Bantul – Jumat, 16 Oktober 2020 Rumah Mesin kembali menggelar kegiatan rutin Pekan PeDe atau People Development Program pada pukul 11.00 sampai pukul 12.30 bertempatan di Studio Belakang Limasan. Pekan PeDe pada hari Jum’at dikhususkan untuk karyawan dan magang perempuan. Pekan PeDe atau People Development Program merupakan salahsatu kegiatan rutin setiap pekan yang bertujuan untuk meningkatkan ketertataan aspek kehidupan karyawan di bidang kerohanian. Pekan PeDe diisi oleh ustadzah atau  mentor yang mumpuni dalam bidangnya. Dimulai dengan tilawah bersama, tahsin, dan kemudian penyampaian materi oleh Ustadzah Hajar selaku mentor .

Pada kesempatan kali ini, Ustadzah Hajar  menyampaikan tentang Batasan aurat yang harus ditutupi dari perempuan. Syarat menutup aurat bagi perempuan dalam al-qur’an surat an-nur ayat 31. Inti dari ayat tersebut Dalam ayat ini, Allah Swt. berfirman kepada seluruh hamba-Nya yang mukminah agar menjaga kehormatan diri mereka dengan cara menjaga pandangan, menjaga kemaluan, dan menjaga aurat. Dengan menjaga ketiga hal tersebut, dipastikan kehormatan mukminah akan terjaga. Ayat ini merupakan kelanjutan dari perintah Allah Swt. kepada hamba-Nya yang mukmin untuk menjaga pandangan dan menjaga kemaluan. Ayat ini Allah Swt khususkan untuk hamba-Nya yang beriman.

mengenai batasan aurat wanita dalam sabda rasulullah pada hadits abu daud dari aisyah radiallahuanha dikatakan bahwa seorang wanita jika sudah baligh tidak boleh terlihat dari dirinya kecuali menunjukkan wajahnya dan kedua telapak tangannya. Rosulullah saw juga mengingatkan agar telapak kaki bawah tertutuo auratnya.  Batasan aurat bagi seorang wanita memanglah sangat penting. Untuk itu, rosulullah saw mengingatkan agar telapak bawah kaki tertutup auratnya. Pakaian yang digunakan untuk menutup aurat pun tidak boleh sembarangan. Ustadzah Hajar mengingatkan untuk menutup aurat bukan hanya sekedar menggunakan jilbab. Allah memerintahkan untuk menggunakan pakaian yang tidak mencolok sehingga dapat menarik perhatian laki-laki dan berlebihan. Dan pakaian yang digunakan tidak terlalu tipis dan tidak tembus pandang. Allah swt menegaskan mengenai pakaian yang harus digunakan untuk menutup aurat dalam alquran terdapat dalam surat al-a’raf ayat 26 yang artinya sesungguhnya kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan allah mudah-mudahan mereka selalu ingat.

WhatsApp chat