Home » Artikel » Artikel Proses » Peluang Bisnis dan Cara Membuat Otak-Otak yang Legit Yummy!

Peluang Bisnis dan Cara Membuat Otak-Otak yang Legit Yummy!

Bisnis kuliner merupakan peluang usaha yang tidak akan pernah surut. Tentu saja ini karena makanan akan selalu dibutuhkan oleh setiap orang. Bisnis makanan beku atau frozen food dapat menjadi salah satu pilihan yang menarik dalam bisinis kuliner. Salah satu jenisnya adalah otak-otak, pada kesempatan kali ini penulis akan membagikan cara membuat otak-otak dan peluang usahanya untuk kalian semua.

Makanan beku atau frozen food dapat menjadi solusi yang tepat bagi anda yang memiliki segudang aktifitas dan tidak sempat memasak dirumah. Tentu saja makanan beku yang beredar di pasaran memiliki ragam yang sangat banyak saat ini, salah satunya yaittu otak-otak. Makanan tradisional ini dapat dijadikan teman dalam menyantap nasi yang lezat.

Sayangnya biasanya frozen food sering diidentikan dengan bahan pengawet, sehingga para pembeli menjadi enggan untuk memilih makanan siap saji semacam ini. Untuk mengemballikan kepercayaan pembeli, bagaimana jika anda membuat sendiri produk otak-otak dagangan anda dengan tanpa menggunakan pengawet? Tentu saja ini akan menjadi nilai jual sendiri untuk anda, yuk simak cara membuat otak-otak yang akan dibagikan pada artikel kali ini!

 

Sekilas Tentang Otak-Otak

Cara Membuat Otak-Otak

Otak-otak adalah salah satu makanan yang bisa dengan mudah dijumpai di pasar tradisional ataupun swalayan di Indonesia. Namun sebenarnya otak-otak juga dapat dijumpai di Malaysia, Singapura dan beberapa negara lain di Asia Tenggara. Otak-otak di negara satu dengan negara lainnya memiliki bahan dasar dan rasa yang kurang lebih sama.

Makanan ini dinamakan otak-otak karena pada umumnya warna dan teksturnya seperti otak. Warnanya orange kemerahan dan teksturnya kenyal karena ada campuran cabai atau bubuk kari pada adonannya. Hanya saja untuk otak-otak yang berasal dari Indonesia warnanya putih atau keabu-abuan.

Bahan dasar otak-otak adalah ikan, tepung tapioka dan beberapa rempah yang akan menjadi perasa untuk makanan ini. Dan biasanya otak-otak yang masih tradisonal menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Namun saat ini otak-otak sudah dikembangkan dengan berbagai cara yang lebih inovatif lagi, terbukti dengan munculnya otak-otak dengan aneka bahan dasar dan kemasan yang dijual di pasaran.

Untuk penyajiannya sendiri otak-otak dapat digoreng, kukus ataupun dibakar. Dalam menikmatinya otak-otak dapat disajikan sebagai lauk makan atau dimakan langsung sebagai cemilan. Di Palembang otak-otak biasa disantap dengan menggunakan kuah cuka rasanya yang asam, manis dan pedas. Sedangkan di wilayah Jawa umumnya otak-otak disajikan dengan bumbu kacang.

 

Cara Membuat Otak-Otak

Cara Membuat Otak-Otak

Nah, kita sudah sedikit berkenalan dengan otak-otak tadi, seperti yang sudah kita tahu kalau bahan dasar otak-otak pada umumnya adalah daging ikan. Dan ikan yang paling terkenal untuk dijadikan otak-otak adalah ikan tenggiri. Namun, saat ini tidak hanya ikan tenggiri saja yang dapat dijadikan otak-otak, banyak daging lain yang juga bisa diolah menjadi otak-otak.

Ada banyak bahan lainnya yang dapat diolah untuk menjadi otak-otak, prinsipnys selama daging yang akan dijadikan bahan dasar dapat digiling halus, maka daging tersebut dapat dijadikan otak-otak. Tapi tentu tidak semua daging dapat diolah menjadi otak-otak. Pada artikel kali ini penulis akan membagikan beberapa cara membuat otak-otak dari bahan dasar yang berbeda, sehingga akan dihasilkan beragam varian otak-otak dengan rasa yang enak.

Kira-kira daging apa saja yang bisa diolah untuk menjadi otak-otak? Yuk simak terus ulasan tentang otak-otak pada artikel kali ini!

Otak-Otak Ikan Tenggiri

Cara Membuat Otak-Otak

Cara membuat otak-otak yang pertama berbahan dasar ikan tenggiri, bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat otak-otak ikan tenggiri diantaranya:

  • 10 siung bawang merah.
  • 2 sendok teh garam.
  • 2 sendok teh gula (opsional).
  • 200 gram sagu .
  • 300 mili santan.
  • 500 kilogram ikan tenggiri giling.
  • Daun pisang.
  • Sedikit merica.
  • Beberapa lembar daun pisang untuk membungkus otak-otak.

bahan untuk membuat cuka merah

  • 10 buah cabe merah.
  • 2 bungkus terasi (dibakar terlebih dahulu).
  • 2 siung bawang putih.
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.
  • Air jeruk kunci.

Cara membuat otak-otak ikan tenggiri

  1. Pertama-tama siapkan semua alat dan bahan yang sekiranya dibutuhkan dalam membuat otak-otak ikan tenggiri.
  2. Haluskan bahan-bahan yang berperan sebagai bumbu pada adonan otak-otak seperti bawang merah, garam, gula dan merica. Parut kelapa dengan parutan manual, untuk mendapatkan sanan dari ampas kelapa.
  3. Campurkan daging ikan tenggiri yang sudah digiling dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan santan, lalu aduk sebentar hingga merata.
  4. Jika sudah merata kemudian bisa masukan sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk. Dan jika sagu sudah tertuang habis, aduk-aduk lagi sampai rata.
  5. Sebenarnya ada dua cara dalam memasaknya, mari kita mulai dengan cara yang pertama. Cara pertama dipanggang langsung menggunakan teflon. Pertama panaskan teflon yang akan digunakan.
  6. Kemudian ambil satu sendok adonan, lalu isikan ke daun pisang yang sudah dipotong-potong dan dilap bersih. Gulung dan jepit daun pisang hingga rapat. Kemudian setelahnya otak-otak yang telah dibungkus daun pisang bisa dibakar hingga matang dengan menggunakan api kecil atau sedang.
  7. Untuk cara yang kedua dengan direbus terlebih dahulu. Pertama-tama siapkan air didalam panci untuk merebus. Lalu cucil bersih tangan kalian terlebih dahulu, kemudian basahi tangan dengan minyak. Selanjutnya ambil sedikit adonan dan bentuk pipih memanjang.
  8. Jika air sudah mendidih, adonan yang telah dibentuk bisa langsung dimasukkan untuk direbus. Masak adonan otak-otak hingga matang, biasanya jika sudah matang ditandai dengan otak-otak yang mengapung. Jika sudah, angkat dan tiriskan.
  9. Untuk membuat cuka rebuslah cabe merah hingga lunak, selanjutnya blender dengan bawang putih dan terasi bakar. Jika sudah lalu rebuslah bumbu yang sudah diblender dengan semangkuk air. Terakhir tambahkan garam, gula dan air jeruk.

Otak-otak ikan tengggiri bisa disajikan dengan dibakar ataupun direbus, kedua cara tersebut menghasilkan sensasi yang berbeda pada rasa otak-otak, ini menyesuaikan dengan bagaimana selera kalian. Jika kalian tidak menyukai cuka yang terasa asam, kalian bisa coba membuat sambal kacang untuk melengkapi sajian otak-otak kalian.

 

Otak-Otak Ikan Bandeng

Cara Membuat Otak-Otak

Kalau kalian kesulitan mendapatkan ikan tenggiri atau tidak menyukai rasa ikan tenggiri, kalian bisa mencoba untuk membuat otak-otak dari daging ikan bandeng. Rasanya juga tidak kalah enak dengan otak-otak ikan tenggiri. Apa saja sih bahan yang dibutuhkan? Yuk simak cara membuatnya!

  • 1 butir telur.
  • 2 ruas kunyit.
  • 2 cabai merah besar.
  • 2 ikan bandeng ukuran sedang.
  • 2 lembar daun jeruk purut.
  • 3 siung bawang putih.
  • 5 siung bawang merah.
  • 5 cabai kecil (opsional yang bagi yang menyukai pedas).
  • Garam secukupnya.
  • Gula secukupnya.
  • Ketumbar secukupnya.
  • Merica secukupnya.
  • Jahe setenga senti.
  • Lengkuas setengah senti.

Begini cara membuat otak-otak bandeng:

  1. Pertama siapkan terlebih dulu semua alat dan bahan yang sekiranya dibutuhkan dalam membuat otak-otak bandeng.
  2. Kemudian haluskan semua bahan bumbu seperti kunyit, cabai merah besar, daun jeruk purut, bawang putih, bawang merah, cabai kecil, garam, gula secukupnya, ketumbar, merica, jahe dan lengkuas. Sebaiknya haluskan bahan-bahan menggunakan blender agar benar-benar halus dan tercampur dengan tekstur ikan yang lembut.
  3. Jika bumbu sudah halus, siapkan wajan dan minyak goreng, kemudian tumis bumbu tadi hingga mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian sisihkan.
  4. Selanjutnya bersihkan ikan bandeng dari mualai sisik hingga perutnya dan isi kepalanya.
  5. Lalu pukul-pukul ikan bandeng dengan menggunakan alu (ulekan) sampai daging ikan dirasa hancur dan mendapatkan tekstur yang kenyal. Sebagai saran, cukup puku dengan kekuatan sedang.
  6. Setelah itu pisahkan daging dengan duri ikan. Lalu bersihkan sampa yang tersisa hanya kulit dan ekor, biarkan utuh.
  7. Pilah-pilah duri yang besar dari daging ikan bandeng. Untuk duri halus bisa dibiarkan saja, ini karena setelah daging ikan diblender nanti semuanya akan menjadi halus.
  8. Langkah selanjutnya yaitu blender daging ikan bandeng sampai halus dan campurkan dengan bumbu yang telah dihaluskan dan juga telur.
  9. Jika sudah aduk-aduk hingga tercampur merata. Selanjutnya siapkan daun pisang dan letakkan sisa duri dan kuit ikan bandeng diatasnya, lalu masukkan kembali adoanan otak-otak kedalam ikan bandeng, masukkan sampai ke kepala ikan terisi juga. Pastikan adonan memadati ikan secara merata, bahkan tidak apa-apa jika meluber keluar.
  10. Selanjutnya lalu kukuslah ikan dalam waktu kurang lebih 15 menit. Jika sudah matang ikan siap di masak kembali dengan dibakar atau digoreng, atau kalian juga bisa menyimpannya didalam kulkas.

Otak-Otak Ayam

Cara Membuat Otak-Otak

Selain daging ikan, otak-otak ternyata juga dapat dibuat dari daging ayam. Bagaimana kira-kira rasanya ya? Yuk coba dibuat. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?

  • 1 butir telur ayam.
  • 1 lembar daun bawang.
  • 2 buah wortel, parut
  • 2 sendok makan tepung tapioka.
  • 3 siung bawang putih.
  • 4 sendok makan kaldu ayam.
  • 4 siung bawang merah.
  • 5 sendok makan air es.
  • 500 gram fillet dada ayam.
  • Garam secukupnya.
  • Gula pasir secukupnya.

Cara membuat otak-otak ayam

  1. Pertama pastikan semua alat dan bahan yang dibutuhkan sudah siap sedia.
  2. Selanjutnya haluskan bahan-bahan bumbu, seperti bawang merah dan bawang putih. Pastikan bumbu digiling sampai benar-benar halus, baru kemudian jika sudah halus tumis bumbu hingga mengeluarkan aroma harum, dan sisihkan setelahnya.
  3. Sementara itu blender daging ayam, telur, bumbu yang telah dihaluskan, air es dan juga kaldu ayam bersamaan hingga didapatkan adonan yang benar-benar halus, lembut dan tercampur rata.
  4. Jika sudah siapkan wadah bersih, dan masukkan kedalamnya. Tambahkan garam, gula, daun bawang, wortel dan tepung tapioka, kemudian aduk rata semua bahan hingga tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal pada adonan.
  5. Selanjutnya siapkan panci dan air untuk merebus adonan otak-otak, panaskan air hingga mendidih.
  6. Sambil menunggu air untuk merebus mendidih, kalian bisa bentuk otak-otaknya. Caranya sama seperti dua otak-otak sebelumnya. Manual menggunakan tangan. Sehingga kebersihan tangan sangat perlu diperhatikan pada bagian ini.
  7. Bila air sudah mendidih, adonan otak-otak yang telah dibentuk siap untuk direbus. Rebuslah otak-otak sampai mengambang, kemudian tiriskan.

Jika kalian menyukainya, kalian juga bisa membungkus otak-otak ayam ini dengan menggunakan daun pisang. Otak-otak ayam yang telah direbus matang sudah siap untuk dimasak kembali dengan digoreng atau dibakar. Atau kalian bisa langsung mengemasnya dan menyimpannya di dalam lemari es untuk dimasak di kemudian hari.

 

Peluang Bisnis Otak-Otak

Cara Membuat Otak-Otak

Bisnis otak-otak sebagai frozen food bisa saja menjadi peluang bagi anda untuk meraih keuntungan yang besar di pasar lokal maupun untuk menuju pasar ekspor. Karena banyak hal yang menjadi nilai positif tersendiri jika kalian ingin menggeluti usaha ini. Seperti misalnya,

  1. Bahan dasar untuk membuat otak-otak sangat mudah dijumpai, terutama di Indonesia. Bahan dasar utama otak-otak umumnya adalah ikan, Indonesia yang merupakan negeri kepulauan memiliki lahan perikanan yang sangat luas, sehingga ikan akan sangat mudah ditemui dimanapun. Selain itu bahan-bahan baku lainnya juga bisa dibeli dimanapun dengan harga terjangkau.
  2. Harga beli ikan yang terjangkau cenderung membuat anda tidak membutuhkan modal yang telalu besar dalam memulai bisnis ini.
  3. Makanan siap saji semacam ini menjadi pilihan yang cukup diminati, hal ini karena sifatnya yang praktis dan tidak sulit untuk mengolahnya kembali.
  4. Jika kalian membuat otak-otak mengikuti resep yang telah disampaikan, maka otak-otak yang kalian buat benar-benar terbebas dari pengawet. Ini merupakan nilai tambah tersendiri bagi produk kalian nantinya.
  5. Otak-otak yang terbuat dari ikan kaya akan kandungan gizi, belum lagi cara pengolahan otak-otak yang hanya direbus membuat zat-zat baik dari ikan masih terjaga. Sehingga baik untuk tubuh yang mengonsumsi nantinya.
  6. Rasa otak-otak yang ringan diminati oleh banyak orang, terbukti makanan ini masih ada hingga saat ini, dan bahkan berinovasi. Rasanya yang sederhana membuat otak-otak dapat dimakan langsung atau diolah lagi menjadi masakan yang dikendaki oleh yang memasak nantinya.

Tips dalam Membuat Otak-Otak

  1. Pastikan kalian menggunakan daging ikan atau daging lain yang benar-benar masih segar, karena kesegaran daging akan mempengaruhi rasa dan kualitas otak-otak yang kalian buat nantinya.
  2. Otak-otak pada dasarnya dibuat dari daging dengan tekstur yang lembut, atau yang seratnya tidak terlalu besar dan kasar. Jadi jika kalian ingin mencoba membuat otak-otak dari daging jenis lainnya silahkan mencobanya.
  3. Jika anda ingin menggunakan daun pisang untuk membungkus otak-otak, carilah daun pisang tua yang masih segar. Kemudian jemur dibawah terik matahari agar sedkit layu dan mudah dibentuk nantinya. Jangan lupa juga untuk membersihkan daun pisang terlebih dahulu.
  4. Pastikan juga daging ikan sudah tidak mengandung duri-duri yang besar, karena akan membahayakan jika anak-anak yang memakannya. Jika kalian kerepotan dalam membersihkan duri-duri dari ikan secara manual, kalian dapat menggunakan mesin pemisah daging dan tulang ikan agar lebih mudah dan bersih dalam memisahkan duri.
  5. Selain itu pastikan juga bumbu yang menjadi campuran adonan benar-benar digiling halus, agar menyatu dengan tekstur ikan yang lembut. Sebagai opsi kalian dapat menggunakan mesin penghalus bumbu untuk menghemat tenaga. Hasil akhir yang didapatkan bumbu benar-benar tergiling halus.
  6. Untuk penggunaan santan, pilih kelapa yang tidak terlalu tua. Dan jika kalian kesulitan dalam memarut kelapa secara manual, kalian dapat menggunakan memarutnya menggunakan mesin parut kelapa dan memeras santannya menggunakan mesin pemeras santan untuk hasil santan yang terbaik.

Demikian itulah peluang bisnis dan cara membuat otak-otak yang dapat penulis bagikan pada artikel kali ini. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya? Pastinya anda dapat mencoba untuk membuatnya sendiri dirumah anda. Dan jika anda berhasil membuatnya dengan baik, artinya anda siap untuk mulai berbisnis frozen food otak-otak.

Tapi sebelumnya rajin-rajinlah berlatih cara membuat otak-otak, dan jangan lupa untuk melakukan survei terlebih dahulu jenis ikan atau daging apa yang diminati oleh pasar yang akan anda tuju nantinya. Karena bisnis ini bisa menjadi bisnis yang memiliki peluang besar untuk meraih keuntungan besar jika anda mempersiapkannya dengan baik sebelumnya. Selamat mencoba!

By | 2017-09-22T14:30:47+00:00 June 6th, 2017|Artikel Proses, Mesin Makanan, Mesin Perikanan, Mesin Proses Daging, Produk|Comments Off on Peluang Bisnis dan Cara Membuat Otak-Otak yang Legit Yummy!

About the Author: