Mesin Pala – Mesin Pengolahan Buah Pala Terbaru 2023 – Melayani Transaksi E Katalog

Mesin Pemecah Pala

Mesin Pala – Mesin Pengolahan Buah Pala

Mesin Pala adalah mesin untuk mengolah biji pala sebagai bahan rempah. Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan berupa pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku.

Akibat nilainya yang tinggi sebagai rempah-rempah, buah dan biji pala telah menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa Romawi.

Mesin pengolahan buah pala ini terdiri dari mesin pengering buah pala, mesin pemecah cangkang buah pala dan mesin mesin perajang buah pala.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pala Rumah Mesin

1. Mesin Pengering Pala

Mesin Pala
Gambar Mesin / Oven Pengering Kakao

Spesifikasi Mesin Pengering Pala :

Kapasitas : 750 Kg / Batch.
Dimensi Mesin : 4900 mm X 1250 mm X 1700 mm.
Penggerak : Motor Bensin atau Elektromotor.
Daya (power) : 5,5 HP atau 1HP.
Energi Yang Digunakan : Bensin atau Listrik.
Bahan Material Lantai Pengering : Ayakan Aluminium.
Sumber Panas : Tungku Kayu Dengan Satu Kipas Axial.
Bahan Material Lantai Pengering : Ayakan Aluminium / Stainless Steel.
Sistem : Tidak Langsung Lewat Pipa Pindah..

 

2. Mesin Pemecah Cangkang Biji Pala

Mesin Pala
Gambar Mesin Pemecah Cangkang Pala

Spesifikasi Mesin Pemecah Cangkang Biji Pala:

A.  Kapasitas 100 Kg / Jam

Kapasitas : 100 Kg / Jam (BUAH PALA YANG SUDAH KERING).
Dimensi : 900 mm x 800 mm x 1000 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Energi Yang Digunakan : Solar.
Daya (Power) : 6,5 PK.
Energi Yang Digunakan : Solar.
  • Fungsi : Untuk cangkang biji pala.

b. Kapasitas 200 Kg / Jam :

Kapasitas : 200 Kg / Jam (BUAH PALA YANG SUDAH KERING).
Dimensi Mesin : 1200 x 8000 x 1200 mm
Penggerak : Motor Disel.
Daya ( Power ) : 8 PK.
Kerangka : Kerangka Besi.
  • Fungsi : untuk memecah buah pala untuk penyulungan minyak atsiri

3. Mesin Penghancur Biji Pala

Mesin Pala
Mesin Penghancur Pala

Spesifikasi Mesin Penghancur Biji Pala :

Dimensi : 800 mm x 600 mm x 1000 mm.
Penggerak : Motor Bensin / Diesel.
Daya  ( Power ) : 5,5 PK ( Motor Bensin )
Energi Yang Digunakan : Bensin ( Motor Bensin ) / Solar ( Diesel ).
Kapasitas : 200 Kg / Jam.
Fungsi : Untuk menghancurkan buah pala sebagai bahan minyak atsiri.

 

Informasi Pemesanan Mesin Pala Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

CV. Rumah Mesin menyediakan Mesin Pala yang dapat membantu anda dalam memproses pala menjadi rempah rempah siap jual. Yang mana rempah rempah yang bernama Pala ini merupakan komoditi ekspor bagi Indonesia di pasar dunia.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya, seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain.

Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pengolahan Pala.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami .

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Dikarenakan mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Anda juga dapat menguji atau mencoba mesin kami sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Kami Melayani Transaksi Mesin Pala Mesin Pengolahan Buah Pala E Katalog

ekatalog

Kami dengan bangga menawarkan layanan transaksi penjualan mesin pala mesin pengolahan buah pala e katalog yang mudah, praktis, dan aman. Hubungi whatsapp kami sekarang. Anda dapat memilih dan membeli mesin yang Anda butuhkan melalui e katalog.

Mengenal Buah Pala

Diharuskan bagi Anda untuk mengenal buah pala terlebih dahulu sebelum Anda mengolah atau memprosesnya. Dengan Anda mengenal buah pala Anda dapat memanfaatkan dan menggunakan buah pala dengan cara yang baik dan benar.

Buah pala merupakan suatu rempah-rempah yang biasanya dimanfaatkan atau digunakan sebagai bumbu masakan di Indonesia. Buah ini memiliki kandungan berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Buah pala adalah rempah-rempah yang biasanya ditemukan di makanan khas daerah Indonesia. Bumbu masakan ini dapat membuat cita rasa makanan menjadi lebih lezat saat di santap.

Manfaat Buah Pala

Buah pala merupakan rempah-rempah yang biasanya digunakan sebagai bumbu masakan di daerah Indonesia. Buah ini mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Kandungan Buah Pala

Dikutip dari Data Komposisi Pangan Indonesia, dalam 100 gram biji buah pala diketahui mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Air 14,3 gram
  • Energi 518 kalori
  • Protein 7,5 gram
  • Lemak 36,4 gram
  • Karbohidrat 40,1 gram
  • Serat 3,5 g Abu 1,7 gram
  • Kalsium 120 mg
  • Fosfor 240 mg
  • Besi 4,6 mg
  • Natrium 2 mg
  • Kalium 78,7 mg
  • Tembaga 0,94 mg
  • Seng 2 mg
  • Bata-karoten 7 mcg
  • Vitamin B1 0,20mg
  • Vitmain B2 0,02 mg
  • Niasin 0,5 mg
  • Vitamin C 0 mg

Sangat banyak nutrisi yang terkdandung pada buah pala jika Anda memanfaatkan nya dengan benar maka ini dengan mengolah buah pala dapat menjadi sebuah peluang usaha bagi Anda. Dan hal ini tak luput dari mesin pengolah buah pala yang di sediakan oleh CV Rumah Mesin agar Anda tidak kesulitan dan kerepotan dalam mengolah buah pala tersebut

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Perlu diketahui bagi Anda manfaat dari buah pala ini dikarenakan dengan Anda mengetahui manfaat dari buah pala ini Anda dapat memanfaatkan nya dengan mudah dan Anda juga bisa mengolah nya dengan sesuai dengan manfaat yang ada dalam buah pala tersebut.

1. Menjaga kesehatan otak

Manfaat dari buah pala yang pertama adalah menjaga kesehatan otak. Buah ini memiliki senyawa myristicin dan macelignan yang memiliki peranan mengurangi risiko kerasakan saraf. Senyawa aktif tersebut juga berperan penting untuk meningkatkan fungsi dari kognitif terutama bagi penderita alzheimer. Rempah-rempah ini juga dipercaya dapat meningkatkan konsentrasi dan menghilangkan keleahan serta stres.

2. Mengurangi rasa sakit

Buah pala memiliki kandungan mentol yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit secara alami. Kandungan tersebut juga sangat baik untuk mengurangi sakit yang diakibatkan luka, ketegangan, dan peradangan seperti arthritis.

3. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat dari buah pala yang lain yaitu dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan serat yang ada dalam rempah ini dapat membantu gerakan peristaltik pada usus. Buah pala juga dapat membantu sekresi cairan lambung dan usus sehingga dapat memudahkan proses pencernaan. Kandungan serat juga dapat membantu untuk mengatasi masalah pencernaan contohnya seperti diare, sembelit, dan kembung.

4. Memelihara kesehatan mulut

Selanjutnya manfaat dari buah pala untuk kesehatan yaitu dapat menjaga kesehatan mulut. Rempah-rempah ini mempnuyai sifat antibakteri yang bisa  membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Buah Pala juga bisa meningkatkan kekebalan gusi dan gigi. Tidak hanya itu saja, rempah yang ini juga memiliki khasiat mengobati masalah gusi dan sakit gigit. Maka dari itulah, buah pala sering dijadikan bahan tambahan dalam pasta gigi dan obat kumur.

5. Mengatasi insomnia

Kandungan magnesium yang cukup tinggi juga dapat mengurangi ketegangan saraf dan merangsang pelepasan serotonin. Kondisi itu bisa membantu untuk menghilangkan insomnia dan kegelisahaan di malam hari.

6. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Buah pala ini juga bisa menghilangkan racun yang ada di hati dan ginjal. Sehingga buah ini sangat bermanfaat bagi hati dan ginjal. Buah ini dapat membuat organ tubuh lebih bersih. Senyawa yang aktif dalam pala dapat membantu melarutkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

7. Memelihara kulit

rempah-rempah dari buah pala yang dicampur dengan air atau madu dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit. Buah ini dapat mengurangi peradangan dan iritasi kulit, menjaga kelembapan kulit, dan menghilangkan bekas jerawat, cacar, maupun bisul.

8. Mengurangi tekanan darah

Mineral yang terdapat dalam buah pala juga bisa menjaga fungsi organ. Kandungan kalium dalam buah pala bisa membantu meregangkan pembuluh darah yang bisa menurunkan darah tinggi serta menurunkan ketegangan sistem kardiovaskular.

Dengan Anda mengetahui manfaat dari buah pala ini sekarang Anda dapat memanfaatkan buah pala sesuai dengan manfaat yang sudah da pada buah pala tersebut. jika Anda memanfaatkan nya dengan baik dan benar maka usaha Anda bisa saja melonjak tinggi dikarenakan pala merupakan salah satu dari rempah-rempah di Indonesia yang umumnya diperlukan untuk dijadikan bahan makanan bagi masyarakat Indonesia.

Tentusaja dalam memanfaatkan buah pala Anda memerlukan mesin yang cocok untuk mengolah buah pala supaya lebih efisien dan dapar mempersingkat waktu Anda dalam memproses buah pala. CV Rumah Mesin telah Menghadirkan sebuah mesin yang sangat bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda dalam pengolahan buah pala, Jika Anda membutuhkan mesin atau ingin membeli mesin Anda dapat membelinya di CV Rumah Mesin.

Cara Mengolah Buah Pala

Sudah sejak jaman dulu tanaman pala ini dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan terutama di bidang bahan makanan. Selain digunakan sebagai rempah-rempah, buah pala juga memiliki fungsi sebagai tanaman penghasil minyak atsiri yang banyak digunakan dalam industri pengalengan dan minuman serta kosmetik.

Hal ini juga perlu diketahui dan penting bagi Anda. Dikarenakan jika Anda ingin mengolah atau memproduksi buah pala tetapi Anda tidak mengetahui cara pengolahannya dengan baik dan benar maka dikhawatirkan hal itu dapat membuat bisnis Anda gugur. Dengan Anda mengetahui cara mengolah dan memproduksi buah pala tersebut Anda dapat dengan mudah mengolah dan memproduksi buah pala tampa khawatir akan terjadi kesalahan.

Materi ini akan sangat membantu Anda dalam mengolah buah pala yang baik dan benar maka dari itu pelajarilah sesuatu yang memang benar-benar Anda butuhkan untuk bisnis dan kebaikan produksi Anda kedepannya.

Hampir semua dari bagian tanaman buah pala dapat di manfaat dan memiliki nilai ekonomis. Supaya kualitas produksi buah pala bagus dan juga dapat mengetahui ketepatan waktu panen buah pala serta proses pemanenan,pengolahan pascapanen yang tepat ini dapat membuahkan hasil produksi yang berkualitas tinggi.

Inilah proses pascapanen yang  dilakukan oleh para petani pala yaitu :

1. Sortasi Biji pala (Pemisahan bagian buah)

Biji-biji dari buah pala yang terkumpul perlu disortir dan dipilah-pilahkan menjadi 3 macam yaitu terdiri atas :

  • Biji pala yang gemuk dan utuh
  • Biji pala yang kurus atau keriput
  • Biji pala yang cacat.

2. Pengeringan Biji Buah Pala

Proses pascapanen yang berikutnya yaitu pengeringan biji pala. Biji pala yang diperoleh dari proses sortasi (Pemisah bagian buah) tersebut harus segera dijemur supaya terhindar dari serangan hama dan penyakit. Biji dijemur di terik panas matahari di tempatka pada lantai jemur/tempat lainnya. Untuk mengeringkan biji buah pala ini juga dapat dilakukan dengan mesin agar lebih efisien juga dapat menghemat waktu dan hasil yang didapatkan juga lebih baik.

3. Pemecahan Tempurung Biji Buah Pala

Biji-biji pala yang sudah dipanaskan dan sudah kering itu, kemudian dipukul dengan kayu supaya kulit bijinya pecah dan terpisah dengan isi biji hal ini sudah terlalu kuno atau sudah tidak jaman lagi, jaman sekarang sudah sangat banyak mesin-mesin yang maampu melakukan hal-hal yang kita inginkan contohnya seperti mesin pengolah pala.

Pemecahan tempurung biji dari buah pala bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  • Proses pemecahan menggunakan tenaga manusia

Cara memecahkan tempurung dari biji pala ini dilakukan dengan cara memukul tempurung biji buah pala dengan kayu sampai tempurung itu pecah dan tersisah biji nya. Cara memecah tempurung biji buah pala membutuhkan keterampilan khusus, dikarenakan jika petani yang mengolah tidak terampil maka isi biji akan banyak yang rusak bahkan pecah sehingga kualitasnya turun. Sama seperti yang dijelaskan di atas hal ini sudah terlalu kuno untuk dilakukan dan sebaik ya Anda beralih ke mesin pengolah pala.

  • Proses pemecahan dengan menggunakan mesin

Cara ini banyak digunakan oleh para petani pala. Secara sederhana dapat diterangkan bahwasanya mekanisme kerja dan alat ini sama dengan metode kuno yang dilakukan oleh manusia,

Yakni bagian tertentu dari mesin akan menghancurkan kulit buah pala sehingga yang tersisah hanya isi bijinya. Keuntungan dari penggunaan mesin pengolah pala ini adalah tenaga, waktu dan biaya operasionalnya dapat dipermudah. Selain itu kerusakan mekanis dari isi biji juga lebih kecil.

Dengan hadirnya mesin pengolah pala ini Anda dapat mengolah buah pala sesuai dengan kebutuhan Anda dengan efisien, tak hanya efisien mesin ini akan mempercepat waktu dan daya tampung yang banyak. Ini lebih menguntungkan jika dibandingkan Anda menggunakan metode kuno yaitu memecahkan atau mengolah buah pala menggunakan kayu, itu akan menguras tenaga dan waktu Anda untuk hasil juga belum tentu membuahkan hasil yang sempurna dan sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Merawat Mesin Pengolah Buah Pala

Wajib diketahui bagi para petani pala termasuk Anda yang ingin membuka usaha di bidang buah pala Anda. Bahswasanya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu cara merawat mesin pengolahh pala sebelum menggunakan nya dalam jangka waktu yang lama.

Tidaklah sulit untuk merawat mesin pengolah pala ini mulai lah dari pengecekan sebelum dan sesudah penggunaan mesin, Sebelum Anda menggunakan mesin pengolah buah pala ini Anda perlu mengecek keadaan keseluruhan bagian dari mesin pengolah pala tersebut. Langah selanjutnya jika Anda menemukan masalah pada bagian corong masuk nya buah pala atau pada bagian keluar nya biji pala bahkan mesin nya Anda bisa langsung memperbaiki nya sendiri jika Anda seorang mekanik handal.

Bersihkan lah mesin pengolah buah biji pala ini dengan rutin setelah dan sebelum mulai digunakan, dikarenakan jika pada bagian corong masuk nya tersumbat maka akan berpengaruh ke proses pemecahan tempurung, dan juga bersihkan pada bagian keluarnya biji pala yang telah diolah agar mesin tetap bisa berjalan tanpa adanya kendala.

Kemudian gunakanlan mesin pengolah biji pala ini sesuai dengan kemampuan atau kapasitas yang ada pada mesin pengolah pala tersebut jika Anda menggunakan mesin melebihi batas atau contohnya Anda memasukan biji pala terlalu banyak, hal itu dapat merusak mesin dan membuah mesin mengalami turun energi atau melemah ya kerja mesin.

maka dari itu harus hati-hati dalam penggunaan mesin dan perhatikan lah kapasitas mesin sebelum Anda menggunakan nya supaya tercegah dari kerusakan yang tidak di inginkan. Dan juga jika terjadi kerusakan maka bawalah mesin pengolah biji pala tersebut ke orang yang mengetahui mesin supaya kendala dan kerusakan nya bisa cepat diatasi.