Rumah Mesin mengadakan People Development Program atau Pekan PeDe pada Senin, 14 September 2020 untuk karyawan laki-laki. Program ini merupakan program rutin setiap pekan yang bertujuan untuk meningkatkan ketertataan aspek kehidupan karyawan di bidang kerohanian. Dimulai dengan tilawah bersama, tahsin, dan kemudian penyampaian materi oleh mentor. Sebelum Pekan PeDe, para karyawan melaksanakan salat zuhur berjamaah.

Pekan PeDe bertempat di studio belakang Limasan dengan mentor Ustadz Paryono. Setelah salat berjamaah, Pekan PeDe dimulai dengan melanjutkan tilawah bersama, kemudian tahsin. Pada kesempatan kali ini, Ustadz Paryono menyampaikan tentang amalan-amalan yang bisa mendatangkan syafa’at pada hari kiamat nanti. Syafa’at berarti menjadi penengah bagi orang lain dengan memberikan manfaat kepadanya atau menolak mudarat, yakni pemberi syafaat itu memberikan manfaat kepada orang itu atau menolak mudaratnya. Contohnya, syafa’at untuk mendatangkan kebaikan, syafa’at Rasulullah SAW bagi penduduk surga agar mereka memasukinya.

Ustadz Paryono menjelaskan ada hal-hal yang dapat menjadikan kita mendapatkan syafa’at kelak di hari akhir. Pertama adalah tauhid dan mengikhlaskan ibadah kepada Allah serta ittiba’ kepada Rasulullah SAW. Tidak dapat dipungkiri bahwa tauhid menjadi salah satu hal terpenting yang harus dimilliki seorang muslim. Nabi SAW pernah ditanya: “Siapakah orang yang paling bahagia dengan syafa’atmu pada hari Kiamat?” Nabi menjawab: “Yang paling bahagia dengan syafa’atku pada hari Kiamat adalah, orang yang mengucapkan Laa ilaahaa illallaah dengan ikhlas dari hatinya atau dirinya,” (HR Bukhari, no. 99)

Amalan kedua adalah shalatnya sekelompok orang muslim terhadap mayit muslim. Sekelompok orang yang melakukan hal tersebut akan memperoleh syafa’at dari Rasulullah SAW di hari akhir kelak. Ustadz Paryono menyampaikan hal itu sesuai dengan hadist, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim meninggal dunia, lalu jenazahnya dishalatkan oleh empat puluh orang yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, melainkan Allah akan memberikan syafa’at kepadanya”. (HR Muslim, no.948, 59).

Masih ada amalan-amalan yang bisa mendatangkan syafa’at di hari akhir nanti, tetapi akan dilanjutkan oleh Ustadz Paryono di Pekan PeDe selanjutnya. Sebagai seorang muslim kita harus senantiasa mengamalkan amalan tersebut, selain agar mendapatkan pahala, syafa’at juga bisa menjadi saksi amalan kebaikan yang telah kita lakukan selama hidup di dunia.

Semoga Allah ta’ala memberi kemudahan kepada kita untuk mendapatkan syafa’at di hari kiamat nanti. Aamiin