5 Langkah Membuat Pasta Coklat dari Biji Kakao

mesin coklat

Pembuatan Pasta Coklat

Dalam langkah dan proses membuat pasta coklat secara garis besar, melibatkan tahapan proses pembersihan biji, pemisahan kulit dan penyangraian.

Pembersihan ditujukan untuk mengeluarkan kotoran yang mungkin terbawa, seperti pasir, batu, partikel-partikel tanaman dan sebagainya. Keberadaan kotoran ini tidak diinginkan (bisa merusak peralatan proses).

5 Langkah Membuat Pasta Coklat dari Biji Kakao

budidaya kakao

Untuk membuat pasta dari coklat, berikut 5 langkah membuat pasta coklat dari biji kakao dengan kualitas bagus sebagai berikut.

Bahan : biji kakao kering (setelah difermentasi), Sobat Mesin Coklat, mau tahu cara membuat minuman cokelat dari biji kakao ini beberapa langkahnya.

1. Sangrai Kakao

Proses penyangraian biji coklat dilakukan pada suhu maksimal 150oC, selama 10 – 35 menit, tergantung dari tujuan akhir penggunaan biji.

Biji yang akan diolah menjadi coklat (chocolate), membutuhkan proses sangrai yang lebih intensif dibandingkan dengan biji yang akan diolah untuk menjadi coklat bubuk (cocoa powder).

Apapun metode penyangraian yang dipilih, proses tidak boleh menghanguskan kulit karena akan merusak flavor. Selama proses penyangraian, kadar air biji turun menjadi sekitar 2% dan terjadi pembentukan flavor coklat.

Biji akan berwarna lebih gelap dengan tekstur yang lebih rapuh dan kulit menjadi lebih mudah dipisah dari daging biji (nib).

Penyangraian juga akan mempermudah proses ekstraksi lemak. Selain itu, panas selama penyangraian juga berperan untuk membunuh kontaminan yang mungkin terikut dari tahapan sebelumnya. Kemudian secepatnya didinginkan untuk mencegah pemanasan yang berlebihan.

2. Winnowing (pengayakan)

Selesai dipanggang, biji kakao masuk ke proses pemisahan cangkang dan inti biji (nibs) dengan cara diayak menggunakan winnowing machine.

Seringkali cangkang yang sudah dalam keadaan setengah hancur itu akan terpisah dengan sendirinya dalam proses pengayakan. Sesudahnya akan melewati proses alkalisasi untuk mengembangkan rasa dan warna. Biasanya menggunakan kalium karbonat.

3. Penggilingan

Broyage (penggilingan), proses penghancuran yang terjadi di mesin penggiling. Biji selanjutnya dihancurkan dan dipisahkan dari kulit ari dan lembaganya dengan menggunakan teknik hembusan udara (menampi secara mekanis).

Keberadaan kulit ari dan lembaga tidak diinginkan karena akan merusak flavor dan karakteristik produk olahan coklat. Proses ini dilakukan secara bertingkat sebanyak 2 – 3 tahap untuk memperoleh pasta coklat (cocoa liquor atau yaitu partikel tersuspensi dalam cocoa butter) dengan tingkat kehalusan tertentu.

4. Stiring (pengadukan)

Cairan cokelat kental yang berbentuk pasta ini lalu diberi gula, susu atau bahan pencampur lainnya untuk menambah cita rasa cokelat lalu cocoa liquor akan diekstrak untuk mendapatkan kakao bermassa padat (cocoa presscake) dan lemak coklat (cocoa butter).

Persentase jumlah lemak kakao yang dihasilkan disesuaikan dengan keinginan produsen menyebabkan komposisi cocoa butter dan cocoa presscake berbeda-beda.

Cocoa butter nantinya digunakan dalam proses pembuatan cokelat melalui penambahan cocoa liquor sedangkan cocoa presscake akan dihaluskan untuk diolah menjadi coklat bubuk. Cocoa butter juga umumnya dikenal sebagai cokelat putih karena warnanya yang cerah seperti mentega.

Selanjutnya pemurnian, lanjut grinds partikel dan membuat massa coklat halus. Massa itu kemudian conched (cara untuk mengurangi keasaman).

Tahap ini berlangsung selama 3 hari tanpa henti hingga mengeluarkan hawa panas yang menandai bahwa keasaman pasta berkurang.

Selain conching bertujuan untuk mempertajam rasa serta tekstur cokelat. Kecepatan, suhu dan durasi conching mempengaruhi rasa cokelat nantinya. Cara alternatif conching adalah menggunakan mesin yang mekanisme nya seperti pengocok telur untuk proses emulsi.

Baca Juga 8 Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat

5. Tempering

Proses terakhir adalah tempering. Proses ini merupakan tahap pengolahan cokelat yang membedakan jenis cokelat berdasarkan pengolahan susu.

Cokelat akan melewati proses pemanasan, pendinginan lalu dipanaskan kembali demi mencegah perubahan warna dan lemak coklat di dalam produk. Setelah seluruh proses selesai, cokelat dimasukkan ke dalam cetakan dan didinginkan di ruangan pendingin.

 

Jenis Jenis Cokelat

Jenis Cokelat Yang Enak dan Lezat 1

jenis cokelat yang ada di dunia agar anda bisa mengetahui perbedaan nya, asal usulnya dan anda bisa membedakan antara satu dan lain nya :

1. Couverture Chocolate

Cokelat ini biasa nya banyak diburu oleh para penggemar cokelat couvertue atau cokelat yang biasa disebut dengan real chocolate.

Rasa dari cokelat ini memang cukup berbeda karena lebih banyak mengandung lemak cokelat dan chocolate mass, rasa nya cenderung lebih pahit di bandingkan cokelat biasa nya dan tentu harga nya lebih mahal.

Cokelat yang satu ini lumer di mulut dan memiliki rasa fruity yang cukup pahit, selain rasa nya yang enak, cokelat ini memiliki manfaat kesehatan yang luas biasa. Tapi kekurangan nya adalah penyimpanan serta penanganan nya cukup susah.

2. Compound Chocolate

Komposisi dari cokelat Compound Chocolate ini cukup sama seperti cokelat couverture chocolate yang cocoa butter nya telah digantikan dengan lemak nabati yang murah, biasa nya mereka menggunakan minyak kelapa atau soya.

Compound Chocolate ini rasa nya semi sweer atau sweet, tapi penanganan nya tentu lebih mudah cokelat jenis ini. Cokelat ini lebih banyak digunakan dalam membuat cokelat dekorasi karena harga nya yang lebih murah.

Cokelat Compound Chocolate memiliki 3 jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Dark Chocolate Compound

Cokelat yang satu ini merupakan cokelat batangan yang warna nya pekat serta tidak terasa mengandung susu, cokelat ini lebih banyak digunakan dalam mambuat kue dan makanan ringan.

  • Milk Chocolate Compound

Cokelat ini warna nya juga cokelat dan berbentuk batangan, cokelat ini dibuat dari campuran gula, kakao, susu, cokelat cair, dan vanilla.

  • White Chocolate Compound

Cokelat yang satu ini warna nya putih dan mengansung coklat dan cacao butter.

3. Kakao

Cokelat kakao terbuat dari massa kakao yang lemaknya sudah dipisahkan sehingga cokelat ini sangat mudah untuk di olah dan harga nya lebih ekonomis, banyak toko kelontong yang menjual cokelat jenis ini karena harga nya yang murah.

4. Coklat Cair

Cokelat cair adalah produk minuman yang mengandng kadar gula dan massa kakao yang cukup tinggi, dan berita buruk nya adalah kadar gula dalam cokelat cair ini bisa cepat meningkatkan berat badan.

5. Coklat Bubuk

Cokelat bubuk ini sering digunakan dalam membuat kue, aroma nya yang kuat memiliki rasa tersendiri nanti nya. Apalagi cokelat bubuk ini tidak mudah tengik dan tidak berjamur sehingga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Namun rasa nya pahit, sehingga jangan menggunakan dalam jumlah yang banyak, cokelat ini dalam membuat kue lebih berfungsi untuk mengeringkan adonan kue.

6. Coklat Tawar

Cokelat tawar rasa nya tentu saja tawar, sama seperti nama nya, cokelat ini biasa digunakan untuk membuat kue, cake dan makanan ringan lain nya.

Untuk persentase kakao dalam cokelat tawar cukup beragam, sekitar 30 hingga 70 persen, dan semakin tinggi persentase kakao nya maka semakin baik rasa nya.

7. Coklat Susu

Banyak sekali orang yang lebih suka dengan cokelat yang satu ini karena rasa nya memang enak dan lebih enak di bandingkan dengan cokelat tawar.

Jenis cokelat ini memang sudah di olah dan di campur dengan gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanilla, jadi tidak heran jika rasa nya lebih manis. Dan untuk persentase kakao nya sekitar 20 persen.

8. Coklat Putih

Cokelat putih adalah cokelat yang mengandung massa atau persentase kakao yang tinggi, cokelat yang terbuat dari lemak coklat dan vanili ini tidak mengandung cokelat padat.

Cokelat ini lebih banyak digunakan untuk membuat dekorasi. Dalam hal penyimpanan sebaiknya anda harus memperhatikan nya.

Apalagi jika anda berniat untuk membuat cokelat tersebut dalam jumlah yang cukup banyak, jadi untuk menjaga ketahanan nya, simpanlah cokelat di dalam tempat yang dingin, kering dan sirkulasi udara yang baik.

Lindungi cokelat tersebut dari cahaya, atau bahan-bahan yang berbau tajam. Untuk suhu nya juga harus anda perhatikan, jadi suhu nya sekitar 10 hingga 12 derajat Celcius, kelembapan nya sekitar 55 hingga 65 %.

 

Kandungan Coklat

  1. 14% kandungan coklat adalah karbohidrat
  2. 9% protein yang terdiri dari zat protein, asam amino triptofan, fenilanin dan tyrosin
  3. 31% lemak
  4. Alkanoid dan banyak zat lain nya.

Jumlah kandungan yang ada pada coklat memang cukup tinggi dan memiliki beragam kandungan yang cocok untuk kesehatan tubuh, salah satu kandungan coklat adalah flavonoid yang merupakan senyawa antioksidan.

Flavonoid juga biasa ditemukan pada tanaman lain seperti teh dan lain nya, meskipun terkesan biasa saja, namun sebenarnya flavonoid ini adalah kandungan yang memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan pada coklat akan tetap terjaga apabila diproses dengan mesin coklat yang berkualitas contoh pada pasca panen buah coklat dipisahkan dengan menggunakan mesin pemecah buah kakao untuk memisahkan buah kakao dengan kulitnya.

Panen buah kakao pun harus menggunakan metode yang tepat, seperti Teknik Panen Buah Kakao Yang Sudah Matang dari kami.

 

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat coklat banyak sekali untuk tubuh. Mulai dari kesehatan kulit hingga organ dalam. Berikut ini beberapa manfaat coklat yang bisa didapatkan ketika kita mengkonsumsinya.

1. Meningkatkan Produksi Insulin

Manfaat yang satu ini memang sudah terbukti dan sudah dilakukan penelitian terhdap 15 orang. Semua orang yang mengkonsumsi coklat hitam dan coklat putih.

Yang tidak memiliki kandungan phytochemical flavonoid ternyata memang bisa mengurangi resistensi insulin atau faktor yang bisa membuat seseorang terkena diabetes menurun.

Sehingga coklat ini bisa bermanfaat bagi orang yang ingin meningkatkan produksi insulin untuk kesehatan tubuh mereka.

2. Meningkatkan Aliran Darah

Masih dengan penelitian yang dilakukan di atas. Ternyata ada hal baru yang juga ditemukan bahwa kandungan coklat hitam bisa membuat tekanan darah sistolik.

Atau angkat pertama dalam membaca tekanan darah menjadi menurun. Dan tentu hal ini dikarenakan zat flavonoid yang ada dalam kandungan coklat hitam menjadi antioksidan alami.

3. Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi coklat hitam bisa membuat seseorang terhindar dari serangan jantung.

Dalam masalah ini memang coklat mengandung senyawa yang bisa mengurangi resiko hingga 50%. Hal ini berhubungan dengan pembekuan trombosit yang menjadi melambat ketika seseorang yang menderita penyakit jantung makan coklat hitam.

Hal ini tentu sangat penting karena ketika trombosit menjadi beku, maka akan terbentuk blok bekuan dalam pembuluh darah yang bisa membuat seseorang mengalami serangan jantung.

4. Menurunkan Berat Badan

Berbeda dengan buah yang sudah dipercaya sangat cocok untuk dikonsumsi bagi orang yang sedang melakukan diet. Namun banyak orang yang berpikir bahwa coklat bisa membuat diet mereka gagal dan malah menambahkan berat badan.

Sebanarnya penelitian telah membuktikan bahwa cokelat hitam bisa membuat seseorang merasa lebih kenyang seperti manfaat dari jambu biji, apel dan lainnya.

Bahkan coklat hitam lebih bagus dari pada coklat putih. Oleh karena itulah coklat hitam sangat cocok untuk anda yang sedang melakukan diet.

5. Mengatasi Diare

Kebanyakan orang lebih mengenal tanaman yang bermanfaat bagi orang yang mengalami diare. Sebenarnya coklat juga bermanfaat bagi orang yang mengalami diare karena bisa menyembuhkan diare.

Hal ini juga diperkuat dengan ada nya penelitian yang dilakukan para ilmuan. Jadi jika anda sedang mengalami diare tidak ada salah nya untuk mencoba coklat hitam untuk mengehentikan nya.

6. Meningkatkan Intelijen

Coklat yang mengandung banyak flavanol bisa membantu anda keluar dari rasa stress serta bisa meningkatkan tingkat kecerdasarn berpikir anda.

Hal ini dikarenakan kandungan yang ada bisa mengalirkan darah dengan lancar ke bagian kunci dari otak selama 2 hingga 3 jam.

Jadi tidak heran jika coklat bisa membuat seseorang mampu berpikir lebih bagus, memiliki kinerja yang baik serta kewaspadaan otak menjadi lebih fokus.

7. Baik Untuk Sindrom Kelelahan Kronis

Coklat juga bisa digunakan untuk mengurangi rasa lelah, hal ini dikarenakan kandungan coklat bisa membuat peningkatan pada aksi neurotransmitter yang bisa membuat orang lebih rilex, lebih bahagia, mengatur suasana hati dan tidur.

Tentu jika di makan dalam takaran yang pas, anda bisa menghilangkan stress serta tidak akan mengalami anemia atau penyakit lain nya yang berhubungan dengan kelelahan dan masalah tidur.

8. Menghaluskan Kulit

Coklat selain untuk kesehatan organ dalam, ternyata coklat juga bisa menghaluskan kulit. Namun untuk bisa mndapatkan manfaat tersebut, anda harus mengkonsumsi nya dalam takaran yang pas.

Ada banyak lagi manfaat coklat bagi tubuh seperti meningkatkan kesehatan mata, mengurangi resiko kanker, dan lain sebagainya.

Namun semua nya harus anda perhitungkan dengan benar, karena coklat juga mengandung lemak yang jika terlalu banyak mengkonsumsinya dan tidak dibarengi dengan olahrga. Maka lemak dari coklat tersebut akan membuat berat badan anda bertambah.

Dampak negative juga bisa anda dapatkan jika anda mengkonsumsi coklat secara berlebihan. Sehingga anda perlu mengukur nya dengan tingkat takaran yang pas agar coklat bisa memberikan dampak positifnya.

Apapun yang berlebihan tidak akan bisa memberikan dampak positif, kebanyakan akan lebih memberikan dampak negative nya.

Bahkan penelitian telah mengatakan bahwa ada beberapa orang yang mengkonsumsi coklat dengan takaran 30 gram membuat orang tersebut tidak mendapatkan dampak positif dan malah bertambah berat badan nya.

Sedangkan seharus nya jika coklat dengan ukuran 30 gram tadi di konsumsi per pekan, maka coklat bisa membantu mengurangi resiko gagal jantung.

 

Selain Membuat Pasta Coklat, Sobat Mesin juga dapat membuat coklat batang atau stik dengan Cara Membuat Coklat Batang yang benar.

5 Langkah Membuat Pasta Coklat dari Biji Kakao sendiri hampir sama kaitannya dengan 3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan.

Naaah, begitulah cara membuat coklat pasta. Mudah kan???? 🙂

Sobat Mesin bisa sebenarnya untuk berbisnis Coklat, asalkan Sobat Mesin tau Cara Memulai Bisnis Coklat yang benar dan menguntungkan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •