Aha…! Ini Dia Rahasia 10 Cara Membuat Kerupuk Ikan yang Populer

Resep cara membuat kerupuk ikan

Kerupuk Ikan

Kerupuk merupakan salah satu makanan ringan yang saat ini semakin digemari oleh banyak orang. Selain karena harganya yang ekonomis, kerupuk pun cocok untuk dijadikan lauk pendamping makan berat. Karena itu kami berikan Cara Membuat Kerupuk Ikan, karena kerupuk adalah Kita.

Salah satu jenis kerupuk yang membuat lidah bergoyang ini adalah kerupuk ikan. Kerupuk ikan merupakan makanan atau cemilan yang kaya akan protein dimana bahan dasarnya berupa berbagai macam jenis ikan yang selalu dipanen oleh para nelayan dalam jumlah yang melimpah. Anda tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan hasil laut ini.

Cara Membuat Kerupuk Ikan ini relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Hal ini menjadikan bisnis ini sangat cocok untuk dirintis oleh pengusaha kecil maupun besar di Indonesia.

Mengingat olahan hasil laut berupa kerupuk ikan laut sangat cocok diterapkan pada cuaca panas dan dapat dimulai sebagai bisnis rumahan modal kecil. Ide bisnis rumahan ini bisa dilakoni oleh anggota keluarga Anda yang masih belum memiliki pekerjaan. Hasil penjualan dapat digunakan untuk menambah penghasilan.

Memulai bisnis olahan hasil laut berupa kerupuk ikan laut dapat diawali dari teknik membuat adonan kerupuk, mengetahui alat – alat yang diperlukan, dan bahan-bahan yang digunakan.

Dan untuk membantu anda dalam mengembangkan usaha, dibawah ini kami sajikan 10 macam cara membuat kerupuk ikan yang populer di masyarakat.

10 Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Populer

 

1.) Kerupuk Udang

Cara membuat kerupuk ikan

Kerupuk udang masuk ke peringkat pertama sebagai salah satu kerupuk ikan yang populer di Indonesia. Karena kerupuk ini memang sudah dikenal oleh masyarakat luas di seluruh Indonesia.

Kerupuk udang ini bisa dengan mudah kita peroleh di pasar tradisional maupun swalayan, bahkan banyak warung atau rumah makan yang menyediakan kerupuk udang ini sebagai pelengkap makanan.

Kerupuk udang ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih karena terbuat dari bahan utama daging udang rebon dan dengan bahan tepung lalu digiling sampai halus terus tambahkan juga bersama bumbu penyedap lainnya.

Bahan-bahan Kerupuk Udang

  • 2 kg udang segar
  • gula pasir secukupnya
  • 2 kg tepung tapioka
  • minyak goreng secukupnya
  • 10 siung bawang putih, haluskan
  • garam dapur secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • air bersih secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Udang

  1. Buang bagian kulit dan kepala udang kemudian cuci sampai benar-benar bersih, lalu tiriskan.
  2. Kemudian blender udang yang sudah di cuci bersih dan tuangkan kedalam wadah.
  3. Campurkan udang dengan tepung tapioka, aduk sampai merata.
  4. Masukan bumbu-bumbu seperti bawang putih yang sudah dihaluskan, penyedap rasa, gula pasir dan garam dapur, aduk kembali sampai benar-benar merata.
  5. Tuangkan air sedikit demi sedikit untuk membuat adoan supaya pas lalu uleni dengan tangan sampai adonan kalis dan tidak lengket di tangan.
  6. Selanjutnya, bungkus adonan kerupuk dengan daun pisang kemudian gulung sampai memanjang, lalu kukus selama 3 jam hingga adonan matang angkat dan dinginkan adonan.
  7. Setelah adonan dingin kemudian iris tipis adonan kerupuk yang sudah di kukus lalu jemur dibawah terik matahari sampai benar-benar kering atau selama 2-3 hari.
  8. Panaskan minyak goreng, lalu masukan kerupuk kedalam minyak yang sudah panas goreng sampai menggembang kering dan matang.
  9. Angkat dan tiriskan kerupuk udangnya.

2.) Kerupuk Ikan Tenggiri

cara membuat kerupuk ikan

Kerupuk ikan tenggiri merupakan salah satu jenis kerupuk yang banyak diminati oleh para konsumen pecinta kerupuk. Kerupuk ini memang memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok untuk dijadikan pendamping lauk ketika makan. Kerupuk jenis ini memang renyah dan gurih meskipun dimakan secara langsung atau dimakan bersama makanan lain juga enak.

Kerupuk ikan tenggiri ini memang merupakan salah satu makanan khas kota Palembang yang banyak diburu oleh para wisatawan yang berkunjung kesana sebagai oleh-oleh untuk keluarga dirumah. Namun untuk saat ini kerupuk ikan sendiri sudah diproduksi oleh banyak produsen di berbagai daerah, jadi bukan hanya Palembang saja yang memiliki kerupuk ikan tenggiri.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Tenggiri

  • 3 kg gram ikan tenggiri, dan ambil daging nya saja sebanyak 1,5 kg
  • 1 kg tepung tapioka
  • 5 siung bawang putih
  • 1 sendok makan garam
  • ¼ sendok makan soda kue

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri

  1. Daging ikan yang sudah dihilangkan durinya menggunakan mesin atau secara manual bisa anda cuci terlebih dahulu, kemudian anda masukkan ke dalam mesin penggiling, dan giling daging ikan tenggiri tersebut hingga halus.
  2. Kemudian haluskan bawang putih, garam dan soda.
  3. Kemudian campurkan daging ikan dengan bumbu yang sudah anda siapkan tersebut ke dalam cobek dan ulek hingga adonan mengembang.
  4. Tambahkan tepung tapioka kurang lebih 300 gram dan uleni hingga tepung tercampur rata dengan daging ikan tersebut.
  5. Uleni dengan tangan hingga adonan menjadi kenyal dan bisa dibentuk, kemudian bentuk dengan mencetaknya dengan cetakan atau masukkan ke dalam plastik atau daun pisang.
  6. Setelah itu, kukus adonan yang sudah anda cetak hingga matang, cara mengetahui apakah sudah matang atau tidak dengan cara menusukkan lidi ke dalam adonan yang anda kukus tersebut, kemudian jika adonan sudah tidak lengket, anda bisa segera mengangkatnya dari alat pengukus.
  7. Diamkan adonan tersebut hingga dingin dan mengeras, kemudian potonglah adonan tersebut tipis-tipis dengan menggunakan pisau atau anda bisa menggunakan alat pemotong adonan.
  8. Jemur potongan adonan mentah yang sudah anda iris tersebut hingga benar-benar kering, untuk menghemat waktu, anda bisa menggunakan mesin pengering adonan agar hasilnya lebih bagus dan lebih cepat.
  9. Jika sudah kering, anda bisa menggorengnya secara langsung kemudian di sajikan atau di kemas ke dalam plastik, atau anda bisa juga menyimpan nya dalam keadaan mentah dan bisa menggorengnya dikemudian hari.


3.) Kerupuk Ikan Lele

kerupuk ikan lele

Ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak digemari masyarakat, selain rasanya yang nikmat, ikan lele juga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik bagi kita. Meskipun kerupuk lele ini belum begitu familiar di kalangan masyarakat, tapi kerupuk ini menawarkan rasa yang gurih dan sangat nikmat.

Selain itu, kerupuk ini berpotensi untuk dikembangkan mengingat budidaya ikan lele cukup mudah dan hasil perikanan dari budidaya ikan lele cukup tinggi. Ikan lele memiliki harga jual yang cukup terjangkau, dengan begitu kerupuk lele bisa menjadi peluang usaha yang bagus.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Lele

  • 500 gr ikan lele segar
  • 250 gr tepung sagu
  • 2 btr telur ayam
  • 6 siung bawang merah, haluskan
  • 6 siung bawang putih, haluskan
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdt garam
  • 2 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat Kerupuk Ikan Lele

  1. Kukus ikan lele, tidak perlu sampai matang betul. Yang penting daging ikan sudah cukup lunak dan gampang dipisahkan dari tulang/duri-durinya. Pisahkan semua daging ikan lele dari tulangnya kemudian haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender.
  2. Pindahkan kedalam wadah, masukkan telur, bawang merah halus, bawang putih halus, gula pasir, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar tercampur merata.
  4. Atur tekstur adonan, jika adonan terlalu kakau maka tambahkan air seperlunya. Tekstur adonan kira-kira seperti tekstur adonan nugget atau adonan mendoan, lembek namun tidak encer.
  5. Masukkan adonan kedalam plastik yang memiliki diameter kecil namun memanjang. Seperti plastik yang digunakan untuk membuat es mambo atau es potong. Ikat ujungnya agar adonan tidak keluar.
  6. Kukus adonan yang telah dimasukkan kedalam palstik selama kurang lebih 15-20 menit. Atau hingga adonan didalamnya menggumpal dan mengeras. Angkat kemudian dinginkan.
  7. Keluarkan adonan yang sudah keras dari plastik. Potong-potong/iris adonan menggunakan pisau dengan ketebalan kira-kira 1-2 milimeter. Usahakan jangan terlalu tebal, atau perkirakan saja ketebalannya seperti kerupuk mentah pada umumnya.
  8. Jemur potongan adonan kerupuk lele mentah di terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah itu, barulah kemudian kerupuk siap digoreng.
  9. Untuk menggorengnya, gorenglah seperti menggoreng kerupuk pada umumnya. Panaskan minyak, kemudian masukkan kerupuk lele mentah dan goreng hingga mengembang. Angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan lele yang gurih kini siap dinikmati.

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Yang Enak, Renyah Dan Gurih


4.) Kerupuk Ikan Tongkol

kerupuk ikan tongkol

Ikan Tongkol adalah tergolong istimewa diantara jenis ikan lain. Harganya memang mahal, namun rasanya terbilang lumayan. Jika kita mau mencoba menyajikan tongkol dengan bentuk yang berbeda tentu akan sangat istimewa, seperti Kerupuk Ikan Tongkol.

Kerupuk tongkol ini merupakan makanan ringan yang banyak disukai orang karena rasanya yang gurih dan nikmat. Selain itu, kerupuk ini merupakan salah satu cemilan dan juga makanan pendamping yang banyak digemari. Selagi rasa khas tongkol masih menyatu pada kerupuk itu, tentu akan mudah diterima pasar bahkan akan mendobrak peluang baru dipasaran.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Tongkol

  • Tepung tapioka 1600 gram
  • Daging ikan tongkol 1-2 kg (dihaluskan)
  • Garam 2 sendok makan
  • Bawang putih 10 siung (dihaluskan)
  • Ketumbar halus 1 sendok teh
  • Soda kue 1 sendok teh
  • Gula pasir 600 gram
  • Telur 10 butir
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tongkol

  1. Langkah pertama adalah mencampurkan semua bahan dan aduklah hingga rata.
  2. Uleni adonan tersebut hingga kalis dan tidak lengket, dan lebih baik menggunakan tangan.
  3. Bungkus adonan dengan daun pisang dengan bentuk memanjang dan kukus kurang lebih selama 2 – 3 jam sampai adonan terlihat matang.
  4. Angkat adonan tersebut dan dinginkan, kemudian irislah tipis-tipis dan jemur 2 – 3 hari.
  5. Siapkan minyak goreng dengan api sedang kemudian goreng adonan yang telah mengering tersebut hingga terlihat merekah dan tiriskan.
  6. Simpan dalam toples dan kerupuk ikan siap dinikmati.

5.) Kerupuk Ikan Patin

kerupuk ikan patin

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi adalah ikan patin, ikan ini memang sering digunakan dalam pembuatan berbagai makanan atau masakan Palembang. Sebenarnya ikan patin juga cocok untuk digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kerupuk karena ikan patin memiliki daging yang rasanya gurih dan enak sehingga cocok untuk dibuat kerupuk.

Pengolahan ikan patin menjadi sebuah kerupuk juga di dasari karena banyaknya orang yang tidak suka mengkonsumsi ikan patin secara langsung dalam keadaan digoreng atau dibuat makanan lain nya karena sifat ikan patin yang lembek sehingga banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsinya. Dengan membuat kerupuk ikan patin, maka banyak orang yang mau memakan nya karena sifat ikan patin yang lembek tidak lagi terlihat, bahkan kerupuk tersebut terlihat lebih menggiurkan.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Patin

  • Daging ikan patin yang sudah dihaluskan sebanyak 1 kg
  • Tepung tapioka sebanyak 1 kg
  • Telur bebek atau telur ayam sebanyak 6 butir
  • Garam sebanyak 1,5 ons
  • Soda sebanyak 0,25 ons
  • Gula sebanyak 500 gram

Cara Membuat Kerupuk Ikan Patin

  1. Penghalusan ikan ini harus didahului dengan pemisahan tulang ikan dengan daging nya, anda bisa menggunakan cara manual atau anda bisa menggunakan mesin pemisah tulang agar hasilnya lebih cepat dan bagus. Karena jika sampai pemisahan tidak dilakukan dengan baik dan sempurna, maka tulang ikan yang ikut akan membuat kerupuk tidak bagus hasilnya.
  2. Setelah anda memisahkan tulang dan daging nya, kemudian anda cuci daging tersebut dan potong kecil-kecil dan haluskan menggunakan mesin penggiling daging atau blender. Kemudian setelah halus anda bisa menambahkan bumbu yang akan menambahkan rasa gurih pada ikan patin.
  3. Langkah selanjutnya adalah membuat adonan kerupuk, caranya dengan mencampurkan daging ikan patin yang sudah halus dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil di aduk, kemudian tambahkan 3 butir telur ayam, soda dan air es yang sudah anda persiapkan. Kemudian aduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  4. Setelah itu anda bisa membentuk adonan dengan menggunakan plastik atau sebuah cetakan sesuai selera, dan masukkan ke dalam kukusan atau anda juga bisa merebusnya ke dalam air yang sudah mendidih. Kemudian angkat adonan tersebut dan tunggu hingga adonan dingin.
  5. Setelah adonan dirasa sudah dingin, maka anda bisa memotong nya dengan alat pemotong khusus agar hasilnya lebih maksimal, namun jika terpaksa anda bisa menggunakan pisau untuk memotong nya dengan ukuran tipis. Pisau yang anda gunakan haruslah pisau yang tajam agar hasil potongan nya bisa bagus.
  6. Setelah anda melakukan pemotongan, anda bisa segera menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering adonan kerupuk ikan.
  7. Setelah dirasa kering dan bisa digoreng, maka anda bisa segera menggorengnya atau anda juga bisa menyimpan kerupuk ikan patin tersebut dalam keadaan mentah dan anda bisa menyimpan nya dalam waktu yang cukup lama.
  8. Setelah digoreng, diamkan terlebih dahulu kerupuk tersebut hingga minyaknya turun dan kemudian setelah dingin anda kemas ke dalam plastik atau ke dalam toples agar kerupuk tidak melempem.


6.) Kerupuk Ikan Teri

Ikan Teri adalah salah satu jenis ikan laut yang sering dimanfaatkan untuk masyarakat untuk dikonsumsi dengan cara diolah menjadi beragam macam masakan. Mungkin bagi sebagian besar dari kita pernah merasakan nikmatnya olahan ikan teri yang rasanya gurih asin, karena ikan ini sangat nikmat walaupun hanya disantap dengan nasi hangat saja.

Selain itu, ikan teri juga sangat mudah untuk bisa kita dapatkan dipasar-pasar tradisional dimana saja, dan harganya juga sangat ringan dikantong untuk masyarakat menengah kebawah.

Kerupuk ikan teri ini memiliki cita rasa gurih, renyah, dan aroma ikan sangat terasa. Anda bisa membuat makanan camilan untuk dikonsumsi keluarga atau dijual kepada orang lain. Peluang bisnis kerupuk ikan teri ini masih menjanjikan, anda bisa memanfaatkan sebagai sumber pendapatan sampingan.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Teri

  • 5 kg Ikan teri
  • 2,5 kg tepung terigu
  • 15 siung Bawang putih
  • 30 g garam
  • 2 sdt vetsin

Cara Membuat Kerupuk Ikan Teri

  1. Pertama kali, untuk cara membuat kerupuk ikan teri, Sebelum diolah, sortir dulu ikan teri, kemudian cuci sampai bersih, agar menghilangkan kotoran.
  2. Kemudian campur ikan teri dengan bumbu bawang putih, garam secukupnya, dan juga vetsin, kemudian diamkan selama 15 menit agar bumbu bisa meresap
  3. Masukan ikan teri yang sudah dicampur bumbu ke dalam tepung terigu sampai ikan teri terlapisi oleh tepung terigu, kemudian tampi agar tepung terigu yang menempel tidak terlalu banyak.
  4. Setelah di tampi, kemudian goring ikan teri ke dalam miyak goreng yang sudah panas sampai kecoklatan.
  5. Setelah terlihat kecoklatan, kemudian tiriskan, agar minyaknya cepat kering
  6. Langkah yang terakhir, kemas ikan teri yang sudah ditiriskan ke dalam plastik, tutup dengan sealer. Atau juga bisa dimasukan ke dalam toples.

7.) Kerupuk Ikan Gabus

Kerupuk ikan gabus menjadi makanan favorit orang Indonesia sebagai teman makan maupun cemilan. Kerupuk ini merupakan cemilan yang merakyat dengan harga murah namun memiliki rasa yang tidak kalah dengan cemilan mahal. Krupuk paling nikmat ketika dihidangkan sebagai pelengkap pada saat makan.

Hadirnya kerupuk ikan gabus ini bisa menambah nafsu makan dengan rasa dan renyahnya pada saat digigit. Kerupuk ini cukup mudah untuk didapatkan, Anda bisa mendapatkannya di warung-warung sekitar rumah atau di pasar. Hal ini karena kerupuk ikan gabus sudah semakin dikenal oleh masyarakat dan dengan harganya yang tergolong murah membuatnya banyak diminati. Namun untuk menikmati kerupuk ikan gabus ini, mungkin Anda bisa coba membuatnya agar bisa merasakan kerupuk ikan gabus hasil kreasi sendiri.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Gabus

  • 1/2 kg daging ikan gabus, tanpa duri, kukus kemudian tumbuk sampai halus
  • 1/2 kg tepung sagu/tapioka
  • 100 cc air yang sudah matang
  • 2 butir telur, diutamakan untuk menggunakan telur bebek
  • Bawang putih secukupnya, haluskan
  • Gula secukupnya atau sekitar 1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya atau sekitar 1 sendok teh Adonan kerupuk ikan yang sudah kering. Adonan kerupuk ikan
  • yang sudah kering.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Gabus

  1. sebagai awalan, dalam cara membuat kerupuk ikan Gabus, Campurkan daging ikan gabus dengan tepung sagu (tapioka), telur, gula, bawang, dan garam. Aduk terus sampai tercampur rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan.
  2. Giling adonan berulangkali sampai adonan menjadi benar-benar kalis atau tidak lengket.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat panjang dan pipih.
  4. Bungkus adonan yang sudah dibentuk dengan menggunakan daun pisang/plastik.
  5. Kukus adonan yang sudah dibungkus hingga matang.
  6. Angkat adonan dari kukusan, dinginkan selama kurang lebih 24 jam.
  7. Setelah itu, iris tipis-tipis adonan yang sudah dikukus tadi. Jemur di bawah sinar matahari hingga adonan kering.
  8. Jika adonan sudah mengering atau mengeras, adonan siap untuk digoreng.
  9. Goreng adonan hingga matang, angkat dan tiriskan.
  10. Kerupuk ikan gabus siap untuk disantap.

8.) Kerupuk Ikan Nila

Kerupuk ikan nila merupakan salah satu produk teknologi pangan berbahan dasar ikan. Hasil olahan ikan yang dibuat menjadi keripik akan menjadi awet disimpan. Dengan pengolahan yang benar, kerupuk ikan nila ini bisa awet sampai setahun.

Ikan nila memiliki rasa daging yang gurih dan enak. Ikan-ikan nila yang berumur muda, duri-duri dan sisiknya masih lunak. Jika digoreng biasa sampai garing akan terasa renyah. Lain lagi untuk ikan-ikan nila yang sudah berumur dewasa, sisik dan durinya sudah keras.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Nila

  • 1 kg daging giling ikan nila
  • 5% garam halus
  • 2,5% bawang putih halus,
  • 6% telur
  • 3% gula halus
  • 1,5% penyedap rasa
  • 1,8% baking powder
  • 120 – 150% tapioka

Cara Membuat Kerupuk Ikan Nila

  1. Sebagai awalan, untuk cara membuat kerupuk ikan Nila, Daging ikan giling dicampur dengan garam, diaduk hingga membentuk gel (lengket ditangan).
  2. Masukkan semua bahan secara berurutan mulai dari gula halus, bawang putih yang telah dihaluskan, MSG (penyedap rasa), telur dan baking powder, aduk hingga rata.
  3. Masukkan sedikit demi sedikit tepung tapioka, hingga adonan kalis dan tidak lengket ditangan dan dapat dibentuk.
  4. Bentuk adonan menjadi bulat memanjang dengan diameter + 3 cm dan panjang + 15 cm (panjang tergantung besar alat pengukus dan sesuai keinginan).
  5. Kukus adonan yang telah dicetak -/+ selama 1 jam (tergantung diameter lenjeran kerupuk) kematangan lenjeran dapat dilihat dengan menusukkan garpu keadonan, jika masih lengket, berarti belum matang.
  6. Simpan adonan yang telah dikukus diatas tampah dan biarkan disuhu kamar selama 1 malam. Setelah disimpan 1 malam, potong (iris) adonan dengan tebal + 2 mm. Jemur 1 hari (sampai kering)
  7. Kemudian goreng adonan kerupuk ikan nila yang sudah kering angin hingga matang. Namun, tidak sampai garing. Tiriskan kerupuk ikan yang sudah digoreng untuk mengurangi kandungan minyak gorengnya.

9.) Kerupuk Ikan Bandeng

Ikan Bandeng sudah menjadi salah satu jenis ikan yang populer dan banyak digemari di kalangan masyarakat. Karena selain rasanya yang khas, ikan bandeng ini mempunyai kandungan gizi yang tinggi.

Salah satu inovasi baru yang semakin dikembangkan saat ini adalah pengolahan ikan bandeng menjadi kerupuk. Kerupuk Ikan Bandeng ini juga memiliki rasa dan aromanya yang enak dan gurih.

Dengan kesehatan yang terjamin tentu banyak orang yang memburu jenis makanan olahan yang satu ini. Karena disamping dapat dijadikan pelengkap ketika makan, kerupuk ikan bandeng pun dapat dijadikan sebagai camilan. Sehingga peluang usaha ini bisa dibilang sangatlah menguntungkan.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Bandeng

  • 6 Ekor Ikan Bandeng yang sudah difillet dagingnya
  • 10 Sdm Tepung Tapioka
  • 3 Sdm Tepung Terigu
  • 1 1/2 Sdm Garam
  • 2 Sdt Kaldu Bubuk
  • 1 Sdt Merica Bubuk
  • 6 Siung Bawang Putih
  • 50 ml Air
  • Minyak Goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan Bandeng

  1. Pertama kali, untuk cara membuat kerupuk ikan bandeng, Cuci bersih ikan bandeng lalu kukus 1 jam.
  2. Blender ikan bandeng yang sudah dikukus, tambahkan air dan bawang putih, lakukan sampai hancur semua
  3. Tuang adonan yang sudah halus kedalam wadah berisi tepung tapioka, tepung terigu, garam, merica bubuk dan kaldu bubuk, aduk hingga rata.
  4. Panaskan kukusan dengan api sedang, masukkan adonan kedalam plastik ukuran 1/4 kg, ikat dengan karet gelang dan masukkan kedalam panci kukusan, tunggu ±30 menit, angkat dan tiriskan.
  5. Jika sudah hangat (jangan sampai dingin karena adonan akan mengeras), iris tipis-tipis, gilas dengan botol kaca, lakukan sampai adonan habis, lalu jemur diterik matahari sampai kering.
  6. Goreng keripik dengan minyak panas, hidangkan sebagai teman makan.

10.) Kerupuk Ikan Kakap

Sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis-jenis kerupuk ikan yang biasanya kita jumpai di warung-warung maupun di pusat perbelanjaan, salah satu jenis kerupuk yang bisa dibilang sebagai kerupuk yang populer di Indonesia adalah Kerupuk Ikan Kakap.

Kerupuk Ikan Kakap ini banyak digemari oleh masyarakat karena kerupuk ini memiliki cita rasa yang gurih, enak, dan juga lezat. Kerupuk ikan kakap ini sangat cocok untuk dikonsumsi dalam berbagai kegiatan, dab juga bisa digunakan sebagai lauk pauk maupun cemilan.

Usaha kerupuk  ini sangat cocok untuk dijalankan di daerah sekitar pantai karena dalam memperoleh bahan bakunya sangat mudah. Selain itu, usaha kerupuk ini juga menjadi salah satu usaha yang menguntungkan dan proses pembuatannya pun tidak sulit.

Bahan-bahan Kerupuk Ikan Kakap

  • 800 g tepung tapioka
  • 350 g ikan kakap yang sudah dihaluskan
  • garam secukupnya
  • 5 siung bawang putih yang dihaluskan
  • 1/2 sdt ketumbar halus
  • 1/2 sdt soda kue
  • 300 g gula pasir
  • 5 butir telur
  • air secukupnya
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kerupuk Ikan Kakap

  1. Langkah Pertama yang harus anda lakukan adalah Daging ikan kakap digiling halus, bawang putih, garam, soda dihaluskan atau dimixer.
  2. Bumbu dan daging ikan halus di campur dimixer dicampur air sedikit demi sedikit sampai adonan mengembang .
  3. Campur adonan degan tepung sedikit demi sedikik, ulet sampai adonan menjadi kalis, memadat(jangan terlalu keras) padatan agak lembek sedikit.
  4. Bentuk sesuai selera.
  5. Kukus selama kurang lebih 1 jam .
  6. Pastikan krupuk sudah matang atau belum .
  7. Kerupuk yg sudah matang ditandai dengan mengembang dan kalau ditekan dengan jari akan kembali semula tidak penyok.
  8. Jangan terlalu matang (hasil penggorengan tidak bagus ).
  9. Angin-anginkan selama 6 jam kerupuk agak keras supaya pemotongan bagus .
  10. Jemur sampai kadar airnya berkurang.
  11. Kemudian adonan kerupuk digoreng sampai kering dan berwarna kekuningan.

 

Perkenalkan, Punca Media

Sebelum kita ke analisa bisnis kerupuk ikan, kami kenalkan dulu chanel youtube PUNCA MEDIA. Disini Anda dapat melihat inspirasi dari para pengusaha dari mulai merintis usaha, mencari modal, melewati masa sulit hingga sukses seperti saat ini. Terima kasih.

7 Analisa Bisnis Kerupuk Ikan Bagi Usaha Anda

1.) Peluang Usaha Kerupuk Ikan

Dalam menjalankan usaha kerupuk ikan juga bisa menjadi pilihan yang tepat dalam menjalankan bisnis kuliner, apalagi olahan kerupuk ini menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menguntungkan untuk dijalani, karena menyajikan jenis kerupuk yang berbeda dari umummnya akan membuat olahan kerupuk ini semakin banyak dicari oleh kalangan masyarakat.

Dengan semakin banyaknya masyarakat yang menyukai olahan kerupuk akan membuat produk kerupuk ini bisa dijadikan peluang usaha yang bisa Anda lakukan saat ini.

2.) Prospek Usaha Kerupuk Ikan

Kalau dilihat dari segi prospek bisnis, olahan kerupuk ini bisa dibilang sangat cemerlang kalau dibandingkan dengan olahan kerupuk lainnya. Usaha kerupuk yang menyajikan jenis kerupuk juga sangat cocok untuk dikembangkan di wilayah Indonesia. Jika Anda ingin menjalankan sebuah usaha tapi masih bingung untuk memilih usaha apa yang tepat, mungkin usaha kerupuk ikan ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

3.) Memulai Usaha Kerupuk Ikan

Pada saat memulai menjalankan usaha kerupuk ini juga cukup mudah untuk dilakukan karena proses yang pertama kita harus melihat penggunaan bahan baku yang digunakan. Kalau bahan baku yang akan digunakan itu mudah diperoleh, pastinya kalau dikembangkan dalam usaha akan bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, harga bahan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk ini juga sangat terjangkau, jadi modal yang Anda perlukan juga tidak terlalu besar.

Nah selain itu, Anda juga bisa mempelajari Tips Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Lebih Enak Dan Gurih supaya Anda bisa memproduksinya dengan rasa yang lezat dan kualitas yang tinggi.

4.) Pelaku Usaha Kerupuk Ikan

Sebenarnya siapa saja bisa menjalankan usaha ini. Pelaku yang bisa menjalankan usaha ini juga tidak akan dilihat dari status jabatannya, jadi siapapun berhak dan bisa menjalankan usaha kerupuk ikan. Jika Anda sudah menjalankan sebuah usaha tapi masih ingin menjalankan usaha kerupuk ikan maka bisa Anda jadikan sebagai usaha sampingan.

5.) Lokasi Strategis Dalam Berjualan Kerupuk Ikan

Salah satu faktor penentu kelancaran sebuah usaha adalah lokasi penjualannya. Lokasi penjualan memang harus diperhatikan karena pemilihan lokasi yang tepat akan menunjang kelancaran usaha kerupuk ikan yang Anda jalankan. Sebaiknya pilihlah lokasi yang strategis dan ramai, atau yang sering dikunjungi oleh masyakarat seperti di lokasi perbelanjaan seperti swaayan, supermarket, mall, pasar, dan lain sebagainya.

6.) Strategi Promosi Usaha Kerupuk Ikan

Proses pemasaran ini bisa Anda lakukan dengan memasarkan di berbagai pasar yang terletak di daerah-daerah ramai. Selain itu, untuk memasarkan kerupuk ikan juga bisa ditawarkan ke berbagai toko-toko dan warung makanan. Sebetulnya proses pemasarannya bisa dilakukan dengan banyak cara, semua tergantung dari kreatifitas Anda, jadi bagi Anda yang ingin memasarkannya bisa memilih dengan cara yang diinginkan sekiranya bisa berkembang dengan mudah.

7.) Keuntungan Menjalankan Usaha Kerupuk Ikan

Setiap menjalankan sebuah usaha pastinya yang akan diperhatikan adalah keuntungan yang diperoleh. Dalam hal ini, keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam menjalankan usaha ini cukup menjanjikan karena modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Dengan hal ini akan menunjukkan jika keuntungan dari usaha ini bisa sangat menjanjikan di kemudian hari.


Tips Meningkatkan Nilai Tambah Kerupuk Ikan

Kerupuk ikan ini tidak hanya dipasarkan dalam keadaan mentah saja, tapi saat ini sudah ada banyak pengusaha kerupuk yang menjualnya dalam keadaan sudah digoreng, jadi konsumen tidak perlu susah payah menggorengnya lagi.

Tapi harus diperhatikan teknik menggoreng kerupuknya agar bisa memiliki nilai tambah, karena kalau salah dalam teknik penggorengannya akan membuatnya jadi mudah tengik.

Selain itu, juga harus Anda perhatikan minyak goreng yang akan digunakan, sebaiknya minyak goreng haruslah yang baru atau sekali pakai. Faktor lain yang mendukung olahan Anda adalah kemasannya. Pengemasan yang menarik tentunya akan meningkatkan nilai jual produk Anda sampai dua atau tiga kali lipat.

Pilih kemasan dari plastik yang transparan agar kerupuk olahan Anda bisa dengan mudah dilihat, dan juga informasikan nama produk dan perusahaan tempat pembuatan kerupuk ikan tersebut.

Estimasi Dalam Kelancaran Bisnis Kerupuk Ikan

Pendorong lancar atau tidaknya suatu bisnis itu bisa dilihat dari banyak faktor, seperti lancarnya penjualan dan proses produksi. Selain itu, Anda pasti akan membutuhkan mesin yang digunakan dalam proses memproduksinya untuk bisa menghemat upah tenaga kerja, tapi Anda pun juga harus memiliki modal yang cukup besar untuk hal ini.

Kalau Anda masih mengandalkan tenaga kerja, untuk melakukan proses produksi ini pastikan bahwa SDM nya memiliki ketrampilan dan disiplin tinggi, dengan begitu produk kerupuk ikan laut Anda bisa memiliki daya saing di pasaran.

Perhatikan juga kelancaran suplai dari bahan baku berupa ikan laut. Pikirkan untuk memiliki sumber bahan baku yang jelas. Misal dengan bekerjasama dengan nelayan atau perusahaan penyedia ikan segar untuk memperlancar proses produksi Anda.

Pertimbangkan cadangan bahan baku untuk proses produksi selanjutnya (sekitar 1 minggu ke depan). Hal ini berfungsi menjaga terjadinya kemacetan dalam penyediaan bahan baku terutama ikan segar saat order penjualan ramai.

Perhatikan pula kondisi kantung plastik, atau foam box yang Anda pakai untuk mengemas, dimana harus dengan terstandar. Oleh karenanya pikirkan cara pengadaan kemasan yang praktis dan sesuai dengan kemasan produk olahan hasil laut berupa kerupuk ikan yang notabene sangat sensitif terhadap udara luar. Jika dianggap perlu, pertimbangkan untuk membuat kemasan yang unik dan menarik sendiri.

Demikian informasi tentang 10 Cara Membuat Kerupuk Ikan Yang Populer di Indonesia Dan Analisa Peluang Usaha Kerupuk Ikan yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin memulai bisnis kerupuk ikan. Semoga sukses dan terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •