Resep Sup Jagung Ayam Rumahan Yang Anti Gagal Dibuat

Pada jaman yang sekarang ini cuaca tidak menentu, kadang panas dan kadang hujan. Dan akhir-akhir ini cuaca sedang tidak mendukung, alangkah baiknya kita menghangatkan tubuh kita dengan membuat resep sup jagung ayam yang anti gagal dibuat. Silahkan cek disini.

A. Jagung

resep sup jagung ayam

Jagung merupakan salah satu tanaman yang bisa dimakan dan menghasilkan karbohidrat yang berada diberbagai negara. Jagung juga merupakan salah satu jenis sayuran yang tidak sedikit orang yang mengolah untuk  dijadikan berbagai jenis masakan. Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung

1. Sifat Biji Jagung

Jagung yang dibudidayakan memiliki sifat bijian yang bermacam-macam. Berdasarkan ciri bijiannya, dikenal lima kelompok kultivar jagung:

  1. Indurata (Flint, jagung mutiara).Jagung mutiara ialah salah satu jenis jagung yang memiliki memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Hal ini karena jagung mutiara mempunyai kandungan serat, zat besi, dan vitamin juga kandungan karbohidrat. Khasiat dari jagung mutiara juga bisa menyembuhkan penyakit seperti kolesterol.Jagung mutiara mempunyai bulir yang tebal dan padat serta bentuk biji yang bulat. Tanaman ini juga tidak jarang ditanam oleh masyarakat Indonesia selain jenis jagung manis. Hal ini karena dibeberapa wilayah Indonesia mempertimbangkan kualitas dari jagung mutiara yang bagus dan bisa dibuat menjadi berbagai olahan.
  2. Saccharata (Sweet, jagung manis).Jagung manis ialah jenis jagung yang paling banyak dikenal dan paling populer. Jagung manis biasanya sering diolah menjadi jagung bakar atau dikonsumsi dengan cara dikukus. Rasa jagung manis ini sudah terbukti dan rasanya bisa menemani suasana yang dingin. Jagung manis juga bisa diolah menjadi berbagai makanan.Bentuk dari biji jagung manis sendiri memiliki tekstur keriput dan transparan ketika memasuki usia matang. Kadar gula dari jagung ini pada saat belum matang lebih besar kandungannya dari pati. Jagung manis biasanya sering ditanam untuk dipanen ketika umurnya masih masak susu atau masih muda.
  3. Everta (Popcorn, jagung berondong). Jagung berondong merupakan jenis jagung yang tidak jarang digunakan sebagai bahan untuk popcorn atau berondong jagung. Jenis jagung berondong digunakan untuk popcorn yang mempunyai tekstur biji yang berbeda dari jagung yang lain. Bijinya bisa meletup jika dipanaskan. Perbandingan pati keras dengan pati lunak dari jagung berondong lebih kecil dibandingkan dengan jenis jagung mutiara. Ukuran mengembang dari biji jagung berondong bisa mencapai sekitar 30 kali lebih besar dari ukuran awalnya.
  4. Amylacea (Floury corn, jagung tepung.Jagung tepung merupakan jenis jagung yang biasanya digunakan menjadi bahan baku dari tepung maizena. Selain untuk bahan dasar makanan, tepung maizena dari biji jagung tepung juga dapat menjadi pengganti dari tepung terigu dan tepung tapioka.Biji dari jagung tepung mempunyai endosperma yang menghasilkan zat pati yaitu pati lunak. Jagung tepung mempunyai bagian yang disebut dengan pati keras yang terdapat pada bagian sisi jagung yang tipis. Biasanya jenis jagung tepung ini ditanambeberapa daerah yakni di daerah Amerika Selatan terutama di daerah Bolivia dan Peru.
  5. Glutinosa (Sticky/glutinuous corn, jagung ketan). Waxy corn ialah nama lain dari jagung ketan. Kandungan amilopektin dijagung ketan ini sangat mendominasi endosperma dari jagung ketan. Biasanya kandungan amilopektin pada jagung biasa berisi sekitar 70 persen dan sisanya ialah kandungan amilose. Jagung ketan ini biasanya tidak dijadikan sebagai bahan makanan tetapi dijadikan sebagai bahan perekat.

Dipandang dari bagaimana suatu kultivar jagung dibuat, dikenal tipe kultivar yaitu:

  1. Galur murni ialah hasil seleksi terbaik dari galur-galur terpilih
  2. Komposit diolah dari campuran beberapa populasi jagung unggul yang diseleksi untuk keseragaman dan sifat-sifat unggul
  3.  Sintetik diolah dari gabungan beberapa galur jagung yang mempunyai keunggulan umum (daya gabung umum) dan seragam
  4.  Hibrida adalah keturunan langsung (F1) dari persilangan dua, tiga, atau empat galur yang diketahui memunculkan gejala heterosis.

2. Kandungan gizi

Biji jagung kaya akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai sekitar 80% dari seluruh bahan kering biji. Karbohidrat dalam bentuk pati biasanya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan, sebagian besar atau seluruh patinya ialah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, tetapi lebih berarti dalam pembuatan sebagai bahan pangan. Jagung manis mengandung amilopektin lebih sedikit tetapi dapat  mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Kandungan gizi Jagung per 100 gram bahan adalah:

  • Kalori: 355 Kalori
  • Protein: 9,2 gr
  • Lemak: 3,9 gr
  • Karbohidrat: 73,7 gr
  • Kalsium: 10 mg
  • Fosfor: 256 mg
  • Besi: 2,4 mg
  • Vitamin A: 510 SI
  • Vitamin B1: 0,38 mg
  • Air: 12 gr

3. Manfaat Jagung

a. Tinggi karbohidrat, berguna sebagai sumber energi

Karbohidrat merupakan salah satu faktor penting sebagai sumber energi harian. Untuk mendapatkan asupan karbohidrat kamu bisa mengonsumsi jagung. Tumbuhan dengan nama Latin Zea mays ini mempunyai kandungan karbihidrat yang cukup tinggi. Sebuah batang jagung rata-rata mengandung sekitar 10 – 15% karbohidrat, jumlahnya berbeda-beda tergantung dengan jenis jagungnya.

Jenis karbohidrat yang terdapat di dalam jagung ialah karbohidrat kompleks sehingga dapat memberikan rasa kenyang yang relatif lebih lama. Selain itu, ketika mengonsumsi jagung, energi yang didapatkan pun cenderung lebih stabil.baca juga cara membuat sate ayam

b. Kandungan serat di dalamnya baik untuk pencernaan

Tidak hanya tinggi karbohidrat, jagung juga banyak akan mengandung serat. Di dalam jagung terdapat dua jenis serat, yakni serat larut dan tidak larut. Kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan penceraan. Serat larut yang ada pada jangung bisa menutup penyerapan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jagung juga bisa melancarkan buang air besar, mencegah masalah sembelit, wasih, hingga mengurangi  resiko penyakit kanker usus.

c. Kaya protein, baik untuk pembentukan tulang dan otot

Pembentukan otot dan tulang yang sangat kuat dipengaruhi oleh asupan protein. Jagung juga merupakan bahan makanan yang mengandung protein. Selain itu, jagung juga bisa mengandung mineral seperti magnesium, zat besi, dan fosfor.

Semua kandungan tadi sangat diperlukan untuk kesehatan tulang. Terpenuhinya kebutuhan protein dan ketiga zat tadi sangat diperlukan untuk mencegah kerusakan serta tulang yang retak saat tua nan

d. Vitamin pada jagung dapat membantu menurunkan kolesterol LDL

Jagung memiliki kandungan vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Tiga kandungan tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi jagung secara rutin bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol di dalam darah. Tidak hanya itu, kandungan di dalam jagung juga berguna untuk mengurangi kolesterol yang berada di dalam tubuh.

e. Jagung memiliki sifat antikanker

Kanker adalah salah satu menyakit yang mematikan. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki sifat antikanker seperti jagung. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang berada di dalam jangung bisa bermanfaat untuk melawan kanker.

Jagung juga merupakan sumber senyawa fenolik. Senyawa tersebut sangat efektif untuk memerangi tumor yang berada pada payudara dan hati. Konsumsi jagung secara rutin mendapatkan kegunaannya yang optimal untuk kesehatan tubuh.

f. Menjaga kesehatan mata

Jagung banyak akan dengan vitamin C (8% dari kebutuhan harian), magnesium, dan vitamin B. Vitamin C berperan penting di dalam menunjang perbaikan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempunyai sifat anti-penuaan, sementara vitamin B berperan penting dalam pembuatan energi.

Magnesium juga berperan penting untuk menunjang kinerja sistem saraf dan kontraksi otot-otot tubuh. Meski terdengar tidak biasanya, jagung adalah sumber yang banyak dimakan akan antioksidan dibandingkan dengan banyak biji-bijian sereal lainnya, termasuk lutein, zeaxanthin, asam ferulat, dan beta-karoten.

Karotenoid (lutein, beta-karoten, dan zeaxanthin) dikenal bisa menunjang sistem imun tubuh dan telah terbukti berperan penting dalam kesehatan mata. Tingginya kadar dua karotenoid ini berada di dalam darah sangat terkait dengan menurunnya risiko dari degenerasi makular dan katarak.

g. Melindungi dari risiko penyakit jantung

Jagung juga menyediakan senyawa fitokimia fenolik yang bermanfaat untuk kesehatan jantung serta mengendalikan tekanan darah tinggi. Kebanyakan penelitian yang fokus pada akibat asupan antioksidan terhadap penyakit dan pengurangan risikonya, belum secara khusus meneliti manfatat jagung serta kandungan antioksidannya.

Akan tetapi, banyak penelitian skala kecil, jagung disebut-sebut sebagai makanan yang berperan penting dalam melindungi sekaligus menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Beberapa mekanisme untuk penurunan risiko penyakit jantung mungkin terkait dengan sifat-sifat lain dari fitonutrien jagung yang dapat melampaui sifat antioksidan yang berada di dalamnya.

h. Menurunkan risiko kanker usus

Manfaat jagung yang mengenyangkan ini berkat kandungan seratnya, yang dapat mencapai sekitar 2-4 gram per 100 gram atau setara dengan 9% kebutuhan serat hariannya

Serat ialah nutrisi kunci untuk memelihara sistem pencernaan. Penelitian terkini menunjukkan bahwa jagung bisa mendukung perkembangan bakteri ramah di usus besar dan juga bisa diubah oleh bakteri ini supaya menjadi asam lemak rantai pendek, atau SCFA.baca juga resep tongseng ayam

SCFA dapat membantu untuk menurunkan risiko Anda terhadap banyak gangguan pencernaan, antara lain risiko kanker usus. Kegunaan jagung untuk sistem pencernaan juga dapat datang dari sifat alaminya yang bebas gluten.

Konsumsi gluten terkait dengan beragamnya gejala negatif, termasuk perut kembung, kram, diare, sembelit, hingga kelelahan dan masalah kulit. Bahkan efek ini banyak muncul pada mereka yang punya penyakit celiac atau alergi gluten saja.

B. Ayam

resep sup jagung ayam

Ayam adalah unggas yang biasanya dipelihara orang yang digunakan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam juga merupakan hewan yang bernafas dengan paru-paru, memiliki paruh dan memiliki 2 kaki yang berfungsi untuk menggaruk tanah supaya bisa mendapat makan. Ayam juga jenis burung yang akan dimanfaatkan daging, telur, dan bulunya. Ayam merupakan hewan pemakan segalanya (Omnivora).

1. Macam-Macam Ayam

a. Berdasarkan Fungsi

  • Ayam pedaging atau ayam potong (broiler). Ayam pedaging merupakan ayam pedaging yang ras unggulannya terdapat  dari hasil persilangan ayam yang mempunyai produktivitas yang tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Faktor penunjang yang mendukung berkualitas baik yaitu faktor lingkungan seperti pemberian pakan yang berkualitas super, sistem kandang yang bagus serta perawatan kesehatan yang dapat mencegah timbul penyakit. Ayam pedaging ini yang dimanfaatkan yaitu dagingnya. Kelebihan ayam pedaging adalah tingkat kecepatan pengolahan dagingnya dalam waktu yang relatif cepat yaitu sekitar 1 bulan atau 4–5 minggu sudah dapat panen. Kelebihan lainnya perkembangan ayam pedaging ini relatif lebih cepat dengan bobot tubuh yang berat, siap dipotong pada usia muda dan menghasilkan daging dengan kualitas serat lunak. Perkembangan ayam pedaging yang cepat dapat mengimbangi kebutuhan masyarakat yang besar akan daging ayam.
  • Ayam petelur (layer). Ayam petelur ini yang dimanfaatkan yaitu telurnya. Ayam petelur ini disebut dwifungsi karena memiliki dua fungsi sekaligus yakni jika ayam-ayam tersebut tidak lagi dapat bertelur dapat dijadikan ayam pedaging karena dagingnya masih cukup baik meskipun kalah dengan kualitas ayam pedaging. Ayam jenis ini bisa bertelur hingga 200 butir telur/tahun. Jenis ayam petelur ini adalah mempunyai ciri yang bersifat nervous atau mudah terkejut, bentuk tubuh yang ramping, telinga berwana putih dan kerabang telur berwarna putih.
  • Ayam hias atau ayam timangan (petklangenan), yang untuk dilepas di kebun / taman atau dipelihara didalam kurungan karena kecantikannya yaitu penampilan atau suaranya (misalnya ayam katai dan ayam pelung; ayam bekisar bisa pula digolongkan ke sini meskipun bukan ayam peliharaan sejati); Ayam hias berbeda dengan ayam petelur atau pedaging yang sering kita konsumsi baik telur maupun dagingnya. Dari segi bentuk serta manfaatnya juga berbeda-beda yang apabila ayam hias hanya banyak dipelihara oleh orang-orang tertentu dengan tujuan untuk hiasan / sesuai hobbi mereka. Kenapa bisa dinamakan ayam hias, karena badannya yang exsotis, bulu-bulunya yang warna warni bahkan sebagian suaranya lucu. Maka ayam ini dipelihara khusus hanya untuk dinikmati kecantikannya.
  • Ayam sabung, untuk dijadikan permainan sabung ayam.

b. Berdasarkan Ras

  • Ayam pelung, ras lokal dan unggul dari Priangan (Kabupaten Cianjur) yang mempunyai kokokan yang khusus (panjang dan bernada unik), yang termasuk ayam pelung adalah ayam hias;
  • Ayam kedu (yang tak lain adalah ayam cemani), ras lokal dan mulia dari daerah Kedu dengan ciri khusus warna hitam legam hingga moncong dan dagingnya, termasuk ayam pedaging dan ayam hias;
  • Ayam nunukan, ras lokal dan mulia dari Nunukan, Kalimantan Timur, dengan bentuk badan tegap dan ukuran yang besar, keturunan ayam aduan, termasuk ayam pedaging dan hias;

C. Sup Jagung Ayam

resep sup jagung ayam

Sup jagung ayam adalah semur yang diolah dengan jagung dan ayam sebagai bahan utamanya. Banyak variasi dalam penggunaan bahan dan metode pembuatannya. Sup jagung ayam merupakan sajian di beberapa masakan dunia.

D. Resep Sup Jagung Ayam

Bahan-Bahan Yang Diperlukan yaitu:

  • 50 gram dada ayam
  • 100 gram fillet dada ayam
  • 1 buah jagung manis
  • 2 buah wortel
  • 2 batang seledri
  • 1 batang daun bawang
  • 3 siung bawang putih
  • 1 siung bawang bombay
  • 1 sendok teh pala bubuk
  • 2 sendok teh merica/lada bubuk
  • 3 sendok teh garam
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh minyak zaitun
  • 1 1/2 sendok teh margarin
  • 1500 mililiter air matang
  • 1 butir telur ayam
  • 2 1/2 sendok makan tepung sagu
  • 2 sendok makan air matang

Cara membuatnya yaitu:

  1. Buat dulu kaldu ayam dengan merebus 250 mililiter air hingga airnya mendidih lalu masukkan 50 gram dada ayam. Tunggu hingga keluar lemak yang mengapung. Setelah itu, matikan api. Buang air dan lemak yang mengapung.
  2. Rebuslah 500 mililiter air hingga mendidih, masukkan kembali dada ayam yang telah direbus sebelumnya dengan api kecil. Biarkan kaldu keluar kurang lebih 20 menit. Setelah diperoleh kaldu, ambil dada ayam, iris dadu.baca juga resep soto ayam
  3. Bawang bombay dan bawang putih ditumis hingga baunya harum, tunggu hingga kecoklatan, kemudian taburkan merica, garam dan pala bubuk. Aduk rata. Tambahkan fillet dada ayam. Tumis hingga ayam berubah warna, kemudian tambahkan irisan dada ayam yang telah matang tadi. Lalu tambahkan pula wortel dan jagung yang sudah dipotong-potong. Aduk hingga rata
  4. Masukkan tumisan bumbu, ayam, dan sayuran yang telah dipotong-potong ke dalam satu panci yang sudah berisi air kaldu. Biarkan hingga sayur dan ayam matang. Cicipi dahulu. Jika belum sesuai, sesuaikan dengan cara penambahan garam, gula pasir, merica dan pala bubuk.
  5. Masukkan perlahan telur yang sudah dikocok lepas, diamkan sekitar 7 detik, kemudian aduklah perlahan sehingga terbentuk serabut.
  6. Masukkan tepung sagu yang telah dilarutkan dengan air. Aduk hingga mendidih. Lalu, matikan api.
  7. Tuangkan sup jagung ayam yang sudah matang ke dalam mangkuk, taburi dengan daun seledri sebagai hiasan. Sup ayam jagung manis siap dinikmati.

Demikian artikel resep sup jagung ayam rumahan yang anti gagal dibuat. Semoga bermanfaat bagi kita yang membaca. Terima kasih dan selamat mencoba.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •