Home » Artikel » Artikel Proses » 11 Manfaat Santan Kelapa Yang Baik Untuk Kesehatan Anda

11 Manfaat Santan Kelapa Yang Baik Untuk Kesehatan Anda

Pohon kelapa merupakan tanaman yang memiliki segudang manfaat. Manfaat Kelapa dari akar hingga daun bahkan buah, dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. Daun kelapa misalnya dapat digunakan sebagai atap rumah. Tulang daunnya bisa dijadikan sapu lidi. Bagian buahnya selain rasa dagingnya yang nikmat, airnya juga segar dan mampu menjadi penghilang dahaga di saat cuaca panas. Air kelapa juga berguna untuk mengatasi dan menjadi bantuan pertama dalam kasus keracunan.

Selain itu, parutan dan perasan buah kelapa juga dapat menghasilkan santan. Manfaat Santan kelapa juga lumayan banyak selain sebagai bahan dasar untuk masakan, ternyata manfaat santan kelapa lebih dari itu. Manfaat santan kelapa untuk kecantikan pun sekarang banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan tubuh.

Santan kelapa yang dikenal kental dan berlemak, terkadang dihindari oleh sebagian orang dengan alasan kolesterol dan merusak program diet. Namun, tahukah Anda, dibalik lemak santan kelapa terdapat begitu banyak manfaat yang justru baik bagi kesehatan kita.

show_image

sumber : www.gabonatej.hu

Berikut Manfaat-manfaat yang terkandung dalam santan kelapa antara lain:

  1. Kaya Antioksidan

Santan kelapa kaya akan antioksidan yang mampu menambah energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan ini juga berfungsi membangun kembali sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas. Radikal bebas biasanya menyebabkan berbagai macam penyakit seperti kanker, penyakit jantung, demensia dan penyakit-penyakit lainnya.

  1. Mencegah Penuaan

Santan kelapa memiliki beragam kandungan seperti serat, lemak, nutrisi serta antioksidan. Berbagai kandungan tersebut mampu  membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Mengkonsumsi santan kelapa secara teratur dapat membuat kita awet muda. Namun, pengkonsumsian santan kelapa tentu harus dalam batas yang wajar, alias tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan, tubuh kita akan mudah terserang berbagai macam penyakit, jika kita tidak cerdas menetapkan takaran santan kelapa yang harus dikonsumsi.

  1. Kaya Akan Zat Besi

Santan kelapa memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi berfungsi mencegah kekurangan darah atau anemia. Santan kelapa merupakan alternatif lain jika Anda kurang suka atau menghindari konsumsi obat penambah darah. Dengan asupan zat besi yang cukup bagi tubuh, maka Anda tidak mudah lesu, lelah dan produktifitas tubuh akan semakin meningkat.

  1. Mengandung Asam Laurat

Santan kelapa mengandung asam lemak rantai atau asam laurat. Asam laurat ini juga ada di dalam kandungan air susu ibu. Asam laurat bermanfaat sebagai antibiotik, anti virus dan anti jamur yang mampu membersihkan tubuh dari bakteri, virus, dan berbagai ancaman penyakit lainnya. Mengkonsumsi santan kelapa juga akan mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan stroke karena kandungan asam laurat tersebut yang mampu mengurasi trigliserida dan kolesterol.

  1. Menguatkan Tulang

Manula atau manusia dengan usia lanjut biasanya rentan terserang menopause. Penyakit yang menyerang tulang ini, tentu menghambat olah gerak tubuh, sehingga ada beberapa gerakan yang tidak dapat kita lakukan dengan leluasa. Hal ini tentu membuat tubuh kita terbatas, belum lagi rasa sakit yang menyerang serta rasa tidak nyaman.

Beragam cara biasanya dilakukan untuk mencegah atau mengurangi efek menopause pada tulang. Salah satunya adalah dengan olahraga dan mengkonsumsi susu tertentu yang diperuntukkan untuk mencegah menopause. Mulai saat ini, Anda dapat memasukkan santan kelapa sebagai salah satu pilihan untuk menguatkan serta menyehatkan tulang. Jika susu memenuhi asupan kalsium, maka santan kelapa memiliki kandungan fosfor yang baik bagi kesehatan tulang. Tidak mengherankan jika mengkonsumsi santan kelapa dengan batas yang wajar bisa membantu menyehatkan dan menguatkan tulang.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Buah-buahan sudah terkenal sejak dulu dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Bahkan, dalam dunia kesehatan, buah-buahan berada dalam daftar teratas yang dianjurkan jika kita ingin memperoleh asupan vitamin C yang baik. Akan tetapi, ternyata tidak hanya buah yang bisa kita andalkan. Pasalnya, santan kelapa juga mengandung vitamin C yang tdak kalah dengan manfaat buah-buahan dalam  memperkuat sistem kekebalan tubuh. Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung santan kelapa, maka kita akan terhindar dari flu serta infeksi.

  1. Penyubur Rambut

Santan kelapa mengandung minyak yang cukup tinggi. Perasan santan kelapa yang berupa ampas mengandung minyak yang bisa digunakan untuk masker rambut. Selain berkhasiat menyuburkan dan menguatkan akar rambut, minyak dari kelapa juga bisa menghitamkan rambut. Pemakaian minyak kelapa ini secara rutin akan memberi hasil yang maksimal. Akan tetapi, Anda harus teliti membersihkan rambut dengan cara membilasnya dengan air dan shampoo, karena ampas dan minyak kelapa bisa menimbulkan bau yang kurang sedap di rambut jika tidak dibersihkan dengan baik.

  1. Pengganti Susu dan Menyembuhkan Penyakit

Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk susu hewani, cobalah santan sebagai penggantinya. Santan kelapa tidak hanya warnanya yang menyerupai susu, tetapi santan kelapa juga bebas kedelai, bebas gluten, dan bebas kacang. Aman dikonsumsi bagi Anda yang alergi terhadap kacang.

Santan kelapa juga dapat menyembuhkan penyakit radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengkonsumsi santan kelapa yang dipercaya mampu meredakan gejala kedua penyakit tersebut.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Santan kelapa tidak hanya diproduksi dalam bentuk olahan makanan, tetapi juga bisa diaplikasikan sebagai masker atau sabun pencuci untuk wajah. Manfaatnya dapat mengencangkan kulit wajah sehingga mencegah timbulnya keriput. Ini merupakan bahan alami bagi wanita untuk menjaga kekencangan kulit wajahnya. Gunakan santan kelapa sebagai masker secara rutin, maka Anda akan merasakaan kulit wajah yang semakin kencang.

  1. Mengandung Lemak Jenuh

Meski santan kelapa terkenal memiliki kandungan lemak yang tinggi, akan tetapi lemak tersebut sebagian besar adalah lemak jenuh yang terdiri dari asam lemak rantai pendek dan menengah. Lemak jenuh tersebut lebih mudah dan lebih  cepat diubah tubuh menjadi energi, bukan diolah sebagai lemak tubuh yang jahat. Itulah sebabnya, santan kelapa justru membantu menurunkan berat badan karena kandungan lemak jenuhnya yang cukup tinggi.

  1. Menurunkan Tekanan Darah 

Konsumsilah santan kelapa dengan takaran yang wajar dan pas, artinya tidak terlalu banyak, tetapi juga tidak terlalu sedikit. Dengan batas yang normal, kandungan potassium yang tinggi pada santan kelapa mampu mengatur tekanan darah dan menurunkan tekanan darah tinggi dalam tubuh. Sehingga, santan kelapa baik dikonsumsi bagi Anda yang memiliki tekanan darah melebihi ambang batas normal.  Akan tetapi, Anda juga juga tidak dianjurkan mengkonsumsi santan kelapa secara berlebihan karena santan memiliki kandungan koleterol yang tinggi.

Bagaimana, cukup banyak kan manfaat yang terkandung dalam santan kelapa, selain sebagai bahan penyedap rasa dari makanan ternyata santan kelapa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Selain manfaat santan kelapa yang sudah disebutkan tadi, ternyata santan kelapa juga bermanfaat untuk peluang usaha atau bisnis anda, apalagi sekarang telah banyak produksi santan kelapa instan yang sudah dijual ditoko – toko dan supermarket – supermarket. Mungkin ini bisa juga menjadi peluang usaha untuk anda, dan peluang usahanya terbuka sangat lebar.

Untuk memproduksi santan kelapa kapasitas besar anda bisa menggunakan mesin pencungkil kelapa. Fungsinya untuk mempermudah tahap awal pengambilan daging kelapa. Selanjutnya anda juga bisa memarut buah kelapa dengan menggunakan mesin pemarut kelapa agar proses pemarutan kelapa dapat menghasilkan parutan yang banyak dengan cepat, dan yang terakhir anda tidak perlu memeras santan dengan tangan anda bisa memeras santan dengan cepat menggunakan mesin screw press dan menghasilkan air santan perasan lebih banyak.

sekian informasi tentang manfaat yang terkandung dalam santan kelapa. selamat mencoba manfaat dari santan kelapa.

By | 2016-11-09T09:49:04+00:00 April 1st, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 11 Manfaat Santan Kelapa Yang Baik Untuk Kesehatan Anda

About the Author: