Cara Membuat Kue Sagu – Sagu merupakan tanaman asli dari papua dan Maluku yang mana ekstrak sagunya bisa digunakan sebagai bahan makanan.

Ekstraksi sagu yang akan menghasilkan pati dari umbi atau batangnya membutuhkan mesin pengolahan sagu. Dengan mesin pengolah sagu tersebut menghasilkan tepung sagu.

Tepung sagu dapat digunakan untuk membuat beberapa jenis makanan yang kaya akan karbohidrat. Sehingga dapat dikatakan sagu dapat menggantikan nasi sebagai pengganti karbohidrat dalam konsumsi masyarakat Indonesia.

Olahan makanan dari sagu biasanya membuat perut terasa kenyang karena kandungan karbohidrat tadi. Kebanyakan sagu diolah menjadi variasi makanan yang manis-manis karena tekstur yang lengket. Salah satu bentuk olahan dari tepung sagu ini adalah Kue Sagu Keju.

Kue sagu kering keju salah satu jenis kue kering yang bisa dibilang wajib ada di meja-meja dan toples rumah. Ada banyak macam variasi kue kering sagu ini yang ada di tengah kita.

Beberapa diantaranya sudah cukup terkenal dan mempunyai penggemar setia. Selain bentuknya yang cantik, kue sagu kering yang berwarna putih ini juga terkenal akan kerenyahan rasanya dan kelembutan tekstur kue nya. Rasanya yang renyah dan aroma kejunya membuat yang mencicipi kue kering sagu ini pasti akan nambah.

Pada umumnya, kita atau pun teman teman dan saudara pasti memilih untuk membeli jadi dari pada membuat sendiri

Tetapi buat teman teman yang punya sedikit waktu dan memang hobi memasak kue, membuat Kue Sagu Keju sendiri tentu lebih mengasyikkan.

Selain bisa menghemat anggaran, acara memasak ini kalau dilakukan dengan anggota keluarga lain pasti lebih menyenangkan dan bisa menambah keakraban diantara anggota keluarga.

Bulan lebaran sudah semakin dekat, pastikan anda mengetahui Resep Kue Kering Lebaran Unik untuk disajikan pada keluarga atau tamu anda di rumah. Dan salah satunya adalah Resep Cara Membuat Kue Sagu yang akan kami berikan di bawah nanti.

 

Resep Cara Membuat Kue Sagu

Untuk sekitar 150 buah kue sagu keju atau lebih tergantung besar kue yang anda buat.

 

Bahan Cara Membuat Kue Sagu ( I ) :

– 620 gram tepung sagu (pastikan tepung sagu dan bukan tepung tapioka) *)

– 5 lembar daun pandan, potong sepanjang 10 cm

– 20 gram susu bubuk full cream merk apapun

– 200 gram keju edam parut atau keju cheddar lainnya

 

Bahan Cara Membuat Kue Sagu ( II ) :

– 200 gram mentega Wijsman atau merk mentega lainnya

– 100 gram margarine Blue Band (resep asli menggunakan 50 gram Hollman butter dan 50 gram margarine)

– 270 gram gula bubuk (proses gula pasir dengan blender hingga halus)

– 1 sendok teh vanilla ekstrak atau 1/2 sendok teh vanilla essence atau 1/4 sendok teh vanili bubuk

– 1/4 sendok teh garam

– 1/4 sendok teh emplex (Rexa Cookies), optional **)

– 100 ml santan kental instan (saya pakai Kara), resep asli 80 ml

 

Bahan Cara Membuat Kue Sagu ( III ) :

– 3 butir kuning telur

 

Bahan Cara Membuat Kue Sagu ( IV/Tambahan > Saya tidak pakai) :

– kacang mete cincang

– keju parut untuk taburan diatas kue

*) Tepung sagu di resep bisa diganti dengan tepung garut atau arrowroot atau biasa disebut dengan tepung ararut.

**) Emplex adalah bahan tambahan pangan berjenis emulsifier, berbentuk bubuk putih dan berfungsi untuk merenyahkan kue dan membuat kue memiliki masa simpan lebih lama

 

Langkah Dan Cara Membuat Kue Sagu :

  1. Siapkan tepung sagu, pastikan anda menggunakan tepung sagu dan bukan tepung tapioka. Tuangkan tepung ke wajan, beri daun pandan dan sangrai dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga daun pandan menjadi kering ( kurang lebih 10 menit). Angkat dan dinginkan hingga tepung benar-benar dingin. Buang daun pandannya, jika daun pandan hancur menjadi serpihan maka ayak tepung yang digunakan.
  2. Siapkan mesin oven, panaskan disuhu 150’C. Letakkan rak pemanggang di tengah jika oven anda tinggi, jika oven anda pendek maka letakkan rak di bagian paling bawah dan double loyang yang digunakan agar bagian dasar kue tidak mudah gosong. Alasi permukaan loyang dengan kertas baking, sisihkan.
  1. Siapkan mesin mikser, masukkan semua bahan II, kocok dengan mixer hingga pucat dan mengembang.( kira-kira 2 menit). Masukkan bahan III dan lanjutkan mengocok dengan mixer hingga pucat dan mengembang. Matikan mixer. Proses pengocokan masing-masing tahapan sekitar 5 menit dengan mesin pembuat roti.

* Note : Jika kondisi pucat dan mengembang di proses susah untuk tercapai maka kocok hingga adonan menjadi lembut saja.

  1. Masukkan bahan I, aduk dengan spatula hingga rata.
  2. Tuangkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah diberi spuit bentuk bintang atau bunga diujungnya. Gunting ujung plastik dan dorong spuit agar sebagian keluar plastik.
  3. Semprotkan adonan dengan bentuk melingkar dan berakhir di tengah, atau semprotkan dengan bentuk sesuka anda. Tidak perlu beri jarak yang berjauhan karena kue tidak mengembang.
  4. Panggang di mesin oven pengering makanan serbaguna selama 25 menit atau hingga berwarna coklat kuning keemasan. Keluarkan dari oven dan biarkan hingga kue benar-benar dingin di rak kawat. Masukkan stoples kedap udara. Yummy!

 

Tips Cara Membuat Kue Sagu Kering Keju Yang Enak Dan Lezat

 

Nah, itulah Tips Cara Membuat Kue Sagu Kering Keju Yang Enak Dan Lezat yang dapat anda coba. Sekarang anda dapat membuat camilan untuk tamu anda, yang pastinya enak, praktis, murah dan sehat.

Setelah berhasil membuat kue sagu kering keju spesial ini, jangan lupa untuk membagikan ilmunya kepasa teman-teman atau keluarga anda yang berkunjung ke rumah.

Untuk mengoven dengan kualitas terbaik, gunakanlah mesin oven gas. Kualitas menentukan rasa.

Mana tau dengan pengetahuan yang anda punya ini membuat banyak orang ingin tahu dan penasaran, sehingga dapat menimbulkan peluang bisnis kue sagu kering keju andalan Anda.

Atau mungkin Sobat Mesin ingin mencoba resep dan cara membuat kue atau roti yang enak, kami punya banyak sekali referensi. Misalnya Cara Membuat Kue Kering NastarCara Membuat Kue Ongol Ongol Sagu, Cara Membuat Kue Kering Coklat, Dan Cara Membuat Kue Kering lainnya

Sekian dan semoga bermanfaat.

WhatsApp chat