Home » Artikel » Artikel Proses » Cara Mengolah Ikan Patin Menjadi Kerupuk Ikan Yang Renyah

Cara Mengolah Ikan Patin Menjadi Kerupuk Ikan Yang Renyah

Cara Mengolah Ikan Patin Menjadi Kerupuk Ikan Yang Renyah

 

Salah satu jenis ikan yang memiliki kandungan gizi tinggi adalah ikan patin, ikan ini memang sering digunakan dalam pembuatan berbagai makanan atau masakan Palembang. Sebenarnya ikan patin juga cocok untuk digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kerupuk ikan karena ikan patin memiliki daging yang rasanya gurih dan enak sehingga cocok untuk dibuat kerupuk.

 

Pengolahan ikan patin menjadi sebuah kerupuk juga di dasari karena banyaknya orang yang tidak suka mengkonsumsi ikan patin secara langsung dalam keadaan digoreng atau dibuat makanan lain nya karena sifat ikan patin yang lembek sehingga banyak orang yang enggan untuk mengkonsumsinya. Dengan membuat kerupuk ikan patin, maka banyak orang yang mau memakan nya karena sifat ikan patin yang lembek tidak lagi terlihat, bahkan kerupuk tersebut terlihat lebih menggiurkan.

 

Cara Mengolah Ikan Patin Menjadi Kerupuk Ikan Yang Renyah 1

Dalam pengolahan ikan patin juga sama saja dengan pengolahan ikan lain nya, dan hampir sama untuk membuat pempek Palembang. Rasa gurih yang di dapatkan saat dijadikan kerupuk memang menjadi salah satu daya tarik tersendiri sehingga banyak produsen yang menggunakan ikan patin sebagai bahan utama nya dalam pembuatan kerupuk ikan.

Prospek usaha kerupuk ikan memang membutuhkan inovasi bahan serta rasa agar konsumen lebih tertarik lagi untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi yang tinggi seperti ikan. Dengan dijadikan kerupuk, ikan menjadi lebih mudah untuk di santap karena bisa dijadikan camilan.

 

Cara Mengolah Ikan Patin Menjadi Kerupuk Ikan Yang Renyah

 

Bagi anda yang ingin mengetahui Bagaimana cara mengolah ikan patin menjadi kerupuk ikan yang renyah? Maka berikut ini kami ulaskan untuk anda caranya:

  1. Persiapkan Bahan dan Peralatan

Dalam pengolahan kerupuk ikan patin ini tidak terlalu banyak bahan atau alat yang dibutuhkan, kecuali jika anda memproduksinya dalam skala besar. Bahan yang harus anda persiapkan antara lain adalah daging ikan patin, bawang putih, tepung tapioka, penyedap rasa, telur, soda, air es, garam, dan minyak goreng.

Sedangkan alat nya adalah kompor, wajan, baskom plastik, blender atau mesin penggiling, piring, talenan, serok, pisau kecil, solil serta penumbuk bumbu.

  1. Penghalusan Ikan dan Bumbu

Penghalusan ikan ini harus didahului dengan pemisahan tulang ikan dengan daging nya, anda bisa menggunakan cara manual atau anda bisa menggunakan mesin pemisah tulang agar hasilnya lebih cepat dan bagus. Karena jika sampai pemisahan tidak dilakukan dengan baik dan sempurna, maka tulang ikan yang ikut akan membuat kerupuk ikan tidak bagus hasilnya.

Setelah anda memisahkan tulang dan daging nya, kemudian anda cuci daging tersebut dan potong kecil-kecil dan haluskan menggunakan mesin penggiling daging atau blender. Kemudian setelah halus anda bisa menambahkan bumbu yang akan menambahkan rasa gurih pada ikan patin, bumbunya di antara lain adalah garam, sedikit gula, bawang putih, penyedap rasa, dan sedikit bawang merah.

  1. Pembuatan Adonan dan Perebusan

Langkah selanjutnya adalah membuat adonan kerupuk, caranya dengan mencampurkan daging ikan patin yang sudah halus dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil di aduk, kemudian tambahkan 3 butir telur ayam, soda dan air es yang sudah anda persiapkan. Kemudian aduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.

Setelah itu anda bisa membentuk adonan dengan menggunakan plastik atau sebuah cetakan sesuai selera, dan masukkan ke dalam kukusan atau anda juga bisa merebusnya ke dalam air yang sudah mendidih dan tunggu hingga matang, tanda bahwa sudah matang adalah adonan akan mengapung ke atas, namun sebaiknya anda menggunakan pengukus agar hasilnya lebih bagus. Kemudian angkat adonan tersebut dan tunggu hingga adonan dingin.

  1. Pemotongan

Setelah adonan dirasa sudah dingin, maka anda bisa memotong nya dengan alat pemotong khusus agar hasilnya lebih maksimal, namun jika terpaksa anda bisa menggunakan pisau untuk memotong nya dengan ukuran tipis. Pisau yang anda gunakan haruslah pisau yang tajam agar hasil potongan nya bisa bagus.

Dalam hal kerenyahan ini yang paling penting adalah ketika anda memotongnya harus dengan tebal yang sesuai, karena jika terlalu tebal akan membuat adonan kerupuk ikan tersebut susah kering dan akhirnya ketika sudah digoreng tidak akan renyah. Maka dari itu sebaiknya anda memiliki alat pemotong khusus agar hasilnya baik dan renyah.

  1. Penjemuran

Setelah anda melakukan pemotongan, anda bisa segera menjemurnya di bawah sinar matahari atau menggunakan mesin pengering adonan kerupuk ikan. Dengan menggunakan mesin pengering akan membantu anda untuk membuat kerupuk ikan lebih cepat kering dan kering nya lebih merata. Jika anda menggunakan panas matahari untuk menjemurnya, tentu anda membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus mengikuti waktu cuaca untuk mengeringkan nya.

  1. Penggorengan

Setelah dirasa kering dan bisa digoreng, maka anda bisa segera menggorengnya atau anda juga bisa menyimpan kerupuk ikan patin tersebut dalam keadaan mentah dan anda bisa menyimpan nya dalam waktu yang cukup lama. Setelah digoreng, diamkan terlebih dahulu kerupuk tersebut hingga minyaknya turun dan kemudian setelah dingin anda kemas ke dalam plastik atau ke dalam toples agar kerupuk tidak melempem.

Dalam hal pembuatan kerupuk ikan patin yang paling penting adalah hasil nya menjadi renyah dan enak, untuk itu anda harus sebisa mungkin menggunakan alat pembuat kerupuk ikan agar rasanya menjadi renyah, gurih dan enak.

Untuk bisa menyimpan kerupuk ikan patin yang lebih lama dari biasanya, hal tersebut tergantung dari cara penjemuran anda atau pengeringan anda, jadi anda harus memastikan bahwa kerupuk ikan tersebut benar-benar kering saat di simpan. Ketika anda menjemurnya jangan sampai terkena air hujan karena bisa menimbulkan jamur pada kerupuk ikan patin yang masih mentah tersebut. Anda juga bisa menambahkan sedikit pengawet makanan yang memang diperbolehkan dalam campuran makanan dengan kadar yang sewajarnya agar penyimpanan kerupuk ikan lebih tahan lama.

Demikian informasi tentang cara mengolah ikan patin menjadi kerupuk ikan yang renyah dan gurih yang bisa kami berikan untuk anda yang ingin memproduksi kerupuk ikan patin untuk sebuah usaha atau untuk camilan keluarga. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

By |2017-10-17T09:24:08+00:00April 30th, 2016|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Mengolah Ikan Patin Menjadi Kerupuk Ikan Yang Renyah

About the Author:

WhatsApp chat