Cara Membuat Kerupuk Ikan Tanpa Bahan Pengawet

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tanpa Bahan Pengawet Yang Enak Dan Renyah

Tentang Kerupuk

Kerupuk merupakan salah satu pendamping makanan yang tidak bisa hilang dari sebagian besar masyarakat Indonesia, bahkan ada sebagian orang yang tidak bisa makan jika tidak ada kerupuk. Karena itu, kerupuk juga harus menyehatkan. Maka disini kami sajikan Cara Membuat kerupuk ikan tanpa bahan Pengawet.

Bukan hanya itu saja, kerupuk juga bisa menjadi salah satu camilan makanan ringan yang enak karena bisa dimakan langsung tanpa harus di sandingkan dengan makanan lainnya. Karena itu kerupuk adalah Kita Banget.

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tanpa Bahan Pengawet Yang Enak Dan Renyah

Baca Juga : Cara Membuat Kerupuk Ikan Tenggiri Palembang yang Enak dan Gurih

Mencari Kerupuk Yang Sehat

Ada banyak sekali jenis kerupuk yang ada di Negara kita ini, salah satunya adalah kerupuk ikan. Kerupuk ikan memang merupakan salah satu jenis kerupuk yang banyak digemari karena rasanya yang enak dan khas. Rasa dari ikannya sangat menggugah selera dan membuat kerupuk terasa semakin gurih dan nikmat.

Namun untuk membeli kerupuk ikan sebaiknya anda harus penuh dengan ketelitian agar anda terhindar dari kerupuk ikan yang mengandung bahan berbahaya, misalnya mengandung pengawet yang berbahaya atau lain nya.

kerupuk ikan Tanpa Bahan Pengawet

Cara Membuat Kerupuk Ikan Tanpa Bahan Pengawet

Oleh karena itu membuat kerupuk ikan sendiri merupakan salah satu jalan keluar yang efektif agar anda bisa menjamin bahwa kerupuk ikan yang dimakan oleh keluarga anda adalah kerupuk ikan yang sehat dan berkualitas bagus.

Saat ini kerupuk ikan menjadi salah satu kerupuk yang banyak digemari serta menjadi primadona, dan ternyata cara membuat kerupuk ikan sangatlah mudah dan bisa anda coba sendiri di rumah. Atau bisa jadi anda bisa menggunakan kerupuk ikan sebagai bisnis baru anda.

Dan berikut ini kami akan memberikan resep serta langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam Cara membuat kerupuk ikan tanpa bahan pengawet yang enak dan renyah:

 

Bahan-Bahan yang Digunakan Dalam Pembuatan Kerupuk Ikan:

  • Tepung tapioka sebanyak 1600 gram.
  • Daging ikan tenggiri sebanyak 700 gram.
  • Garam 2 sdm.
  • Bawang putih 10 siung yang dihaluskan.
  • Ketumbar halus 1 sdt.
  • Soda kue 1 sdt.
  • Gula pasir 600 gram.
  • Telur ayam atau telur bebek 10 butir.
  • Air secukupnya.
  • Minyak goreng.

kerupuk ikan Tanpa Bahan Pengawet

Cara Membuat kerupuk Ikan Tanpa Bahan Pengawet:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam membuat kerupuk ikan tanpa bahan pengawet adalah haluskan semua bahan yang perlu di haluskan, terutama haluskan atau giling daging ikan tenggiri dengan menggunakan mesin penggiling yang akan anda gunakan.
  1. Campurkan semua bahan yang ada di atas dengan menggunakan mesin pengaduk bahan untuk membuat adonan kerupuk ikan, kecuali air, minyak dan tepung. Setelah itu masukkan tepung tapioka ke dalam adonan sedikit demi sedikit agar adonan bisa bercampur dengan rata.
  1. Uleni adonan tersebut hingga kalis, tambahkan air secukupnya hingga adonan menjadi kalis. Untuk mendapatkan adonan yang terbaik, sebaiknya anda menggunakan tangan untuk menguleninya.
  1. Setelah adonan tidak lengket lagi di tangan, anda bisa segera membungkusnya dengan daun pisang atau dengan plastik. Bentuknya bisa sesuai dengan selera anda.
  1. Setelah itu, kukus adonan tersebut selama 2 sampai 3 jam.
  1. Setelah adonan matang, anda bisa megangkatnya dan mendiamkan nya hingga menjadi dingin. Untuk mengetahui apakah adonan sudah matang, anda tusukkan lidi atau lain nya ke dalam adonan, jika sudah tidak lengket berarti adonan tersebut sudah matang.
  1. Setelah dingin, anda potong adonan tersebut tipis-tipis menggunakan pisau yang tajam agar bentuknya lebih bagus, atau anda gunakan mesin pengiris agar potongan nya menjadi lebih rapi.

  1. Setelah itu jemur irisan kerupuk ikan di bawah sinar matahari selama 2 sampai 3 hari, jika memang ada mesin pengering, maka anda lebih baik menggunakan nya agar kerupuk ikan anda menjadi lebih cepat mengering.
  1. Siapkan minyak goreng di atas api sedang, kemudian goreng kerupuk ikan yang sudah kering hingga kerupuk ikan merekah, kemudian tiriskan.
  1. Setelah ditiriskan, anda bisa menyimpan nya didalam toples atau plastik atau bisa langsung menyantapnya. Atau anda juga bisa menyimpan kerupuk ikan yang masih kering agar lebih awet dan anda bisa menggorengnya di lain waktu.

Tips Tambahan Cara Membuat Kerupuk Ikan

Untuk bisa membuat kerupuk ikan yang enak, gurih tanpa bahan pengawet tentunya sangat mudah bukan? Anda bisa mencobanya di rumah. Untuk mendapatkan hasil yang lebih enak, gunakanlah ikan yang masih segar dan benar-benar bersih karena ikan yang segar akan memberikan cita rasa yang sedap meski tanpa bumbu penyedap.

Semua bahan di atas mudah untuk ditemukan, jika memang ikan tenggiri susah untuk di dapatkan, anda bisa membuat kerupuk ikan dari jenis lain yang dagingnya cocok digunakan sebagai bahan pembuat kerupuk ikan.

Dan agar kerupuk ikan lebih tahan lama, setelah dikeringkan dalam waktu yang cukup, sebaiknya anda menyimpannya di tempat yang kering dan bersih. Jangan sampai ketika anda menjemurnya kerupuk ikan tersebut terkena air hujan karena itu akan membuat kerupuk menjadi jamuran nantinya.

Demikian informasi tentang Cara membuat kerupuk ikan tanpa bahan pengawet yang enak dan renyah yang bisa kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •