Kerajinan dari Sendok Plastik – Sendok plastik tentu bukan barang yang sulit ditemukan. Anda bisa membelinya di mana saja, bahkan harganya juga sangat terjangkau. Selain berguna sebagai alat makan, sendok plastik juga bisa difungsikan sebagai barang lain yang bisa mempercantik hunian.

Bahkan sendok plastik adalah salah satu sampah yang sering ditemukan berserakan dimana saja. Agar sampah tersebut tidak menumpuk dan mencemari lingkungan, cobalah untuk membuat kerajinan dari sendok plastik yang bisa saja membuka peluang bisnis.

Membuat kerajinan dari sendok plastik ini unik sekali hasilnya, bentuk pada ujung sendok plastik itu sangat cocok sekali dibuat menjadi kelopak bunga, nah sendok plastik ini cocok sekali untuk anda jadikan sebuah kerajinan tangan.

Berikut adalah beberapa ide kerajinan dari sendok plastik yang bisa anda coba sendiri di rumah. Ide-ide berikut ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha aksesoris dekorasi rumah.

Kerajinan dari Sendok Plastik – Lampu Hias

kerajinan dari sendok plastik

Lampu Hias merupakan salah satu kerajinan yang sering sekali dibuat menggunakan barang bekas sebagai bahan utamanya. Dan ternyata sendok plastik ini juga bisa dibuat menjadi sebuah lampu hias yang unik dan sangat indah.

Bentuk yang dihasilkan oleh sendok plastik ini menyerupai buah nanas yang ketika digantung kemudian lampunya dinyalakan itu memberikan kesenangan tersendiri. Bentuk lampu hias seperti ini masih sangat jarang sekali yang membuatnya.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Sendok makan plastik bekas yang banyak. Boleh yang berwarna warni kalau ada.
  • Cutter atau silet / Gunting.
  • Botol plastik besar / Toples plastik.
  • Lem tembak.
  • Lampu dan sangkarnya.
  • Kabel listrik dan colokannya.

Langkah Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik – Lampu Hias :

  1. Langkah pertama, potonglah gagang sendok plastik menggunakan cutter atau silet, gagangnya sisakan sedikit dari gagang sendok plastik tadi, untuk pegangan.
  2. Langkah kedua, ambillah botol plastik yang besar kemudian belah dua sesuai dengan ukuran yang anda kehendaki, bagian atas dari botol plastik yang anda perlukan sisanya, bisa anda buang atau mau dipakai untuk variasi juga bisa, namun bagi anda yang baru belajar lebih baik tak digunakan.
  3. Langkah ketiga, ambillah lem tembak, kemudian gunakan pada gagang sendok yang sedikit tadi dengan lem, kemudian tempel sendok secara perlahan ke botol bekas, yang tadi anda sudah belah. Dimulai dari bawah kemudian terus mengelilingi hingga botol plastik tadi tertutupi dengan sendok secara sempurna.
  4. Langkah ke empat, ambillah kabel dan masukkan dari bawah botol plastik tadi secara perlahan, sambungkan colokan dan sangkar lampu setelah itu, panjang kabel sesuaikan dengan jarak lampu yang ingin di pasang.
  5. Sesudah terpasang semua, langkah terakhir adalah memasang bohlam lampu, lalu lampu hias sendok buatan kalian sudah menyala dengan indah.

Kerajinan dari Sendok Plastik – Bingkai Cermin

kerajinan dari sendok plastik

 

Cermin merupakan sebuah barang yang pasti sangat diperlukan sekali keberadaannya dalam kehidupan sehari-hari. Cermin tersebut biasa kita gunakan untuk memastikan diri kita supaya tetap tampil dalam keadaan yang rapih dan cermin ini merupakan solusinya.

Ada juga lho orang yang menjadikan cermin ini sebagai hobi. Berarti dia itu selalu memastikan penampilannya, tiada hari tanpa berkaca. Pada ornamen yang dipaduka dengan sendok plastik tersebut bisa membuat orang-orang yang bercermin semakin betah untuk berlama-lama.

Hal tersebut dikarenakan bentuk pada cermin yang dihasilkan jadi lebih terlihat artistik serta indah untuk dinikmati. Coba kalian lihat lagi pada gambar di atas, di situ terdapat rangkaian sendok yang disusun rapih hingga membentuk sebuah pola lingkaran yang menjadikan cermin tersebut lebih unik.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Kayu Particle Board (PB)
  • Lem tembak
  • Cermin bulat (ukuran menyesuaikan dengan keinginanmu)
  • Gunting
  • 70-80 buah sendok plastik berwarna putih
  • Cat semprot berwarna (sesuaikan dengan tema warna yang kamu inginkan)
  • Pita kecil/tali
  • Potongan-potongan kain
  • Cat akrilik berwarna

Langkah Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik – Bingkai Cermin :

  1. Potong-potong sendok plastik menggunakan gunting. Hingga terpisah antara gagang dan bagian cekungnya.
  2. Buatlah 2 ukuran kayu berbentuk bulat. Pertama, potong kayu yang menyesuaikan dengan ukuran cermin bulat yang anda miliki. Kedua, potong kayu dengan diameter yang lebih besar dari kayu sebelumnya.
  3. Jiplak lingkaran cermin bulat tersebut tepat ditengah-tengah kayu pertama.
  4. Tempelkan kain di atas rangka sehingga menutupi bolongan antara kayu yang satu dan kedua.
  5. Mulailah berikan lem tembak di belakang sendok. Tempel sendok mulai dari tepi luar lingkaran karton. Kemudian lanjutkan dengan menempelkan sendok hingga memenuhi pigura kayu.
  6. Tata sendok sedemikian rupa hingga terlihat rapi dan beraturan. Jangan sisakan sedikitpun celah ya.
  7. Mulailah mewarnai sendok. Semprotkan cat ke arah sendok dan juga kayu. Jangan sampai warna asli dari sendok dan kayu masih terlihat.
  8. Tunggu cat semprot benar-benar kering. Setelah cat mengering, lakukan pengecetan dengan cat akrilik agar gradasi warnanya terpancar. Kemudian tunggu kering.
  9. Tahap selanjutnya, tempelkan cermin bulat di tengah dengan lem tembak.
  10. Potong pita atau tali sepanjang yang anda inginkan. Bentuk menjadi lingkaran kemudian tempatkan di belakang pigura kayu agar bisa menggantung di dinding.
  11. Karena bingkai cermin ini terbuat dari sendok plastik dan kayu PB yang tidak berat. Sehingga pita atau tali yang di lem masih aman untuk anda gantung.
  12. Voila! Bingkai cermin dari sendok plastik milik anda sudah jadi. Cantik sekali!

Kerajinan dari Sendok Plastik – Bunga

kerajinan dari sendok plastik

Kerajinan yang terbuat dari barang bekas apapun, seperti bentuk bunga itu selalu menjadi primadona. Maksud dari kata-kata tersebut bahwa bentuk dari bunga selalu menggoda untuk dijadikan sebagai bentuk kerajinan. Jadi sudah banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari barang bekas lainnya dalam bentuk bunga.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Karena dari faktor anatomi bahwa bunga itu terkesan lebih mudah untuk dibuat model replika dari barang bekas.

Alat dan Bahan yang Diperlukan :

  • Sendok plastik
  • Gunting
  • Kuas Cat
  • Cat
  • Lem tembak
  • Kawat tembaga
  • Benang wol warna hijau

Langkah Membuat Kerajinan dari Sendok Plastik – Bunga :

  1. Cat terlebih dahulu sendok plastik dengan warna yang anda suka.
  2. Ratakan catnya. Dan tunggu hingga kering. Cat juga sendok yang lainnya.
  3. Jika sudah kering catnya, barulah anda potong menggunakan gunting.
  4. Ambil kawat tembaga.
  5. Lalu kita oleskan lem diantara sisi sendok plastik, terus anda tempelkan ke kawat tembaga.
  6. Tempelkan delapan sendok plastik dengan membentuk bunga tulip. Seperti gambar dibawah ini.
  7. Ambil benang wol berwarna hijau untuk anda lilitkan ke kawat tembaga sehinga terlihat seperti tangkai bunga. Oleskan lem bagian bawah bunga dan lilitkan benang wol.

Cara Daur Ulang Sampah Plastik yang Benar

Jika anda sudah siap akan menjalankan bisnis ini, baik dalam skala industri ataupun skala kecil rumahan, simaklah cara mengolah sampah plastik berikut ini. Cara pengolahan sampah plastik ini berlaku umum dan tetap bisa anda lakukan walaupun bisnis anda berskala rumahan. Inilah cara daur ulang sampah plastik yang benar :

  1. Langkah pertama, bersihkan plastik dari berbagai kotoran seperti kertas, label plastik, ataupun bagian lain yang masih melekat.
  2. Cara membersihkannya bisa dengan pisau cutter dan juga dicuci hingga bersih.
  3. Pastikan plastik menjadi pipih. Bila plastik berongga seperti botol, pipihkan dengan cara injak atau gunakan mesin press.
  4. Langkah selanjutnya, masukkan plastik ke dalam mesin pencacah plastik.
  5. Pilah serpihan plastik yang telah remuk berdasarkan jenisnya (ada yang mengapung dan tenggelam di air).
  6. Setelah dipilah, plastik kemudian dipisahkan sesuai jenisnya dan dimasukkan ke dalam mesin pelebur.
  7. Terakhir, plastik yang dihasilkan mesin pelebur akan berbentuk helaian. Kemudian helaian plastik itu dipotong menggunakan mesin pellet dan itulah yang disebut bijih plastik.

Peluang Bisnis Daur Ulang Sampah Plastik Menjadi Sebuah Kerajinan

Muhammad Baedowy adalah salah satu pengusaha sukses dari bisnis daur ulang sampah plastik. Ia adalah pemilik CV Majestic Buana yang sudah 13 tahun bergelut dalam bisnis ini. Sudah tentu, pendapatannya per tahun tidaklah sedikit, mencapai hingga miliaran rupiah.

Salah satu alasan ia terjun di bidang pengolahan sampah plastik adalah karena bidang ini memiliki risiko yang minim dengan potensi yang masih sangat besar. Laporan CNN Indonesia, pada tahun 2018 ada sebanyak 350 ton yang terdiri hanya dari sampah botol plastik saja. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 216 ribu ton saja yang berhasil didaur ulang kembali.

Selain itu, Indonesia masih sangat bergantung pada plastik untuk berbagai kebutuhan. Tidak heran, Indonesia pun jadi negara dengan produksi sampah plastik terbesar kedua di dunia setelah China. Dihitung secara rata-rata, Indonesia memproduksi 175 ribu ton sampah plastik per hari atau sekitar 63,9 juta ton sampah plastik per tahun.

Sebagian besar plastik tersebut masih belum diolah dan didaur ulang dengan baik karena kurangnya orang yang bergelut di bidang ini. Modal yang dibutuhkan untuk memulasi bisnis ini pun terbilang masih cukup terjangkau dibandingkan dengan usaha-usaha modern seperti waralaba minuman kopi misalnya. Hanya dengan modal belasan juta, anda sudah bisa memulai bisnis daur ulang sampah plastik dengan lancar.

Pemilik Bisnis dan Gerakan Daur Ulang Sampah Plastik di Indonesia

  • Gerakan Diet Kantong Plastik

Gerakan ini adalah gerakan berskala nasional yang terfokus pada langkah-langkah penanganan dan pengolahan sampah plastik di seluruh Indonesia.

  • Gerakan Satu Juta Tumbler

Gerakan nasional ini diinisiasi oleh Kementrian Informasi (Kemkominfo RI) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk mengedukasi generasi muda soal sampah.

  • Generasi Tanpa Plastik

Inisiator gerakan ini sama seperti Gerakan Satu Juta Tumbler tetapi dengan tujuan berbeda yaitu untuk memerangi sampah plastik di Indonesia.

  • Bye Bye Plastik Bag

Gerakan yang diinisiasi dua bersaudara Melati dan Isabel Wijsen ini sudah ada sejak 2013 dan kini bahkan sudah merambah hingga ke mancanegara.

  • Zero Waste Nusantara

Diinisiasi oleh Jeanny Primasari, gerakan ini berusaha menyebarluaskan prinsip hidup zero waste sebagaimana yang digemakan oleh Bea Johnson, seorang zero waster asal Perancis.

Itulah bisnis daur ulang kerajinan tangan yang berbahan baku sendok plastik. Jangan salah, meski bahan bakunya murah dan mudah didapatkan anda tetap bisa mendapatkan hasil yang sangat menguntungkan. Kabar baiknya lagi, tentu anda sudah ikut serta dalam mengurangi jumlah penumpukan limbah sampah yang sampai saat ini menjadi problem di seluruh dunia. Dengan berbekal kreativitas, inovasi dan pantang menyerah tentu anda bisa menjalani bisnis daur ulang hingga mencapai kesuksesan.