Cara Menggoreng Mete Renyah dan Gurih Serta Manfaat Kacang Mete

cara menggoreng mete renyah dan gurih
Cara menggoreng mete renyah dan gurih tidaklah begitu sulit. Menggoreng mete adalah salah satu cara mengolah  mete menjadi hidangan yang dapat anda coba di rumah.
Kacang mete adalah biji berbentuk ginjal yang bersumber dari pohon mete pohon tropis asli Brasil tetapi sekarang dibudidayakan di berbagai iklim hangat di seluruh dunia.
Meski biasa disebut kacang pohon, dan bergizi sebanding dengannya, kacang mete sebenarnya adalah biji. Mereka kaya nutrisi dan senyawa tanaman yang bermanfaat dan mudah ditambahkan ke banyak hidangan.
Sebenarnya masih banyak hidangan lain yang menggunakan bahan utama kacang mete. Apalagi jaman sekarang sudah banyak tersedia alat pengupas mete yang dapat mempermudah anda dalam mengolah mete.
Pada kesempatan ini saya akan membagikan cara menggoreng mete renyah dan gurih serta apa saja manfaat dari kacang mete. Berikut ini ulasan lengkapnya.

Tentang Resep Cara Menggoreng Mete Renyah dan Gurih

Resep Kacang Mete Goreng

Saya akan memperingatkan Anda sekarang: Kacang mete ini membuat ketagihan. Dan mereka sangat mudah dibuat:

  1. Pertama, mereka digoreng dengan minyak kelapa sampai berwarna cokelat keemasan.
  2. Kemudian dibumbui ala Thailand (dengan air jeruk nipis, cabai, dan saus ikan)

Saya sarankan memakannya hangat, langsung dari wajan. Tapi Anda pasti bisa memakannya keesokan harinya (atau lusa). Namun, ini tidak akan bertahan selamanya, karena dimasak dengan sedikit cairan.

Bahan Menggoreng Mete Renyah dan Gurih

  •  2 cangkir kacang mete
  •  2 sendok makan minyak kelapa
  •  Jus dari 1 jeruk nipis
  •  1 sendok teh kecap ikan
  •  2 sendok teh bumbu togarashi (atau bubuk cabai lainnya)

Instruksi Cara Menggoreng Mete Renyah dan Gurih

  1. Dalam mangkuk kecil, campurkan air jeruk nipis, kecap ikan, dan bumbu togarashi.
  2. Panaskan minyak kelapa dalam wajan dengan api sedang. Tambahkan kacang mete dan tumis selama 3 sampai 4 menit, sampai kacang mete berwarna cokelat keemasan. Matikan panas.
  3. Tuang campuran jeruk nipis ke dalam wajan panas dan aduk hingga merata. Angkat kacang mete dari wajan dan letakkan di atas loyang hingga agak dingin. Makan hangat dari wajan (lebih disukai) atau setelah dingin.

Apakah Kacang Mete Sehat?

Satu buah jambu mete mengandung sekitar 21 persen protein , 46 persen lemak, dan 25 persen karbohidrat. Seperempat cangkir saji mengandung sekitar 200 kalori, 5 gram protein, 9 gram karbohidrat, dan 16 gram lemak.
Kacang mete memiliki keseimbangan jenis lemak yang sehat – 62 persen lemak kacang mete adalah lemak tak jenuh tunggal (MUFA), sedangkan 18 persen adalah lemak tak jenuh ganda (PUFA).
Sementara banyak kacang memiliki tingkat lemak tak jenuh ganda (PUFA) yang tinggi, yang memicu peradangan, kacang mete memiliki jumlah PUFA yang relatif rendah, yang membatasi ketidakseimbangan omega-6 dengan omega-3 yang Anda alami.

Apa Manfaat Nutrisi Kacang Mete?

Kacang Mete

  • Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi : Kandungan magnesium dan tembaga kacang mete bekerja sama untuk memperkuat massa tulang. Sebagian besar magnesium dalam tubuh Anda disimpan di tulang, jadi jika Anda kekurangan, tulang Anda akan menderita. Tembaga membantu tulang dan persendian tetap fleksibel dengan mensintesis kolagen dan elastin.
  • Merilekskan saraf : Magnesium dalam kacang mete mencegah kalsium dari sel saraf yang terlalu aktif, oleh karena itu membuat mereka rileks. Tindakan ini juga membuat pembuluh darah dan otot Anda rileks. (Anda mungkin memperhatikan bahwa jika kadar magnesium Anda rendah, Anda sering mengalami kram otot.)
  • Menjaga kesehatan kulit dan rambut : Tembaga dalam kacang mete membantu memproduksi berbagai enzim yang terlibat dalam pembentukan hemoglobin dan kolagen. Kolagen adalah protein struktural utama yang ditemukan pada rambut dan kulit yang memberikan elastisitas jadi Anda dapat menganggap tembaga sebagai salah satu prekursor untuk rambut indah Anda.
  • Bantuan dalam manajemen berat badan : Kacang mete mengandung lebih sedikit lemak dibandingkan kacang populer lainnya termasuk kacang tanah, pecan, almond, dan kenari. Namun apa yang membuat mereka menjadi “kacang penurun berat badan” yang menang adalah karena mereka padat nutrisi dan energi, dan tinggi serat, yang membuatnya lebih mengenyangkan sebuah keuntungan untuk mengelola berat badan.

Manfaat Kacang Mete

Memuaskan sebagai camilan, topping, atau saus dan mentega, mete disukai di seluruh dunia karena keserbagunaan dan rasanya yang kaya.
Banyak orang makan kacang mete secara teratur tanpa memahami asal-usulnya. Kacang ini mungkin tampak mentah dan alami saat dijual sebagai camilan, tetapi dalam bentuk yang baru dipetik, kacang ini sebenarnya beracun. Itu tidak dapat dikonsumsi dengan aman sampai telah dipanggang
Bahkan setelah perlakuan panas yang diperlukan, bagian luar kacang mete harus dihilangkan untuk mengakses produk lezat di dalamnya. Proses padat karya ini tidak hanya menyebabkan tingginya harga kacang mete, tetapi juga statusnya yang berharga bahkan di antara kacang-kacangan sejenis.
Kacang mete berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, serta beberapa Kepulauan Karibia. Di tempat-tempat tersebut, mereka telah dinikmati selama ribuan tahun
Orang Eropa menemukan kacang pada akhir tahun 1500-an. Setelah itu, mereka dengan cepat menyebar ke India dan sebagian Afrika. Mereka tidak menjadi populer di Amerika Serikat sampai General Food Corporation mulai mengirimkannya dalam jumlah besar selama 1920-an.
Saat ini, bagaimanapun, orang Amerika adalah salah satu konsumen mete paling berdedikasi di dunia.

Khasiat Mete Bagi Kesehatan

 

Kaya akan protein, lemak sehat, dan antioksidan seperti polifenol, kacang mete menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang patut dicatat.

1. Mengurangi Kolesterol

Kacang mete sebelumnya telah menerima reputasi buruk karena memasukkan lemak jenuh, tetapi ini mungkin tidak terlalu bermasalah seperti yang ditunjukkan oleh label jenuh.
Sebagian besar lemak dalam kacang mete berasal dari asam stearat, yang diyakini para ahli memiliki dampak netral pada kolesterol darah. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan porsi kecil kacang mete setiap hari melihat sedikit penurunan kolesterol “jahat” LDL

2. Mencegah Penyakit Jantung

Selain menurunkan kadar kolesterol LDL, kacang mete dapat membantu mencegah penyakit jantung karena kandungan magnesiumnya yang tinggi. Asupan magnesium yang tepat dapat mengurangi risiko penyakit jantung iskemik, yang sering terjadi saat jantung tidak menerima cukup darah.

3. Dapat Mencegah Stroke

Magnesium dalam kacang mete dapat membantu mengurangi risiko stroke. Hubungan ini paling menonjol untuk stroke hemoragik, yang diakibatkan oleh melemahnya pembuluh darah yang menumpahkan darah ke jaringan otak saat pecah.

4. Dapat Menjadi Pencegah Diabetes

Kacang mete rendah karbohidrat, terutama dibandingkan dengan camilan umum lainnya. Ini membatasi dampaknya pada gula darah, menjadikannya pilihan yang bagus bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2, serta mereka yang ingin mencegah kondisi tersebut.

Kandungan Nutrisi Kacang Mete

Kacang mete adalah sumber lemak sehat yang luar biasa, termasuk varietas tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Kacang ini juga merupakan sumber protein sederhana. Karena alasan ini, mereka sering kali ditampilkan dalam makanan vegetarian dan vegan.
Kacang mete juga merupakan sumber yang sangat baik untuk:
  • Magnesium
  •  Mangan
  • Fosfor
  •  Seng
  • Vitamin B6
  •  Vitamin K.
  • Nutrisi per Penyajian
Satu ons kacang mete mengandung:
  • Kalori: 165
  • Protein : Kurang dari 1 gram
  • Lemak : 14 gram
  • Karbohidrat : 9 gram
  • Serat : Kurang dari 1 gram
  • Gula: 1 gram
  • Hal-hal yang Harus Diperhatikan
Kacang mete tinggi kalori dan karenanya paling baik dinikmati dalam jumlah sedang. Perlu diingat saat menyajikan kacang ini bahwa kacang ini dapat menyebabkan reaksi alergi yang parah bagi sebagian orang.

Cara Menyajikan Kacang Mete

Kacang mete tersedia sepanjang tahun di hampir semua toko grosir dan koperasi. Mereka juga dapat ditemukan di banyak toko makanan khusus
Jika dibeli dalam jumlah besar, kacang mete harus dipindahkan ke wadah kedap udara. Tidak peduli bagaimana mereka disimpan, mereka harus dijauhkan dari sumber panas yang signifikan.
Suhu ruangan dapat diterima untuk penyimpanan jangka pendek. Dalam jangka panjang, kacang mete bisa disimpan di lemari es atau freezer
Meski sering dinikmati sendiri sebagai camilan, kacang mete juga bisa dimasukkan ke dalam berbagai makanan. Mereka tidak hanya memberikan rasa pedas yang menyenangkan tetapi juga kerenyahan yang memuaskan.
Ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk menambahkan tekstur ke beberapa hidangan dan makanan yang dipanggang.
Berikut adalah beberapa cara mudah untuk memasukkan kacang mete ke dalam makanan dan camilan favorit Anda:
  1. Gabungkan kacang mete dengan buah kering, keping cokelat, dan kacang lainnya untuk membuat campuran jejak.
  2. Aduk kacang mete dengan selada romaine, tomat, dan sedikit minyak zaitun untuk salad yang sehat dan memuaskan.
  3. Tambahkan ke bungkus yang menampilkan ayam potong dadu, mustard, dan mayones
  4. Kombinasikan dengan kelapa, sirup maple, dan gandum gulung. Campur bahan-bahan ini sebelum dipanggang untuk membentuk granola.
  5. Taburkan kacang mete asin di atas kacang hijau sangrai.
  6. Nikmati dengan yogurt, granola, dan buah dalam parfait yang lezat.
  7. Siapkan dengan nasi, kecap, ayam, dan serpihan cabai merah dalam slow cooker.
  8. Aduk mie lo mein yang dilapisi saus tiram dan kecap.

Manfaat Lainnya

1. Kacang Mete Adalah Pemasok Energi yang Sangat Baik

Kacang mete mengandung hampir 40 persen lemak karena itu kandungan kalorinya tinggi. Namun, sebagian besar lemak adalah asam lemak yang menyehatkan.
Oleh karena itu, kacang mete tidak boleh digolongkan sebagai camilan tidak sehat sama sekali, tetapi menyuplai Anda dengan asam lemak penting, yang tidak hanya memberi Anda energi, tetapi juga secara positif mempengaruhi sistem kardiovaskular Anda, misalnya dengan menurunkan kadar kolesterol.
Sebaliknya, karbohidrat membentuk sekitar 30 persen. Ini jauh lebih banyak dari kebanyakan jenis kacang-kacangan lainnya, seperti hazelnut, misalnya. Bergantung pada bentuk nutrisinya, ini bisa dilihat sebagai keuntungan atau kerugian.
Namun, karena lebih cenderung menjadi karbohidrat dan serat rantai panjang, konsumsi kacang mete mendukung tingkat gula darah yang konstan dan mengurangi risiko kenaikan berat badan dalam konteks ini.

2. Kacang Mete Mendukung Pembentukan Otot

Kacang mete mengandung 18 gram protein per 100 gram dan karena itu merupakan sumber protein vegan yang sangat diperlukan. Asam amino yang terkandung di dalamnya tidak hanya membantu membangun dan memelihara otot, tetapi juga memenuhi tugas penting lainnya.
Misalnya, mereka adalah blok bangunan penting untuk membangun dan memperbarui sel dan jaringan.

3. Kacang Mete Membuatmu Bahagia

Kacang mete mengandung proporsi L-triptofan yang tinggi. Asam amino ini merupakan komponen penting dari zat pembawa pesan serotonin.
Serotonin, pada gilirannya, adalah salah satu yang disebut “hormon kebahagiaan” dan dengan demikian memastikan peningkatan rasa kesejahteraan dan kebahagiaan. Jadi, Anda benar-benar bisa “makan sendiri dengan bahagia”.

4. Kacang Mete Membantu Kita Untuk Rileks

Kacang mete membantu Anda rileks mungkin terdengar seperti dongeng, tetapi itu sama sekali tidak benar. Karena asam amino triptofan yang disebutkan di atas tidak hanya merupakan bahan penyusun serotonin, tetapi juga prekursor hormon tidur melatonin.
Oleh karena itu kacang mete sangat ideal sebagai camilan di malam hari, karena melatonin memastikan tidur nyenyak.
Selain itu, kacang mete kaya akan mineral magnesium, yang berperan sebagai pendamping kalsium. Sementara kalsium bertanggung jawab untuk menegangkan otot, magnesium memastikan otot yang rileks dan dengan demikian melawan kram otot.

5. Kacang Mete Menjamin Kesehatan Sistem Kardiovaskular

Asam lemak sehat yang terkandung dalam kacang mete berpengaruh positif pada sistem kardiovaskular. Dengan demikian, asam lemak tak jenuh misalnya membantu menurunkan kadar kolesterol sekaligus menurunkan tekanan darah.
Keduanya mencegah penyakit jantung oleh karena itu kacang mete atau kacang-kacangan pada umumnya tidak boleh hilang dalam makanan apa pun.
Kandungan magnesium yang tinggi juga dapat memberikan efek positif pada fungsi jantung. Mineral penting ini secara tidak langsung meningkatkan elastisitas dinding pembuluh darah dengan merangsang pembentukan elastin.
Elastin adalah salah satu protein struktural terpenting dalam tubuh dan bertanggung jawab atas elastisitas pembuluh darah yang penting. Magnesium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menghambat pembentukan gumpalan darah.

6. Kacang Mete Mendukung Kinerja Otak

Terutama vitamin B-kompleks yang terkandung dalam kacang mete memiliki efek positif bagi kinerja otak. Vitamin B1, juga dikenal sebagai tiamin, misalnya, sangat penting untuk pemanfaatan karbohidrat, karena memiliki efek positif pada enzim yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat.
Karena otak bergantung pada energi dalam bentuk glukosa dan zat ini diproduksi saat karbohidrat dipecah, pentingnya vitamin ini untuk aktivitas otak menjadi jelas.
Tetapi beberapa asam lemak juga memiliki efek positif pada kinerja otak. Kacang tidak disebut “makanan otak” tanpa alasan.

7. Untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

Kacang mete ternyata memiliki pengaruh positif terhadap sistem kekebalan tubuh. Salah satu alasannya adalah karena mengandung banyak seng.
Seng memiliki sifat antioksidan dan dengan demikian melawan radikal bebas yang dapat membahayakan organisme kita. Seng juga dapat membantu memperbaiki struktur selaput lendir. Ini mempersulit virus dan bakteri untuk menembus organisme.

8. Untuk Melancarkan Metabolisme

Terutama mineral seperti tembaga, besi, dan seng memiliki efek positif pada metabolisme.
Mereka tidak hanya memainkan peran penting dalam produksi energi, tetapi juga memastikan pengangkutan oksigen yang optimal, karena zat besi merupakan komponen penting dari hemoglobin (pigmen darah merah dan pengangkut oksigen).
Vitamin B juga memastikan metabolisme yang optimal – vitamin B tidak hanya penting untuk metabolisme energi sel kulit, tetapi juga mengatur metabolisme protein dan karbohidrat sehingga berperan penting dalam memasok sel dengan nutrisi penting.

9. Mendukung Sistem Saraf

Kacang mete benar-benar baik untuk saraf misalnya, vitamin B12 memastikan perlindungan, perkembangan, dan regenerasi sistem saraf.
Vitamin B1, di sisi lain, mempengaruhi tidak hanya sistem saraf pusat tetapi juga sistem saraf tepi, karena penting untuk transmisi impuls listrik antara sel saraf dan otot.

Tips Praktis

Kacang mete sama sekali tidak menggemukkan tetapi memasok tubuh dengan nutrisi penting. Jadi, mereka tidak boleh melewatkan diet Anda segenggam kacang sehari sudah dapat memberikan efek positif pada tubuh Anda. Kacang mete tidak hanya mudah diolah menjadi alternatif susu nabati , tetapi juga ideal sebagai topping untuk mangkuk.
Itu dia tadi bagaimana cara menggoreng mete renyah dan gurih serta sederet manfaat dari kacang mete yang jarang diketahui oleh orang banyak. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •