Kerajinan Tas dari Plastik, Mengurangi Limbah Plastik!!!

Kerajinan tas dari plastik

Sampah dari plastik tidak hanya dapat dibuat kerajinan untuk menghias rumah saja. Tetapi bisa dibuat kerajinan tas dari plastik. Yuk simak !

Limbah Plastik 

Untuk saat ini limbah plastik menjadi salah satu masalah yang dihadapi oleh dunia. Dan limbah plastik tidak hanya ada di daratan saja, melainkan di lautan juga.

Tidak semua yang berbahan plastik harus menjadi limbah. Pasalnya ada yang menggunakan plastik untuk membuat kerajinan dan juga meningkatkan kreativitas. Kreasi sampah plastik yang dijadikan kerajinan tas.

Kerajinan Tas Dari Plastik

1. Kerajinan Tas dari Plastik Bungkus Kopi

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Bungkus kopi
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum dan benang
  • Kain furing
  • Risleting

Cara Membuat Tas Bungkus Kopi :

  1. Gunting bagian atas dan bawahnya dari bungkus kopi sachet.
  2. Bersihkan bungkus kopi yang sudah dipotong dengan air yang mengalir dan keringkan sampai kering. Setelah dibersihkan, bungkus kopi hanya dijemur atau dilap menggunakan kain bersih dan kering.
  3. Selanjutnya, gunting bungkus kopi menjadi 2 bagian sama rata. Satu sachet bungkus kopi menjadi 2 buah potongan.
  4. Lipat bungkus kopi yang sudah dipotong, lipat 1 cm ke dalam pada ujung atas dan bawah sehingga lebar potongan mmenjadi 2 cm. Anyam bungkus kopi menyerupai baling – baling.
  5. Setelah semua dianyam menjadi baling – baling, gabungkan anyaman – anyaman tersebut. Pastikan membuat sudut tegak vertikal.
  6. Jika semua anyaman sudah digabung, selanjutnya rapikan dengan cara menjahit pada bagian atas tas. Menjahit berguna agar anyaman tidak mudah terlepas.
  7. Tambahkan kain furing atau kain polos pada bagian dalam tas. Untuk menyatukan kain dengan tas jahit menggunakan jarum dan usahakan jahitan kuat dan rapi.
  8. Pasang risleting dan tali agar tas terlihat cantik.

2. Kerajinan Tas dari Plastik Kresek

kerajinan tas dari plastik

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Kantong plastik
  • Tali
  • Setrika
  • Kertas roti
  • Seal press
  • Gunting

Cara Membuat Tas Plastik Kresek :

  1. Potong kresek bagian paling atas dan bawah. Pastikan potongan rapi hingga plastik berbentuk persegi.
  2. Letakkan plastik yang sudah dipotong ke atas meja dan tutup menggunakan kertas roti, kemudian setrika secara perlahan – lahan. Setrika dengan hati – hati dan tidak terlalu lama, setrika plastik sampai berubah jadi lebih padat dan memiliki motif jeruk.
  3. Rapatkan bagian bawah plastik menggunakan seal press. Jika tidak mempunyai jahit plastik, sisakan sedikit ruang untuk memasukkan tali ke dalamnya.
  4. Setelah semua terpasang, maka tas siap digunakan.

3. Kerajinan Tas dari Plastik Detergen

tas-deterjen

 

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Plastik bekas kemasan detergen berukuran besar.
  • Kain lap untuk membersihkan plastik bekas kemasan.
  • Benang untuk menjahit beberapa bagian tas plastik.
  • Gunting
  • Kain polos
  • Furing
  • Ritsleting (opsional)

Cara Membuat Tas Plastik Detergen :

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Bersihkan kemasan dalam detergen dengan kain lap dan jemur dibawah sinar  matahari. Lakukan dengan hati – hati agar tidak mudah kusut.
  3. Setelah di jemur, potong kemasan detergen menjadi 2 bagian. Buat lipatan 3 cm pada ujung atas dan bawah kemasan, gunting lipatan – lipatan sebesar 3 cm agar mendapat helai – helai plastik kecil.
  4. Anyam potongan – potongan plastik yang sudah dipotong. Anyam hingga bentuknya menyerupai baling – baling ( Ujung anyaman harus vertikal untuk memudahkan proses penggabungan). Lakukan sampai mendapat anyaman yang banyak.
  5. Setelahnya, anyaman – anyaman disambungkan satu sama lain. Selipkan anyaman pada bagian yang berbentuk vertikal anyaman yang lainnya. Lakukan sampai anyaman berbentuk melingkar meyerupai kantung.
  6. Setelah, anyaman berbentuk sempurna lanjutkan dengan membuat tali tas. Sisa lipatan yang dianyam bentuk menjadi segitiga. Kemudian, hubungkan ujung segitiga yang satu dengan yang lainnya agar saling mengunci dan membentuk tali panjang.
  7. Jahit tali yang sudah jadi pada kedua ujung tas plastik. Pastikan jahitannya benar – benar kuat dan tali tidak mudah putus.
  8. Lapisi bagian dalam tas menggunakan furing. Penggunaan furing sangat bermanfaat supaya tas lebih kuat karena terdiri dari 2 lapisan.
  9. Tambahkan risleting jika diperlukan. Kerajinan tas dari plastik detergen siap digunakan.

4. Kerajinan Tas dari Gelas Plastik

Bahan dan Alat yang Diperlukan :

  • Gelas plastik bekas
  • Gunting/ cutter
  • Tali kur
  • Kain
  • Hiasan

Cara Membuat Tas Gelas Plastik :

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan.
  2. Selanjutnya, siapkan gelas plastik bekas, potong dengan rapi bibir gelas plastik menggunakan gunting/ cutter.
  3. Setelah dipotong, gabungkan menjadi bulatan sempurna. Ikat bulatan satu dengan bulatan yang lain dengan menggunakan tali.
  4. Ikat dengan tali kur dengan berbagai macam simpul yang dikuasai agar terlihat lebih cantik.
  5. Buat tiga bagian yang sama, setiap 1 bagian berisi 45 bulatan ( sesuai selera ).
  6. Kreasikan pola tas sesuai selera yang akan membuat, ingin membuat tas jinjing atau tas ransel.
  7. Setelah pola terbentuk, pasang kain ke dalam tas.
  8. Jahit dengan rapi, agar kain menempel dengan kuat.
  9. Kepang tali kur menjadi bentuk tali tas.
  10. Beri hiasan tas agar terlihat makin cantik dan menarik.

Baca Juga : Kerajinan Tangan dari Plastik, Ubah Gelas Plastik Menjadi Cantik

Keuntungan Menggunakan Kerajinan Tas dari Plastik

1. Mencegah Pencemaran Lingkungan

Ketika menggunakan produk kerajinan dari bahan limbah, secara tidak langsung sudah ikut serta mencegah atau mengatasi masalah pencemaran lingkungan. Dikarenakan bahan utama untuk membuat kerajinan tersebut asalnya dari limbah  yang mampu menyebabkan pencemaran lingkungan.

2. Menjaga Kelestarian Lingkungan

Keuntungan kedua yaitu sudah ikut serta berperan aktif menjaga kelesatarian lingkungan. Bila begitu maka tempat tinggal kita bisa terbebas dari pencemaran lingkungan dan terbebas dari berbagai bibit penyakit yang mengancam setiap saat.

3. Meningkatkan Ketrampilan dan Kreativitas Masyarakat

Produk kerajinan dari bahan limbah yang di beli, buat atau gunakan secara langsung ikut merangsang masyarakat sekitar untuk memilikinya dan membuatnya sendiri. Masyarakat bisa meningkatkan ketrampilan dan kreativitas dengan terjadinya hal tersebut.

4. Membantu Meningkatkan Penampilan yang Dipunyai

Saat ini menggunakan produk kerajinan dari bahan limbah sudah menjadi tren, bahkan berbagai pejabat seperti mentri saat ini sudah banyak yang mengkampanyekan pengunaan produk limbah tersebut. Dengan hal itu, pengunaan produk kerajinan dari bahan limbah tidak akan dipandang remeh lagi dan bisa membantu meningkatkan penampilan. Saat ini kreasi berbagai produk ini sudah sangatlah memukau sehingga bisa memilih dan menyesuaikan dengan keinginan dan gaya yang cocok dengan lifestyle.

5. Tidak Menghabiskan Uang yang Dipunyai

Harga yang dipunyai kerajinan dari bahan limbah plastik ini begitu murah. Maka dari itu, tidak akan habis uang yang dipunyai bila membeli produk kerajinan tersebut.

Keunggulan Kerajinan Tas dari Plastik

1. Awet alias Tahan Lama

Tidak hanya produk yang berasal dari logam saja yang mempunyai ketahanan lama, tetapi produk kerajinan dari bahan limbah juga mempunyai ketahanan yang lama alias awet. Kerajinan dari bahan limbah tersebut akan tahan akan pada berbagai cuaca dan lebih mudah untuk dibersihkan. Maka dari itu masalah ketahanlamaan dari produk kerajinan dari bahan limbah yang digunakan tidak perlu dikhawatirkan.

2. Harga yang Murah

Keunggulan yang kedua adalah harganya yang murah. Dari harga yang murah tersebut, bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik dan bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.  Selain itu, ibu menghemat uang dengan membeli dan menggunakan produk kerajinan dari bahan limbah dibandingkan produk-produk dari bahan lainnya.

3. Ramah Lingkungan

Pastinya seluruh produk kerajinan dari bahan limbah sangat – sangat ramah lingkungan. Bagaimana tidak? Produk ini dibuat dari daur ulang limbah sehingga bisa dipastikan sangat ramah lingkungan. Pengunaan dari produk tersebut bisa menyumbang kelesatarian pada lingkungan sekitar.

4. Mempunyai Banyak Variasi

Pengrajin kerajinan dari limbah saat ini sudah semakin kreatif. Hasilnya bisa mendapatkan berbagai produk kerajinan tersebut dengan banyak variasi yang bisa dipilih. Misalnya tas dari bahan bungkus kemasan produk yang modelnya saat ini ada yang kecil dan besar, dengan hiasan yang juga bermacam – macam.

5. Mudah Ditemukan ataupun Dibuat Sendiri

Ketika ingin menemukan produk kerajinan dari bahan limbah ini sangat mudah dengan berkembangnya industri tersebut yang didukung oleh transaksi serba online saat ini. Kalaupun kesulitan menemukannya, bisa membuat sendiri. Tak perlu berpikir dua kali karena berbagai kerajinan dari bahan limbah mudah untuk dibuat dengan menggunakan bantuan google ataupun video tutorial dari youtube.

Manfaat Daur Ulang Limbah Plastik

1. Membuka Lapangan Kerja Baru

Dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi turut meningkat, bahkan sangat pesat. Kini peluang untuk mendapatkan pekerjaan tidak mudah. Karena semakin banyaknya pesaing antara pencari kerja. Oleh karena itu, harus lebih berani untuk menampilkan ketrampilan untuk menjadi seorang pengusaha. Selain bisa menajd bos, bisa juga membantu mereka yang sedang mencari kerja dan mengurangi pengangguran

2. Mencegah dan Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Dengan mendaur ulang sampah menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Kita bisa memanfaatkan botol plastik, plastik pembungkus makanan ringan, detergen dan lain – lain untuk dibuat menjadi kerajinan yang unik, menarik dan bernilai ekonomis. Selain itu, bisa juga dengan mencacah limbah plastik dengan mesin pencacah plastik yang menghasilkan biji plastik dan dapat didaur ulang.

3. Meningkatkan Pendapatan

Dengan mulai membuka usaha daur ulang maka dapat membantu masyarakat sekitar dalam meningkatkan pendapatannya. Masyarakat sekitar bisa bekerja di usaha yang sudah didirikan, selain itu masyarakat juga bisa mendaur ulang barang bekas sendiri dan diperjualbelikan.

4. Meningkatkan Daya Kreativitas dan Ketrampilan Masyarakat

Selain mengurangi  sampah, menjaga kelestarian lingkungan, melakukan daur ulang juga dapat mengasah ketrampilan dan kreativitas sehingga kerajinan tas dari plastik yang dibuat dapat menarik perhatian konsumen. Selain itu, harus terampil dalam memasarkan dan membangun relasi agar barang yang sudah dibuat tidak sia – sia.

5. Mencegah Timbulnya Penyakit

Sampah yang banyak dan menumpuk dapat menjadi sumber penyakit, maka dari itu kita harus pandai dalam memilah sampah. Lebih baik buat tempat sampah yang digunakan untuk memisahkan sampah organik atau anorganik, supaya ketika ingin didaur ulang lebih mudah.

6. Menciptakan Lingkungan yang Bersih dan Sehat.

Jika lingkungan sekitar bersih dan sehat maka dapat membantu kita tercegah terkena serangan berbagai penyakit. Selain itu,lingkungan yang bersih juga enak dipandang dan juga tidak menimbulkan bau yang tidak enak menyengat. Cara membuat lingkungan sehat adalah membuang sampah pada tempatnya, memisahkan antara sampah organik dan anorganik serta melakukan 3R ( reduce, reuse dan recycle ).

7. Menghemat Energi

Dengan mendaur ulang sampah – sampah, dalam proses memproduksi membutuhkan energi yang lebih sedikit dari pada bahan mentah. Hal ini tentu sangat menguntungkan bagi mereka para pengusaha baru pada saat memproduksi produk baru.

Yuk, kurangi penggunaan plastik untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita. Gunakan kantong atau tas dari kain untuk keperluan sehari – hari. Daur ulanglah limbah plastik menjadi kerajinan tas dari plastik, tidak hanya kerajinan tas saja seperti kerajinan bunga dari plastik, dompet, tempat pensil, dan lain – lain.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •