ataupun mesin. Namun yang paling di anjurkan adalah menggunakan mesin karena lebih efisien waktu serta lebih bagus hasilnya. Anda bisa membentuknya dengan panjang kurang lebih 30 cm dan diameternya 5 cm, itu bisa anda lakukan dengan menggunakan mesin pemotong kerupuk.

Kemudian agar adonan menjadi lebih padat, sebaiknya anda press adonan yang sudah anda bentuk tadi. Kemudian masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan yang berbentuk silinder.

4. Proses Pengukusan Adonan Kerupuk Ikan

Dalam proses pengukusan ini anda bisa menggunakan dandang pengukus selama 2 jam hingga adonan menjadi masak dan siap di potong. Untuk mengatahui apakah adonan sudah masak atau belum, anda bisa menggunakan beberapa cara. Pertama anda bisa menusukkan lidi ke dalam adonan kerupuk ikan tersebut, jika kerupuk ikan tidak menempel di lidi, maka itu berarti adonan tersebut sudah matang.

Cara kedua adalah dengan menekkan bagian dari kerupuk ikan. Jika adonan yang ditekan kembali seperti semula, atau tidak menimbulkan cegungan, itu berarti kerupuk ikan sudah matang dan siap untuk di angkat.

5. Proses Pendinginan

Adonan kerupuk ikan yang sudah masak tadi harus segera anda angkat, dan dinginkan agar bisa segera anda potong. Dalam proses pendinginan ini tentu anda harus melepas kerupuk ikan tersebut dari cetakan, untuk melepaskan nya dari cetakan, anda bisa menggunakan air dengan cara mengguyurnya. Setelah lepas, anda dinginkan selama 1 hari atau kurang lebih selama 24 jam hingga adonan tersebut mengeras dan mudah untuk di iris tipi-tipis.

6. Proses Pemotongan

Dalam proses pemotongan ini bisa anda lakukan dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan mesin pemotong yang dijalankan oleh 2 orang, atau dengan cara mengirisnya secara manual. Dalam tahapan ini memang sebaiknya dilakukan dengan mesin pemotong kerupuk lontongan karena lebih efektif waktu dan tentu hasilnya lebih bagus karena potongan nya agar lebih rapi.

Jika anda menggunakan cara manual, atau memotong nya dengan pisau, maka pisau yang anda gunakan harus tajam dan dilumuri dengan minyak goreng terlebih dahulu agar adonan tidak lengket di pisau dan menjadi jelek hasil potongan nya. Tebal pemotongan kira-kira 2 mm agar lebih mudah saat di goreng. Dan usahakan semua potongan berukuran sama agar matangnya bersamaan ketika digoreng.

7. Proses Pengeringan Kerupuk Ikan

Dalam tahap penjemuran ini memiliki keunggulan masing-masing dalam setiap caranya, jika anda menggunakan cara tradisional atau menjemur dengan mengandalkan sinar matahari, maka waktu akan lebih banyak terbuang, namun kerupuk ikan memang akan lebih mengembang ketika menggunakan sinar matahari untuk mengeringkan nya.

Jika anda menggunakan mesin oven, maka anda bisa mengeringkan nya dalam waktu 2 jam saja, namun memang hasilnya lebih bagus jika menggunakan sinar matahari. Dalam hal ini tentu bisa anda pertimbangkan karena jika menggunakan sinar matahari, anda membutuhkan waktu 4 jam untuk mengeringkan nya, dan itupun kalau dalam cuaca yang mendukung. Kalau tidak anda bisa menggunakan mesin pengering saja.

Itulah 7 tips Resep Cara membuat kerupuk ikan yang lebih enak dan gurih yang bisa kami berikan untuk anda yang sedang merintis bisnis kerupuk ikan. Oleh karena itu kami harap bisa memberikan solusi dan tips terbaik agar hasil kerupuk ikan anda menjadi lebih enak dan lebih gurih tentunya.

Langkah-langkah di atas, Resep cara membuat kerupuk ikan seperti tadi, memang merupakan cara yang biasa. Namun dengan mengetahui kekurangan dan apa saja yang harus di perhatikan dalam setiap prosesnya, tentu akan berpengaruh besar terhadap hasil yang di dapatkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •