8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat – Cokelat adalah salah satu bahan yang biasa digunakan sebagai bahan perasa yang rasa nya memang enak dan memiliki warna yang khas.

Cokelat sendiri dibuat atau di olah dari biji kakao, dengan proses yang cukup panjang, cokelat bisa dinikmati dengan mudah dan rasa nya juga manis, cokelat sebenarnya memiliki rasa yang pahit.

Namun dalam pengolahan, cokelat sebelum dicetak menjadi cokelat batangan biasa nya di tambahkan gula di dalam nya sehingga cokelat batangan menjadi manis rasa nya.

Akan tetapi, penambahan gula yang terlalu banyak akan mengurangi Manfaat Coklat Bagi Kesehatan.

Mau tahu cara membuat minuman cokelat dari biji kakao? ini dia beberapa langkahnya.

8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat

8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat

8 Jenis Cokelat Yang Enak Dan Lezat

Ada banyak sekali jenis cokelat yang ada saat ini, variasi nya cukup banyak untuk bisa dipilih mana yang akan anda gunakan untuk membuat makanan atau minuman yang terbuat dari cokelat.

Cokelat Batang merupakan coklat yang sering disukai oleh banyak orang, Sobat Mesin sendiri dapat membuatnya dengan mudah. Karena kami punya Cara Membuat Coklat Batang.

Jenis dari cokelat sebenarnya di pengaruhi oleh seberapa banyak pasta atau lemak yang dihasilkan ketika proses pengolahan cokelat tersebut, bahkan  hasilnya tidak semua nya sama, cokelat bisa terbagi menjadi beberapa bagian, seperti cokelat putih dan lain sebagainya.

Perbedaan formulasi bahan juga sangat mempengaruhi dalam pembuatan cokelat, oleh karena itulah perbedaan nya tidak hanya terjadi para flavor dan rasa nya saja, namun terjadi pada perilaku terhadap panas dan air nya sehingga menyebabkan perbedaan dalam segi manfaat nya.

Mungkin banyak orang yang juga penasaran sebenarnya apa saja jenis cokelat yang ada saat ini, dan bagaimana hal itu bisa terjadi, untuk mengetahuinya anda harus tahu tentang proses pembuatan nya karena itu yang akan membuat cokelat berbeda jenis nya. Selain itu jangan lupa untuk menggunakan mesin pengolah cokelat agar hasilnya lebih bagus.

Dan berikut ini kami akan mengulaskan 8 jenis cokelat yang ada di dunia agar anda bisa mengetahui perbedaan nya, asal usulnya dan anda bisa membedakan antara satu dan lain nya:

  1. Couverture Chocolate

Cokelat ini biasa nya banyak diburu oleh para penggemar cokelat couvertue atau cokelat yang biasa disebut dengan real chocolate.

Rasa dari cokelat ini memang cukup berbeda karena lebih banyak mengandung lemak cokelat dan chocolate mass, rasa nya cenderung lebih pahit di bandingkan cokelat biasa nya dan tentu harga nya lebih mahal.

Cokelat yang satu ini lumer di mulut dan memiliki rasa fruity yang cukup pahit, selain rasa nya yang enak, cokelat ini memiliki manfaat kesehatan yang luas biasa. Tapi kekurangan nya adalah penyimpanan serta penanganan nya cukup susah.

 

  1. Compound Chocolate

Komposisi dari cokelat Compound Chocolate ini cukup sama seperti cokelat couverture chocolate yang cocoa butter nya telah digantikan dengan lemak nabati yang murah, biasa nya mereka menggunakan minyak kelapa atau soya.

Compound Chocolate ini rasa nya semi sweer atau sweet, tapi penanganan nya tentu lebih mudah cokelat jenis ini. Cokelat ini lebih banyak digunakan dalam membuat cokelat dekorasi karena harga nya yang lebih murah.

Cokelat Compound Chocolate memiliki 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Dark chocolate compound

Cokelat yang satu ini merupakan cokelat batangan yang warna nya pekat serta tidak terasa mengandung susu, cokelat ini lebih banyak digunakan dalam mambuat kue dan makanan ringan.

  • Milk chocolate compound

Cokelat ini warna nya juga cokelat dan berbentuk batangan, cokelat ini dibuat dari campuran gula, kakao, susu, cokelat cair, dan vanilla.

  • White chocolate compound

Cokelat yang satu ini warna nya putih dan mengansung coklat dan cacao butter.

 

  1. Kakao

Cokelat kakao terbuat dari massa kakao yang lemaknya sudah dipisahkan sehingga cokelat ini sangat mudah untuk di olah dan harga nya lebih ekonomis, banyak toko kelontong yang menjual cokelat jenis ini karena harga nya yang murah.

 

  1. Coklat cair

Cokelat cair adalah produk minuman yang mengandng kadar gula dan massa kakao yang cukup tinggi, dan berita buruk nya adalah kadar gula dalam cokelat cair ini bisa cepat meningkatkan berat badan.

 

  1. Coklat bubuk

Cokelat bubuk ini sering digunakan dalam membuat kue, aroma nya yang kuat memiliki rasa tersendiri nanti nya. Apalagi cokelat bubuk ini tidak mudah tengik dan tidak berjamur sehingga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Namun rasa nya pahit, sehingga jangan menggunakan dalam jumlah yang banyak, cokelat ini dalam membuat kue lebih berfungsi untuk mengeringkan adonan kue.

 

  1. Coklat tawar

Cokelat tawar rasa nya tentu saja tawar, sama seperti nama nya, cokelat ini biasa digunakan untuk membuat kue, cake dan makanan ringan lain nya.

Untuk persentase kakao dalam cokelat tawar cukup beragam, sekitar 30 hingga 70 persen, dan semakin tinggi persentase kakao nya maka semakin baik rasa nya.

 

  1. Coklat susu

Banyak sekali orang yang lebih suka dengan cokelat yang satu ini karena rasa nya memang enak dan lebih enak di bandingkan dengan cokelat tawar.

Jenis cokelat ini memang sudah di olah dan di campur dengan gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanilla, jadi tidak heran jika rasa nya lebih manis. Dan untuk persentase kakao nya sekitar 20 persen.

 

  1. Coklat Putih

Cokelat putih adalah cokelat yang mengandung massa atau persentase kakao yang tinggi, cokelat yang terbuat dari lemak coklat dan vanili ini tidak mengandung cokelat padat.

Cokelat ini lebih banyak digunakan untuk membuat dekorasi. Dalam hal penyimpanan sebaiknya anda harus memperhatikan nya.

Apalagi jika anda berniat untuk membuat cokelat tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, jadi untuk menjaga ketahanan nya, simpanlah cokelat di dalam tempat yang dingin, kering dan sirkulasi udara yang baik.

Lindungi cokelat tersebut dari cahaya, atau bahan-bahan yang berbau tajam. Untuk suhu nya juga harus anda perhatikan, jadi suhu nya sekitar 10 hingga 12 derajat Celcius, kelembapan nya sekitar 55 hingga 65 %.

Itulah kondisi ruang penyimpanan cokelat yang bagus atau ideal. Ada beberapa hal lain yang juga harus anda perhatikan dalam penyimpanan nya.

 

 

Demikian informasi tentang 8 jenis cokelat yang ada di dunia yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan informasi seputar jenis cokelat. Agar bisa membedakan dan memilih cokelat mana yang akan anda gunakan atau anda buat.

8 Jenis Cokelat diatas dapat anda jadikan referensi bisnis sedangkan metodenya dapat kamu lihat di Cara Memulai Bisnis Coklat.

Anda sebaiknya menggunakan mesin pengolah cokelat agar dalam Cara Membuat Coklat mendapatkan hasil coklat yang diinginkan. Terima kasih.