Home » Products » Cut Test Cocoa / Alat Pemotong Biji Kakao / Alat Uji Belah Kakao

Cut Test Cocoa / Alat Pemotong Biji Kakao / Alat Uji Belah Kakao

Alat Uji Belah Kakao ( Cut Test Cocoa )

Alat Uji Belah Kakao atau Cut Test Cooca adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk menguji kualitas dari biji kakao. Pentingnya kualitas kakao, sangat mempengaruhi kualitas coklat.

Maka Pengetesan sampel biji kakao merupakan parameter yang penting dilakukan. Dan keberadaan Cut Test Cocoa sebagai alat uji belah kakao menjadi instrument yang harus ada  di sistemnya.

Alat Uji Belah Kakao ( Cut Test Cocoa )

Gambar Alat Uji Belah Kakao ( Cut Test Cocoa )

Spesifikasi Alat Uji Belah Kakao ( Cut Test Cocoa ) :

Persyaratan Biji Kakao Hasil Fermentasi : Kadar Air ( 12 % – 13 % ).
Kapasitas : 50 Biji Kakao / Batch.
Tipe ( Sistem ) : Vertikal Tekan ( Manual ).
Pisau : Stainless Steel Anti Karat.
Bahan Bingkai : Pelat.
Bahan Papan Pembelahan : Kayu Kamper / Yang Sejenis.
Dimensi Mesin : 670 mm X 480 mm X 50 mm.

 


Sekilas Tentang Kualitas Biji Kakao

alat belah biji kakao

 

Untuk menentukan kualitas biji kakao, ada beberapa parameter yang bisa dijadikan pijakan dalam yang perlu diperhatikan. Parameternya antara lain :

1. Kadar Air Biji Kakao

Kadar  air merupakan sifat fisik yang  sangat penting dan perlu  diperhatikan oleh pembeli. Selain sangat berpengaruh terhadap randemen hasil (yield), kadar air berpengaruh pada daya tahan biji  kakao terhadap kerusakan terutama saat penggudangan dan pengangkutan.

Biji  kakao  yang mempunyai kadar air tinggi, sangat rentan terhadap serangan jamur dan serangga, keduanya sangat tidak disukai oleh konsumen karena cenderung menimbulkan kerusakan cita-rasa dan aroma dasar yang tidak  dapat  diperbaiki pada proses berikutnya.

Standar kadar   air  biji  kakao mutu ekspor adalah 6  –  7 %. Jika lebih tinggi dari nilai tersebut, biji  kakao tidak  aman disimpan dalam waktu lama, sedang jika kadar air terlalu rendah biji kakao cenderung menjadi rapuh.


 2. Ukuran Biji Kakao

Ukuran biji kakao merupakan karakteristik fisik penentuan randemen hasil lemak. Dimana semakin besar ukuran biji kakao, maka semakin tinggi randemen lemak dari dalam biji.

Biasanya ukuran biji kakao dinyatakan dalam jumlah biji (beans account) per 100 gram contoh uji yang diambil secara acak pada kadar air 6 – 7 %.  Ukuran biji rata-rata  yang  masuk kualitas ekspor adalah antara 1,0 – 1,2 gram atau setara dengan 85 – 100 biji per 100 gram.

Ukuran biji kakao kering sangat dipengaruhi oleh jenis bahan tanaman, kondisi kebun (curah hujan) selama perkembangan buah, perlakuan agronomis dan cara pengolahan.


3. Kadar Kulit Biji

Biji kakao terdiri atas keping biji (nib) yang dilindungi oleh kulit (shell). Kadar kulit dihitung atas dasar perbandingan berat kulit dan berat total biji kakao (kulit + keping) pada kadar air 6 – 7 %.

Standar kadar kulit biji kakao yang umum adalah antara 11 – 13 %. Namun, nilai kadar kulit umumnya tergantung pada permintaan konsumen.

Beberapa konsumen bersedia membeli biji kakao dengan kadar kulit di atas nilai tersebut. Mereka akan memperhitungkan koreksi harga jika kadar kulit lebih tinggi dari ketentuan karena seperti halnya ukuran biji, kadar kulit berpengaruh pada randemen hasil lemak.

Biji kakao dengan kadar kulit yang tinggi cenderung lebih kuat atau tidak rapuh saat ditumpuk di dalam gudang sehingga biji tersebut dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, jika kadar  kulit terlalu  rendah, maka penjual (eksportir) biji kakao akan mengalami kerugian dalam bentuk kehilangan bobot.

Kadar  kulit biji kakao dipengaruhi oleh jenis bahan tanaman dan  cara  pengolahan (fermentasi dan pencucian).

Semakin singkat waktu fermentasi, kadar kulit biji  kakao semakin tinggi karena sebagian besar sisa lendir (pulp) masih menempel pada biji.

Namun demikian, kandungan kulit biji  tersebut dapat dikurangi dengan proses pencucian.


Syarat Umum Biji Kakao Kualitas Ekspor :

Syarat umum biji kakao yang akan diekspor ditentukan atas dasar ukuran biji, tingkat kekeringan dan tingkat kontaminasi benda asing.

Ukuran biji dinyatakan dalam jumlah biji per 100 gram biji kakao kering (kadar air 6 – 7 %). Klasifikasi mutu atas dasar ukuran biji dikelompokkan menjadi 5 tingkat yaitu :

Tabel 1. Syarat Mutu Biji Kakao Berdasarkan Ukuran Biji

Ukuran Jumlah biji/100 gram
AA maks. 85
A maks. 100
B maks. 110
C maks. 120
S >   120

                        Sumber :(SNI  01  –  2323  – 2008)

Keterangan:

AA Jumlah biji per 100 gram maksimum 85

A    Jumlah biji per 100 gram maksimum 86 -100

B    Jumlah biji per 100 gram maksimum 101 – 110

C    Jumlah biji per 100 gram maksimum 111 – 120

S     lebih besar dari 120 biji per 100 gram.

Sumber :

http://sputumutia.blogspot.co.id/2014/06/laporan-praktikum-kakao-teknologi.html

 

Info Pemesanan Alat Uji Belah Kakao Rumah Mesin

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Alat Uji Belah Kakao ( Cut Test Cocoa ) bagai anda para pengusaha perkebunan kakao ( coklat ).

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Alat Uji Belah Kakao ( Cut Test Cocoa ).

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami . Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

RumahMesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

By | 2017-08-30T11:27:33+00:00 June 24th, 2016|Comments Off on Cut Test Cocoa / Alat Pemotong Biji Kakao / Alat Uji Belah Kakao

About the Author: