Senin (04/05/2020) Rumah Mesin kembali menyelenggarakan pengajian secara online pukul 08.00 hingga pukul 09.00 WIB. Pengajian online tersebut seperti biasa diisi oleh Ustadz Dudi M.Rusyadi. Seluruh karyawan diwajibkan mengikuti kajian online sebelum memulai pekerjaan. Pada kesempatan tersebut Ustad Dudi menyampaikan beberapa poin penting tentang keberkahan yang melimpah di bulan Ramadhan.

Pertama, bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan. Di bulan Ramadhan ini bertepatan dengan turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. Malam Nuzulul Qur’an adalah malam yang penuh keberkahan. Oleh karena itu kita semua dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, salah satunya membaca Al-Qur’an.

Ustadz Dudi M. Rusyadi

Setiap kita membaca Al-Qur’an kita akan mendapatkan pahala sebesar 10 kebaikan. Di bulan Ramadhan pahala yang akan kita dapatkan saat membaca Al-Qur’an berkali-kali lipat hari biasa. Akan lebih baik ketika kita bukan hanya membacanya saja, tetapi juga mengamalkan kebaikan yang terdapat di Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, semakin ke sini kita akan menjadi pribadi yang lebih dewasa. Dengan semakin dewasanya kita, maka harus memaknai ibadah seperti sholat tarawih bukan hanya sekedar sholat atau banyaknya jumlah rakaat saja. Tetapi saat itulah saat dimana kita dekat dengan Allah SWT, sehingga pemaknaannya harus bertambah, bukan hanya sekedar sholat saja.

Pengajian Online

Jangan sampai kita menjadi pribadi yang lebih cuek. Atau bahkan acuh tak acuh terhadap orang lain. Setidaknya kita harus melakukan dari hal-hal kecil seperti senyum terhadap orang lain, karena dengan senyum kita akan mendapatkan pahala atau bahkan memberikan kebahagiaan terhadap orang yang kita ajak senyum. Memperbanyak renungan dan juga instrospeksi diri saat bulan puasa juga penting untuk dilakukan.

Ketiga, bulan Ramadhan juga berarti syahru shodaqoh, dimana kita dianjurkan untuk memperbanyak shodaqoh di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Shodaqoh bisa dilakukan siapa saja, baik orang yang mampu maupun tidak mampu. Selain uang, shodaqoh juga bisa berwujud tenaga maupun hal yang paling kecil yakni senyum.

Pengajian Sebelum Wabah Covid-19

Terakhir, kita dianjurkan untuk tidak membelanjakan uang hanya untuk kebutuhan duniawi saja, tetapi juga membelanjakan untuk kebutuhan ukhrowi. Dan semua yang kita lakukan baik itu ibadah, amal, dan shodaqoh kita semua harus ikhlas, diniatkan karena Allah SWT.