Home » Artikel » Artikel Proses » Teknik Pembuatan Kopra Kelapa

Teknik Pembuatan Kopra Kelapa

PEMBUATAN KOPRA

Pembuatan Kopra menjadi sangat menentukan dalam menentukan kualitas kopra, karena kualitas hasil kopra akan berpengaruh terhadap harga, maka pengetahuan cara atau teknik pembuatan kopra, mutlak diperhatikan oleh para petani pembuat kopra

Pada artikel ini akan membahas sedikit pengetahuan tentang bagaimana membuat kopra yang benar dan berkualitas. Semoga berkenan untuk saling berbagi dan saling memberi manfaat untuk sesama.

Kopra adalah daging kelapa yang dicungkil dari tempurung secara manual atau memakai mesin cungkil kopra kemudian dikeringkan dengan bantuan sinar matahari atau panas buatan. Pengeringan bagian endosperm (kadar air putih lembaga) sebanyak 50% naik turun 5-6%.

Proses pembuatan kopra dengan cara pengeringan ada beberapa cara. Antara lain :

1. Penjemuran matahari

Cara ini memakan waktu lama 5-7 hari, sangat bergantung pada kondisi cuaca, dan kualitas kopra pun sering tidak stabil, berjamur, kadar air kurang maksimal adalah ciri khas dari teknik ini.

2. Penjemuran bertudung Plastik

Modifikasi dari penjemuran sinar matahari, tetapi memanfaatkan tudung plastik, kopra dijemur dalam areal plastik. Panas yang masuk ke dalam areal plastik akan bertahan lama sehingga penjemuran bisa lebih cepat dari penjemuran biasa. Teknik penjemuran ini lebih baik dari cara penjemuran matahari langsung

3. Pengasapan

Cara ini adalah teknik yang banyak berkembang di petani kopra. Daging Kelapa dimasukkan ke dalam para-para tungku pengasapan dengan membakar sabut kelapa atau tempurung dibawahnya. Teknik ini membutuhkan waktu 3 harian.

4. Pengovenan

Teknik pengeringan kopra ini adalah yang terbaik untuk menghasilkan kopra. Teknik yang dipakai adalah model  Lade oven. Prosesnya adalah  kelapa basah disusun dalam lemari oven yang telah tersedia, kemudian dipanasi dalam kondisi tertutup; ke dalam ruangan ini dialirkan panas dengan suhu 40 derajat Celcius sampai 80 derajat Celcius. Panas dihasilkan dari pembakaran biomassa yang menghasilkan asap dan panas, kemudian dialirkan oleh blower untuk mengaliri oven pengering kopra.

Adapun untuk mempercepat pembuatan kopra, Alat bantu yang dibutuhkan untuk membuat kopra antara lain; mesin cungkil kopra dan mesin pengering kopra. Mesin pengering kopra didesain untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan kopra. Semoga kehadiran artikel ini bisa membantu sesama petani kopra.

 

Sumber :

  1. http://produkkelapa.wordpress.com
  2. http://coconutmic.com

 

By |2017-11-16T08:35:39+00:00Mei 29th, 2011|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Teknik Pembuatan Kopra Kelapa

About the Author:

WhatsApp chat