Home » Artikel » Artikel Proses » Wow Mantaff…! Ini Dia 15 Kreasi Cara Membuat Es Krim Yang Unik, Yuk Dicoba!

Wow Mantaff…! Ini Dia 15 Kreasi Cara Membuat Es Krim Yang Unik, Yuk Dicoba!

Cara Membuat Es Krim – Siapa dari Anda yang tidak kenal dengan es krim? Makanan beku ini biasanya dijadikan dessert atau hidangan pencuci mulut dengan rasa manis dan sensasi dingin dimulut yang banyak digemari dari berbagai kalangan.

Kudapan yang menyegarkan ketika dikonsumsi saat cuaca panas memang sangat popular di Indonesia bahkan di ranah Internasional sekalipun.

Es krim tergolong makanan yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dengan bahan yang terbuat dari lemak susu, dan nutrisi yang terkandung dalam susu tersebut kita dapat memperoleh manfaatnya.

cara membuat es krim

Konon, es krim sudah dikenal sejak zaman Romawi, namun yang mengenalkan dari awal bentuk-bentuk dan cara membuat es krim seperti saat ini adalah Kaisar Tang Dari Dinasti Shang, China.

Dikenalnya es krim di Indonesia karena dibawa oleh Belanda. Dulunya es krim merupakan makanan mewah dan mahal yang bisa ditemui di kota-kota besar seperti : Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya.

Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, maka banyak bermunculan ide-ide kreatif yang mengemas es krim dengan bentuk, aroma dan cita rasa yang unik pastinya juga lezat.

Cara membuat es krim juga cukup mudah, jadi siapapun bisa mencoba membuatnya di rumah, tentunya dengan menggunakan bahan-bahan yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran.

Berikut beberapa jenis es krim unik yang bisa Anda temui di Indonesia maupun luar negeri :

  1. Zahra Turkish Ice Cream

Keunikan dari es krim jenis ini bukan dari cita rasanya, namun dari atraksi lucu yang dimainkan oleh si pelayan es krim ketika hendak menyajikan atau memberikan es krim kepada pembelinya.

  1. Yi Kon

Es krim ini berasal dari Korea yang kini sangat popular di Indonesia. Memiliki bentuk cone yang unik dan lucu seperti sebuah pipa yang melilit warna kuning dengan berbagai rasa, seperti green tea, strawaberry, dll. Cara membuat es krim ini juga terbilang cukup mudah.

  1. Patbingsoo

Patbingsoo ini juga es krim asal Korea. Es krim jenis ini terdiri dari campuran kacang merah, es yang diserut kemudian diberikan topping buah-buahan, susu, dan sirup. Es krim ini sekaligus menjadi jajanan favorite di Korea dan cocok untuk cuaca musim panas di Indonesia.

  1. Rolly’s Ice Cream

Jenis es krim ini popular di Thailand dan saat ini sudah hadir di Indonesia. Es krim ini memiliki bentuk seperti roll, campurkan bahan es krim (yang masih cair) dengan topping yang diinginkan, seperti : orea, dll. Kemudian bahan tersebut diaduk di atas alas yang bersuhu sangat dingin sehingga akhirnya terbentuk es krim yang di roll.

  1. Es Krim Nasi Uduk

Es krim yang terinspirasi dari nasi uduk memiliki cita rasa yang khas. Dalam es krim ini terdapat kombinasi komplit antara kecap, pudding kelapa, kacang, cabai, ikan asin, selai manis, dan emping. Makan es krim ini memang terasa makan nasi uduk.

  1. Es Krim Kunyit Asam

Yang terbayang sebelum mencoba makan es krim ini adalah jamu. Es krim yang dikemas sedemikian menarik dan menyenangkan jika dimakan berasal dari campuran kunyit, asem, jeruk belu.

  1. Es Krim Pisang Goreng

Pisang goreng memang kuliner khas Indonesia yang digemari seluruh masyarakatnya. Es krim jenis ini berupa kolak pisang yang berada di bawah es krim kemudian ditambah gorengan pisang sebagai penghiasanya. Cara membuat es krim ini juga tidak sulit.

  1. Es Krim Temulawak

Tumbuh-tumbuhan Indonesia juga dapat dikreasikan sebagai bahan dari pembuatan es krim misalnya saja es krim jenis ini. Dengan warna kuning asli dari temulawak dan rasa yang unik membuat Anda wajib mencoba es krim jenis ini.

  1. Es Krim Serai

Serai biasanya digunakan pada bumbu masakan karena memiliki wangi yang harum. Serai juga dapat dijadikan minuman bahkan dikreasikan menjadi es krim tanpa menghilangkan rasa unik dari bahan tersebut.

  1. Flower Power Ice Cream

Es krim jenis ini penampilannya sangat menarik dan lucu, dengan cotton candy berwarna pastel kemudian disajikan dengan satu scoop gelato dan topping.

  1. Es Krim Pot

Bentuk es krim ini unik, dinamakan es krim pot karena memang bentuknya menyerupai pot tanaman bunga. Dengan taburan orea yang sudah dihaluskan terkesan seperti tanah dalam pot tersebut, kemudian, jelly panjang yang diibartkan seperti cacing dalam tanah tersebut.

  1. Es Krim Goreng

Es krim yang identik dengan dingin, kini ada jenis es krim yang digoreng. Es krim ini dibagian luarnya terdapat roti tawar dimana dalam roti tawar memang terdapat es krim. Roti tawar dan es krim inilah yang kemudian akan digoreng hingga berwarna keemasan.

  1. Glow In The Dark Ice Cream

Uniknya es krim ini adalah dapat memancarkan sinar kehijauan dalam ruangan yang gelap, dikarenakan bahan dari es krim ini berasal dari protein ubur-ubur atau bahan bioluminescence sintetik yang dapat bereaksi jika terkena sentuhan. Es krim ini seharga Rp. 230.000,00.

  1. Es Krim Ikan (Taiyaki)

Es krim ikan berasal dari Jepang dan saat ini membuka cabang di New York. Bentuknya yang unik membuat warga Amerika ingin menikmatinya.

Dengan nama es krim ikan bukan berarti rasa es krim ini dalah ikan, hanya saja bentuk dari conenya yang menyerupai ikan sehingga menarik perhatian masyarakat.

Taiyaki adalah nama salah satu kue favorite di Jepang yang terbuat dari wafel dan pancake berisi pasta kacang merah yang terasa manis.

Rasa dari es krim ini beraneka macam, cokelat, gree tea, original, vanilla, dll. Dibagian atasnya terdapat topping, dan bagian bawahnya terdapat pudding.

  1. Kinkaku Soft Ice Cream (Es Krim Berlapis Emas)

Biasanya emas diggunakan sebagai aksesoris, seperti anting, kalung, cincin, dll. Saat ini emas dapat dikonsumsi dan dijadikan bahan pembuatan es krim.

Es krim ini berasal dari Negara Jepang, yang terinspirasi dari Kuil Kinkakuji. Es krim jenis ini berisi lembaran emas murni untuk menutupi lembutnya es krim sehingga ketika dikonsumsi akan menghasilkan cita rasa yang menakjubkan.

Para pengunjung dapat menyaksikkan secara langsung pembuatan es krim tersebut saat lembaran emas murni diletakkan di atas wafel kemudian diisi dengan es krim rasa matcha.

Anda dapat menambahkan topping kacang azuki merah untuk menambah tekstur dan rasa dimulut. Untuk mendapatkan kenikmatan es krim ini Anda cukup membayar Rp. 123.000,00.

Cara Membuat Es Krim

Cara mmembuat es krim sendiri memang membutuhkan kesabaran karena prosesnya cukup panjang dengan berbagai bahan yang harus disiapkan.

Namun, ada beberapa resep mudah dan menarik yang bisa Anda coba di rumah untuk membuat es krim.

Keuntungan membuat es krim sendiri di rumah selain lebih sehat karena takaran gula bisa Anda sesuikan dengan keinginan Anda, juga hemat karena dari bahan yang Anda siapkan dapat digunakan untuk membuat beberapa kali es krim tanpa harus membeli bahan lagi.

Selain itu, cara membuat es krim juga sangat mudah, jadi Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah.

Anda yang berminat untuk membuka usaha maka menjual es krim bisa jadi pilihannya. Dengan bahan yang disiapkan Anda dapat membuat beberapa es krim dalam satu waktu yang bersamaan.

Berikut beberapa cara membuat es krim yang bisa Anda coba :

Resep # 1

Bahan – bahan :

  • Roti
  • Jelly
  • Biskuit orea
  • Hard es krim (siap saji)
  • Vas bunga atau pot dari plastic
  • Bunga imitasi
  • Sedotan

Cara Membuat Es Krim Pot :

  1. Pertama, potonglah roti secara dadu dengan tebal kira-kira 2 jari orang dewasa. Kemudian roti dibentuk bisa menggunakan gelas plastik bekas minuman kemasan seperti bentuk pot.
    Jika sudah terbentuk semuanya, segera masukkan roti kedalam pot (roti tadi digunakan sebagai alas dasar es krim nantinya).
  2. Selanjutnya, ambil sedotan plastik yang sudah disiapkan tadi dan tancapkan ke bagian roti setinggi 1 cm di bawah bibir atas pot. Kemudian, lapisan kedua dari es krim adalah hard es krim, pilihlah rasa dari hard es krim sesuai selesa Anda.
    Di atas hard es krim berikan jelly berwarna cokelat untuk melengkapi kesan cacing dalam tanah tersebut. Begitu juga dengan lapisan-lapisan seterusnya, Anda bebas memilih rasa es krim sesuai selera.
  3. Untuk menambahkan kesan jika pot tersebut terdapat tanah, silahkan taburkan orea yang sudah dihancurkan diatasnya es krim hingga rata, kemudian cacing-cacing yang terbuat dari jelly juga dihiasi dibagian atasnya.
  4. Terakhir, silahkan tancapkan bunga plastik kedalam sedotan, es krim pot siap disajikan.

Resep # 2

Bahan – bahan :

  • Es krim siap saji yang bisa Anda temui di supermarket
  • Roti tawar
  • Tepung roti 50 gram
  • 1 butir telur ayam
  • Minyak goreng
  • Saus strawberry

Cara Membuat Es Krim Goreng :

  1. Isilah roti tawar dengan es krim yang rasanya sesuai selera Anda, kemudian bentuk menyerupai bola, dan tutup rapat roti tawar dan es krim.
  2. Tepung terigu yang sudah disiapkan silahkan diayak kemudian masukkan dalam mangkuk. Dan telur yang sudah disiapkan silahkan dikocok, kemudian simpan dalam mangkuk yang berbeda.
  3. Setelah itu, roti tawar yang telah diisi es krim tadi dimasukkan dalam tepung (gulingkan), kemudian celupkan ke dalam mangkuk telor. Angkat lagi dan masukkan kembali ke mangkuk tepung terigu. Seperti itu seterusnya untuk es krim selanjutnya.
  4. Siapkan minyak goreng yang sudah dipanaskan, dan roti tawar tadi siap untuk digoreng. Gorenglah hingga berwarna keemasan dan jangan samapi es krim didalamnya meleleh.
  5. Jika sudah, angkatlah dan belah es krim gorengnya menjadi dua.
  6. Tambahkan saus strawberry di atasnya, dan es krim goreng siap Anda sajikan.

Resep # 3

Bahan – bahan :

  • 4 kaleng susu putih
  • 2 kaleng susu kental manis berwarna putih
  • 2 sendok makan tepung meizena
  • 2 sendok makan gula pasir
  • 2 butir putih telur yang sudah dipisahkan
  • 1 sendok teh vanili

Cara Membuat Es krim Praktis dan Sederhana :

  1. Pertama, siapkan panci untuk merebus. Campurkan semua bahan susu yang sudah disiapkan dengan tambahan sedikit air agar susu tersbut tidak terlalu manis dan panaskan menggunakan api yang kecil.
  2. Selanjutnya campurkan tepung meizena yang dicairkan terlebih dulu dengan menggunakan air agar tidak lengket. Jika sudah mencair, tambahkan tepung tersebut kedalam adonan susu yang tadi sudah dipanaskan.
  3. Ketika Anda sudah merebus bahan-bahan tersebut aduk-aduk dengan lembut guna semua bahan bisa matang secara sempurna dan tidak mengental nantinya.
  4. Sementara bahan tersebut direbus, silahkan campurkan putih telur dengan vanili dan gula dalam wadah yang berbeda.
    Kemudian aduk bahan tersebut agar tercampur dengan rata dan pastikan adonan berubah warna menjadi putih.
  5. Selanjutnya campurkan adonan yang kedua dalam adonan susu yang direbus dan tetap diaduk-aduk agar tekstur tidak mengental dan matang secara merata.
  6. Jika adonan tersebut sudah mendidih, angkat adonan dari panci, kemudian masukkan ke dalam freezer diamkan hingga donan membeku secara merata.
  7. Jika adonan sudah membeku, berikan topping sesuai selera sebagai pelengkap dan penghias es krim Anda, seperti : buah-buahan, orea, choco chip, dll.
  8. Es krim rumahan kreasi Anda siap dihingkan.

Resep # 4

Bahan :

  • Buah stroberi segar 400 gram
  • Air es 250 ml
  • Gula 60 gram
  • Jus dari setengah lemon sekitar 15 ml
  • Krim kental segar 100-200 ml (rasa sesuai selera)
  • Frozen yogurt
  • Sirup frambozen
  • Topping (sesuai selera)

Cara Membuat Es Krim Stroberi :

  1. Siapkan frozen yogurt (Anda dapat menggunakan pondan atau jenis lainnya 1 bungkus) dan air es sekitar 250 ml.
  2. Campurkan bahan tersebut, kemudian kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengental.
  3. Setelah dikocok, bagi adonan menjadi tiga. Adonan pertama, diberi sirup frambozen sebanyak 2 sendok makan dan stroberi yang sudah dipotong dadu kecil-kecil sekitar 50 gram. Dan aduk hingga rata.
  4. Adonan 2, masukkan susu kental manis cokelat atau sesuai selera sebanyak 3 sendok makan dan chocolate chip kecil sebanyak 50 gram. Kemudian aduk juga sampai rata.
  5. Adonan 3 diabiarkan berwarna putih tanpa campuran apa-apa.
  6. Selanjutnya, masukkan ketiga adonan tadi ke dalam plastik segitiga secara terpisah.
  7. Tuangkan adonan sirup dalam cetakan loli stick hingga mencapai 1/3 bagian, kemudian tuang kembali bagian atasnya dengan adonan susu sebanyak 3 sendok makan hingga 2/3 bagian.
    Adonan putih tadi dituang keatas adonan susu hingga setinggi cetakan loli. Kemudian tusuk dengan tusukan loli.
  8. Lakukan hal tersebut sampai adonan habis.
  9. Bekukan es kerim dalam lemari pendingin minimal 6 jam.
  10. Jika sudah beku secara sempurna, es krim siap dihidangkan.

Resep # 5

Bahan :

  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 4 kaleng air (bisa gunakan sisa kaleng dari susu kental manis)
  • 200 gram gula pasir (sesuai selera)
  • 5 sendok makan tepung meizena (larutkan dengan air susu)
  • 2 sendok makan SP
  • 1 sendok makan vanilla essense
  • 30 gram milo

Cara Membuat Es Krim Milo & Vanilla :

  1. Rebuslah susu kental manis, air, vanilla essense dan gula yang sudah disiapkan sampai larut. Kemudian masukkan larutan meizena, aduk hingga kental.
  2. Setelah mengental, masukkan dalam wadah dan simpan dalam lemari es hingga beku.
  3. Setelah membeku dengan rata, keluarkan dari lemari es, kerok, dan mixer sebentar agar teksturnya lebih lembut.
  4. SP yang sudah meleleh tuangkan dalam adonan es krim. Mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan halus, mengental, bahkan mengembang.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian, satu biarkan terasa vanilla, kemudian adonan 2 diberi milo lalu mixer kembali hingga tercanpur rata.
  6. Berika topping cookie untuk rasa vanilla, dan topping silverqueen untuk milo.
  7. Bekukan adonan kembali beberapa jam, dan siap disajikan jika sudah beku.

Demikian informasi mengenai 15 Kreasi Es Krim Unik Beserta Resep Pembuatan Es Krim yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

Es krim ini menjadi salah satu makanan ringan yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, jadi bukan tidak mungkin Anda suatu saat bisa mendapatkan keuntungan dari pembuatan es krim ini, tentunya dengan kreatifitas yang Anda miliki. Selamat mencoba dan terima kasih.

By | 2017-11-15T16:03:35+00:00 Mei 31st, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Wow Mantaff…! Ini Dia 15 Kreasi Cara Membuat Es Krim Yang Unik, Yuk Dicoba!

About the Author: