Sate daging merupakan salah satu sajian makanan olahan daging yang memiliki cita rasa gurih yang begitu lezat. Olahan dari sate juga cukup beragam, terutama ragam dari jenis daging yang digunakannya. Salah satunya adalah daging kambing.
Hidangan sate kambing menjadi salah satu olahan daging yang memiliki aroma yang sedap dan rasa yang begitu nikmat. Jika biasanya untuk dapat mencicipi hidangan sate kambing dengan bumbu kacang yang lezat anda seringkali membelinya di luar.
Sate merupakan resep masakan yang dibuat dari potongan daging berbentuk kotak dan menggunakan lidi untuk memudahkan memegangnya. Biasanya dipanggang di atas bara api atau dibakar sambil diolesi bumbunya.
Sate Kambing yang lezat dan enak adalah dengan menggunakan daging kambing yang empuk. Karena terkadang masalah ketika orang mencoba untuk membuat resep sate kambing sendiri dirumah, daging sate yang dihasilkan masih terasa alot.

Resep bumbu sate kambing yang akan kami share pada kali ini bisa dibilang cukup sederhana, tapi rasanya tetap enak dan lezat. Meskipun hanya menggunakan bumbu sate kambing yang sangat sederhana, tapi tetap terasa lezat dan pantas untuk bisa Anda coba di rumah.

Cara membuat bumbu sate kambing ini tergolong masih lebih mudah daripada membuat sate ayam yang umumnya menggunakan bumbu kacang. Resep bumbu sate kambing ini hanya menggunakan bahan dasar kecap manis saja.

Rasa daging kambingnya yang sangat khas membuat daging kambing sudah memiliki rasa gurih yang alami, jadi meskipun hanya menggunakan bumbu-bumbu dasar saja, sate kambing ini sudah terasa lezat dan nikmat.

Untuk membuat bumbu sate kambing dengan kematangan yang pas memang gampang-gampang susah, apalagi kalau Anda tidak cermat saat melakukan pembakaran, seringkali yang terjadi adalah bagian luar satenya gosong sebelum bagian dalamnya matang.

Jadi, sebelum membuat bumbu sate yang lezat, tentunya saya akan menyampaiakn beberapa tips membuat daging kambing yang empuk. Berikut ini tips membuat dainbg kambing yang empuk.

Tips Membuat Daging Kambing Yang Empuk

bumbu sate kambing

1. Cara Pemotongan Daging

Cara membuat sate kambing empuk dan enak adalah salah satunya memperhatikan cara pemotongan daging. Untuk sate sebaiknya ambil daging bagian paha belakang, punggung atau has dalam karena bagian ini biasanya memiliki tekstur yang lebih empuk.

Lihat alur serat daging dan iikuti arah serat ketika memotong daging. Buang urat atau lapisan tipis berwarna putih pada daging. Lemak atau gajih bisa dicampur agar rasa daging kambingnya lebih gurih.

2. Proses pemanggangan

Dalam satu tusuk sate, kamu bisa mengisinya dengan 3 potong daging dan 1 selipan lemak. Celupkan sate ke dalam bumbu-bumbu yang terdiri dari bumbu kacang, kecap, dan air kaldu.

Bakar daging dengan bara api sedang sampai setengah matang. Kemudian celupkan lagi ke dalam bumbu. Lanjutkan bakar sampai satenya matang ya.

3. Menggunakan Tepung Kanji

Salah satu cara agar daging kambing terasa empuk adalah dengan menggunakan tepung kanji. Caranya adalah setelah daging kambing ditusuk-tusuk, lumuri dengan tepung kanji. Biarkan saja beberapa saat, lalu digoyangkan agar tepung kanjinya hilang. Dengan cara ini maka daging kambing akan terasa lebih empuk dan enak.

4. Tambahkan Nanas

Cara membuat sate kambing empuk dengan nanas juga bisa dilakukan. Nanas mengandung bahan alami yang dapat berfungsi sebagai pengempuk dan mengilangkan bau daging kambing.

5. Pilih Daging Kambing Yang Tepat

Jenis dari kambing yang digunakan juga berpengaruh terhadap keempukan sate. Daging kambing betina dengan usia antara 4-6 bulan. Biasanya daging kambing betina memiliki serat yang lebih halus. Kambing betina juga dagingnya lebih banyak kandungan lemak sehingga enak dibuat menjadi sate

6. Menggunakan Air Kelapa

Salah satu cara untuk bisa menghilankan bau prengus atau bau amis dari daging kambing ini adalah dengan menggunakan air kelapa. Dengan merendam daging kambing dalam air kelapa, maka daging akan menjadi empuk dan bau prengusnya akan berkurang

7. Pelengkap Sate

Cara bikin sate kambing empuk dan enak salah satunya adalah dengan menambahkan pelengkap. Sate kambing biasanya disajikan dengan bumbu kecap. Cara membuatnya adalah dengan mengiris cabai, bawang merah, bawang goreng, serta jeruk limau.

Selain itu, sate kambing juga bisa dicampurkan dengan bumbu kacang. Racikan bumbu sate kambing berupa bumbu kacang bisa kamu buat dirumah.

Racik bumbu kacang dulu dengan menumis bawang putih dan cabai giling. Kemudian masukkan kacang giling, air, daun salam, dan serai. Tambahkan juga gula merah dan garam. Bumbu kacang bisa juga dinikmati bersama pelengkap kecap, lada, bawang goreng, dan jeruk limau.

8. Jangan Cuci Daging

Menurut para penjual sate kambing, sebaiknya biarkan daging kambing tak dicuci sebelum diolah. Alasannya, proses pencucian daging ini dapat membuat daging teksturnya alot dan aromanya tak sedap sehingga merusak kualitas.

9. Beri Bumbu

Agar daging kambing tidak berbau prengus bisa dicampurkan dengan bumbu aromatik. Bumbunya adalah daun jeruk, bawang putih, atau ketumbar. Rendam daging kambing dalam racikan bumbu tersebut. Tak hanya bisa menutupi aroma prengus tetapi juga bisa menciptakan rasa yang gurih dan enak.

10. Menggunakan Daun Pepaya

Selain tepung kanji, daun pepaya ini juga sangat efektif untuk bisa membuat daging kambing menjadi empuk. Caranya adalah daging kambing yang masih utuh dan belum ditusuk, bungkus dengan daun pepaya selama kurang lebih 20-30 menit. Kalau sudah, cuci bersih daging kambing tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

  1. Sebelum dimasak, siramlah daging kambing dengan tetesan air jeruk nipis secara merata. Kalau tidak ada jeruk nipis, bisa menggunakan daun jeruk limau.
  2. Selain air jeruk nipis, bisa juga dengan menggunakan daun jambu klutuk. Caranya daun jambu klutuk itu ditumbuk, kemudian lumuri pada daging kambing sebelum dimasak.
  3. Sebaiknya daging kambing yang baru disembelih langsung Anda masak tanpa mencucinya terlebih dahulu. Bau amis dan prengus itu akan berkurang dengan sendirinya kalau dimasak dengan benar (sampai meresap, tanak, dan cukup waktu).

Cara Memotong Daging Kambing Untuk Sate

Sebelum memulai membuat sate kambing, ada baiknya Kamu perlu memperhatikan beberapa tips memotong daging untuk sate. Kalau dilihat dengan sekilas memotong daging memang terlihat sangat mudah, tapi kalau Kamu salah memotongnya, justru akan membuat hasil ola han daging itu sendiri menjadi alot atau keras, apalagi untuk olahan sate.

Berikut cara memotong daging untuk sate:

  • Potong daging memanjang searah dengan seratnya.
  • Potong dadu berlawanan dengan arah serat
  • Tusukkan potongan kotak dengan arah serat secara horizontal, supaya daging tidak mudah lepas dari tusuk sate

Nah untuk menghasilkan sate kambing yang enak dan empuk selain bumbu sate kambing nya juga daging yang digunakan harus segar. Kali ini anda akan dapat menghidangkan sajian sate kambing enak dengan bumbu sate kambing yang lezat dan mantap dirumah sendiri. Inilah dia resepnya.

Cara Membuat Bumbu Sate Kambing Agar Daging Empuk dan Mantap

 

bumbu sate kambing

Bahan Utama Membuat Bumbu Sate Kambing:

  • 1.250 gram daging kambing
  • 32 buah tusuk sate
  • 12 lembar daun pepaya, remas-remas

Bumbu Olesan Sate Kambing:

  • 400 gram kecap manis
  • 1 sendok makan garam
  • 2 sendok teh merica bubuk
  • 4 sendok makan margarin, lelehkan

Bumbu Saus Kacang Untuk Sate Kambing:

  • 400 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
  • 200 gram kecap manis
  • 600 ml air
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 4 sendok teh garam

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Saus Kacang:

  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 8 buah cabai merah keriting
  • 8 sendok makan minyak goreng

Cara Membuat Bumbu Sate Kambing Agar Daging Empuk dan Mantap

  1. Langkah pertama silahkan terlebih dahulu potong-potong daging kambing dengan bentuk kotak seukuran kecil-kecil dan agak tipis. Sebaiknya jangan memotong daging terlalu tebal atau terlalu besar agar ketika dibakar dagig menjadi mudah matang secara merata dan mudah empuk. Sebaliknya, pemotongan daging yang tidak beraturan dan terlalu besar akan membuat daging sulit matang secara merata, bahkan tak jarang daging yang dibakar bisa jadi masih mentah.
  2. Setelah selesai memotong-motong daging, sekarang masukkan daging dalam wadah dan cuci bersih dengan menggunakan air mengalir agar kotoran yang ada pada daging bisa dibersihkan dengan baik.
  3. Setelah dicuci, sekarang silahkan bungkus daging dengan menggunakan daun pepaya yang telah diremas-remas agar daging menjadi lebih empuk sewaktu dibakar.
  4. Setelah itu, diamkan daging kurang lebih selama 30 menit.
  5. Tusuk-tusuk daging dengan menggunakan tusukan sate dan lumuri semua permukaan daging pada tusukan dengan menggunakan bumbu olesan. Dan diamkan kembali selama kurang lebih satu jam, biarkan bumbu olesan daging meresap kedalamnya secara merata.
  6. Bakar daging diatas pan anti lengket yang sudah dipanaskan diatas api sedang dan bakar hingga matang. Jangan lupa balikan daging dan sesekali olesi dengan margarin dan kecap manis.

Cara Membuat Bumbu Sate Kambing Saus Kacang:

  1. Setelah sate matang, sisihkan sementara dan kita akan buat bumbu saus kacangnya. Membuat bumbu saus kacang, silahkan tumis terlebih dahulu bumbu halus hingga harum dalam wajan yang diberikan sedikit minyak. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan dan tambahkan air. Kemudian aduk-aduk hingga merata secara keseluruhan.
  2. Tambahkan kecap manis, gula pasir dan garam dan aduk-aduk kembali hingga bumbu yang dimasak bisa menjadi rata secara keseluruhan.
Setelah matang, angkat bumbu dan sajikan bumbu ini diatas piring saji bersama dengan sate kambing yang sudah dibakar. Sajian ini akan terasa lebih lezat bila disantap saat masih hangat.

Manfaat Mengkonsumsi Makanan Sate

bumbu sate kambing

Nah temen-temen setelah tadi sudah saya ulas tentang resep lezat cara membuat bumbu sate, dan berbagai macam aneka resep cara membuat bumbu sate. Maka saat ini hanya sekedar untuk menambah pengetahuan kalian. Kali ini saya akan mengulas juga tentang manfaat mengkonsumsi makanan sate bagi kalian yang mengkonsumsi yaa.

Mengandung Asam Lemak AantiKanker

Kanker yang sering dialami oleh seseorang merupakan kanker prostat. Kanker ini sangat berbahaya sehingga seseorang selalu dianjurkan untuk menjaganya dengan rutin mengalami ejakulasi. Selain itu, pria juga disarankan untuk mengonsumsi daging kambing yang mengandung asam lemak CLA.

Asam lemak ini bermanfaat untuk mencegah terbentuknya kanker di dalam tubuh, Jadi, mengonsumsi daging kambing dalam jumlah yang sesuai atau terbatas tidak akan menjadi masalah.

Khasiat Daging Kambing Mencegah Inflamasi Pembuluh Darah

Inflamasi pada pembuluh darah sering sekali dialami oleh pria. Kondisi ini bisa terjadi karena ada gangguan dari kolesterol jahat atau dari penyakit diabetes. Khasiat daging kambing membantu seseorang untuk mengatasi gangguan inflamasi pada pembuluh darah sehingga penis bisa ereksi dengan sempurna dan disfungsi ereksi tidak akan terjadi.

Mumpung masih banyak daging kambing, coba olah dengan benar dan konsumsi dalam jumlah yang tepat. Asal tidak berlebihan dan tidak mengonsumsi bagian yang berlemak tidak akan jadi masalah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Apakah kalian sering mendengar orang berkata jika sate dapat meningkatkan kolesterol? Faktanya setiap 100 gram daging sate hanya mengandung 1 gram kolesterol saja. Daging merah ini membantu menjaga kesehatan jantung, mencegah arteroklerosis, penyakit jantung koroner, dan masih banyak lagi.

Mencegah Kanker

Ternyata, faktanya menunjukkan bahwa justru sate mampu mencegah penyakit kanker. Sate adalah salah satu sumber zat besi, vitamin B, kolin, dan selenium yang cukup tinggi. Kandungan dari kolin dan selenium tersebut dapat menangkal serangan kanker mamatikan dalam organ tubuh kita lho.

Selain itu, Sate juga termasuk daging yang mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA). Kandungan asam tersebut dapat mencegah adanya peradangan penyebab kanker dan tumor ganas yang sangat membahayakan bagi tubuh kita

Mencegah Anemia

Bagi temen-temen yang mempunyai masalah dengan kurang darah atau Anemia, kamu sebaiknya mengonsumsi sate. Karena sate juga mampu meningkatkan jumlah sel darah merah (hemoglobin) dalam tubuh kita. Kandungan dari zat besi cukup tinggi yang ada dalam sate, bahkan melebihi kandungan zat besi dalam telur

Menaikkan Tekanan Darah Pada Penderita Hipotensi

Khasiat daging kambing ini sangat direkomendasikan untuk seseorang yang mengalami kondisi hipotensi atau tekanan darah rendah. Dengan mengonsumsi dalam jumlah terbatas, perlahan-lahan tekanan darah akan naik  sehingga fungsi tubuh pria bisa dijalankan kembali dengan sempurna.

Mengandung Banyak Protein

Salah satu sumber nutrisi yang cukup penting untuk tubuh adalah protein. Lebih dari 50 gram protein per 100 gram anfaat terkandung dalam daging kambing mentah. Dengan jumlah yang banyak ini, pria bisa mendapatkan asupan protein alami sehingga pertumbuhan otot bisa berjalan dengan lancar.

Supaya Anda dapat merasakan manfaat daging kambing, usahakan untuk tidak menggunakan banyak santan, minyak, dan gula. Dengan begitu, manfaat aslinya bisa didapatkan dengan sempurna.

Mendung Lemak Jenuh Lebih Rendah

Daging kambing sedikit berbeda dengan sapi. Tubuh kambing cenderung sedikit berlemak dari daging sapi. Oleh karena itu daging kambing baik untuk pria yang tidak tahan dengan asam lemak atau mengalami obesitas. Manfaat daging kambing ini  lebih dapat dirasakan dibandingkan dengan sapi atau ayam.

Menyeimbangkan Level Kolesterol

Yang harus kita pahami adalah kolesterol itu ada dua pertama kolesterol jahat dan yang kedua kolesterol baik. Daging kambing mengandung kolesterol, tapi masuk ke golongan kolesterol yang baik karena kandungan lemak jenuhnya cukup rendah dibandingkan degan daging sapi.

Baik Untuk Peredaran Darah

Peredaran darah pada pria cenderung membaik kalau mereka mengonsumsi daging kambing dalam porsi yang tepat. Nah, peredaran darah yang baik inilah yang mungkin dianggap sebagai pembangkit gairah seks dari pria, Meski saat ini penelitian terkait dengan gairah seks cukup minim, pria bisa merasakan sendiri peredaran darah di tubuhnya meningkat.

Nah jadi seperti itu saja ya temen-temen akhir dari pembahasan kita mengenai bumbu sate kambing, cara mambuat bumbu sate ayam, hingga manfaat mengkonsumsi makanan sate. Terimakasih.