Mesin Bubut Kayu-Mesin Pahat Kayu-Alat Bubut Kayu Terbaru 2022

Mesin Bubut Kayu

Mesin Bubut Kayu adalah alat yang secara khusus dirancang untuk memotong, membentuk, serta menghaluskan kayu dengan cara diputar. Alat Bubut Kayu banyak digunakan di industri kayu terutama dalam industri permebelan.

Mesin bubut kayu menghasilkan dan membentuk potongan kayu yang halus dan rapi. Alat Bubut kayu juga bisa digunakan untuk membentuk kayu dengan berbagai bentuk yang artistik.

 

Spesifikasi Mesin Bubut Kayu

Mesin Bubut Kayu

Harga > Rp. Call

Spesifikasi Mesin Bubut Kayu :

Daya ( Power ):1/2 HP.
Peggerak:Elektro Motor.
Tegangan Listrik:220 V.
Frekuensi Listrik:50 Hz / 60 Hz.
Dimensi Mesin:1000 mm x 400 mm x 900 mm.
Rangka:Besi Siku 4 cm x 4 cm.
Energi Yang Digunakan:Listrik.

Kelebihan Mesin Bubut Kayu RUMAH MESIN

  • Mesin Bubut Kayu Professional.
  • Pisau Bubut Bervariasi.
  •  Menghemat Tenaga, Waktu, Pikiran, Dan Uang.
  • Mesin Mudah Dipahami Dan Mudah Digunakan.
  • Dibuat Dari Bahan Material Berkualitas Terbaik.
  • Dukungan Teknisi Handal Dan Suku Cadang Terbaik.
  • Konsultasi Harga, Usaha, Dan Kebutuhan ( Budget ).
  • Mesin Sangat Andal Dan Awet.
  • Mesin Bergaransi.
  • Training Gratis.
  • Efektif Dan Efisien.

 

Harga Mesin Bubut Kayu

Untuk informasi dan harga mesin bubut kayu dapat menghubungi call center kami.

kontak rumah mesin


Kegunaan Mesin Bubut Kayu

Alat Bubut Kayu adalah alat yang digunakan untuk menghaluskan kayu. Mesin Bubut kayu juga bisa digunakan untuk membentuk kayu dengan berbagai bentuk yang artistik dan rapi.

Biasanya mesin ini banyak dipakai oleh para tukang bangunan atau pabrik-pabrik kayu.

 

Keuntungan menggunakan Mesin Bubut Kayu Rumah Mesin

CV. RUMAH MESIN menyediakan mesin bubut kayu untuk keperluan usaha kayu anda. Dengan menggunakan mesin bubut kayu dari kami, anda akan sangat terbantu dalam proses produksi usaha kayu anda.

Mesin Bubut Kayu kami dirancang dan dibuat secara teliti dan penuh presisi oleh tenaga ahli kami. Mesin kami juga dibuat dari bahan-bahan yang berkualitas. Serta telah melalui serangkaian uji coba, dan telah lolos Quality Control. Sehingga Mesin kami lebih terjamin mutu dan kulitasnya.

 

Bahan Baku Industri Kayu

Bahan yang kami maksudkan disini adalah bahan baku kayu yang akan dibubut. Beberapa bahan baku untuk kayu yang dipakai diantaranya :

  1. Sonokeling
  2. Merbau
  3. Rasamala
  4. Damar
  5. Jati
  6. Mahoni
  7. Sungkai
  8. Merante
  9. Mendang
  10. Surian
  11. Siren
  12. Kelapa
  13. Nangka
  14. Asan
  15. Pinus
  16. Jilutung
  17. Sengon
  18. Randu
  19. Pulai
  20. Gian
  21. Kulim
  22. Balau
  23. Balsa

 

Jenis-Jenis Bubut Kayu atau Kayu Meubel

  1. Pohon Sonokeling

    Sonokeling atau Sanakeling adalah sejenis pohon yang menghasilkan kayu keras dan indah. Kayu Sonokeling mempunyai bobot sedang dan kualitas kayu yang tinggi.

    Kayu Sonokeling di dalam dunia perdagangan kayu internasional dikenal sebagai Indian rosewood. Sedangkan di Indonesia khususnya di Pulau Jawa, Kayu Sonokeling terdapat 2 jenis Kayu Sonokeling yang dinamai Sonobrit dan Sonosungu.

  2. Pohon Jati

    Jati adalah sejenis pohon penghasil kayu bermutu tinggi dan sangat dikenal di industri permeubelan. Jati mempunyai bentuk pohon yang besar, berbatang lurus, dapat tumbuh mencapai tinggi 30-40 m.

    Pohon Jati mempunyai daun yang besar dan lebar. Daun pohon jati akan merangas kemudian rontok di musim kemarau. Pohon Jati merupakan jenis pohon yang lambat dalam pertumbuhannya. Jati dikenal di dunia dengan nama Teak dalam bahasa Inggris.

    Jati merupakan pohon yang mempunyai waktu pertumbuhan cukup lambat. Sehingga membuat permintaan atas kayu jati yang sangat banyak selalu kurang terpenuhi.  Jati umumnya diproduksi secara konvensional dengan menanam bibit ataupun menggunakan biji.

  3. Pohon Jabon

    Jabon merupakan pohon penghasil kayu-kayu untuk bahan baku industri yang sangat berkualitas. Pohon Jabon lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan pohon sengon, yang saat ini masih menjadi primadona bahan baku industri kayu olahan.

    Dibandingkan dengan jenis-jenis kayu yang lain, Pohon Jabon merupakan jenis pohon yang pertumbuhannya paling cepat. Pohon Jabon mempunyai batang yang berbentuk silinder dan lurus.

    Kayu Pohon Jabon berwarna putih kekuningan tanpa terlihat adanya serat. Sehingga membuat Kayu Pohon Jabon sangat baik dipergunakan dalam Industri Pembuatan kayu lapis Maupun kayu Gergajian.

  4. Pohon Sengon Laut

    Jeungjing atau sengon laut adalah nama sejenis pohon penghasil kayu untuk olahan industri meubel. Pohon Sengon Laut diklaim mempunyai waktu pertumbuhan tercepat di dunia.

    Pohon ini dapat tumbuh hingga 7 m dalam waktu setahun. Sengon Laut mempunyai bobot kayu ringan serta berwarna putih. Kayu Sengon Laut sangat cocok untuk dijadikan bahan baku konstruksi ringan, peti-peti pengemas, papan partikel, dan papan lapis.

  5. Pohon Mahoni

    Dari segi kualitas, pohon mahoni cukup bagus untuk pembuatan meubel. Harganya juga lebih murah dibandingkan dengan kayu jati.

    Pohon ini menghasilkan kayu yang olahannya akan menjadikan furniture yang indah dipandang dan biayanya juga murah.

 

Lokasi Produksi Bubut Kayu 

Produksi Kayu Bubut dapat dilakukan di daerah atau tempat yang banyak terdapat kayu. Sehingga anda tidak akan terganggu dengan keadaan dimana anda kekurangan bahan baku.

Namun aspek transportasi juga harus menjadi pertimbangan dalam memilih tempat.

 

Target Pasar Hasil Produksi Mesin Bubut

Untuk Target Pasar Hasli Produksi Mesin Bubut anda adalah para tukang atau mandor pembangunan serta para pencari furniture atau mebel.

Anda juga dapat memasarkan Produk anda di sebuah pameran, toko, pasar kerajinan, ataupun lewat jalur online.

 

Informasi Pemesanan Mesin Bubut Kayu

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Kayu untuk membantu anda dalam membuat Potongan Kayu untuk kebutuhan industri atau perkebunan anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain.

Mulai  dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Bubut Kayu.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami .

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

 

Bagian Bagian Utama Mesin Bubut

Secara umumnya mesin bubut memiliki beberapa bagian utama. Pada bagian bagian utama mesin bubut diantaranya

1. Headstock / Kepala Tetap

Headstock yang merupakan tempatnya transmisi gerak yang mengatur putaran yang dibutuhkan saat proses pembubutan. Selain headstocl yang difungsikan sebagai dudukan chuck dan spindle, pengaturan kecepatan putaran spindle, tempat perlengkapan gear box, dan lain sebagainya.

2. Tailstock / Kepala Lepas

Namun tailstock ini yang digunakan untuk menyangga pada benda kerja yang lebih panjang, kedudukan chuck bor, reamer, dan untuk proses pemesinan bubut tirus di mesin bubut.

3. Toolpost / Tempat Pahat

Toolpost yang merupakan tempat rumah pahat, digunakan sebagai tempat dudukan pahat bubut, dengan menggunakan pemegang pahat.

4. Spindle

Spindle yang difungsikan sebagai tempat pemasangan benda kerja utuk proses penyayatan. Namun terdapat dua macam spindle yaitu spindle rahang tiga dan spindle rahang empat.

5. Lead Crew / Ulir Pembawa

Untuk lead crew ini yang merupakan poros berulir panjang yang terletak sedikit di bawah dan sejajar dengan tepian, memanjang dari kepala tetap ke ekor tetap. Yang dihubungkan oleh roda gigi untuk kepala tetap dan rotasi dapat dibalik. Selain itu, menempel pada kereta dan digunakan sebagai kabel pemandu untuk membuat benang saja dan dapat dilepas saat tidak digunakan.

6. Feedrod / Poros Penjalan

Meskipun feedrod yang terletak di bawah ulir pengarah yang berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari gear box cepat untuk menggerakkan mekanisme geladak ke arah melintang atau membujur.

7. Carriage / Eretan

Carriage ini yang terdiri dari eretan, tempat pahat, dan apron. Dengan menahan beban dan mengarahkan pahat potong eretan atau carriage haruslah memiliki struktur yang kuat. Namun carriage ini yang memiliki dua cross slide yang berfungsi untuk mengarahkan pahat ke arah silang. Selain begitu, spindle bagian atas mengontrol pergerakan dudukan pahat dan spindle atas untuk memindahkan dudukan di sepanjang landasan.

8. Bed / Alas Mesin

Bed atau alas ini yang berfungsi untuk kedudukan eretan atau carriage. Meski alas mesin merupakan bagian rangka utama mesin bubut, yang di atas kerangka tersebut, juga carriage serta headstock bertumpu serta begerak, adapun alur alas mesin berbentuk V, rata atau datar.

9. Gear Box / Lemari Roda Gigi

Untuk gear box atau roda gigi ini berfungsi untuk mentransmisikan daya dari spindel ke sekrup utama pada kecepatan yang berbeda.

10. Chuck

Namun chuck pada dasarnya untuk digunakan menjepit benda kerja, khususnya yang panjangnya pendek dan diameter besar atau bentuknya tidak beraturan yang tidak dapat dipasang dengan nyaman di antara pusat. Karena hal itulah dapat dipasang ke mesin bubut dengan mengencangkan di ujung spindel.

Alat Perlengkapan Mesin Bubut

1. Pahat Bubut

Alat pahat bubut digunakan untuk memotong atau menyayat benda kerja, pahat dijepit dan dipasang pada tool post. Untuk proses pemasangan pada pahat bubut haruslah di pasang dengan jarak setinggi senter, jenis pahat dengan logam keras atau baja yang terpasang pada tangkainya.

2. Alat Pencekam Benda Kerja

Meski alat pencekam benda kerja yang berfungsi sebagai penjepit benda kerja seperti drive plat, plat pembawa rata, pencekam tiga rahang, dan pencekam empat rahang.

3. Senter

Fungsi senter yang digunakan untuk membuat benda kerja tetap dalam keadaan stabil selama berada di dalam mesin bubut. Namun ada dua jenis senter yang digunakan, yakni senter tetap yang terletak pada sumbu utama mesin dan senter putar yang posisinya berada di ujung kepala lepas.

4. Eretan

Untuk eretan dipasang bersama-sama plat pembawa dengan maksud untuk membawa serta benda kerja supaya ikut berputar seirama sumbu mesin.

5. Penyangga

Dalam penyangga yang berperan dalam pengerjaan batang bulat yang panjang, untuk menyangga benda kerja supaya tidak melengkung kebawah, sehingga tetap lurus segaris sumbu.

6. Kartel

Alat kartel ini adalah alat yang digunakan untuk membuat lekukan-lekukan kecil pada benda kerja agar tidak licin pada saat dipegang dengan tangan sebagai penopang.

Jenis Mesin Bubut Berdasarkan Cara Kerja

Dalam jenis mesin bubut berdasarkan cara kerjanya adalah sebagai berikut :“,

1. Centre Lathe

Dengan cara kerja mesin centre lathe ini adalah Mesin ini menggunakan sebuah poros spindle yang berfungsi untuk mencengkram material.

2. Mesin Bubut Sabuk

Dengan sesuai namanya, Mesin Bubut Sabuk mempunyai ciri khas yaitu terdapat suatu bagian yang berfungsi sebagai sabuk yang nantinya akan memutar roda gigi.

3. Facing Lathe

Untuk cara kerja Mesin Facing Lathe saat Proses pembubutan yang menggunakan dua piringan yang ada di mesin ini.

4. Mesin Bubut Boring Milling dan Vertical Turning

Meski mesin ini bekerja secara otomatis, Hanya perlu mengatur bentuk akhir dari bahan atau potongan yang diperlukan lalu mesin akan bekerja secaa otomatis sesuai dengan perintah yang diberikan.

5. Mesin Bubut Turret

Namun cara kerja mesin ini yang sama dengan Mesin Boring Milling dan Vertical Tuning yang membedakannya adalah mesin ini mempunyai fitur lebih dan mesin dapat memproduksi dalam jumlah banyak dengan waktu yang singkat.

 

Hasil Kerajinan Dari Teknik Bubut

Nah bagi kamu yang ingin menambah tampilan yang indah tak sekadar memberi tambahan kerajinan kayu pada sisi ruangan tapi harus juga memperhatikan kerajinan kayu bubut yang sesuai dengan keinginan kamu, sebab dengan menambahkan kerajinan kayu saja, ruangan ruangan akan terasa lebih fresh dengan menempatkan pada ruangan yang tepat. Untuk barang-barang bekas yang ada di rumah, anda juga bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan kayu.
Dengan hasil – hasil karya biasanya yang dihasilkan dari teknik bubut adalah mainan, hiasan, vas bunga, dan barang barang lainnya yang dibuat dengan bahan dasar kayu.
Dalam penggunaan teknik untuk pembubutan rupanya juga cukup jenis beragam, salah satunya untuk membuat kerajinan tangan.Karena  hal ini diperlukan proses menyayat, menggaruk, mengiris hingga membentuk benda.

Meski, teknik pembubutan akan sangat bermanfaat untuk menciptakan kerajinan tangan dari bahan keras menjadi simetris. Beberapa contohnya diantaranya:

  • Asbak kayu.
  • Vas bunga yang terbuat dari kayu.
  • Berbagai macam mainan kayu.

1. Teknik Bubut Pada Kayu

Yang salah satu dalam teknik pembubutan yang terkenal adalah bubut kayu. Karena Ini merupakan teknik pembubutan yang pengerjaannya berkaitan dengan benda kerja dari kayu. Dalam jenis kayu yang dijadikan bahan sangat beragam misalnya, kayu jati, mahoni dan acacia. Namun hasil kerajinan dari bubut kayu juga sangat beragam serta sangat familiar di lingkungan sekitar misalnya, asbak kayu, mainan anak, vas bunga, rak sepatu dan lainnya.

2, Teknik Bubut Bambu

Selain bubut kayu, ternyata bubut bambu juga kerap dijumpai penggunaannya. Bubut bambu adalah teknik penyayatan dengan benda kerja bambu. Jadi, bahan utamanya bukan kayu lagi melainkan bambu.

Bubut bambu akan menghasilkan begitu banyak barang kerajinan tangan. Misalnya, tempat pensil, wadah tisu, meja sudut dan masih banyak lagi.

Teknik bubut merupakan teknik penyayatan yang paling sering digunakan oleh para tukang kayu di lingkungan sekitar. Teknik pembubutan tentu mampu menghasilkan banyak kerajinan tangan.

Pastinya hasil kerajinan tangan tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan harian. Mulai dari perlengkapan rumah sampai dekorasi interior hunian.

 

Fungsi Mesin Bubut

Fungsi utama mesin bubut adalah untuk menghilangkan logam dari suatu pekerjaan untuk memberikan bentuk dan ukuran yang diinginkan. Mesin bubut  memiliki banyak fungsi dalam berbagai bidang, diantaranya adalah pengerjaan logam, pemintalan logam, thermal spraying, dalam industri otomotif terutama di poros engkol, pembubutan kayu, operasi pembubutan kaca, untuk membentuk ulir sekrup, juga digunakan untuk pemulihan suku cadang, dan banyak lagi.

Selain itu, mesin bubut banyak digunakan di berbagai bidang industri lainnya seperti industri Tekstil, Pembangkit energi, Pertahanan, Medis, Plastik, Aerospace, Otomotif, dan lain sebagainya.