Home » Artikel » Artikel Proses » Dahsyat…! Ini Lho Rahasia Cara Membuat Ayam Serundeng Kelapa yang Gurih Nikmat!

Dahsyat…! Ini Lho Rahasia Cara Membuat Ayam Serundeng Kelapa yang Gurih Nikmat!

Sudah pernah mencoba lezatnya ayam serundeng kelapa? Untuk kalian para pecinta ayam, sajian yang satu ini sangat sayang untuk dilewati. Rasanya yang enak dijamin akan membuat kalian ketagihan. Jangan khawatir kesusahan mencari makanan ini, karena kali ini penulis ingin berbagi resep cara membuat ayam serundeng yang sudah pasti nikmat.

Jadi, kalian tidak perlu repot-repot untuk mencari penjualnya, karena penulis akan mengajak kalian untuk melatih skill memasak kalian dengan membuat ayam serundeng di dapur kalian sendiri.  Yuk simak terus ulasannya!

 

Sekilas Tentang Ayam Serundeng

Cara Membuat Ayam Serundeng

Ayam serundeng merupakan hidangan yang berbahan dasar ayam dan kaya akan rasa rempah. Daging Ayam yang digunakan untuk membuat masakan ini bisa menggunakan ayam potong biasa atau pun ayam kampung untuk lebih eksklusifnya. Masakan ayam serundeng yang terkenal merupakan kuliner khas sunda umumnya memiliki rasa yang dominan asin dan gurih yang nikmat.

Masakan ini juga dikenal dengan ayam lengkuas atau ayam laos, karena salah satu bumbu yang memiliki aroma dan rasa dominan pada hidangan ini adalah lengkuas atau dikenal juga dengan laos. Penggunaan kelapa pada masakan ini menjadikan ayam ini terasa gurih. Selain itu didukung dengan penggunaan berbagai rempah lainnya, menjadikan rasa ayam ini kian lezat.

Untuk pengolahnya daging ayam direbus terlebih dahulu dengan bumbu-bumbu pilihan. Baru kemudian digoreng setelahnya. Apabila kita berhasil mengolahnya dengan tepat tekstur daging yang dihasilkan akan renyah diluar dan empuk didalam. Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk mencobanya?  Sebentar lagi akan penulis bagikan tiga cara membuat ayam serundeng dengan cita rasa yang berbeda satu sama lain. Yuk simak resep yang pertama!

Cara Membuat Ayam Serundeng

Ayam Goreng Serundeng Kelapa

Cara Membuat Ayam Serundeng

Resep yang pertama merupakan ayam serundeng original yang rasanya asin dan gurih. Apa saja bahan yang diperlukan?

Bahan untuk membuat ayam goreng:

  • Satu ekor ayam potong, minta pada penjual ayam untuk dibagi menjadi 10 bagian.
  • Daun salam.
  • Lengkuas.
  • Serai.
  • 200 gram kelapa parut.

Bumbu untuk dihaluskan:

  • ketumbar bubuk 1 sendok makan.
  • kunyit bubuk 1 sendok teh.
  • lada bubuk 1 sendok teh.
  • 5 butir kemiri.
  • 5 siung bawang putih.
  • 7 siung bawang merah.
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.
  • Penyedap rasa.

Cara membuatnya

  1. Pertama-tama siapkan semua bahan dan alat yang sekiranya dibutuhkan dalam membuat ayam serundeng seperti dandang, penggorengan, baskom, parutan dan alat peniris.
  2. Selanjutnya kita perlu mencuci bersih ayam yang telah dipotong-potong tadi. Cucilah sampai ayam tidak licin lagi jika diperlukan kalian dapat menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis dari ayam. JIka sudah bersih kemudian tiriskan ayam hingga tidak ada air yang menetes lagi.
  3. Sementara itu haluskan ketumbar bubuk, kunyit bubuk, lada bubuk, kemiri, bawang putih, bawang merah, garam, gula dan penyedap rasa. Pastikan semua bumbu sudah tergiling halus.
  4. Selanjutnya siapkan wadah untuk membumbui ayam. Masukkan kelapa parut. Sobek daun salam dan geprek lengkuas juga serai agar aromanya keluar lalu masukkan ketiganya kedalam wadah.
  5. Tambah juga bumbu yang telah dihaluskan. Setelah itu aduk hingga merata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Sebaiknya kalian cicipi bumbu yang tercampur, apakah rasanya sudah pas atau belum, karena normalnya terasa asin.
  6. Sementara menunggu bumbu meresap, siapkan dandang untuk mengukus ayam. Isi air dan panasakan diatas api sedang.
  7. Jika air pada permukaan dandang sudah mendidih, ayam sudah bisa diletakkan didalamnya untuk dikukus. Kukuslah kurang lebih selama 30 sampai 40 menit.
  8. Apabila ayam sudah terlihat matang, matikan api dan buka tutup dandang sisihkan dan tunggu ayam mendingin.
  9. Bila ayam sudah dingin, pisahkan kelapa parut fan ayam. Kemudian siapkan wajan dengan minyak yang banyak dan panaskan wajan dengan api yang besar, lalu goreng ayam tetap dengan api besar.
  10. Ayam harus terendam didalam minyak agar matangnya merata. Balik ayam dan tunggu sampai mendapatkan warna kuning kecoklatan. Jika sudah, maka angkat ayam dan tiriskan.
  11. Terakhir, setelah semua ayam selesi digoreng, selanjutnya gorenglah kelapa parut hingga mendapatkan warna kecoklatan. JIka sudah angkat dan tiriskan.
  12. Untuk penyajiannya letakan ayam diatas piring dan berikan taburkan serundeng kelapa di atasnya.

Yuk kita beralih ke resep selanjutnya!

Ayam Serundeng Hitam Manis

Cara Membuat Ayam Serundeng

Jika resep pertama memiliki rasa gurih dan asin, resep kali ini memiliki rasa berbeda, karena ada manis-manisnya. Apa saja bahan yang digunakan untuk membuat ayam serundeng hitam manis?

Bahan ayam goreng

  • 1 ekor ayam potong atau ayam kampung, namun sebaiknya ayam kampung saja. Mintalah penjual ayam untuk memotong menjadi empat bagian.
  • Bawang putih 2 buah , geprek.
  • Jeruk nipis 2 buah, belah-belah jeruk nipis.
  • ketumbar bubuk 2 sendok makan.
  • 500 mililiter air kelapa.
  • Garam secukupnya.

Bahan untuk membuat serundeng

  • 1 sendok makan ketumbar.
  • Buah kelapa setengah bagian.
  • Asam jawa secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Gula merah secukupnya.

Bumbu untuk dihaluskan

  • 2 buah bawang putih.
  • 5 sentimeter kunyit.

Cara membuat ayam serundeng hitam manis

  1. Pertama persiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan seperti wadah, wajan, blender atau parutan, panci dan alat peniris.
  2. Siapkan wadah dan parutan untuk memarut buah kelapa. Jika sudah, sangrai parutan buah kelapa tadi hingga kecokelatan. Selanjutnya haluskan kelapa yang telah disangrai hingga halus, jika kalian krepotan untuk menghaluskannya, kalian bisa menggunakan blender untuk menghaluskan kelapa sangrai ini. Blender sebentar saja.
  3. Selanjutnya cucilah ayam hingga terasa bersih. Jika sudah berih ungkep ayam dengan menggunakan air kelapa. Jangan lupa untuk peras jeruk nipis kedalamnya lalu tambahkan bawang putih, garam dan juga ketumbar. Ungkep hingga air kelapa surut, sesekali aduk agar bumbu meresap dengan merata ke daging ayam.
  4. Sementara menunggu ayam siap, haluskan bawang putih dan kunyit untuk bumbu serundeng.
  5. Setelah itu siapkan wajan dan tuangkan minyak kedalamnya. Kemudian panaskan wajan menggunakan api sedang, sebagai persiapan untuk menggoreng ayam.
  6. Jika minyak sudah panas gorenglah ayam sampai mendapatkan warna kecokelatan. Perhatikan agar tidak menggoreng ayam terlalu lama. JIka sudah kecokelatan angkat dan tiriskan ayam. Warna ayam akan menghitam. Hal ini wajar karena merupakan efek dari air kelapa. Tapi tenang saja, rasanya sama sekali tidak pahit kok.
  7. Beralih ke serundeng, siapkan wajan lagi untuk menumis bumbu halus serundeng, tumis hingga aroma harumnya keluar. Jika sudah, masukkan serundeng ke dalam tumisan bumbu. Lalu tambahkan garam, gula merah dan juga asam jawa. Memasaknya dengan api kecil saja dan jangan lupa untuk diaduk rata. Bila sudah merata matikan api, lalu masukkan ayam goreng  sambil aduk rata sekali lagi.
  8. Kalau bumbu sudah terlihat merata, ayam siap diangkat dan dihidangkan.

Itu dia cara membuat ayam serundeng hitam manis, daging ayam dijamin empuk dan gurih karena sebelumnya direndam menggunakan air kelapa. Selain itu rasa manis pada bumbunya menambah nikmatnya ayam ini, yum! Tahan dulu laparnya, yuk kita lanjut dulu ke resep terakhir!

Ayam Serundeng Bumbu Rawit

Cara Membuat Ayam Serundeng

Nah, untuk resep ayam serundeng yang terakhir ini sudah pasti rasanya bakal mengigit, karena cabe rawit menjadi salah satu bumbu dalam membuatnya. Rasa pedas dan gurih yang membedakan ayam ini dari dua ayam sebelumnya. Para pecinta pedas, yuk simak!

Bahan untuk membuat ayam serundeng bumbu rawit.

  • 1 kilogram ayam.
  • 3 siung bawang putih.
  • 5 siung bawang merah.
  • 2 buah kemiri.
  • 1 sendok ketumbar.
  • 5 cabe rawit.
  • 1 ruas jahe.
  • 1 ruas kunyit.
  • Garam secukupnya.
  • Sereh.
  • Kengkuas.
  • Air.
  • Setengah butir kelapa.

Cara membuat ayam serundeng bumbu rawit.

  1. Pertama siapkan semua alat dan bahan yang sekiranya akan diperlukan dalam pembuatan ayam serundeng bumbu rawit ini seperti wadah, panci, parutan, wajan dan peniris.
  2. Siapkan wadah dan alat parut manual untuk memarut buah kelapa. Selanjutnya jika kelapa sudah diparut, lanjutkan dengan memarut lengkuas dan serai. Baru setelah itu haluskan bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, cabe rawit, garam, jahe dan juga kunyit. Pastikan semua bumbu benar-benar telah halus dan tercampur dengan rata.
  3. Jika bumbu sudah selesai diracik, selanjutnya cucilah ayam dengan menggunakan air bersih sampai kulit ayam terasa kesat, yang menandakan bahwa ayam sudah bersih.
  4. Kemudian siapkan panci dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan beserta ayam yang telah cuci tadi, kemudian masukkan kelapa yang sudah diparut dan tambahkan air secukupnya sedikit semi sedikit. Cicipi rasanya.
  5. Jika rasanya sudah pas, maka panaskan panci menggunakan api sedang sambil aduk hingga airmya menyusut. Dan jika air sudah menyusut maka matikan apinya, tunggu hingga dingin.
  6. Bila sudah dingin kalian bisa pisahkan ayam dari kelapanya.
  7. Kemudian siapkan wajan berisi minyak, dan panaskan wajan untuk mulai menggoreng ayam, tunggu hingga ayam berwarna kuning kecokelatan dan jangan lupa untuk membalik ayam agar matangnya merata.
  8. Apabila semua ayam sudah habis digoreng, selanjutnya sangrailah kelapa hingga kering dan berwarna kecokelatan sambil diaduk-aduk. Pastikan kelapa matang dengan merata. Dan jika sudah matang kelapa siap diangkat.
  9. Untuk penyajiannya letakkan ayam pada wadah atau piring, kemudian taburkan kelapa sangrai di atas ayam, dan aduk hingga serundeng melumuri ayam. Dan ayam serundeng bumbu rawit pun siap untuk disantap.

Demikian ketiga cara membuat ayam serundeng dengan cita rasa yang berbeda-beda. Tidak sulit bukan? Sebagai tambahan, ayam serundeng sangat cocok disantap bersama nasi yang masih panas, lalapan dan sambal sesuai selera anda. Tentu saja untuk ayam bumbu rawit kalian tidak perlu menambahkan sambal lagi, karena rasanya sudah pasti pedas.

Tips Membuat Ayam Serundeng

Membuat ayam serundeng memang tidak sesulit yang kita pikirkan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembuatanya agar ayam serundeng yang kita buat nantinya memiliki rasa dan tekstur yang sempurna. Berikut beberapa tips yang bisa penulis bagikan untuk kalian.

  1. Pada pembuatan ayam serundeng kelapa menjadi salah satu komponen yang penting. Sebaiknya pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua. Selain itu bagi anda yang merasa kerepotan jika harus memarut kelapa secara manual terlabih dahulu, tidak usah khawatir, sekarang ada mesin pemarut kelapa yang akan membuat kegiatan memasak anda lebih mudah dan asyik.
  2. Pilihlah daging ayam yang masih segar, dan sebagai saran untuk menu ini lebih nikmat jika menggunakan ayam kampung. karena selain lebih besar-besar, rasa yang dihasilkan juga akan berbeda nantinya antara daging ayam kampung dan daging ayam potong biasa.
  3. Pada saat proses membersihkan ayam ada baiknya ayam dilumuri dengan jeruk nipis terlebih dahulu. Hal ini untuk mengilangkan bau amis pada ayam, terutama jika anda menggunakan ayam potong biasa. Karena bau amis pada daging ayam akan merusak cita rasa hidangan ini nantinya. Selain itu dengan melumurinya dengan jeruk nipis, bakteri dan kuman pada ayam akan mati dengan sendirinya.
  4. Ketika menyangrai kelapa, sebaiknya kalian aduk-aduk terus menerus, dan jangan sesekali meninggalkan kelapa yang sedang disangrai. Hal ini akan menyebabkan kelapa tidak matang secara merata atau kegosongan pada serundeng nantinya. Tentu saja serundeng yang gosong rasanya menjadi pahit dan akan merusak rasa masakan ini nantinya.
  5. Pada saat menggoreng ayam usahakan tutup wajan dengan tutup panci atau semacamnya. Hal ini untuk menghindari jika ada minyak panas yang terpercik keluar. Karena jika minyak panas yang terpercik dari ayam tepapar pada kulit kalian, itu akan menyebabkan kulit kalian melepuh nantinya.

Peluang Usaha Ayam Serundeng

Cara Membuat Ayam Serundeng

  1. Bagi kalian yang mahir memasak dan sudah mencoba membuat ayam serundeng sebelumnya, tidak ada salahnya untuk menjual ayam serundeng buatan kalian. Karena kuliner berbahan ayam sedang menjadi trend dipasaran. Seperti misalnya saja chicken wings yang berbumbu pedas, drum stick dengan bumbu ala korea atau ayam dengan balutan saus keju yang berhasil meraup banyak keuntungan.
  2. Dan untuk ayam dengan cita rasa indonesia sendiri sudah ada beberapa brand terdahulu yang juga sama suksesnya dengan masakan ayam yang sedang trend baru-baru ini. Terbukti dengan masih eksisnya mereka dan cabang-cabang yang dibukanya hingga saat ini.
  3. Selain itu kuliner berbahan ayam ini juga sangat diminati lidah orang indonesia, karena harganya yang lebih terjangkau dari daging sapi dan rasanya yang mudah untuk dipadukan dengan berbagai bumbu. Daging ayam juga lebih mudah untuk diolah, dan tidak memerlukan terlalu banyak effort dalam pengolahannya. Ini akan menjadi salah satu nilai plus dalam segi ekonomi bagi kalian nantinya.
  4. Alat-alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam serundeng pun sangat sederhana dan bisa kalian dapatkan dimana saja. Tentu saja harganya juga sangat terjangkau. Dan ini akan mempermudah jalan kalian untuk mengembalikan modal yang terpakai pada awal usaha nantinya.
  5. Kalian bisa mulai mengorbitkan ayam serundeng buatan kalian via pasar online atau berdagang langsung dilingkungan sekitar kalian. Soal ketahanan, ayam serundeng yang dibuat dengan cara digoreng memiliki ketahanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan ayam olahan jenis lain. Kalian hanya perlu memberikan packaging yang menarik yang tidak kalah kekinian dari kuliner yang sedang trend sekarang.

Nah, itu tadi semua tentang ayam serundeng yang dapat penulis bagikan pada kesempatan kali ini. Mulai dari cara membuat bebagai ayam serundeng dan juga peluang usaha bagi kalian yang tertarik untuk mulai berbisnis kuliner. Tentu saja kalian harus melatih kemampuan memasak ayam serundeng kalian terlebih dahulu agar mendapatkan rasa yang benar-benar cocok untuk bersaing dengan kuliner ayam lainnya.

Atau jika kalian suka berinovasi, kalian bisa mulai bereksperimen dengan mencoba untuk membuat aneka ayam serundeng dengan varian rasa lainnya. Ayo, segera masuk dapur dan buat ayam serundengmu! Selamat mencoba!

 

By | 2017-11-15T16:03:41+00:00 Mei 30th, 2017|Artikel Proses, Mesin Makanan|Komentar Dinonaktifkan pada Dahsyat…! Ini Lho Rahasia Cara Membuat Ayam Serundeng Kelapa yang Gurih Nikmat!

About the Author: