Kali ini saya akan membagikan resep cara membuat membuat es kopi hitam ala cafe. Suka pergi ke cafe hanya untuk menikmati kopi? saatnya buang jauh-jauh pemborosan, hemat boooor!!. kali ini saatnya cara membuat es kopi ala cafe sendiri dirumah ya. cara membuatnya mudah kok, tentunya ngga ribet dan praktis bingit .

Sejarah Kopi

Telah dicatat sejauh pada abad ke-9. Pertama kali, kopi ini hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi.
Akan tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangan, biji kopi pun telah meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal. Dari Afrika Utara itulah biji kopi mulai meluas dari Asia sampai pasaran Eropa dan ketenarannya sebagai minuman mulai menyebar.
Karena berisi resep cara membuat es kopi yang di sajikan secara special dan unik sehingga mendapatkan sensasi yang nyess banget. Cocok sekali jika di sajikan selagi musim panas atau saat cuaca terik seperti ini. Badan yang panas, gerah dan panik akan damai seketika saat menikmati es kopi. Untuk tema di kantor juga cocok sekali es kopi ini.
Dijamin tambah semangat dan menghilangkan mood jelek pada tubuh deh. Nah, dalam beberapa resep kopi ini kami akan membagikan banyak resep kreasi penyajian kopi yang asik seperti Black Iced Coffee, Iced Mocha Fload dan Shake Kopi & Peach. Wuhh, ngga bisa di bayangkan ya gaes resep es kopi ini. tentunya segerr banget tuh, bikin fress.
Kopi seperti ini kalau sudah nongkrong di cafe biasanya di hargai berapa tuh? paling engga dua puluh ribu hingga tiga puluh ribu rupiah, cukup mahal bukan? jadi bagi kalian yang doyan sama kopi, yuck cobain kreasi es kopi dirumah.
hati-hati ketagihan ya? untuk lebih jelas dari bahan dan cara membuat silahkan simak baik-baik resep cara membuat es kopi dan cara membuatnya dibawah ini baca juga artikel cara membuat roti panggang. Gas kuyyy.

Cara Membuat Black Iced Coffe

Bahan-bahan Black Iced Coffee

  • Biskuit oreo 4 keping ( buang krimnya )
  • Es batu 200 gram ( di hancurkan )
  • Es krim cokelat 4 skop
  • Air kopi kental 100 mili liter

Bahan Toping Black Iced Coffee :

  • Whipped cream
  • Sirup cokelat atau cokelat bubuk

Cara Membuat Black Iced Coffee :

  1. Langkah awal taruh semua bahan di dalam mangkuk blender, lalu proses hingga bahan lembut.
  2. Selanjutnya masukkan ke dalam 2 gelas saji, dan beri topingnya.
  3. Resep Membuat Black Iced Coffee siap di sajikan.
Selamat mencoba ya borr, resep ini dibuat untuk 2 gelas. Selamat mencoba.

Cara Membuat Iced Mocha Float

Bahan Iced Mocha Float :

  • Air dingin 750 mili liter
  • Kopi bubuk instan 4 sendok teh
  • Susu kental manis cokelat 8 sendok makan
  • Cokelat bubuk 1 sendok teh
  • Sirup vanili 100 mili liter
  • Es krim vanila 4 skop

Bahan Pelengkap Iced Mocha Float :

  • Cokelat serut

Cara Membuat Iced Mocha Float :

  1. Pertama masukkan air, kop, susu, cokelat bubuk dan sirip vanili dalam mangkuk blender. kemudian blender hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tuang ke dalam gelas saji. beri 1 skop es krim, lalu taburi cokelat serut.
  3. Segera sajikan selagi dingin.
Selamat mencoba ya borr , resep ini dibuat untuk 4 gelas :

Cara Membuat Shake Kopi dan Peach

Bahan Shake Kopi & Peach :

  • Susu cair 750 mili liter
  • Kopi bubuk instan 2 sendok teh
  • Buah peach kalengan 250 gram ( tiriskan, lalu potong-potong )
  • Sirup vanili 75 mili liter
  • Es krim vanila 200 mili liter

Cara Membuat Shake Kopi & Peach :

  1. Pertama Tuangkan susu dalam mangkuk blender, lalu tambahkan kopi, buah peach dan sirup vanila, blender hingga lembut.
  2. Setelah itu masukkan es krim, dan blender lagi hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Terakhir tuangkan shake kopi ke dalam gelas saji.
  4. Sajikan selagi dingin.

Selain cara membuat es kopi hitam ada juga es kopi susu, banyak kedai kopi kekinian juga menyediakan menu lain yang tak kalah hits. Para pecinta kopi kian dimanjakan dengan berbagai macam pilihan kreasi kopi.Namun mengunjungi kedai kopi tiap hari tentu tak sehat bagi kantong.

Tak usah khawatir, kini kamu bisa menikmati minuman hits ala kedai kopi kekinian tersebut dengan membuatnya sendiri di rumah. Berikut saya akan membagikan atau bocorkan resepnya khusus untukmu para pecinta kopi pastinya.

Es Kopi Keju

Minuman unik ala kedai kopi kekinian yang sedang naik daun karna cita rasanya yang begitu unik dan enak ketika dirasakan.Sekarang kalian dapat membuatnya sendiri di rumah tanpa harus membelinya di kedai-kedai dan rela antri.

Cara Membuat Es Kopi Keju

Bahan-bahannya Es Kopi Keju :

  • 100 ml air hangat
  • 100 ml susu cair
  • 1 saset kopi instan
  • 3 sdm gula aren cair
  • 2 sdm creamer bubuk
  • Cream cheese secukupnya
  • 3 sdm bubuk cream cheese
  • 100 ml susu segar full cream
  • 3 sdm gula pasir
  • Sedikit garam
  • Es batu secukupnya

Cara membuat Es Kopi Keju :

  1. Campur kopi, gula aren cair, creamer bubuk, dan air hangat, aduk hingga rata lalu tambahkan susu cair.
  2. Campur susu segar lalu kocok sampai mencapai kekentalan yang diinginkan. Lalu tambahkan gula dan garam.
  3. Tambahkan es batu ke racikan kopi, lalu tuang, tambahkan cream di atasnya.
  4. Es kopi keju ala kedai kopi kekinian siap dihidangkan.

 Avogatto Kopi

campuran kopi hitam dan jus alpukat dengan topping es krim yang lagi hits di sekarang ini banyak yang rela antri di kedai-kedai hanya buat menikmati  rasa dari avogatto kopi yang sekarang agi treen.

Sekarang kalian tidak usah antri-antri lagi karena kalian dapat membuatnya sendiri dirumah bersama keluarga anda dan pastinya tidak kalah enak rasnya dari yang di jual di kedai-kedai.Simak yah supaya buatanmu nanti enak pastinya.

Bahan-bahan Avogatto Kopi :

  • 1 bungkus kopi instan
  • 1 buah alpukat
  • 200 ml air
  • 1/3 gelas susu kental manis
  • scoop es krim cokelat

Cara membuat Avogatto Kopi :

  1. Larutkan kopi instan dengan air, lalu sisihkan.
  2. Blender alpukat, masukkan susu kental manis lalu tambahkan sedikit air.
  3. Sajikan dengan es krim cokelat di atasnya, lalu siram dengan kopi hingga gelas penuh.

Cara Membuat Kopi Cappucino

Apa si cappucino itu ? anda akan menemukan jawabannya disini. tidak ribet dan sangat mudah dipraktekkan dirumah, bersama teman, atau pun bersama keluarga dirumah.

Cappuccino adalah minuman berbasis espresso dan susu panas. Satu shot espresso, dipadu dengan susu panas yang umumnya melalui proses yang dipanggil steamed sama dengan cara membuat es kopi hitam.

Pada awalnya, tidak terlalu susah untuk membuat segelas kopi cappucino. Bahkan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah sesuai dengan resep yang dimiliki. Nah, untuk melengkapi koleksi resep coppucino kepunyaan Anda. harus mencobanya karena caranya begitu mudah.

Café latte dan cappuccino terdiri dari espresso, steamed susu dan foam susu. Biasanya dengan menggunakan mesin espresso, café latte dibuat dengan espresso dari mesin espresso dan susu beserta foam yang dihasilkan oleh steamer yang ada di mesin espresso tersebut. setelah ini cara yang sangat mudah untuk membuat kopi cappucino.

Cara Membuat Kopi Cappucino

Bahan-bahan Kopi Cappucino :

  • 3/4 cup kopi Perancis
  • 2 cup susu tawar
  • 2 sdm coklat
  • bubuk coklat secukupnya

Langkah-langkah Membuat Kopi Cappucino :

  1. Siapkan blender. Seduh kopi di dalam blender menggunakan air panas secukupnya. Kemudian nyalakan blender dan proses hingga kopi berbusa.
  2. Panaskan susu dan coklat di dalam wajan sampai mendidih. Jangan lupa untuk terus mengaduknya supaya susu tidak pecah dan coklat tidak menggumpal.
  3. Tuangkan susu coklat tadi ke mangkuk. Setelah suhunya agak hangat, Anda bisa mengaduknya menggunakan mikser sampai tercipta busa yang cukup banyak.
  4. Tuangkan kopi ke dalam cangkir saji. Berikutnya tuangkan juga susu coklat di atasnya. Taburkan bubuk coklat untuk mempercantik tampilan minuman ini.

Cara Membuat Es Cappucino Instan

Bahan-bahan Es Cappucino Instan :

  • 1 sdm kopi bubuk instan
  • 3/4 cup susu
  • 6 buah es
  • 1 sdm gula
  • 1 sdt coklat bubuk
  • 1/2 sdt ekstrak vanili
  • 1 sdm sirup coklat
  • 1 sdm whipped cream

Langkah-langkah Cara Membuat Es Cappucino Instan  :

  1. Masukkan susu, gula, kopi, es, coklat bubuk, dan ekstrak vanili ke dalam blender. Lalu proses hingga bahan-bahan tersebut tercampur rata dan lembut.
  2. Masukkan sirup coklat ke dalam cangkir. Tuangkan juga hasil blenderan tadi ke cangkir. Tambahkan whipped cream di atasnya.
  3. jika ingin dingin,bisa ditambahkan dengan es seru.

Resep Coffee Cappucino

Bahan-bahan Coffee Cappucino :

  • 8 ons bubuk kopi segar
  • 1/2 cup susu
  • 1 sdm bubuk coklat
  • 1 sdm air panas
  • gula secukupnya
  • whipped cream secukupnya

Langkah-langkah Membuat Coffee Cappucino :

  1. Masukkan bubuk kopi dan bubuk coklat ke dalam mangkuk. Aduk supaya kedua bubuk ini tercampur rata. Tambahkan air panas ke dalamnya. Aduk kembali.
  2. Tuangkan sirup kopi coklat ini ke dalam cangkir. Tambahkan sirup coklat ke dalamnya. Komposisi sirup kopi coklat dan sirup coklat yang harus seimbang sehingga tercipta rasa dan aroma yang pas.
  3. Hangatkan susu dengan api kecil sambil terus diaduk agar tidak pecah. Setelah terlihat mulai mendidih, segera angkat susu dan tuangkan ke dalam cangkir secukupnya.
  4. Opsional, Anda bisa menambahkan gula ke dalam cangkir jika menginginkan minuman kopi Mochaccino yang manis. Permanis tampilan dengan sajian kopi Mochaccino dengan menambahkan whipped cream di atasnya.

Resep Espresso Cappucino

Bahan-bahan Espresso Cappucino :

  • 30 ml kopi espresso panas
  • 30 ml sirup coklat
  • 180 ml susu hangat

Langkah-langkah Membuat Espresso Cappucino :

  1. Masukkan sirup coklat ke dalam cangkir.
  2. Steam susu selama beberapa saat sampai berbusa. Kemudian tuangkan ke dalam cangkir tadi.
  3. Tambahkan espresso panas ke dalam cangkir, lalu diaduk-aduk. Berikan garnis berupa sirup coklat secukupnya.

Resep Cappucino Kedelai

Bahan-bahan Cappucino Kedelai :

  • 2 sdm kopi bubuk
  • 1/2 sdm coklat bubuk
  • 2 sdm air panas
  • 450 ml susu kedelai

Langkah-langkah Membuat Cappucino Kedelai :

  1. Masukkan kopi dan coklat ke dalam panci, tambahkan air panas ke dalamnya lalu aduk hingga merata.
  2. Tuangkan 350 ml susu kedelai ke dalam panci tadi. Kemudian panaskan sampai susu mulai menggelembung. Tiriskan.
  3. Panaskan 100 ml susu kedelai di dalam panci terpisah untuk membuat busa susu. Cukup panaskan sampai susu kedelai hangat dan berbusa. Pindahkan ke mangkuk, berikutnya proses menggunakan mikser.
  4. Tuangkan kopi susu ke dalam cangkir, lalu tambahkan busa susu di atasnya. Hiasi dengan kopi bubuk secukupnya.

Cara Membuat Kopi Cappucino Yang Sangat Sederhana Tapi Enak

Cappuccino sendiri minuman yang berasal dari italia yang dibuat dari espresso dan susu. Cappuccino biasanya juga didefinisikan sebagai 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu dikocok hingga berbusa atau bisa juga disebut denga Foam.

Sumber yang lain memyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Cappuccino berbeda dengan latte macchitato, yang kebanyakan terdiri dari susu dan sedikit busa. Disini jga akan dipaparkan bagaimana cara membuat cappuccino yang manual dan juga khas rumahan.

Bahan – bahan Kopi Cappucino Yang Sangat Sederhana :

  • 1 sendok teh kopi instan
  • ½ sendok teh coklat bubuk
  • 1 sendok the gula palem atau bisa juga gula merah
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 250 ml air
  • 50 ml whipping cream

Langkah – langkah Membuat Kopi Cappucino Yang Sangat Sederhana :

  1. Campurkan antara kopi, coklat bubuk, dan gula pasir ke dalam cangkir
  2. Panaskan air hangat sampai mendidih
  3. Jika air telah mendidih maka campurkan kopi, oklat ubuk, dan juga gula pasir ke dalam satu cangkir
  4. Setelah itu aduk-aduk hingga rata dan pastikan tercampur semuanya
  5. Tambahkan juga whipping cream bisa ditambahkan diatasnya

Begitulah cara membuat es kopi hitam yang sangat sederhana juga membuat secangkir kopi yang sangat nikmat, bisa juga dikasih tambahan sesuka hati.

Manfaat Kopi Hitam bagi Kesehatan

  1. Meningkatkan Fungsi Otak dan Memperbaiki Mood. Manfaat kopi untuk otak sangat banyak, karena kopi mengandung kafein. …
  2. Stimuli Fungsi Saraf dan Menambah Energi. …
  3. Meredakan Sakit Kepala. …
  4. Mencegah Parkinson dan Alzheimer. …
  5. Mengurangi Resiko Diabetes Tipe II

Jenis – Jenis Kopi Cappucino

ternyata cara membuat es kopi hitam cappucino juga memiliki jenis-jenisnya. apakah itu ? temukan juga jawabannya disini juga yha? dibawah ini adalah jenis – jenis kopi cappucino yang harus diketahui.

Traditional cappuccino

Pada umumnya cappuccino dibuat dari 1/3 espresso, 1/3 susu, dan juga 1/3 busa susu. Cara ini kurang disukai oleh beberapa orang dikarenakan kadang cappuccino itu bisa pahit. Rasanya tentu aja lebih enak karena foamed milk jadi bias nyebar keseluruh bagian atau bisa disebut rata semua.

Cappuccino chiaro

Kopi ini bisa disebut sebagai wet cappuccino atau white cappuccino. Kopi cappuccino chiaro dan cappuccino tradisional adalah cappuccino basah ini mengandung sedikit lebih banyak susu panas dan lebih sedikit foam diatasnya.

Cappuccino scuro

Cappuccino kering ini memiliki kandungan susu karena hanya mengandung sedikit susu, tetapi foam nya yang terlalu banyak. Pada dasarnya cappuccino kering ini adalah orang-orang yang suka rasa pahit nya kopi. Tetapi mungkin masih merasa belum begitu menyukai espresso.

Cappuccino freddo

Ini adalah minuman berversi dingin cappuccino dan berisi buih susu dingin dibagian atasnya. Cappuccino freddo banyak sekali tersedia diberbagai daerah italia, dan biasanya tidak disajikan dengan es batu.

Minuman ini terkenal banget di Yunani. Daerah mediteranian juga memiliki sedikit variasi yang berbeda untuk cappuccino freddo, di mana foam susu ditambahkan ke minumannya sesa.

Kandungan gizi per Gelas

Energi : 18 kj ,4 kkal
Lemak : 0,01g
Lemak Jenuh : 0,003g
Lemak tak Jenuh Ganda : 0,003g
Lemak tak Jenuh Tunggal : 0,001g
Kolesterol : 0mg
Protein : 0,19g
Karbohidrat : 0,67g
Serat : 0g
Gula  : 0g
Sodium : 4mg
Kalium : 57mg

Itulah tadi beberapa resep cara membuat es kopi hitam dan yang lainnya semoga yang kali ini saya bagikan semoga bermanfaat yaaa dan jangan lupa baca artikel lainnya cara membuat Es Teler.Terima kasih