Kerajinan dari Sedotan Plastik – Semua orang pasti mengenal benda satu ini. Sebuah pipa kecil yang mempunyai lubang. Seperti yang kita tahu, bahwa sedotan merupakan suatu alat yang kita gunakan untuk minum. Ketika kita membeli minuman atau di setiap tempat makan kita pasti sangat mudah menemukan sedotan.

Nampaknya memang sedotan ini telah mendunia. Tetapi siapa sangka ternyata sedotan awal mulanya terbuat dari batang – batang rumput padi, ataupun tumbuhan lain yang sejenis. Bahkan pada jaman dulu, di Sumeria menggunakan jerami sebagai sedotan sekitar 5000 tahun yang lalu.

Kemudian saat tahun 1888, sedotan yang terbuat dari jerami ini mulai berubah menjadi bahan kertas yang di pelopori oleh seorang bernama Marvin Stone yang memproduksi sedotan dengan menggulungkan lembaran kertas pada sebatang pensil. Gulungan tersebut kemudian dicelupkan pada parafin agar kuat terhadap air. Akhirnya Stone mendirikan pabrik sedotan dengan nama Stone Straw Company pada tahun 1889.

Berikut ini penjelasan mengenai alat dan bahan apa saja yang di perlukan untuk mengkreasikan sedotan :

Kerajinan dari Sendok Plastik Menjadi Vas Bunga

Kerajinan dari Sendok Plastik

Kalau kamu tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli vas bunga idaman, sedotan plastik yang harganya murah dan mudah didapat bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan. Vas bunga dari sedotan plastik memang terkesan simple dan praktis, namun indah dipandang dan bisa dibilang unik. Cara membuatannya pun juga mudah sekali.

Pertama kamu harus memilih warna sedotan plastik yang paling kamu sukai. Kemudian siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan mulai dari gunting, lem, dan lainnya. Hanya dengan membentuk pola dan merekatkan nya, vas bunga cantik siap untuk dipajang di ruang tamu rumahmu.

Alat dan Bahan yang Digunakan :

  • Gunting atau Cutter
  • Lem Kayu
  • Hiasan Manik-Manik
  • Sedotan Warna-Warni
  • Kaleng Bekas

Langkah Membuat Kerajinan dari Sedotan Plastik Menjadi Vas Bunga :

  1. Guntinglah sedotan menjadi tiga bagian. Pakailah sedotan dengan variasi warna. Gunting sedotan dengan bagian atas sedotan berbentuk meruncing.
  2. Pada kaleng, berilah lem kayu secara merata menyeluruh pada bagian mukanya. Mula mula jadikanlah bagian atas kaleng tanpa tutup, jika ada tutupnya maka potong lah bagian atas kaleng tersebut.
  3. Rekatkan lah sedotan pada kaleng yang telah di olesi lem tersebut. Tata dengan cara berselingan warna.
  4. Rapikan bagian ujung – ujung sedotan yang melebihi tinggi kaleng tersebut.
  5. Tutuplah dengan memberi manik manik pada bagian yang diinginkankan.
  6. Vas bunga telah jadi dan tunggulah sampai benar benar kering.

Kerajinan dari Sedotan Plastik Menjadi Bingkai Foto

Kerajinan dari Sendok Plastik

Kamu juga bisa membuat bingkai foto yang indah hanya dari sedotan plastik. Langkah pembuataannya sangat sederhana dan simple. Bahannya hanya kertas, gunting, lem, dan juga sedotan plastik. Bingkai fotonya juga akan lebih indah jika diberi hiasan yang unik.

Kamu bisa memasang berbagai jenis gambar di dalamnya mulai dari gambar pernikahan, wisuda, dan lainnya. Selanjutnya, pigura ini bisa dipajang di meja kamar, ruang tamu dan sebagainya untuk mempercantik ruangan rumahmu.

Alat dan Bahan yang Digunakan :

  • Sedotan Polos dengan satu warna gelap
  • Sedotan Motif
  • Triplek Kecil bentuk persegi panjang
  • Gunting
  • Cutter
  • Lem Kayu
  • Pita
  • Foto
  • Penyangga

Langkah Membuat Kerajinan dari Sedotan Plastik Menjadi Bingkai Foto :

  1. Siapkan lah triplek kecil yang berbentuk persegi panjang.
  2. Potong sedotan yang bermotif sebagian menjadi 2 bagian, sebagian menjadi tiga bagian.
  3. Berilah lem kayu secara merata pada bagian muka triplek.
  4. Rekatkan lah sedotan yang warna gelap polos pada bagian triplek tanah sudah di beri lem.
  5. Rapikan ujung ujung sedotan yang melebihi bentuk triplek dengan menggunakan gunting.
  6. Tunggu sampai kering.
  7. Untung bagian depan pigura, siapkan triplek pola persegi panjang dengan lubang di tengah sehingga hanya menyisakan bagian pinggir saja.
  8. Berilah lem pada bagian muka triplek tersebut, kumudian susun dan rekatkan sedotan yang bermotif sesuai panjang triplek.
  9. Rapikan bagian yang panjangnya melebihi triplek tersebut dengan mengguntingnya.
  10. Kemudian setelah kedua triplek telah kering dan sedotan telah menempel dengan sempurna, rekatkan lah dua bagian triplek tersebut dengan menyisakan satu sisi tanpa lem, agar bisa menjadi jalan untuk foto yang masuk.
  11. Tunggulah sampai lem garing sempurna.
  12. Pasang penyangga pada bagian belakang menggunakan lem.
  13. Masukkan foto pada bingkai.
  14. Bingkai foto siap untuk di pajang.

Kerajinan dari Sedotan Plastik Menjadi Tirai Jendela

Kerajinan dari Sendok Plastik

Hias kamar kita supaya makin cantik dan kita berasa betah di dalamnya. Kamu bisa memanfaatkan sedotan untuk hal ini. Membuat tirai untuk jendela kamar kamu dari sedotan yang dibentuk bunga. Pasti deh jendelanya jadi cantik dan kamar kamu jadi indah.

Alat dan Bahan yang Digunakan :

  • Sedotan berwarna warna
  • Benang Wol
  • Botol Minuman Bekas
  • Paku Pinn warna Warni
  • Gunting
  • Penggaris
  • Benang

Langkah Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik Menjadi Tirai Jendela :

  1. Ambil benang wol kemudian potong sepanjang ukuran tirai yang ingin kamu buat. Lalu potong juga sedotan menjadi ukuran 5 cm.
  2. Lalu kamu tinggal masukkan aneka sedotan warna warni tersebut pada benang wol. Kamu bisa menambahkan manik-manik sebagai pembatas antar sedotan supaya tidak monoton.
  3. Ikat tali di ujung benang supaya rangkaian yang kamu buat tidak bubar.
  4. Jika sudah terangkai semuanya lalu satukan semua hasil rangkaian pada bilah kayu atau bilah bambu.
  5. Lalu paku deh kayu atau bambunya di bagian atas jendela kamu.

Fakta Menarik Mengenai Sedotan Plastik

  • Sejarah Tentang Bahan Sedotan

Lalu bahan sedotan lebih berkembang lagi, dengan menggunakan bahan polypropylene, yaitu bahan plastik yang dipakai untuk kantong obat, atau tutup botol minuman. Kemudian sedotan lipat mulai ditemukan pada tahun 1930 oleh Joseph B. Friedman dari San Francisco. Kemudian kini masyarakat luas banyak menggunakan sedotan yang lurus maupun sedotan yang dapat di tekuk untuk minum.

Sekarang, sudah banyak sekali jenis sedotan yang telah diproduksi seiring berkembangnya jaman. Bahkan sekarang ini sudah ada sedotan seperti sendok yang mempunyai dua fungsi. Yaitu bisa digunakan sebagai sedotan atau sebagai sendok.

Jika awalnya sedotan hanya digunakan sehari alat bantu untuk meminum minuman, kini sedotan sudah mulai banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat produk produk kerajinan tangan menarik. Meskipun bahannya murah dan mudah didapatkan namun hasilnya tidak kalah menarik dan variatif. Kita dapat memperoleh sedotan di berbagai toko yang menyediakan bahan kerajinan atau bahan plastik.

Sedotan kaya akan ragam warna, bentuk, dan motif. Meskipun sedotan terkesan agak kaku tetapi sedotan tetap memiliki sifat seperti bahan aslinya yaitu plastik yang elastis dan lentur sehingga bisa dengan mudah menjadikan berbagai macam bentuk yang dihasilkan dari sedotan.

  • Berbahaya bagi Lingkungan

Ada alasan mengapa sampah plastik termasuk sedotan plastik menjadi momok mengerikan bagi lingkungan. Pertama, bahan plastik sangat sulit terurai secara alami. Bahkan, meski dikubur, sampah plastik tetap dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan dan bentuknya tidak akan mudah berubah meski puluhan atau ratusan terlewat.

Kedua, sampah plastik seperti sedotan plastik bisa menjadi hal yang berbahaya bagi penghuni biota laut. Sudah banyak kasus ditemukan, ikan dan mamalia yang terjebak sampah plastik sehingga membahayakan nyawa mereka.

Sampah sedotan plastik pernah melukai seekor penyu yang mengalami kesulitan bernapas karena sedotan plastik melukai salah satu lubang hidungnya. Beruntung saat itu, penyu malang tersebut bertemu dengan beberapa orang yang baik hati membantunya melepas sedotan plastik sepanjang 10-12 sentimeter itu.

Video yang diunggah oleh Sea Turtle Biologist di YouTube sudah ditonton sekitar 35 juta putaran dan direkam oleh Christine Figgener, mahasiswa dari Texas A&M University.

Kesulitan pernapasan yang dialami si penyu tersebut tentu akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidupnya. Hal ini berarti juga akan berdampak pada ekosistem termasuk manusia. Inilah mengapa sampah sedotan plastik menjadi salah satu masalah lingkungan paling disorot karena berbahaya.

  • Bisa Dijadikan Hiasan Cantik

Kreativitas menjadi salah satu kunci untuk menurunkan atau meminimalkan jumlah sampah. Saat ini, banyak kemasan plastik bekas yang dapat dikirim ke bank sampah sehingga bisa didaur ulang menjadi barang berdaya guna dengan nilai jual tinggi. Termasuk sedotan plastik yang dapat diolah kembali menjadi hiasan pemanis interior atau eksterior rumah.

Ada banyak sekali jenis kreasi sedotan plastik yang dapat kamu kembangkan. Misalnya hiasan berbentuk bunga, tempat pensil, miniatur rumah untuk mainan, penghias lampu, bahkan sandal jepit.

Selain bisa digunakan untuk hiasan, hasil kreasi sedotan plastik juga dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Bila hasilnya bagus dengan daya guna tinggi, bukan tidak mungkin kreasi sedotan plastik memiliki nilai jual yang menguntungkan.

Nilai Tambah Kerajinan dari Sedotan Plastik

Supaya sedotan memiliki nilai tambah yang lebih dan terlihat lebih menarik, tak banyak dibutuhkan keterampilan atau pelatihan khusus. Tetapi, secara teknis ada beberapa langkah yang harus di persiapkan agar proses pengerjaan menjadi lancar. Diawali dari bentuk apa yang akan kita buat, pemilihan alat, bahan pendukung, bahan dasar, model perangkaian, atau pengemasannya.

Gerakan Sederhana Mengatasi Sampah Plastik

  • Membawa Kotak Makan Sendiri

Ketika kita membeli makanan diluar baik di restaurant cepat saji atau makanan di pinggir jalan, jika kita memeilih untuk dibungkus maka akan diberiakan banyak platik bukan? Apalagi jika anda membeli makanan dengan jenis yang berbeda – beda dan berkuah, pastinya akan lebih banyak lagi plastik yang digunakan untuk membungkusnya. Kalau memang tidak suka memasak sendiri maupun tidak ada waktu untuk memasak, usahakan membawa kotak makan sendiri saat membeli makanan. Selain sebagai usaha untuk mengurangi sampah plastik, makanan yang kamu belipun lebih aman dari bahaya plastik.

  • Menggunakan Tas Belanjaan Sendiri

Salah satu upaya sedehana untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan menggunakan tas belanjaan sendiri pada saat berbelanja. Dengan menggunakan tas belanjaan sendiri pada saat berbelanja maka akan mengurangi tumpukan sampah plastik di rumah.

  • Membawa Air Minum Sendiri

Dari pada membuang – buang uang untuk membeli air minum, lebih baik membawa sendiri dari rumah. Selain lebih hemat air yang kita bawa pastinya akan lebih terjamin kebersihannya. Namun, jika memang terpaksa membeli air minuman pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya supaya dapat didaur ulang nantinnya.

  • Menyimpan Produk Dengan Gelas Kaca

Saat menyimpan camilan maupun bahan – bahan dirumah lebih baik menggunakan gelas kaca. Manfaat yang didapat dari mengunakan gelas kaca selain ramah lingkungan juga lebih aman bagi makanan yang disimpan. Selain menggunakan gelas kaca bisa juga menggunakan kertas karton karena lebih mudah terurai.

  • Tidak Lagi Menggunakan Sedotan

Dulu sedotan plastik kuarang diperhatikan, namun sekarang banyak hewan – hewan laut yang mati karena sedotan plastik. Memang sekarang sudah banyak sekali restaurant, terutama restorant cepat saji atau kedai minuman yang melayani pembelian dengan dituang ke botol minum sendiri karena kebijakan dan peraturan dari perusahaan.

  • Daur Ulang

Istilah daur ulang memang sudah tak asing lagi. Daur ulang adalah salah satu cara untuk mengubah barang bekas menjadi barang baru yang lebih bermanfaat atau bisa juga diolah menjadi barang yang dapat diperjual belikan. Tujuan proses daur ulang adalah untuk mengurangi dan mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah plastik.

  • Kurangi Pengunaan Kantong Plastik

Plastik memang sangat membantu dalam mengemas suatu produk, selain lebih praktis juga mudah untuk didapat. Namun kepraktisan menggunakan plastik menyebabkan dampak buruk bagi lingkungan. Jika kita membeli makanan maupun minuman jika memungkinkan pakai tempat makan atau minum yang dibawa sendiri sebagai wadah, nah sekarang juga anda tidak perlu pusing karena sekarang sudah ada mesin pencacah plastik untuk limbah plastik yang bisa mengelola sampah anda untuk di cacah.

Jadi bagaimana, guys? Seru kan mengolah sedotan plastik menjadi hasil kerajinan tangan? Itulah beberapa inspirasi cara daur ulang sederhana dari barang bekas yang bisa kamu coba buat untuk mempercantik dekorasi rumahmu. Dari sekarang, mulailah untuk memanfaatkan sedotan plastik tak terpakai tersebut yah. Selamat mencoba!