Nyam….! Yummy Ini Dia Cara Membuat Coklat, Ikuti Yuk!

Cara Membuat Cokelat dari Cokelat Batangan dan Bubuk Cokelat

Cara Membuat Coklat – Coklat adalah makanan yang memiliki rasa manis, berwarna coklat dan banyak sekali orang yang menyukai nya.

Seperti ketika anda ingin membuatnya dengan cetakan anda sendiri untuk merangkai kata atau lainnya, membuat nya tidaklah sulit bagi anda.

Yang sulit adalah jika anda harus membuat coklat batangan mulai dari pemetikan buah kakao, itu adalah hal yang sulit karena prosesnya sangatlah panjang.

Mulai dari memetik buah kakao, mengambil semua biji nya, mencucinya, pengeringan dan beberapa proses lainnya sehingga pada tahap akhir didapatkan dark dan white chocolate.

Cara Membuat Coklat

Jika membuatnya dari buah kakao cukup sulit apalagi jika tidak memiliki bahan-bahan pembuatannya. Namun jika anda ingin membuat yang sudah jadi menjadi bentuk yang anda inginkan atau anda membuat permen coklat sendiri.

Anda tidak perlu khawatir karena coklat yang seperti itu sangat mudah untuk dibuat. Bahkan anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau pun bisa juga berbisnis dengan Cara Memulai Bisnis Coklat yang benar dan menguntungkan.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mempersiapkan bahan untuk membuat permen coklat nya, serta topping atau tambahan yang ingin anda gunakan agar lebih bagus. Untuk membuat coklat dengan kualitas bagus dan tahan lama, gunakanlah mesin pengolah coklat atau singkatnya mesin coklat.

Baca Juga Ingin Tahu Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat ? Berikut Ulasannya.

Tampilan cokelat sangatlah penting karena itulah yang akan membuat seseorang tertarik untuk memakannya, dan untuk hal kedua yang menentukan kualitasnya adalah rasa, oleh karena itulah anda harus membuatnya dengan teknik yang benar agar rasa nya menjadi lebih enak.

Cara Membuat Coklat

Untuk lebih jelasnya bagaimana Cara Membuat Coklat, berikut kami jelaskan terlebih dahulu jenis-jenisnya secara singkat dan bahan-bahan yang digunakannya.

1. Dari Coklat Jadi ( Semisal Coklat Batangan )

Coklat yang pertama adalah jenis yang dibuat dari bahan cokelat yang sudah jadi, seperti coklat batangan. Coklat batangan memang merupakan coklat yang sudah di olah dan sudah diberi gula dan lain nya. Sehingga memiliki rasa yang manis layaknya permen yang dijual di pasaran. Warnanya juga sangat beragam. Sehingga anda tidak perlu lagi menambahkan pewarna jika anda ingin membuat nya dari coklat yang sudah jadi.

2. Dari Bubuk Kakao

Coklat yang terbuat dari bubuk kakao, sebaiknya jangan menggunakan bubuk kakao terlalu banyak ketika ingin membuatnya.

Karena rasa dari bubuk kakao terbilang pahit dan sebaiknya anda tidak menggunakan nya terlalu banyak. Karena biasanya bubuk kakao hanya digunakan sebagai perasa ketika membuat kue, atau lainnya.

Anda juga bisa menggunakan nya untuk membuat permen. Hanya saja takaran nya memang cukup sedikit dan ada banyak bahan tambahan yang harus anda gunakan.

Coklat sendiri memiliki berbagai macam jenis, ragam dan variasi, seperti 8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat misalnya.

Cara Membuat Coklat dari Coklat Batangan dan Bubuk Kakao

Jika anda ingin tahu bagaimana cara membuat cokelat dari cokelat batangan dan cokelat bubuk, anda bisa melihat caranya di bawah ini. Jadi anda bisa memilih sendiri cara mana yang mudah untuk anda lakukan, dan berikut ulasan nya.

1. Cara Membuat Coklat dari Coklat Batangan

  1. Ambil cokelat batangan yang sudah anda siapkan sebelumnya, kemudian potong-potong cokelat tersebut menjadi potongan kecil, dan tim cokelat tersebut.
  2. Untuk cara tim adalah isi panci dengan air, lalu ambil panci yang lebih kecil dan masukkan ke dalam panci yang berisi air mendidih.
  3. Setelah itu masukkan potongan cokelat ke dalam nya dan jangan lupa untuk mengaduk nya, usahakan cokelat tersebut tidak terkena air sama sekali.
  4. Setelah cokelat tersebut meleleh, anda harus mencetak nya sebelum mendingin dan kembali mengeras, ambil cetakan dan masukkan, tunggu cokelat mendingin dan masukkan freezer agar lebih cepat. Setelah itu cokelat siap untuk disajikan.
  5. Tambahkan topping di atasnya sebelum coklat mengeras agar tampilan nya lebih bagus.

2. Cara Membuat Coklat Dari Bubuk Kakao

Bahan Yang Digunakan :

  • Bubuk kakao 2 sendok makan.
  • Maizena satu atau setengah sendok makan.
  • Gula secukupnya.
  • Susu cair secukupnya.

Langkah Dan Cara Membuat Coklat Dari Bubuk Kakao:

  1. Ambil bubuk kakao sebanyak 2 sendok makan.
  2. Setelah itu ambil tepung maizena sebanyak satu atau setengah sendok makan.
  3. Tambahkan gula secukup nya.
  4. Kemudian tuang susu cair pada bahan-bahan tersebut, dan aduk hingga bahan tersebut merata.
  5. Setelah semua nya tercampur, masaklah bahan tersebut di atas api kecil sambil di aduk-aduk agar adonan tidak gosong.
  6. Aduk hingga adonan cokelat mulai mengeras dan menghitam tapi tidak gosong.
  7. Ambil cetakan cokelat yang sesuai dengan keinginan anda, kemudian masukkan cokelat yang sedang meleleh tersebut kedalam cetakan.
  8. Setelah itu tunggu cokelat mendingin dan masukkan cokelat ke dalam freezer.
  9. Setelah itu keluarkan cokelat untuk dinikmati seusai cokelat mengeras.
  10. Simpan cokelat di freezer jika tidak ingin segera di makan agar lebih awet. Atau masukkan ke dalam toples.

Dari kedua cara membuat cokelat di atas, yang paling sulit adalah cara kedua yang terbuat dari bubuk kakao. Karena semua bahan nya harus pas, jika tidak maka cokelat akan terasa pahit dan tidak akan bisa mengeras jika terlalu sedikit.

Jadi anda harus melihat takaran nya dengan benar dan jangan sampai cokelat anda menjadi gagal. Kecuali jika anda ingin membuat selai cokelat, mungkin maizena yang sedikit akan cocok karena cokelat memang tidak akan mengeras.

Untuk membuat nya lebih enak, jangan lupa tambahkan topping sebelum mengeras saat di cetakan agar cokelat menjadi lebih bagus dan menarik untuk di makan. Tambahkan juga pewarna makanan agar cokelat anda menjadi lebih menarik.

Mau Tahu Cara Membuat Minuman Cokelat Dari Biji Kakao? Ini Beberapa Langkahnya.

Demikian informasi tentang Cara Membuat Coklat yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi untuk membuat cokelat dengan bentuk yang anda inginkan sendiri. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •