Inilah Jenis Empon Empon Yang Baik Untuk Kesehatan

jenis empon empon

Banyak sekali jenis empon empon yang dapat kita temukan di Indonesia. Fungsi dari masing masing jenis empon empon pun berbeda. Namun apakah anda tahu apa itu empon empon?

Empon Empon

Jenis Empon Empon

Empon empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional. Rimpang adalah batang tanaman yang menjalar ke bawah tanah. Batang ini menghasilkan kuncup ke arah atas dan akar ke bawah.

Sebelum dicampur jadi satu, biasanya beberapa bahan dihaluskan terlebih dahulu. Kemudian tambahkan air panas. Setelah mengetahui air panasnya, ramuan tersebut dibiarkan hingga warnanya berubah agak kuning kecoklatan, lalu diminum.

Beberapa orang langsung meminum empon empon tanpa campuran apapun. Namun, ada sebagian yang menambahkan gula merah agar rasanya manis.

Saat diminum, empon emponnya memiliki rasa yang agak pedas di lidah, hangat di tenggorokan. Tidak ada ukuran pasti untuk membuatnya, semua berdasarkan rasa dari banyaknya jumlah bahan untuk membuatnya.

 

Jenis Empon Empon yang Mudah Ditemukan Di Indonesia

jenis empon empon

  • Jahe (Zingiber officinale)

Khasiat jahe memiliki sejarah panjang dalam mengatasi masalah sistem pencernaan. Diketahui dari generasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk mengefektifkan sistem pencernaan.

Kandungan fenolik pada jahe berfungsi meredakan gejala iritasi gastrointestinal, merangsang air liur, mencegah kontraksi di lambung, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman saat berada dalam sistem pencernaan.

Jahe juga disebut sebagai karminatif, zat yang dapat membantu menghilangkan kelebihan gas yang ada sistem pencernaan. Jahe dapat diolah sebagai campuran minuman, seperti teh, dengan cara mengekstrak sarinya.

Jika ingin yang lebih sederhana, Anda bisa langsung merebus jahe hingga mendidih bahannya larut di air. Setelah dingin, air jahe bisa langsung diminum untuk mendapatkan khasiatnya. Jika ingin rasa yang lebih nikmat, air jahe bisa dicampur dengan susu atau madu

  • Kunyit (Curcuma domestica Val)

Banyak orang menggunakan kunyit kuning sebagai bumbu dasar memasak. Kunyit memiliki efek farmakologis seperti darah dan energi vital, menghilangkan halangan haid, anti inflamasi (anti inflamasi), memperlancar persalinan, antibakteri, mempercepat ekskresi empedu (kolagogum), peluruh kentut (karminatif) dan pelembab (astringent).

Kunyit memiliki khasiat obat dan obat tradisional untuk berbagai jenis penyakit, senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak esensial) dapat membantu sebagai antioksidan, antitumor dan antikanker, antipikun, menurunkan kadar lemak dan kolesterol dalam darah dan hati, antimikroba, antiseptik dan anti-inflamasi.

  • Temulawak (Curcuma zanthorrhiza L)

Rimpang temulawak merupakan hasil tanaman temulawak yang diperoleh dari akar. Rimpang jahe biasanya berbentuk bulat seperti telur dengan warna kulit rimpang coklat kemerahan atau kuning tua, sedangkan warna daging rimpang oranye tua atau kuning.

Temulawak digunakan sebagai pewarna alami sekaligus dalam pengolahan makanan salah satu bahan pembuatan jamu tradisional.

Temulawak dengan kandungan kurkuminnya juga dikenal sebagai anti tumor, antioksidan, obat malaria dan juga dapat mencegah infeksi HIV pada manusia.

Empon empon ini mengandung zat kuning kurkuminoid, minyak atsiri, pati, protein, lemak (minyak tetap), selulosa dan mineral.

Dari beberapa senyawa tersebut yang merupakan zat warna kuning adalah kurkuminoid yang merupakan salah satu pewarna alami (alami kurkumin) dan aman digunakan untuk pewarna makanan dan tekstil (Ramdja, 2009).

  • Kencur (Kaempferia galanga L.)

Kencur (Kaempferia galanga L.) banyak digunakan sebagai bahan baku obat tradisional (jamu), fitofarmaka, industri kosmetik, penyedap makanan dan minuman, rempah-rempah, dan bahan campuran saus, rokok dalam industri rokok kretek.

Secara empiris kencur digunakan sebagai penambah nafsu makan, infeksi bakteri, obat batuk, disentri, tonikum, ekspektoran, masuk angin, sakit perut.

Kencur juga memiliki berbagai macam kegunaan lain, termasuk sebagai antibakteri, antijamur, analgesik, anti inflamasi, antioksidan, antivirus, antihipertensi, anti karsinogenik, antinociceptive, anti tuberculosis dan larvacide.

Minyak esensial Rimpang kencur juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum, obat, dan aromaterapi inhalasi dan pijat untuk mengurangi pengurangan, stres, dan depresi.

  • Adas (Foeniculum vulgare Mill.)

Adas merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan untuk mengolah bahan makanan berbahan dasar daging dasar dan santan seperti kari atau opor.

Tanaman adas manis digunakan sebagai obat sakit perut, sakit kuning, sebagai perangsang nafsu makan makan, sesak nafas, batuk berdahak, nyeri haid, haid tidak teratur, menambah ASI, atasi insomnia, pembengkakan saluran sperma, penumpukan cairan di testis, rematik, keracunan tanaman obat dan jamur.

Hasil penelitian yang telah yang dilakukan pada buah adas manis antara lain sebagai antijamur, hypolipedimia, antibakteri, antioksidan, antidiabetik, anti-inflamasi, analgesik, antipiretik dan diuretik.

  • Lengkuas atau Laos (Alpinia galanga, L)

Lengkuas dikenal luas sebagai bahan dalam masakan atau masakan. Empon empon satu ini mengandung antiinflamasi, meredakan radang lambung atau maag, mencegah mabuk berat laut dan mual, sebagai anti-oksidan, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, meringankan diare, kudis, panu, dan menghilangkan bau mulut.

Salah satu tumbuhan yang diketahui memiliki aktivitas antibakteri adalah tumbuhan lengkuas. Dari hasil penelitian sebelumnya yang telah dilakukan, ditemukan bahwa rimpang lengkuas mengandung flavonoid, fenol, dan senyawa terpenoid memiliki sifat antijamur dan antibakteri.

Fenol bekerja dengan mendenaturasi protein sel, merusak dinding sel bakteri. Dan bisa meracuni protoplasma bakteri sehingga menyebabkan protein.

Keunggulan Empon Empon Bagi Kesehatan

Manfaat empon-empon meski masih diperdebatkan, apakah empon-empon dapat menangkal COVID-19 atau tidak, sebenarnya banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari tanaman herbal ini. Berikut 10 manfaat empon empon.
  • Mengandung senyawa bioaktif yang kuat, sehingga cocok sebagai bahan obat.
  • Merupakan senyawa anti inflamasi atau anti inflamasi.
  • Meningkatkan kapasitas anti oksidan dalam tubuh.
  • Meningkatkan faktor neurotropik di otak, yang berhubungan dengan fungsi otak yang lebih baik dan menurunkan risiko penyakit.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Mencegah (dan menyembuhkan) kanker.
  • Bermanfaat dalam mencegah dan mengobati penyakit Alzheimer.
  • Suplemen kurkumin (terbuat dari empon-empon), cocok untuk penderita arthritis.
  • Studi menunjukkan bahwa kurkumin memiliki manfaat yang luar biasa melawan depresi.
  • Penundaan penuaan dan penyakit terkait usia kronis.

 

Perbedaan Rempah Rempah dan Empon Empon

Rempah rempah adalah bagian tanaman yang berbau atau beraroma kuat yang digunakan dalam jumlah kecil dalam makanan sebagai pengawet atau perasa dalam masakan.

Macam macam rempah biasanya dibedakan dari tanaman lain yang digunakan untuk tujuan penggunaannya, seperti jamu, sayuran rasa, dan buah kering.

Contoh dari rempah rempah adalah cengkeh yang mana pengolahannya menggunakan mesin cengkeh. Cengkeh dapat dimanfaatkan sebagai minyak untuk obat penyakit tertentu.

Sedangkan Empon empon adalah rimpang yang digunakan sebagai ramuan tradisional. Rimpang adalah batang tanaman yang menjalar ke bawah tanah. Batang ini menghasilkan kuncup ke arah atas dan akar ke bawah.

 

Produk Jamu dari Empon Empon

jenis empon empon

Dibawah ini ulasan mengenai beberapa produk jamu yang berasal dari empon empon. Diantaranya adalah

  • Kunyit Asam

Salah satu khasiat dari kunyit asam adalah sifat antioksidan dan antiradangnya yang berguna untuk mengobati sejumlah penyakit.

Khasiat dari Kunyit Asam sangatlah kompleks. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi kunyit asam.

  • Meremajakan sel tubuh berkat kandungan antioksidan
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Menurunkan resiko kanker
  • Mengurangi rasa sakit dan memperlancar siklus melalui kandungan kurkumin
  • Menjadikan kulit bersih, bercahaya, dan bebas jerawat berkat kandungan vitamin A dan C.
  • Membantu Anda menurunkan berat badan
  • Menyuburkan rahim
  • Mencegah bau badan. Kandungan minyak esensial membantu mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.
  • Mencegah sakit maag dan sariawan.

Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, kunyit asam harus diolah dengan cara yang benar. Untungnya, minuman tradisional Indonesia ini tidak sulit dibuat sendiri di rumah. Anda juga bisa memastikan bahwa bahan yang digunakan masih segar dan layak pakai.

Baca juga Mesin Pengering Empon Empon Rempah Terbaru

Bahan

  • 1 ons kunyit
  • 1 ons gula aren
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 bungkus kecil asam jawa
  • 600 ml udara

Cara Membuat Kunyit Asam

  1. Bersihkan kunyit, lalu haluskan hingga agak kalis.
  2. Rebus air bersama kunyit yang sudah diblender.
  3. Campur gula merah dan asam jawa.
  4. Tambahkan garam secukupnya.
  5. Segelas minuman kunyit asam siap dinikmati.

 

  • Beras Kencur

Jamu beras kencur adalah salah satu jamu yang bertahan hingga saat ini dan masih banyak orang yang bertahan. Rasa pedas jenis empon empon kencur yang dipadukan dengan rasa manis khas beras gula batu setidaknya membuat beras kencur menjadi sesuatu yang tidak hanya segar dan enak. Apalagi beras kencur juga sangat menyehatkan.

Lantas, bagaimana cara membuat beras kencur sendiri? Jangan khawatir, Ladies. Kali ini saya akan memberikan resep beras kencur yang segar dan sehat.

Bahan

  • 3 rimpang kencur (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)
  • 1 ruas jahe (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)
  • 100 gram beras putih (rendam di air selama 3 jam, sangrai lalu haluskan)
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 5 cm kunyit (kupas kulitnya, cuci bersih lalu parut halus)
  • Gula untuk dicicip)
  • Gula jawa (secukupnya, sisir halus)
  • Udara (sekitar 3 gelas besar)

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

  1. Panaskan air kemudian rebus kencur, jahe, kunyit, air asam jawa, gula pasir dan gula aren.
  2. Rebus semua bahan hingga mendidih.
  3. Setelah mendidih, saring air rebusannya. Pisahkan ampas dengan air bersih.
  4. Selanjutnya masukan beras yang telah direndam dan dihaluskan menjadi air rebusan.
  5. Jika ingin rasa kencurnya lebih enak, Anda bisa menambahkan kencur mentah yang sudah dihaluskan ke dalam air mendidih.
  6. Aduk rata dan tunggu hingga tepung kencur atau nasi mengendap di dasar.
  7. Sajikan beras kencur selagi masih hangat agar badan lebih hangat dan nyaman. Atau bisa juga dengan menambahkan es batu ke dalam gelas saji dan menjadikan beras kencur sebagai es nasi kencur segar.
  • Sinom

Sinom mirip dengan kunyit asam, bedanya menggunakan jenis empon empon asam jawa muda identik dengan daun jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, pala, gula merah dan gula pasir. Minuman ini bermanfaat untuk mengatasi lambung atau maag. Selain itu juga untuk mengobati keputihan pada wanita.

Perbedaan utama antara jamu asam dan kunyit adalah penggunaan asam sinomat yang tidak ada pada kunyit asam. Namun, ada juga yang membuat jamu sinom tanpa menggunakan sinom, melainkan dengan mengurangi ramuan yang digunakan pada kunyit asam untuk mengencerkan jamu, kemudian menambahkan gula.
Karena rasanya yang lebih manis dan lebih encer, jamu sinom sering disajikan sebagai minuman jamu yang menyegarkan setelah minum jamu pahit.
Obat herbal sinom memiliki khasiat sebagai berikut:
  • Menyegarkan tubuh
  • Peredaran darah
  • Membantu proses detoksifikasi
  • Melancarkan buang air besar
  • Mengatasi radang lambung dan mulas
  • Meredakan nyeri berkat kandungan flavonoid
  • Membantu menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi
  • Meredakan batuk dan demam
  • Mengatasi keputihan
  • Mengurangi rasa sakit
  • Membantu melangsingkan tubuh

Untuk membuat sinom tidaklah ribet. Berikut ini ulasan bagaimana cara membuat sinom.

Bahan

  • 2 liter udara
  • 75 gram sinom beserta batangnya, petik
  • 75 gram asam jawa
  • 50 gram kunyit, kupas, haluskan
  • 100 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir

Cara Membuat Sinom

  1. Rebus semua bahan kecuali gula pasir dengan api kecil hingga mendidih.
  2. Masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk hingga larut, lalu matikan api.
  3. Biarkan dingin, lalu saring.
  4. Rebus kembali jamu sinom, lalu matikan api.
  5. Sajikan hangat atau dingin.

 

Peluang Usaha Jamu dari Berbagai Jenis Empon Empon

jenis empon empon

Bagi Anda yang suka minum jamu atau bahkan meraciknya sendiri. Banyak dari jenis empon empon yang dapat digunakan/dimanfaatkan menjadi jamu tradisional. Kenapa tidak mencoba memulai bisnis jamu tradisional? Inilah cara yang dapat Anda lakukan untuk masuk ke bisnis jamu di rumah!

Tentukan Jenis Jamu yang Akan Dijual

Seperti yang anda ketahui, jamu ada bermacam-macam jenis, mulai dari jamu kesehatan, kekuatan, dan lain-lain. Nah, sebelum memulai bisnis jamu rumahan ini, ada baiknya buat daftar jenis jamu apa saja yang bisa Anda campur sendiri di rumah.

Contohnya adalah jamu untuk kesehatan seperti beras kencur, jamu asam, jamu pahitan atau jahe.

Usaha jamu tradisional memang akan lebih menguntungkan bagi Bunda karena bisa membuat segala jenis yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Meski demikian, usaha jamu tetap akan menghasilkan keuntungan meski hanya mampu menjual satu atau dua jenis jamu buatan sendiri.

Bahkan, Anda bisa membeli sesuatu yang istimewa dengan memberikan keunikan yang dijual pada jamu. Dijamin, bisnis Anda laris manis.

Pilih Jenis Empon Empon yang Segar

Aroma jamu memberikan sensasi relaksasi. Nah, aroma ini akan tercium jika bumbu yang digunakan Bunda benar-benar bumbu pilihan segar.

Selain aromanya, rempah-rempah yang berkualitas dan enak juga memberikan cita rasa dan manfaat yang enak bagi konsumen.

Jadi, sebelum memulai bisnis jamu tradisional, ingatlah bahwa Anda memilih pemasok yang menjual rempah-rempah kualitas terbaik dan bahan jamu alami lainnya seperti gula aren.

Mencoba Berkali Kali

Langkah selanjutnya dalam mengejar peluang usaha jamu tradisional adalah anda harus berkali-kali mencoba membuat jamu sebelum anda memasarkannya. Tujuannya untuk mendapatkan jamu berkualitas dengan rasa yang konsisten.

Sebab, tantangan atau kesulitan bisnis makanan dan minuman adalah menjaga rasa dan konsistensi. Nah, jika Bunda sudah menemukan cara membuat dan berasa enak, maka pengobatan rumahan ini bisa jadi peluang.

Tentukan Nama Untuk Usaha Jamu

Bagi para ibu yang sedang memulai usaha jamu rumahan jangan lupa untuk mencari atau menentukan nama yang semenarik mungkin agar konsumen tertarik untuk membelinya.

Ini karena nama produk yang akan dijual dapat mempengaruhi pemasaran dan penjualannya. Anda bisa melakukan survey dengan orang terdekat Anda untuk memilih nama jamu yang akan dijual.

Bisnis Jamu dalam Kemasan dan Langkah Pemasaran

Selain rasa, kemasan saat ini juga mempengaruhi daya tarik masyarakat untuk membeli produk, termasuk jamu untuk dijual.

Bunda bisa menggunakan botol kaca agar lebih bernilai dan tentunya lebih aman dan lebih ramah lingkungan.

Pikirkan juga tentang strategi pemasaran bisnis jamu rumahan yang akan Anda garap. Apakah Anda ingin menggunakannya melalui platform online atau offline.

Dimana saat ini terdapat penjual minuman rumahan tradisional yang menggunakan media sosial seperti status Instagram atau Whatsapp untuk memasarkan produknya.

Modal dan Tenaga Kerja

Nah, modal dan tenaga kerja adalah hal yang paling krusial dan utama dalam bisnis jamu tradisional. Tentukan modal dan sumber daya manusia yang akan membantu Anda.

Meski dikatakan sebagai usaha jamu tradisional rumahan yang tidak membutuhkan banyak modal, Bunda tetap harus mengalokasikan modal untuk memulai usaha berikut ini.

Modal yang dibutuhkan tidak hanya untuk membeli bahan utama seperti rempah-rempah, tetapi juga untuk keperluan lain mulai dari pengemasan, listrik, gas, hingga sumber daya manusia yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha rumahan ini.

Untuk mengeringkan empon empon, gunakanlah mesin pengering empon empon. Karena apa? Karena dengan menggunakan mesin tersebut, anda bisa mendapatkan empon empon yang berkualitas.

Waralaba Bisnis Jamu

Waralaba atau sering disebut dengan Franchising adalah suatu bentuk sistem kerjasama dalam bidang usaha dimana perusahaan memberikan hak kepada perusahaan atau perorangan lain untuk menjual produk yang sama di tempat yang diinginkannya.

Itulah penjelasan tentang macam jenis empon empon. Semoga bermanfaat….

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •