Home » Artikel » Artikel Proses » 3 Resep Brownies Kukus Coklat Yang Menggoyang Lidah, DIJAMIN..!

3 Resep Brownies Kukus Coklat Yang Menggoyang Lidah, DIJAMIN..!

Resep brownies kukus coklat ini merupakan salah satu jenis kue basah yang banyak digemari oleh semua kalangan masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, sampai orang tua.

Para pecinta dan penikmat kue tentunya sudah mengenal brownies kukus yang terbuat dari coklat dengan citarasa yang manis, empuk, dan legit. Nah citarasa yang khas inilah yang membuat para penikmatnya mau dan terus ingin mencobanya lagi.

Brownies Kukus

Resep Brownies Kukus Coklat

Olahan kue yang diolah dengan cara dikukus ini memang terasa sangat cocok untuk menjadi hidangan spesial bagi keluarga Anda. Resep brownies kukus coklat ini sempat menjadi sajian kue yang cukup terkenal karena ada beragam model bentuk dan cara pengolahannya.

Resep brownies kukus ini juga sangat disukai oleh para konsumen di seluruh penjuru Nusantara, mulai dari brownies dengan merk terkenal sampai potongan kue brownies yang dijajakan di kantin sekolah, kantor, bahkan pedagang kaki lima.

Resep Brownies Kukus Coklat

Resep Brownies Kukus Coklat

Resep brownies kukus coklat ini sebetulnya cukup mudah dan simpel, yaitu terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, gula, telur, dan coklat yang sudah dilelehkan, serta tambahan kacang almond sebagai perasa.

Selain itu, peluang usaha brownies kukus coklat ini masih terbuka lebar yang bisa Anda manfaatkan sebagai kegiatan usaha Anda. Tentunya dengan menjalankan usaha brownies kukus coklat ini bisa mendatangkan keuntungan yang lebih.

Untuk menjalankan usaha brownies kukus coklat ini bisa dibilang sangat mudah dan tidak memerlukan modal yang besar, yang terpenting adalah Anda harus mengetahui resep brownies kukus coklat ini supaya brownies coklat buatan Anda bisa sempurna dan bisa diterima oleh konsumen.

Nah maka dari itu agar Anda lebih mudah dalam proses pembuatan brownies coklat ini, kami berikan resep brownies kukus coklat yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Cara #1

Bahan-bahan

  • 55 gr tepung terigu
  • 225 gr gula kastor
  • 2 butir telur
  • 3 sdm cokelat bubuk
  • 55 gr mentega atau margarin
  • 1/4 sdt soda kue
  • 170 gr chocolate chip pahit manis
  • 1/4 sdt garam
  • Gula bubuk untuk perasa

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat

  1. Langkah pertama adalah melelehkan mentega atau margarin dalam panci atau wajan dengan api kecil.
  2. Setelah itu, tuangkan gula dan telur ke dalam wadah atau mangkuk berukuran sedang, lali aduk sampai benar-benar tercampur. Anda bisa menggunakan mixer roti untuk mengaduknya, atau juga bisa secara manual dengan menggunakan sendok atau garpu. Kemudian sisihkan.
  3. Campurkan tepung dan coklat bubuk secara bersamaan ke dalam mangkuk atau wadah terpisah, lalu aduk sampai rata.
  4. Tuangkan mentega yang sudah dilelehkan tadi ke dalam campuran gula dan telur. Aduk secara merata sampai terbentuk adonan yang lembut dan berwarna kuning cerah.
  5. Saring campuran coklatnya ke dalam campuran telur sedikit demi sedikit. Anda bisa menggaruk perlahan bagian bawah saringan dengan garpu untuk membantu menyaring campuran coklat.
  6. Selanjutnya Anda menambahkan coklat chip ke dalam campuran.
  7. Kemudian tuangkan campuran yang sudah jadi ke dalam nampan atau loyang kukus yang sudah diolesi dengan minyak, lalu ratakan adonannya, usahakan serata mungkin supaya brownies yang dihasilkan memiliki tinggi yang sama secara keseluruhan.
  8. Kukus adonan brownies di dalam steamer alat kukus selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa cek browniesnya setiap 10 menit untuk memastikan brownies tidak gosong.
  9. Setelah matang, keluarkan brownies dari alat pengukus dan diamkan sejenak agar brownies bisa sedikit mengeras, jadi lebih mudah untuk dipotong.
  10. Brownies kukus coklat buatan Anda siap untuk dihidangkan.

Cara #2

Bahan-bahan

  • 145 gr mentega tawar
  • 250 gr gula pasir
  • 3/4 cangkir cokelat bubuk tanpa pemanis
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 2 butir telur
  • 1/2 cangkir tepung terigu
  • 2/3 cangkir kacang almond, mede, pecan, atau kenari yang dicincang

Resep Brownies Kukus Coklat

  1. Pertama, tuangkan air ke dalam panci dan panaskan air sampai mendidih.
  2. Campurkan coklat bubuk, gula, mentega, dan garam dalam mangkuk atau wadah tahan panas. Masukkan wadah itu ke dalam air mendidih tadi sehingga semua bahannya mencair, lalu aduk sampai rata.
  3. Setelah bahan-bahannya tercampur dan menjadi lembut, angkat dan biarkan dingin selama 3-5 menit.
  4. Selanjutnya aduk vanili, Anda bisa menggunakan spatula atau sendok kayu untuk menambahkan vanili yang akan memberikan rasa khas yang unik pada brownies.
  5. Tambahkan telur ke dalam campuran satu per satu. Aduk yang pertama sepenuhnya sebelum Anda mengaduk yang kedua, supaya campurannya jadi terasa lebih halus.
  6. Kemudian tambahkan tepung. Aduk sampai semuanya tercampur dengan rata, sehingga adonannya menjadi cukup tebal, karena inilah faktor yang membuat brownies menjadi memiliki tekstur yang renyah dan lembut.
  7. Masukkan kacang almond, mede, pecan, kenari, atau jenis kacang-kacangan lainnya sesuai dengan selera Anda. Meskipun penambahan kacang ini tidak wajib, tapi ini bisa menambahkan rasa yang nikmat pada brownies.
  8. Tuangkan semua campurannya ke dalam loyang dan pastikan untuk menyebarkannya secara merata di dalam loyang untuk membuat brownies dengan ketebalan yang sama.
  9. Lalu masukkan loyang yang berisi adonan brownies ke dalam steamer alat kukus selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa memeriksanya setiap waktu untuk memastikan brownies buatan Anda bisa matang dengan sempurna.
  10. Langkah terakhir, keluarkan brownies dari steamer pengukus dan biarkan dingin. Berikan waktu setidaknya lima menit untuk brownies menjadi dingin sebelum bisa dinikmati.

Cara #3

Bahan-bahan

  • 3/4 cangkir bubuk cokelat tanpa kandungan gula
  • 1 cangkir tepung terigu serba guna yang sudah diayak
  • 1 1/2 cangkir gula
  • 3/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt garam
  • 3/4 cangkir butter, lelehkan
  • 2 butir telur, kocok
  • 2 sdt ekstrak vanili
  • Gula halus (sebagai perasa)

Langkah Membuat Brownies Kukus Coklat

  1. Langkah pertama adalah melelehkan mentega / butter diatas api kecil. Cara lainnya Anda bisa melelehkan butter di dalam microwave sampai meleleh sepenuhnya. Kemudian biarkan dingin sejenak.
  2. Lalu tambahkan gula, campurkan sepenuhnya, serta tambahkan ekstrak vanili dan telur, kocok sampai semuanya menyatu dengan rata.
  3. Campurkan bahan-bahan kering seperti bubuk coklat, tepung terigu, garam, dan baking powder di dalam wadah atau mangkuk terpisah.
    Karena dengan mengaduk bahan-bahan kering seluruhnya sebelum memasukkannya ke dalam bahan-bahan basah bisa menghemat waktu Anda ketika mencampurkan adonan.
    Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan ketikan mencampurkan adonan, brownies yang Anda buat akan menjadi semakin lembut dan halus.4. Setelah itu barulah campur semua bahan kering ke dalam bahan basah, lalu aduk sampai menyatu.
  4. Tuangkan adonan brownies ke dalam loyang yang sudah diolesi butter dan ditaburi tepung terigu. Tuangkan adonan secara merata sampai menyebar ke seluruh permukaan loyang.
  5. Kukus selama kurang lebih 25-30 menit di dalam steamer alat kukus. Anda bisa menggunakan tusuk gigi untuk mengecek tingkat kematangan dengan cara menusukkannya ke brownies.
  6. Kalau brownies dirasa sudah matang, angkat dan diamkan selama 10 menit agar dingin.
  7. Ketika brownies sudah dingin, Anda bisa menaburkan gula halus pada bagian atasnya. Taburi sampai membentuk lapisan yang rata diatas brownies.

Tips Membuat Brownies

Sampai saat ini kita bisa menemukan ada begitu banyak jenis variasi brownies yang diproduksi oleh para produsen dengan berbagai macam tampilan dan berbagai macam citarasa yang yang beragam, tentunya akan memanjakan lidah bagi para penikmatnya.

Tapi meskipun begitu, semuanya itu tetap saja aroma bahan dasar brownies, baik brownies kukus dan brownies panggang, itu memiliki aroma coklat yang begitu khas, harum, dan menggoda selera.

Ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam membuat brownies, supaya brownies yang dihasilkan memiliki rasa yang enak dan lezat.

  • Dalam resep brownies kukus coklat itu pada umumnya terdiri dari 3 langkah dasar, yaitu mentega dan coklat yang dicairkan, telur dan gula yang dikocok bersama, dan terakhir masukkan tepung terigu.
  • Ada trik dalam membuat brownies ini, yaitu jangan terlalu lama mengocok bahannya, karena brownies akan menjadi basah, padat, dan kenyal. Terlalu lama dikocok akan membuat browniesnya menjadi keras atau berbentuk lapisan kering tipis pada permukaan kue.
    Jadi, kocok bahan-bahan basah dan keringnya hanya sampai tercampur saja, jangan terlalu lama mengocok setelah telur dimasukkan.
  • Kebanyakan resep brownies kukus coklat dimulai dengan mencairkan mentega dan coklat. Cara yang baik dan aman untuk proses ini adalah menggunakan 2 panci dengan ukuran yang berbeda.
    Panci besar diisi air mendidih, lalu letakkan panci kecil di dalamnya dan masukkan kedua bahan itu, lalu aduk-aduk sampai mentega maupun coklatnya mencair.
  • Agar permukaan brownies tampak mengkilap saat matang, lelehkan cokelat sebentar saja, lalu tuang ke dalam adonan sebagai bahan yang terakhir dituangkan, lalu aduk rata.
  • Untuk bisa meningkatkan tekstur brownies, adonan mentah pada loyang bisa disimpan dulu di dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman sebelum dikukus atau dipanggang.
  • Untuk mendapatkan permukaan brownies yang mulus, Anda bisa memberi alas loyang atau cetakan brownies dengan kertas roti dan lapisi kertas itu dengan mentega.
  • Supaya panasnya merata, gunakan loyang dari stainless steel. Sebaiknya jangan menggunakan loyang yang berbahan gelas maupun loyang berwarna gelap dan anti lengket, karena brownies yang dihasilkan akan menjadi basah dan volumenya akan berkurang.
  • Brownies bisa dikukus atau dipanggang dalam cetakan muffin kecil, supaya bisa mudah memotongnya. Jika Anda menggunakan loyang, sebaiknya alasi loyang dengan alumunium foil supaya bersih dan panasnya bisa merata.
  • Anda juga bisa menambahkan kacang dalam resep brownies kukus coklat, Anda bisa memanggang atau menyangrai kacangnya terlebih dahulu supaya bisa meningkatkan aroma kacang.
  • Kalau Anda mau menambahkan potongan buah, kacang atau chocochips di dalam adonan brownies, ada kemungkinan bahan-bahan itu mengendap di bawah. Untuk menghindarinya, taburi bahan-bahan itu dengan sedikit tepung terigu, ayak agar tepung tidak terlalu tebal. Baru campurkan dalam adonan brownies.
  • Untuk brownies jenis fudge, keluarkan kue segera setelah pinggiran kue sedikit menyusut dari loyang. Bagian tengah kue masih sedikit liat dan lengket, tetapi segera mengeras setelah kue dingin. Untuk brownies jenis cake, tusukkan lidi ditengah kue, kalau remah-remah kue melekat pada lidi berarti sudah matang.
  • Biarkan brownies dingin diloyang sebelum dilepaskan dari loyang dan dipotong-potong.
  • Brownies dapat tahan disimpan dalam wadah tertutup rapat. Kalau mau segera dinikmati, jangan dinginkan di dalam kulkas karena akan kering, kecuali mau disimpan dalam waktu lama, karena brownies tahan 4-6 bulan dalam freezer.
  • Terakhir, pengalaman adalah guru terbaik, jangan merasa berkecil hati kalau brownies buatan Anda menemui kegagalan, karena untuk bisa membuat brownies yang baik, enak, dan lezat memang membutuhkan waktu dan ketrampilan.

Peluang Usaha Brownies Kukus Coklat

Saat ini peluang usaha dengan resep brownies kukus coklat memang sangat menguntungkan sekali bagi siapapun yang menjalankannnya. Resep brownies kukus coklat juga bisa menjadi salah satu pilihan kue yang disajikan dalam menjalankan usaha kue.

Kenapa usaha brownies kukus coklat ini bisa dibilang menguntungkan? Karena bisa dilihat dari begitu banyaknya masyarakat yang menyukai resep brownies kukus coklat ini.

Peminat dan konsumen yang semakin banyak dari waktu ke waktu menjadikan usaha brownies kukus coklat ini sebagai salah satu peluang bisnis yang bisa Anda lakukan.

Prospek Usaha Brownies Kukus Coklat

Kalau dilihat dari segi prospek usaha brownies kukus coklat termasuk salah satu sajian kue yang memiliki prospek usaha yang cerah kalau dibandingkan dengan jenis kue lainnya.

Apalagi resep brownies kukus coklat ini sangat cocok untuk dikembangkan di wilayah Indonesia. Jadi bagi Anda yang masih bingung untuk menjalankan suatu bisnis, Anda bisa melihat prospek yang sangat bagus dari usaha brownies kukus coklat ini.

Memulai Usaha Brownies Kukus Coklat

Untuk memulai usaha brownies kukus coklat ini cukup mudah dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama, karena penggunaan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep brownies kukus coklat ini bisa dengan mudah diperoleh, tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Modal yang diperlukan untuk menjalankan usaha brownies kukus coklat ini pun tidak terlalu besar, tapi tentunya keuntungan yang diperoleh pun juga tidak diragukan lagi.

Pelaku Usaha Brownies Kukus Coklat

Karena konsumen brownies ini berasa dari berbagai kalangan, jadi untuk pelaku usaha brownies kukus coklat ini pun juga bisa dilakukan oleh siapapun juga. Selain itu, bagi Anda yang sudah mempunyai pekerjaan utama juga bisa menjalankan usaha brownies kukus ini sebagai usaha sampingan yang sangat menguntungkan.

Lokasi Strategis Usaha Brownies Kukus Coklat

Lokasi dimana Anda berjualan akan sangat mempengaruhi keuntungan yang Anda peroleh dari usaha brownies kukus coklat ini, karena lokasi yang strategis akan sangat mendukung usaha yang dijalankan.

Karena resep brownies kukus coklat ini masuk ke dalam olahan kue basah yang tidak bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, jadi kami sarankan sebaiknya pemilihan lokasi untuk membuka usaha ini harus ditempat ramai agar mudah dikenali oleh masyarakat.

Strategi Promosi Usaha Brownies Kukus Coklat

Persiapan yang diperlukan untuk bisa melancarkan usaha brownies kukus coklat ini tidak hanya pemilihan lokasi berjualan yang strategis, tapi juga harus mempunyai strategi pemasaran atau promosi supaya usaha brownies kukus coklat yang dijalankan bisa dikembangkan dengan mudah dan bisa semakin sukses di masa mendatang.

Salah satu strategi promosi usaha ini adalah dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa mempromosikan usaha brownies kukus coklat Anda melalui internet di sosial media.

Panjangkan jangkauan Anda serta banyak-banyaklah dalam melobi orang yang memiliki perkumpulan atau sebuah komunitas. Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pelaku bisnis kue lainnya agar mau ikut menjual brownies kukus hasil buatan Anda.

Tawarkan produk Anda tersebut kepada mereka sebagai salah satu menu andalan untuk dihidangkan pada saat ada acara tertentu. Jadi pada intinya penggunaan strategi dalam menjalankan usaha brownies kukus coklat ini ada banyak sekali, jadi Anda bisa memilih strategi yang sesuai dengan usaha yang Anda jalankan.

Keuntungan Usaha Brownies Kukus Coklat

Target pasar untuk bisnis modal kecil yang satu ini adalah berbagai kalangan dari segala usia, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Selain itu, harga jual brownies kukus ini sangat terjangkau, karena memang bahan-bahan baku yang digunakan juga cukup murah.

Nah lebih menariknya lagi, brownies kukus coklat ini bisa disajikan kapan saja dan dimana saja tanpa harus menunggu momen tertentu.


Analisa Usaha Brownies Coklat

Asumsi Masa Penggunaan

  • Etalase selama 4,5 tahun
  • Kompor dan tabung gas selama 3,5 tahun
  • Oven selama 2,5 tahun
  • Wadah selama 3 tahun
  • Piring selama 3 tahun
  • Sendok dan garpu selama 5 tahun
  • Pisau selama 4 tahun
  • Meja dan kursi selama 5 tahun
  • Peralatan tambahan selama 3,5 tahun

Investasi

Peralatan

  • Etalase Rp 1.000.000,-
  • Kompor dan gas Rp 350.000,-
  • Oven Rp 450.000,-
  • Wadah Rp 100.000,-
  • Piring Rp 140.000,-
  • Sendok & garpu Rp 80.000,-
  • Pisau Rp 35.000,-
  • Meja & kursi Rp 600.000,-
  • Peralatan tambahan Rp 65.000,-
  • Jumlah investasi Rp 2.900.000,-

Biaya Operasional per Bulan

Biaya Tetap Penyusutan

  • Etalase 1/60 x Rp 1.000.000,- = Rp 17.000,-
  • Kompor 1/50 x Rp 350.000,- = Rp 7.000,-
  • Oven 1/45 x Rp 450.000,- = Rp 10.000,-
  • Wadah 1/45 x Rp 100.000,- = Rp 1.500,-
  • Piring 1/45 x Rp 140.000,- = Rp 3.000,-
  • Sendok & garpu 1/45 x Rp 80.000,- = Rp 1.500,-
  • Pisau 1/45 x Rp 35.000,- = Rp 1.000,-
  • Meja & kursi 1/60 x Rp 600.000,- = Rp 10.000,-
  • Peralatan tambahan 1/35 x Rp 65.000,- = Rp 2.000,-
  • Total Biaya Tetap Rp 54.500,-

Biaya Variabel

  • Coklat Rp 15.000,- x 30 = Rp 450.000,-
  • Gula pasir Rp 10.000,- x 30 = Rp 300.000,-
  • Garam Rp 1.000,- x 30 = Rp 30.000,-
  • Kacang almond Rp 10.000,- x 30 = Rp 300.000,-
  • Telur Rp 15.000,- x 30 = Rp 450.000,-
  • Tepung terigu Rp 15.000,- x 30 = Rp 450.000,-
  • Margarin Rp 10.000,- x 30 = Rp 300.000,-
  • Total Biaya Variabel Rp 2.280.000,-

Total Biaya Operasional
Biaya tetap + biaya variabel = Rp 2.334.500,-

Pendapatan per Bulan
Penjualan rata-rata
25 porsi x Rp 5.000,- = Rp 125.000,-
Rp 125.000,- x 30 hari = Rp 3.750.000,-

Keuntungan per Bulan
Laba = Total pendapatan – Total biaya operasional
Rp 3.750.000,- – Rp 2.334.500,- = Rp 1.415.500,-

Lama Balik Modal
Total investasi : Keuntungan
Rp 2.900.000,- : Rp 1.415.500,- = 2 bulan

Jadi, kesimpulan dari analisa diatas adalah dengan menjalankan usaha brownies kukus coklat ini setiap bulannya akan mendapatkan omzet sampai Rp 1.415.500,-.

By |2017-11-15T19:56:02+00:00April 13th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada 3 Resep Brownies Kukus Coklat Yang Menggoyang Lidah, DIJAMIN..!

About the Author:

WhatsApp chat