3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan

3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan

3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat BatanganCokelat adalah bahan yang biasa digunakan dalam membuat kue, membuat minuman dan lain sebagainya.

Cokelat ini merupakan bahan yang bisa digunakan sebagai perasa, meskipun cokelat yang masih belum jadi memiliki rasa yang pahit.

Namun cokelat yang sudah dicetak biasa nya memiliki rasa yang manis, dan enak meskipun langsung dimakan atau digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat makanan dan minuman. Seperti Milkshake Cokelat yang menggunakan Cara Membuat Minuman Coklat Dingin.

Cokelat terbuat dari buah cokelat atau buah kokoa yang telah di olah dan mengalami berbagai proses sehingga biji kokoa tersebut akhir nya menjadi cokelat yang rasa nya manis. Selain itu, terdapat juga beberapa Manfaat Coklat Bagi Kesehatan tubuh kita lho Sobat Mesin.

 

Cokelat

Ada berbagai bentuk cokelat, ada cokelat yang dijual dalam bentuk batangan, ada yang memang sudah di olah menjadi berbagai macam makanan atau minuman dan masih banyak lagi.

Untuk cokelat yang berbentuk batangan memang cukup sulit atau cukup keras dan tidak mudah patah, sehingga lebih mudah untuk pendistribusian nya serta penyimpanan nya.

Cokelat batangan juga bisa anda olah menjadi berbagai bentuk cokelat yang menarik dan anda bisa menjual nya kembali, tentu anda akan mendapatkan untung meskipun tidak begitu banyak untuk setiap cokelat batangan yang anda bentuk.

Cara membuat cokelat lezat dan sehat dengan bentuk lain menggunakan cokelat batangan sangatlah mudah, yang terpenting adalah anda harus mengetahui cara mencairkan cokelat batangan.

Karena cokelat yang dibentuk dalam berbagai bentuk awalnya juga terbuat dari cokelat batangan. Hanya saja ada beberapa produsen yang mencampurkan nya ke dalam beberapa bahan lain nya. Anda juga bisa mengolah cokelat batangan sendiri menggunakan mesin pembuat cokelat batangan.

Anda juga bisa membuat permen cokelat, yang terpenting adalah cokelat yang anda cairkan nanti tidak gosong dan jadi dengan bagus.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa gula serta tambahan lain nya agar produk tersebut bisa menjadi produk unggulan anda dan tidak sama dengan produk lain nya.

Menambahkan warna juga sangat bagus karena warna cokelat tidak harus selalu cokelat, namun gunakan lah pewarna makanan yang bagus dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

Banyak sekali resep yang menggunakan cokelat sebagai bahan wajib yang digunakan, dan kebanyakan menggunakan cokelat cair untuk menggunakan nya.

Namun cokelat lebih banyak dicetak dalam bentuk batangan dan tidak dalam bentuk cair, yang mana sangat mudah dalam cara membuat coklat batang. Lalu bagaimana cara membuat cokelat menjadi cair? Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencairkan cokelat.

Baca juga : Yummy Ini Dia Cara Membuat Coklat, Ikuti Yuk!

 

3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan

Untuk mencairkan cokelat batangan menjadi cokelat cair, sebaiknya anda memotong nya kecil-kecil dan agar metode ini bisa dilakukan dengan sempurna.

1. Dipanaskan Langsung

Metode yang satu ini adalah metode paling mudah yang bisa anda gunakan untuk membuat cokelat cair dari cokelat batangan, untuk mencairkan cokelat batangan tidak perlu menggunakan api yang besar.

Sebaiknya gunakan api kecil saja untuk mencairkan nya agar cokelat tidak gosong, jika cokelat gosong maka rasa nya juga akan terasa gosong dan warna nya menjadi jelek.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menempatkan potongan cokelat yang ingin anda cairkan tersebut ke dalam panci, panaskan menggunakan suhu yang rendah sambil terus di aduk hingga cokelat perlahan mencair.

Setelah itu angkatlah panci tersebut dan ratakan adonan cokelat yang sudah anda panaskan tadi, segera campurkan dengan bahan lain nya agar cokelat batangan tadi tidak mengeras kembali dan membentuk lagi.

2. Double Boiler

3 Cara Membuat Cokelat Cair Dari Cokelat Batangan yang selanjutnya sering disebut dengan Double Boiler. Metode yang pertama tadi memang cukup cepat proses nya, namun kelemahan nya adalah cokelat yang di cairkan bisa kehilangan kandungan cokelat itu sendiri, oleh karena itulah anda bisa menggunakan cara lain nya seperti cara kedua ini.

Cara double boiler adalah cara yang banyak digunakan oleh orang yang ingin mencairkan cokelat batangan, selain mudah hasilnya juga lebih bagus, namun kelemahan nya adalah proses nya lebih lama di bandingkan dengan cara yang pertama.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menggunakan dua panci untuk memanaskan cokelat anda, panaskan air dalam panci yang pertama hingga air mendidih, dan jangan lupa taruh panci yang sudah terisi dengan potongan cokelat tersebut di atas air yang mendidih, setelah itu tunggu sambil di aduk agar cokelat bisa meleleh sempurna. Cokelat akan segera meleleh namun waktu nya memang cukup lama kecuali air yang ada di bawah nya sudah benar-benar mendidih.

3. Microwave

Cara yang ketiga ini cukup mudah karena menggunakan microwave, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah masukkan 6 ons cokelat yang sudah anda cincang atau sudah ci potong-potong kasar ke dalam mangkuk microwave-safe atau gelas ukur.

Kemudian panaskan dengan suhu tiggi selama 1 ½ atau 2 menit, tunggu hingga cokelat menjadi cukup lunak. Dan jangan lupa untuk terus mengaduk nya ketika proses pencairan berlangsung.

Apapun metode yang anda gunakan, semua nya menghasilkan cokelat cair yang sama, namun yang perlu di ingat adalah langkah-langkah nya harus tepat karena bisa saja cokelat anda tidak jadi dan malah dibuang nantinya, dan jangan lupa untuk melakukan tips berikut ini:

Pastikan bahwa semua peralatan yang anda gunakan benar-benar kering karena jika alat, mesin pengolah cokelat atau wadah nya lembab, maka cokelat yang anda cairkan nantinya akan menjadi kaku.

Jika memang anda sudah terlanjur membuat cokelat menjadi kaku sebaiknya anda mengaduk nya dalam margarine ½ hingga 1 sendok teh ke dalam setiap ons cokelat yang anda cairkan. Cara ini ampuh untuk membuat cokelat kembali mencair dan tidak kaku.

Sebaiknya ikuti langkah-langkah nya, meskipun langkah nya sederhana, namun jika anda salah dalam melakukan nya, maka cokelat anda kemungkinan besar tidak akan jadi, bisa saja cokelat anda gosong, cokelat menjadi kaku atau bahkan terlalu lembek, jadi lakukan dengan benar dan hati-hati.

 

Macam- Macam Manfaat Cokelat

1. Kaya Akan Mikronutrien

Cokelat hitam mengandung berbagai macam mikronutrien. Dalam 100gr cokelat hitam ada 73 mg kalsium, 12mg zat besi, 230mg magnesium, 2 mg mangan, 11gr serat, dan juga masih banyak lagi.

Selain memiliki kandungan delapan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, cokelat juga menyimpan berbagai macam vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B12, dan juga K. karena Itulah kenapa manfaat cokelat sangatlah beragam untuk kesehatan.

2. Efek Stimulan bagi Tubuh

Tanaman penghasil cokelat mempunyai beberapa macam komponen dengan efek stimulan pada tubuh, termasuk kafein, yang merupakan stimulan fisik, pencernaan, dan juga otak.

Lalu, cokelat juga mempunyai kandungan teobromin, yaitu adalah senyawa stimulan yang mirip dengan kafein, tetapi efeknya lebih lemah. Senyawa ini memiliki sifat stimulan terhadap sistem saraf pusat, hingga dapat membuat kamu lebih waspada dan juga terjaga.

3. Meningkatkan Mood

Mungkin manfaat cokelat yang ini sudah tidak asing lagi didengar oleh orang- orang. Ya, cokelat sudah dikenal dapat memperbaiki mood atau suasana hati. Khasiat ini didapat dari beberapa macam kandungan cokelat yang mempunyai efek antidepresan.

Komponen feniletilamin dalam cokelat dikenal bisa meningkatkan mood seseorang. Magnesium juga mempunyai peran untuk menjaga keseimbangan mood supaya tetap stabil.

4. Menyimpan Antioksidan

Selain sayur serta juga buah, cokelat juga salah satu bahan makanan yang mempunyai kandungan antioksidan. Bahkan cokelat memiliki kandungan lebih banyak variasi antioksidan daripada makanan lain.

Antioksidan yang terkandung didalam cokelat yaitu polifenol, flavanol, katekin, serta sebagainya. Karena kandungan inilah, manfaat cokelat bisa melindungi sistem kardiovaskular dalam tubuh dan juga mencegah kanker.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan flavonoid yang terdapat dalam cokelat bisa menstimulasi endotelium, dinding arteri sebagai memproduksi nitric oxide (NO).

Peran NO sendiri yaitu untuk mengirimkan sinyal supaya terjadi relaksasi arteri sehingga dapat menurunkan tekanan darah. Inilah alasan kenapa salah satu manfaat cokelat memiliki peran untuk mengontrol tekanan darah.

6. Meningkatkan HDL dan Menurunkan LDL

Manfaat cokelat bagi kesehatan lainnya yaitu adalah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL di dalam tubuh. Kakao juga sudah terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL secara signifikan.

Hal tersebut terjadi dikarena kandungan dalam cokelat, yaitu sterol dan juga flavanol, bisa masuk ke dalam pembuluh darah serta melindungi lipoprotein dari kerusakan sel.

7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dengan menurunkan kolesterol jahat serta juga meningkatkan kolesterol baik, secara langsung kokoa bisa berfungsi meningkatkan status kesehatan pada jantung seseorang. Dalam efek jangka panjang, cokelat bisa bermanfaat berpotensi dalam menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Manfaat cokelat yang satu ini pun udah dibuktikan oleh beberapa penelitian. Dalam penelitian yang diterbitkan oleh Journal Clinical Nutrition ditemukan bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat hitam lebih dari lima kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko penyakit jantung sebanyak 57%.

8. Meningkatkan Memori Otak

Penelitian sudah menyatakan bahwa lansia yang telah diberikan ekstrak kakao dengan kandungan flavonoid tinggi akan mendapat peningkatan pada fungsi kognitif yang signifikan, dengan cara meningkatkan peredaran darah ke otak.

Selain itu, kandungan kafein dan juga teobromin yang terdapat didalam cokelat mampu meningkatkan fungsi pada otak dalam jangka pendek. Karena alasan tersebut, manfaat cokelat disebut- sebut bisa meningkatkan memori otak seseorang.

9. Membantu Penderita Alzheimer

Sebuah studi tersebut menemukan, mengkonsumsi cokelat bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi pada penderita Alzheimer, walau efeknya tidak terlalu signifikan.

10. Menghambat Penuaan

Tingginya kadar antioksidan yang terdapat dalam cokelat dapat membantu menghambat penuaan yang terjadi sejalan dengan usia. Penuaan ini dapat terlihat dari luar (keriput serta kulit kendur) ataupun yang tidak terlihat, seperti penuaan dalam sel- sel tubuh.

Kemudian, kandungan mangan yang tinggi yang terdapat dalam kakao juga berperan dalam produksi kolagen, yaitu protein yang dihasilkan agar menjaga kulit tampak muda dan sehat.

11. Membantu Menurunkan Berat Badan

Cokelat hitam ternyata bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai. Menurut peneliti, cokelat bisa memicu pelepasan hormon yang mengontrol nafsu makan, sehingga kamu lebih mudah untuk menurunkan berat badan.

Dalam pencernaan, cokelat juga bisa berperilaku seperti prebiotik, yaitu adalah sejenis serat yang mendorong pertumbuhan bakteri baik didalam usus. Semakin banyak bakteri baik yang terdapat dalam tubuh, maka metabolisme dan juga penyerapan nutrisi pun akan meningkat.

12. Membantu Mengurangi Komplikasi pada Kehamilan

Sebuah penelitian yang dipresentasikan oleh Society for Maternal Fetal Medicine menyatakan bahwa mengkonsumsi 30 gr cokelat dalam sehari selama kehamilan bisa meningkatkan pertumbuhan dan juga perkembangan janin.

Kemudian, teobromin yang terdapat dalam cokelat juga dinilai bisa menurunkan risiko terjadinya preeklampsia pada ibu hamil dikarenakan bisa merangsang jantung serta membuat pembuluh darah arteri membesar.

 

Beberapa Fakta Unik Cokelat

1. Cokelat Bisa Mencegah Depresi

Ketika suasana hati sedang kurang baik, cokelat dapat dipercaya sebagai salah satu penyembuh yang ampuh. Tidak hanya mitos belaka, namun kandungan cokelat memang mempunyai peran penting dalam meredakan stres.

Cokelat mempunyai kandungan zat yang bernama phenylethylamine yang memiliki fungsi dalam meningkatkan serotonin ataupun hormon bahagia sehingga tubuh akan lebih rileks. Bahkan dark chocolate sangat direkomendasikan untuk ibu hamil dikarenakan bisa meredam stres yang rentan dialami ketika kehamilan.

2. Produsen Biji Cokelat Terbesar adalah Afrika

Cokelat dikenal sebagai camilan khas negara- negara di negara Eropa seperti Belgia dan juga Swiss. Tetapi, bahan utama dalam pembuatan cokelat yaitu biji kakao justru paling banyak dihasilkan dari Afrika.

Sebab, pohon cokelat hanya bisa tumbuh di wilayah yang mempunyai iklim tropis seperti di Ghana, Nigeria, dan juga Pantai Gading. Tidak cuma dinobatkan sebagai negara penghasil biji cokelat terbesar sedunia, namun tiga negara tersebut juga terkenal mempunyai biji kakao dengan kualitas terbaik.

3. Bubuk Cokelat Ramah Vegetarian

Camilan serba cokelat sering menjadi kambing hitam karena penyebab naiknya berat badan. Sebab, camilan yang berbahan cokelat umumnya mempunyai kandungan gula dan juga lemak dalam jumlah yang tinggi.

Walaupun begitu, ternyata bubuk cokelat justru malah menjadi salah satu bahan yang ramah untuk para vegetarian, lho. Karena, cokelat terbuat dari biji- bijian. Terlebih kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga ampuh dalam menangkal radikal bebas akibat polusi sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

4. Makanan Favorit Napoleon Bonaparte

Napoleon Bonaparte biasa dikenal sebagai salah satu panglima perang yang paling berpengaruh di negara Prancis. Namun, di balik perangainya yang keras ternyata Napoleon begitu menyukai cokelat yang identik dengan rasa legit.

Setiap pagi hari Napoleon selalu menyantap secangkir cokelat panas, bahkan ketika memimpin perang. Tidak jarang juga Ia meminta secangkir cokelat yang disajikan dengan wine disaat larut malam.

5. Hari Cokelat Sedunia dirayakan Setiap 7 Juli

Seperti halnya hari Valentine yang dilakukan pada tanggal 14 Februari, dan ada juga yang namanya hari cokelat sedunia yang dilakukan setiap 7 Juli. Tepat di tanggal yang sama pada tahun 1847, cokelat pertama kali dikenalkan di benua Eropa oleh seorang warga negara Inggris yang bernama Joseph Fry. Cokelat pun mulai tersebar ke seluruh dunia srta juga menjadi salah satu kudapan yang mempunyai penggemar terbanyak.

6. Cokelat Pernah Digunakan sebagai Mata Uang

Suku Maya dan juga Aztec dikenal sebagai orang pertama yang mengolah biji kakao menjadi minuman. Tetapi pada awal kemunculannya, minuman yang terbuat dari cokelat hanya dapat diminum oleh para raja, bangsawan, dan juga sesepuh adat.

Karena nilainya yang amat tinggi, cokelat sempat dipakai sebagai mata uang, lho. Bukan cokelat dalam bentuk camilan, namun biji kakao yang dipakai untuk alat pembayaran. Di masa itu, biji kakao sering dipakai untuk upah bagi para pekerja.

Demikian informasi tentang 3 cara membuat cokelat cair dari cokelat batangan yang bisa kami berikan untuk anda, semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi anda yang sedang mencairkan cokelat atau mencetak ulang cokelat batangan menjadi produk anda sendiri. Dan bagi Sobat Mesin yang ingin tahu Cara Memulai Bisnis Coklat ada juga di Rumah Mesin. Terima kasih.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •