Bantul- Belakangan ini, tren kasus COVID 19 di DIY terus meningkat. Dilansir dari media daring ayoyogya.com muncul 41 kasus baru di DIY pada Kamis 17/9. Juru bicara Gugus Tugas Penanganan COVID 19 Pemda DIY Berty Murtiningsih mengatakan kasus baru tersebut berasal dari warga Sleman, Kota Yogyakarta, Kulon Progo, dan Bantul. Untu mengantisipasi penyebaran kasus COVID 19 semakin luas, Rumah Mesin menggelar Salat Jum’at di Limasan Media Centre. Salat Jum’at berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain menjalankan perintah Allah untuk Salat Jum’at bagi laki-laki, Rumah Mesin sangat memperhatikan kesehatan karyawan. Karena untuk saat ini, penyebaran virus COVID 19 masih terus berlanjut.

Salat Jum'at Rumah Mesin

Rumah Mesin menggelar Salat Jum’at pada Jum’at (18/09/2020) dengan khotib Alfian, karyawan di divisi Digital Marketing. Salat Jum’at diikuti oleh seluruh karyawan laki-laki. Khutbah yang disampaikan oleh Alfian mengenai taubat. Sesungguhnya manusia membutuhkan amal saleh untuk perjalanan yang akhirat yang panjang. Manusia butuh berbekal, karena setelah kematian ada kehidupan dan penantian panjang untuk kehidupan selanjutnya. Orang yang cerdas adalah mereka yang pandai memanfaatkan hari-harinya untuk persiapan akhiratnya. Dan di antara amalan besar yang kita butuhkan agar bahagia di kehidupan abadi adalah amalan taubat dan istighfar.

Taubat tidak hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang suka bermaksiat. Tapi semua manusia membutuhkan taubat. Baik dia seorang taat atau pelaku maksiat. Semuanya bertaubat kepada Allah. Alfian juga menerangkan tentang keutamaan bertaubat dan agungnya taubat kepada Allah ta’ala. Pertama, bertaubat itu dicintai oleh Allah. Sesuai dengan firman Allah dalah Q.S Al-Baqarah ayat 222 “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.” Kedua, bertaubat adalah jalan menuju surga. Hal ini sesuai dengan Q.S At-Tahrim ayat 8 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai.”

Ketiga, orang yang bertaubat akan didoakan malaikat. Dalam Q.S Ghafir ayat 7 “(Malaikat-malaikat) yang memikul ‘Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): “Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat.”

Di akhir khutbah, Alfian menerangkan dengan berdosa dan bertaubat seseorang akan menjadi rendah hati dan tidak tinggi. Seseorang itu akan sadar ketika Ia melihat orang lain melakukan kesalahan dan dosa. Ia tidak akan melaknat pelaku dosa tersebut tetapi akan menasehatinya dan mendoakannya mendapatkan hidayah.

Salat Jum’at berlangsung khidmah meski dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Terselenggaranya Salat Jum’at berjamaah di Limasan Media Centre tidak luput dari kerjasama yang baik antar karyawan Rumah Mesin. Tetap patuhi protokol kesehatan agar kita dapat membantu memutus penyebaran mata rantai virus COVID 19. Semoga apa yang telah disampaikan dalam khutbah mampu menambah ketakwaan dan kecintaan kepada Allah ta’ala. Menjadikan kita orang yang bersegera kembali kepada-Nya dan segera taubat dari segala kesalahan yang telah kita lakukan.