Ingin Tahu Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat ? Berikut Ulasannya

Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat

Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat – Cokelat adalah salah satu makanan yang sangat disukai semua orang karena rasa nya yang manis, apalagi ditambah dengan rasa khas yang dimilikinya.

Seperti bau nya yang sangat familiar dan menggiurkan untuk dimakan, coklat yang sudah di olah memang memiliki rasa yang manis, sangat berbeda dengan coklat yang belum di olah yang rasa nya cenderung pahit.

Rasa dari coklat yang sebenarnya memang pahit dan tidak enak untuk dimakan secara langsung, coklat yang manis tersebut memang sudah dicampur dengan gula dan bahan lain.

Coklat yang masih belum di olah awal nya masih berbentuk biji yang diselimuti oleh lapisan berwarna putih, dan lapisan tersebutlah yang rasa nya manis, bahkan cokelat nya sendiri tidak manis.

Sejarah Cokelat

Coklat, yang langsung terlintas di benak Anda saat mendengar kata tersebut, sebagai ragam makanan enak yang Anda sukai.

Makanan berbahan dasar biji kakao ini merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat, terdapat berbagai macam jenis coklat yang terbuat dari biji kakao, mulai dari coklat batangan, pasta coklat, coklat bubuk, dan lainnya. Berkenaan dengan coklat, mari kita lihat sejarah kemunculan coklat.

Cokelat pertama kali dimakan oleh penduduk Mesoamerika kuno untuk minuman. Dahulu coklat dipercaya sebagai bahan makanan yang hanya bisa dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Para ahli memprediksikan bahwa pohon kakao yang menjadi bahan utama pembuatan coklat tumbuh pertama kali di kawasan Amazon utara hingga Amerika Tengah hingga Meksiko.

Menurut Sophie dan Michael Coe dalam buku mereka ‘The True History of Chocolate’, bukti linguistik paling awal dari konsumsi coklat adalah sekitar tiga sampai empat milenium yang lalu, di Mesoamerika sebelum Kolombia seperti Olmec. Bukti coklat paling awal muncul di sebuah tempat pengolahan coklat di Puerto Escondido, Honduras pada tahun 1100-1400 SM (BC). Dari temuan tersebut, banyak yang menduga biji kakao tidak hanya digunakan untuk minuman tetapi juga gula alami untuk minuman beralkohol dan obat-obatan.

Kemudian ditemukan residu berwarna coklat pada tembikar yang digunakan oleh Maya kuno, peradaban pertama yang mendiami wilayah Mesoamerika di Río Azul, Guatemala Utara. Ini menunjukkan bahwa Maya meminum cokelat sekitar beberapa tahun 450 SM – 500 SM. Tertulis bahwa konsumsi coklat dianggap sebagai simbol status penting pada masa itu. Wong Maya makan coklat dengan cairan berbentuk gelembung yang disiram dengan lada merah, vanilla, bumbu atau lainnya.

Di Eropa, cokelat pertama kali masuk ke Spanyol. Asumsinya, pada tahun 1544 M, seorang delegasi Kekchi dari Guatemala mengunjungi Istana Spanyol dan membawa hadiah, termasuk minuman coklat. Momen inilah awal mula cokelat dikenal dunia. Awalnya coklat tidak cocok dengan bahasa Eropa, karena rasanya yang pahit. Kemudian coklat ditambahkan dengan madu atau gula sehingga dibuatlah coklat manis pertama.

Pada awal abad ke-17, cokelat menjadi minuman populer di istana Spanyol. Selama abad tersebut, coklat menyebar di kalangan elit Eropa. Konsumsi cokelat Eropa pertama sebagai minuman. Kemudian pada tahun 1847 ditemukan coklat padat. Eropa mengisolasi hampir semua bumbu untuk coklat ditambahkan dengan Mesoamerika. Hanya vanili yang diawetkan karena rasanya.

Seiring berjalannya waktu, permintaan coklat semakin meningkat dan coklat menjadi semakin populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Industri Pengajaran Kakao UGM kini menjadi salah satu industri yang siap memenuhi kebutuhan coklat di Indonesia.

Berlokasi di Batang, Jawa Tengah, Industri Pengajaran Kakao UGM merupakan pabrik pengolahan kakao pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan perkebunan kakao sekaligus pusat pengembangan sumber daya manusia di bidang kakao. Fasilitas tersebut dibangun pada tahun 2017 melalui kerja sama Kementerian Perindustrian dengan Pemerintah Kabupaten Batang dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pabrik berlokasi di Desa Wonokerso, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang memiliki luas pabrik 9.000 m2 dan terdiri dari luas bangunan 2.590m2. Fasilitas itu juga dilengkapi dengan mesin serta juga peralatan sebagai industri pengolahan kakao yang berkapasitas sekitar 6.000 ton per tahun nya dengan nilai investasi sebesar Rp 89,9 miliar.

Selain digunakan untuk memenuhi kebutuhan pasar akan coklat, Industri Pendidikan Kakao UGM juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas untuk belajar tentang proses pengolahan atau budidaya tanaman kakao karena pabriknya berhubungan langsung dengan perkebunan kakao.

Menurut kami, proses pengolahan cokelat tidak terlalu lama dari biji kakao menjadi cokelat siap pakai. Pada artikel selanjutnya, kita akan belajar bagaimana mengubah coklat menjadi coklat siap saji dengan berbagai macam rasa. (Nabila / PUI).

Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat
Cara Membuat Coklat Lezat dan Sehat

Pengolahan Coklat

Coklat memang terbuat dari biji kakao atau biji dari buah coklat, dan biji itulah yang akhir nya menjadi coklat, meskipun awal nya rasa nya pahit.

Namun bau nya tetap gurih dan sama seperti hasil nya nanti. Coklat yang terbuat dari biji kakao tersebut harus mengalami beberapa proses yang cukup panjang hingga akhir nya coklat tersebut bisa di makan secara langsung.

Ketika mengkonsumsi coklat, banyak orang yang khawatir akan mengalami penambahan berat badan karena kandungan lemak nya.

Namun jika anda bisa melihat nya lebih jauh, sebenarnya coklat hitam akan lebih membantu anda untuk mengurangi berat badan anda.

Atau program diet anda akan lebih terbantu di bandingkan dengan mengkonsumsi buah-buahan karena coklat hitam akan membuat anda lebih kenyang.

Sehingga anda tidak akan merasa lapar dalam waktu yang cukup lama sehingga anda tidak perlu makan dalam jumlah yang banyak setiap harinya. Dan inilah salah satu fungsi dari coklat hitam.

Coklat memang mengandung lemak sehingga jika anda ingin mendapatkan manfaat yang baik dari coklat, sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu blanyak.

Coklat ini tidak hanya berfungsi sebagai karbohidrat saja, namun ada banyak penyakit kronis yang bisa di atasi dengan mengkonsumsi coklat dalam jumlah yang cukup setiap hari nya.

Untuk itu, Sobat Mesin harus tau beberapa Manfaat Coklat Bagi Kesehatan kita dulu, agar tidak menyesal setelah maengkonsumsi coklat.

Coklat memang memiliki banyak jenis, seperti coklat putih, coklat bubuk dan dark coklat, dan yang paling sering dicari karena manfaat nya adalah dark cokelat atau coklat hitam.

Untuk jenis coklat ini semua nya hampir sama, hanya saja memang ketika proses terakhir dalam pengolahan coklat, coklat yang dihasilkan dari biji kakao akan menghasilkan berbagai jenis coklat yang berbeda.

Baca juga 3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan

Cara memilih cokelat yang sehat

Beragamnya coklat dengan merk yang berbeda tersedia dimana-mana bisa membuat anda bingung saat ingin membeli coklat. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat ingin memilih coklat.

1. Pilih cokelat hitam

Seperti disebutkan di atas, cokelat hitam terbukti lebih sehat daripada cokelat putih. Kandungan flavonol pada dark chocolate bermanfaat untuk kesehatan. Semakin pekat cokelatnya, semakin baik untuk dipilih.

2. Pilih coklat dengan kandungan kakao 60% atau lebih

Untuk mendapatkan manfaat dari dark chocolate, pilih dark chocolate dengan kandungan cocoa minimal 60% atau lebih. Padahal biasanya orang mengira kalau coklat itu yang mengandung 85% kakao memiliki rasa pahit. Antioksidan dan nutrisi lain yang ditemukan dalam coklat sebenarnya diperoleh dari biji kakao, dari mana coklat dibuat.

3. Yang terbaik adalah tidak memilih “cokelat belanda” atau diproses dengan alkali

Metode yang digunakan untuk mengolah biji kakao mentah menjadi coklat mempengaruhi kandungan flavonol pada produk akhir coklat. Cokelat yang diproses menggunakan alkali memiliki kandungan lebih sedikit flavonol. Pembuatan coklat dengan proses basa ini biasa juga disebut “dutching”. Oleh karena itu, yang terbaik adalah memilih coklat yang tidak diproses dengan alkali atau “dutching”.

4. Pilih coklat dengan kandungan utamanya cocoa butter ataupun cocoa liquor

Cokelat dengan kandungan utama cocoa butter atau cocoa liquor memiliki kandungan lebih banyak cokelat dibandingkan gula ataupun zat aditif lainnya. Cokelat dengan kandungan utama cocoa butter merupakan pilihan yang lebih baik. Sebaiknya hindari coklat dengan kandungan gula yang tinggi, karena coklat ini bisa membahayakan kesehatan jika dimakan terlalu banyak. Selain itu, sebaiknya pilih cokelat yang tidak mengandung banyak zat aditif, seperti fruktosa, sirup jagung, dan lemak terhidrogenasi.

5. Baca informasi nilai gizi

Informasi kandungan gizi coklat seperti yang telah dijelaskan di atas dapat Anda ketahui dari informasi nilai gizi yang terdapat pada setiap kemasan coklat. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memperhatikan informasi nilai gizinya sebelum Anda memilih coklat.

Agar lebih sehat, dalam mengkonsumsi coklat sebaiknya tidak digabungkan dengan susu. Meminum susu sambil makan coklat dapat menghambat penyerapan antioksidan yang terkandung dalam coklat. Hal tersebut terjadi karena kandungan lemak yang tinggi pada susu dapat menghambat penyerapan antioksidan dalam tubuh.

Selain itu, yang terbaik adalah mengonsumsi cokelat dalam jumlah sedikit. Mengkonsumsi sekitar 15-30 gram coklat dalam sekali makan sepertinya sudah cukup untuk Anda. Jangan lupa lakukan olahraga secara teratur untuk menyeimbangkan energi yang masuk dengan energi yang keluar.

7 Fakta Menarik tentang Cokelat

1. Cokelat adalah ‘makanan para dewa’

Kata ‘coklat’ alias coklat berasal dari kata Aztec ‘xocolatl’ yang berarti ‘air pahit’. Diluncurkan dari Eat This, Not That!, Perusahaan cokelat Belgia mengatakan bahwa rasa cokelat sangat berbeda dengan cokelat masa kini, karena kurangnya pasokan gula di Amerika Tengah.

Menikmati cokelat sepertinya memberikan pengalaman tersendiri baginya. Tampaknya inilah yang menginspirasi ahli botani Swedia, Carl Linnaeus, untuk menamai kakao ‘Theobroma cacao’. Dalam bahasa Latin, Theobroma cacao berarti ‘makanan para dewa’.

2. Cokelat adalah mata uang Maya dan Aztec

Bagi suku Maya dan Aztec, kakao menjadi bahan pertukaran yang sangat berharga atau cara jual beli. Dulunya dia menukarkan coklat dengan makanan dan pakaian. Sedangkan biji kakao terbuat dari xocoatl, minuman sambiloto terbuat dari biji kakao, air dan rempah-rempah. Xocoatl sebelumnya dikaitkan dengan bangsawan dan ksatria.

Peran media sebagai pertukaran coklat belum lengkap dengan Maya dan Aztec. Selama Perang Revolusi Amerika (1775-1783), coklat kadang-kadang digunakan sebagai gaji para tentara.

Dari penelitian yang dilakukan oleh perusahaan coklat dan permen, Mars International, coklat menjadi alat pembayaran tentara karena tidak membusuk.

3. Cokelat memiliki lebih dari 600 komponen aroma

Menurut American Chemical Society, coklat memiliki lebih dari 600 komponen rasa. Inilah yang membuat coklat memiliki aroma yang khas. Meski sama-sama memiliki aroma yang khas, anggur merah ‘hanya’ memiliki sekitar 200 komponen rasa.

Dilansir dari ACS, Peter Schieberle, seorang ahli kimia makanan, menjelaskan bahwa menciptakan aroma kakao yang baik hanya membutuhkan 25 komponen rasa.

4. Cokelat putih bukanlah cokelat

Bahkan dengan kata ‘cokelat’, cokelat putih yang Anda rasakan sejauh ini bukanlah cokelat secara teknis. Diluncurkan dari Insider, cokelat putih tidak memiliki padatan kakao yang memberikan rasa dan warna cokelat yang khas. Cokelat jenis ini terbuat dari cocoa butter (bagian lemak pada biji kakao) yang memberikan tekstur lembut.

Cocoa butter sebenarnya memiliki rasa yang tidak enak. Rasa yang Anda dapatkan sekarang berasal dari campuran cocoa butter dengan gula, lemak susu, dan vanilla.

5. Susu coklat, minuman terbaik setelah berolahraga

Bukan air biasa atau air elektrolit yang bisa mengembalikan energi setelah olahraga, melainkan air susu coklat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Sport Science menemukan susu coklat dapat memulihkan energi atletik setelah berolahraga. Pasalnya, susu cokelat tinggi protein dan karbohidrat.

6. Titik leleh coklat tidak jauh dari suhu tubuh

Tanpa perlu pemanasan, coklat akan meleleh di mulut Anda. Nopo nopo

Cokelat akan meleleh pada suhu antara 30-32 derajat Celcius. Temperatur ini tidak jauh dari temperatur normal tubuh, sehingga coklat akan meleleh di mulut atau di tangan Anda.

Cokelat susu dan cokelat putih lebih sensitif terhadap panas dibandingkan cokelat hitam.

7. BANGSA-BANGSA COKLAT DAPAT MENARIK PEMBELI

Apa yang menarik Anda ke toko? Sadar atau tidak, Anda pasti akan terpesona dengan warung-warung yang memiliki aroma cokelat.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Environmental Psychology tersebut mengamati kebiasaan berbelanja pelanggan di toko buku. Peneliti menemukan bahwa orang cenderung membeli barang ketika baunya seperti coklat. Peneliti juga menduga bahwa aroma coklat memberikan efek relaksasi.

Alat dan Bahan Dalam Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat :

  • Dark coklat yang rendah lemak
  • Pewarna makanan yang aman
  • Cetakan coklat
  • Mesin Pembuat Coklat
  • Topping atau tambahan seperti kacang, wijen dan lain sebagainya.

 

Langkah dan Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat :

Cara membuat coklat ini sangatlah mudah dan simple, cukup lakukan langkah-langkah dan tips nya secara benar agar anda bisa mendapatkan coklat yang lezat dan sehat:

  1. Ambil Dark Coklat yang sudah siapkan sebelumnya, kemudian potong-potong coklat tersebut dalam bentuk kecil agar mudah untuk dilelehkan nantinya. Potong kasar saja agar lebih mudah.
  2. Apabila sudah di potong kecil-kecil, ambil coklat tersebut dan masukkan ke dalam panci untuk dilelehkan, tunggu hingga coklat benar-benar meleleh secara sempurna dan jangan lupa untuk selalu mengaduk coklat yang anda lelehkan tersebut.
  3. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencairkan coklat, dan jika anda menggunakan mangkuk stainless yang anda letakkan di dalam air mendidih, maka sebaiknya jaga agar coklat tidak sampai terkena air.
  4. Jika anda sudah mencairkan coklat tersebut secara merata, selanjutnya anda bisa menambahkan pewarna ke dalam nya agar coklat anda tidak selalu berwarna coklat dan lebih menarik untuk dilihat.
  5. Setelah di tambahkan pewarna, jangan lupa untuk mengaduk nya hingga merata agar warna nya merata.
  6. Setelah coklat anda sudah mencair dan diberi pewarna yang cantik, selanjutnya anda bisa mencetak nya ke dalam cetakan coklat yang berbentuk lucu, atau berbentuk sesuai dengan keinginan anda.
  7. Tunggu agar coklat agak sedikit dingin dan masukkan ke dalam freezer agar coklat segera mengering secara merata.
  8. Tunggu coklat tersebut hingga mengering dan bisa di ambil dari cetakan, anda bisa mengkreasikan untuk menambahkan wijen, butiran kacang atau lain nya di atas coklat ketika coklat tersebut belum membeku atau sebelum di masukkan ke dalam freezer.
  9. Dan jangan lupa ketika anda mempersiapkan cetakan coklat, beri cetakan tersebut margarine putih agar coklat bisa di ambil dengan mudah.
  10. Coklat lezat dan sehat bisa langsung anda nikmati ketika coklat sudah di ambil dari cetakan dan mengering.
  11. Simpan coklat yang belum hendak di makan di dalam freezer atau di dalam toples agar coklat tetap terjaga kualitas nya.

Kesimpulan

Itu adalah salah satu Cara Membuat Cokelat Yang Lezat dan Sehat, selain itu, Sobat Mesin juga bisa tahu 5 Langkah Membuat Pasta Coklat Dari Biji Kakao disini,

Cara nya memang cukup mudah dan tidak terlalu banyak alat dan bahan yang dibutuhkan dalam Cara Membuat Coklat Yang Lezat dan Sehat ini.

Jadi anda bisa langsung mempraktikkannya, namun kunci yang harus anda perhatikan adalah ketika anda mencairkan coklat tersebut.

Jangan sampai coklat menjadi gosong, jadi sebaiknya gunakan cara mencairkan coklat menggunakan air mendidih atau 2 panci susun.

Selain itu kamu juga bisa membuat coklat cair dari coklat batangan dengan 3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan.

 

Demikian informasi tentang Cara Membuat Cokelat Lezat dan Sehat yang bisa kami berikan untuk anda.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi seputar coklat dan cara membuatnya.

Jika anda tertarik untuk membuatnya, sebaiknya anda mengkreasikannya sesuai dengan keinginan anda, mulai dari bentuk cetakan, warna, tambahan topping dan lain sebagainya.

Yang mana cokelat memilki berbagai jenis dan variasi, beberapa diantaranya adalah 8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat.

Namun jika anda ingin coklat anda tampak original, anda bisa melewatkan tahapan dalam pemberian warna coklat. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •