Tahu sumedang adalah salah satu camilan khas dari Sumedang. Tahu ini mempunyai warna kecokelatan dan juga kopong didalamnya yang sangat enak jika dinikmati dalam keadaan masih hangat. Cara membuat tahu Sumedang juga tidak terlalu sulit dan bisa dibuat dirumah.

Rasanya yang khas dengan cabai rawit kecil atau sambal yang menemaninya semakin menambah kelezatan rasanya. Selain itu juga, tahu sumedang akan lebih lengkap jika disajikan bersama dengan lontong berisi sayuran. Meskipun tahu ini asli berasal dari Sumedang, tapi pemasarannya sudah banyak yang ke kota-kota besar di Indonesia.

Mungkin karena rasanya yang enak dan juga berbeda dari jenis tahu yang lainnya sehingga banyak para penikmat tahu yang menyukai. Tahu sumedang yang dijual ada dua macam, ada tahu sumedang yang masih mentah dan ada tahu sumedang yang sudah digoreng dan siap disantap.

Biasanya para pedagang menjualnya dengan menggunakan gerobak ataupun dengan kotak kaca kecil yang digendong. Untuk cara membuat tahu sumedang mentah sebenarnya dapat dibilang susah susah gampang dalam membuatnya.

Karena tahu sumedang  sendiri memiliki waktu tahan yang lebih sedikit dari tahu yang lain, oleh sebab itu tahu sumedang lebih cepat menjadi basi dan akan terasa asam. Selain itu, dalam menggorengnya pun kita harus benar-benar memperhatikan minyak goreng yang dipakai.

Kamu harus memilih minyak goreng yang berkualitas baik supaya tahu sumedang yang kamu goreng hasilnya maksimal, lezat, dan crispy. Memang dalam cara membuat tahu sumedang ini kamu memerlukan waktu yang lebih banyak jika ingin membuat sendiri.

Selain mendapatkan tahu sumedang yang fresh, membuat tahu sumedang sendiri membuat kamu akan terhindar dari bahan pengawet dan lebih terjaga akan kebersihannya. Untung membuatnya pun anda membutuhkan mesin penggiling kedelai untuk menggiling kedelainya atau bisa dipasar jika tidak punya mesin penggiling kedelai.

Selain untuk dinikmati, membuat tahu sumedang juga bisa menjadi ladang usaha untuk kamu. Untuk itu, sekarang kita langsung masuk ke pembahasan cara membuat tahu sumedang.

Cara Membuat Tahu Sumedang Sendiri di Rumah

Cara Membuat Tahu Sumedang Goreng Enak

Ternyata membuat tahu sumedang bisa kamu lakukan dirumah, cara memang susah susah gampang, namun bagi kamu yang ingin mencoba, bisa mengikuti cara yang dibawah ini.

1. Cara Membuat Tahu Sumedang Mentah

Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Tahu Sumedang:

  • Mesin penggiling atau bisa menggunakan blender jika hanya membuat dalam jumlah sedikit.
  • Kuali perebus gunanya untuk merebus bubur kedelai, usahakan menggunakan bahan yang anti karat misalnya stainless steel.
  • Wanjan penggorengan.
  • Kompor atau bisa juga menggunakan tungku.
  • Baskom plastik gunanya untuk merendam kedelai dan menampung bubur kedelai.
  • Tempat penyaringan gunanya untuk menyaring bubur kedelai menjadi sari kedelai.
  • Bambu atau ancak untuk tempat tahu mentah hasil cetakan yang terbuat dari anyaman bambu yang berfungsi sebagai peniris. Ancak juga digunakan untuk tempat tahu yang sudah digoreng.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan untuk Memasak Tahu Sumedang:

  • Kedelai.
  • Air bersih dengan takaran untuk 1 kg kedelai biasanya diperlukan sebanyak 45 liter. Ukuran tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.
  • Penggumpal (untuk tahu sumedang, menggunakan bahan penggumpal biang).
  • Antibusa (minyak kelapa sisa penggorengan pada hari sebelumnya).
  • Minyak goreng.
  • Bumbu, antara lain adalah bawang putih, campuran kemiri, garam yang dihaluskan dan dilarutkan dalam air rendaman tahu mentah siap goreng.

Takaran Bahan yang Biasa Digunakan untuk Membuat Tahu Sumedang Dirumah:

  • Kacang kedelai sebanyak 1 kg.
  • Air bersih 40 liter.
  • Larutan biang 3,5 liter.
  • Minyak goreng secukupnya.
  • Bumbu secukupnya.

Cara Membuat Tahu Sumedang:

Pembuatan Sari Kedelai untuk Tahu Sumedang:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bersihkan kedelai dari kotoran atau benda asing lainnya seperti kerikil, pasir, kedelai yang pecah, berlubang, berjamur, dan busuk.
  2. Selanjutnya adalah merendam kedelai dalam air bersih dengan perbandingan 1 : 2 selama 3-5 jam atau cukup 1-2 jam saja.
  3. Kemudian bersihkan kedelai hasil rendaman dengan air lalu tiriskan.
  4. Setelah itu giling kedelai hingga berbentuk bubur sambil masukkan juga air sedikit demi sedikit. Tampung dalam wadah anti karat.
  5. Lalu masukkan bubur kedelai kedalam air panas atau mendidih sambil terus dipanaskan.
  6. Kemudian aduk kedelai sambil masukkan juga air dingin 3 ml, atau bisa jua tambahkan minyak goreng sisa sebanyak 0,5 liter untuk mengatasi timbulnya busa.
  7. Selanjutnya rebus bubur kedelai hingga matang atau sampai berwarna kuning pucat.
  8. Setelah matang, angkat bubur kedelai kemudian disaring.
  9. Untuk proses penyaringan dibantu dengan penambahan air panas sebanyak sekitar 100 per gilingan pada ampasnya hingga memperoleh air penyaringan yang jernih.

Penggumpalan dan Pengendapan Tahu Sumedang:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah tambahkan larutan biang ke sari kedelai yang masih panas ke dalam tempat penyaringan tahu sebanyak 4 ml per gilingan.
  2. Kemudian aduk sampai merata dengan arah yang tidak berubah hingga membentuk endapan atau menggumpal, biarkan gumpalan sari kedelai turun dan mengendap di dasar tempat penyaringan tahu selema kurang lebih 5-15 menit.
  3. Setelah itu pisahkan gumpalan sari kedelai yang berada di dasar tempat penyaringan dan cairan sisa penggumpalan. Caranya adalah dengan mengayak bambu yang dilapisi kain saring dibenamkan, setelah itu ambil cairan dengan gayung.
  4. Kemudian tampung sebagian cairan sisa ke dalam tempat anti karat untuk digunakan sebagai larutan biang.

Pencetakan dan Pengepresan Tahu Sumedang:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah hancurkan gumpalan sari kedelai dengan cara diaduk searah secara pelan-pelan dalam tempat penyaringan.
  2. Kemudian masukkan gumpalannya kedalam cetakan yang beralaskan kain sarung halus.
  3. Setelah itu tutup bagian atas permukaan sari tahu dengan kain saring, kemudian letakkan papan penutup serta pemberat di atasnya. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit hingga gumpalan memadat dan air sisanya keluar dan menetes melalui lubang cetakan.

Pemotongan dan Penggorengan Tahu Sumedang:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu angkat tahu yang sudah padat dari cetakan.
  2. Kemudian letakkan tahu di rak bambu sambil dibalik permukaannya.
  3. Lalu potong tahu yang sudah memadat, memotong bisa sesuai dengan selera.
  4. Selanjutnya rendam potongan tahu mentah dengan raknya kedalam bak rendaman berisi larutan bumbu selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian angkat lalu tiriskan.
  5. Siapkan penggorengan lalu panaskan minyak goreng, kemudian goreng tahu dengan menggunakan minyak goreng dalam jumlah banyak serta api yang besar. Goreng tahu sampai matang.
  6. Setelah selesai, simpan tahu goreng di rak-rak hingga dingin, kemudian masukkan ke dalam tempat  yang sudah disiapkan.

Itulah tadi cara membuat tahu sumedang yang dapat kamu coba di rumah, memang membuatnya cukup susah susah gampang. Setelah tahu cara membuat tahu sumedang dan sudah jadi, sekarang saatnya kamu mengolah tahu sumedang tersebut menjadi hidangan siap santap yang enak dan lezat.

Cara mengolahnya pun cukup mudah dan praktis. Berikut ini akan kita bahas macam macam cara mengolah tahu sumedang yang enak dan lezat.

Cara Membuat Tahu Sumedang Goreng Enak

Cara Membuat Tahu Sumedang Goreng Enak

Bahan Utama yang Dibutuhkan:

  • 10  buah tahu sumedang.
  • 80 gram tepung terigu serba guna.
  • 1 sendok teh penyedap rasa.
  • Setengah sendok teh garam dapur.
  • 3 butir bawang merah dihaluskan.
  • 1/4 sendok teh baking powder.
  • 1 cm kunyit dihaluskan.
  • 2 siung bawang putih dihaluskan.
  • 1 butir telur ayam.
  • Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya.
  • Air secukupnya.

Cara Membuat Tahu Sumedang Goreng Enak:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu campur tepung terigu, baking powder, garam, dan penyedap rasa pada satu wadah, aduk sampai rata lalu sishkan sejenak.
  2. Selanjutnya campur air dengan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu aduk sampai rata.
  3. Kemudian potong tahu menjadi 4 bagian lalu rendam kedalam air yang telah dibumbui, kemudian diamkan selama 10 menit.
  4. Setelah selesai merendam, buang air rendaman kemudian tiriskan tahu.
  5. Selanjutnya kocok telur ayam kemudian masukkan tahu rendaman kedalam telur.
  6. Lalu gulingkan tahu satu persatu kedalam campuran tepung terigu hingga seluruh permukaannya tertutup rapat.
  7. Setelah itu siapkan wajan lalu panaskan minyak diatas api sedang kemudian goreng tahu yang sudah dibaluri tepung hingga berwarna kecoklatan dan matang. Setelah matang, angkat lalu tiriskan.
  8. Siapkan piring saji, kemudian sajikan tahu sumedang goreng enak, lebih lezat lagi jika disantap bersama sambal dan nasi hangat.

Itulah tadi cara membuat tahu sumedang goreng enak, membuatnya tidak terlalu susah dan rasanya tentu lezat. Tetapi selain lezat, tahu sumedang juga ternyata mempunyai banyak manfaat baik bagi tubuh. Berikut ini akan kita baha manfaat tahu sumedang untuk kesehatan.

Manfaat Tahu Sumedang Untuk Kesehatan

Tahu sumedang adalah salah satu jajanan khas dari Sumedang. Jika kamu berlibur ke daerah Jawa Barat pasti akan menemukan jajanan yang satu ini. Sebenarnya tahu sumedang tidak hanya dijumpai di Jawa Barat, tetapi didaerah lain pun bisa dijumpai karena tahu sumedang sudah banyak yang membuatnya.

Tahu sumedang berbahan dasar kedelai, oleh sebab itu mempunyai kandungan lemak, karbohidrat, zat besi, natrium, dan mineral seperti kalsium. Dan masih ada manfat lainnya dari tahu sumedang ini seperti yang akan kita bahas berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang adalah salah satu organ tubuh manusia yang harus benar-benar di jaga. Hal ini dikarenakan dengan menjaga tulang yang ada pada tubuh akan mencegah pengeroposan lebih cepat. Oleh sebab itu, kamu sangat di anjurkan sekali untuk mengonsumsi tahu.

Hal ini di sebabkan karena tahu mempunyai kandungan kalsium yang berperan sebagi pencegah pengeroposan tulang dan menjaga kesehatan tulang kamu.

2. Menyebabkan Rasa Kenyang

Manfaat tahu sumedang lainnya yaitu bisa menyebabkan rasa kenyang. Tahu sumedang ini sangat baik sekali bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Hal ini di sebabkan karena tahu sumedang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup.

Karbohidrat sendiri adalah sumber energi utama tubuh yang merupakan zat gizi yang terdapat dalam makanan tahu sumedang. Sehingga akan membuat kamu kenyang meskipun tidak mengkonsumsi nasi.

3. Menjaga Kondisi Homeostasis Tubuh

Selain untuk menyebabkan rasa kenyang tahu sumedang juga mempunyai manfaat lain. Salah satunya adalah dapat menjaga kondisi homeostasis tubuh. Homeostasis tubuh ini adalah konsistensi dan uniformitas dari lingkungan internal tubuh yang mempertahankan fungsi normal tubuh.

Lalu pendapat lain untuk homeostasis yaitu suatu keadaan tubuh untuk mempertahankan keseimbangan dalam menhadapi kondisi yang di alaminya. Oleh sebab itu, jika tubuh kamu mengalami gangguan, kamu bisa mengkonsumsi tahu sumedang ini untuk keseimbangan daya tahan tubuh kamu.

4. Menjaga kesehatan gigi

Selain untuk menjaga kondisi homeostasis tubuh ternyata kandungan yang ada di dalam tahu sumedang ini mempunyai manfaat untuk kesehatan gigi kamu. Kalau kamu ingin gigi kamu selalu sehat, sangat di sarankan untuk mengonsumsi tahu.

Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada pada tahu sumedang seperti mineral dan kalsium telah di percaya bahwa mempunyai peranan untuk menjaga kesehatan gigi dan juga mencegah pengeroposan pada gigi.

5. Membantu Fungsi Organ Tubuh

Tahu sumedang ini sangat baik sekali kalau kamu sering mengkonsumsinya, hal ini di sebabkan karena tahu mempunyai kandungan yang bisa membantu fungsi organ tubuh kamu. Khusunya pada otot jantung, oleh karena itu, bagi kamu yang mempunyai gangguan pada jantung sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi tahu.

Hal ini di sebabkan karena kandungan yang ada di dalam tahu sumedang mempunyai mineral dan kalsium yang berperan banyak untuk otot jantung kamu.

6. Membentuk Hemoglobin Dalam Sel Darah Merah

Tahu sumedang ternyata mempunyai zat besi yang berperan dalam pembentukan hemoglobin pada sel darah merah. Oleh sebab itu, kandungan yang ada di dalam tahu sumedang ini sangat baik sekali bagi orang yang berpotensi terkena anemia, seperti ibu-ibu yang sedang hamil, ibu menyusui dan juga kaum hawa yang sedang menstruasi.

Kemudian, dengan produksi hemoglobin yang meningkat, suplai oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh menjadi terjaga. Dengan adanya oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh terjaga akan menyebabkan proses metabolisme sel kamu akan semakin cepat.

Itulah tadi manfaat sehat tahu sumedang untuk tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.

Fakta Unik Tentang Tahu Sumedang

1. Berasal Dari Negeri China

Tahu Sumedang ternyata pertama kali dikenalkan oleh imigran asal China, Ong Kino. Beliau datang melalui Pelabuhan Cirebon di awal 1900-an dengan tujuan berdagang.

Lantaran melihat adanya potensi, ia pun mendirikan sebuah pabrik tahu di kota Sumedang. Tahu sendiri berasal dari bahasa Mandarin, Doufu dan sering dihidangkan di saat ada pesta rakyat bersama warga asal China.

2. Diturunkan ke Anak

Tetapi, menu tahu Sumedang justru baru hadir saat usaha pabrik tahu Ong Kino dipegang oleh sang anak, Ong Bungkeng pada tahun 1917. Yang membuat beda tahu Bungkeng dengan tahu biasa adalah menggunakan larutan biang yang berasal dari asam cuka. Dengan resep ini, tahu akan terlihat lebih garing dan gurih saat disantap dalam keadaan panas.

3. Dahulu Hanya Ada 4 Pabrik Tahu Sumedang

Perlu kamu ketahui, dahulu pabrik tahu sumedang hanya berjumlah 4 saja. Tetapi, sekarang berjumlah hingga 200 pabrik di Sumedang. Belum lagi ditambah pabrik-pabrik lain yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia. Kemungkinan jumlahnya bisa mencapai hingga 300-an.

4. Dalam Sehari, Tahu Sumedang Dibuat Sebanyak 5000 Tahu

Fakta selanjutnya yaitu, dalam sehari tahu sumedang yang dibuat oleh Bapak Suriadi dan para pekerja lainnya bisa mencapai hingga 5000 tahu sumedang. Bapak Suriadi dan para perajin tahu membuat tahu sumedang mulai dari pukul 4 pagi, sampai pukul 5 sore.

Kemudian, pembuatan tahu sumedang yang masih dilakukan dengan cara tradisional ini dibuat di sebuah dapur besar yang juga sangat sederhana. Dalam sehari, para perajin membuat hingga sekitar 5.000 – 6.000 tahu.

 

Sekian artikel tentang cara membuat tahu sumedang ala rumahan yang lezat, manfaat tahu untuk kesehatan dan juga fakta unik tentang tahu sumedang yang bisa penulis rumahmesin.com berikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kamu.