Mesin Keripik Tempe Terbaru 2021 | Rumah Mesin

Mesin Perajang Kripik Tempe

cara membuat keripik tempe

Orang Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Tempe merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer dan paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Tempe, yang juga merupakan makanan asli Indonesia, adalah makanan padat nutrisi yang terbuat dari kedelai yang difermentasi.
Kisah Tempe sendiri diyakini berasal dari Jawa Timur. Produksi tempe sudah berlangsung sejak abad ke-18 dan tentunya tidak terlepas dari kedatangan bangsa Cina yang membawa serta teknik memasak tahu, sehingga orang Jawa mencoba mengolah kedelai dengan caranya sendiri.
Tempe adalah salah satu makanan yang paling mudah ditemukan. Ada beberapa jenis olahan tempe yang biasa disantap orang Indonesia, yaitu tempe goreng, tempe goreng, telur dadar, tempe bacem dan lain sebagainya. Bisa dibilang tempe merupakan makanan favorit yang dijadikan sebagai pendamping nasi.
Ternyata selain rasanya yang enak, tempe mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. itu penjelasan sedikit tentang tempe, sekarang saya akan memberikan manfaat tempe bagi kesehatan.

Manfaat Tempe Bagi Kesehatan

1. Sumber protein

Protein berfungsi dengan cara memelihara jaringan otot dan menghasilkan enzim proteolitik yang dapat memecah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh. Kandungan gizi tempe telah terbukti memiliki kualitas yang lebih baik daripada kedelai, karena kadar protein yang larut dalam air meningkatkan aktivitas enzim proteolitik. Enzim proteolitik dapat memecah rantai panjang protein menjadi zat yang dapat dicerna tubuh.
Tempe juga mengandung lebih sedikit lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, besi, tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, biotin, vitamin B12 dan retinol lebih banyak daripada daging. Oleh karena itu, tempe sering digunakan sebagai protein pengganti daging.

2. Kandungan kalsium yang tinggi

Selain tinggi protein, tempe juga tinggi kalsium. Tempe bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium selain susu. Sebuah penelitian menyebutkan kandungan kalsium dari empat potong tempe setara dengan satu gelas susu sapi.
Setiap 100 gram sajian susu mengandung 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gram tempe mengandung hingga 155 mg kalsium.Mesin Keripik Tempe adalah alat untuk membuat keripik tempe, yang mana fungsi utama mesin ini adalah untuk meajang atau menyeset tempe.
Rajangan atau sesetan tempe yang dihasilkan akan lebih teratur atau relatif sama ukuran ketipisannya.Untuk Kecepatan prosesnya pun bisa dikatan sangat singkat, sehingga waktu dan tenaga anda akan bermanfaat dan tidak terbuang sia sia.

3. Antioksidan radikal bebas

Paparan tubuh terhadap radikal bebas dari waktu ke waktu memiliki berbagai efek yang tidak baik bagi tubuh, salah satunya dapat menyebabkan kanker. Tubuh sangat membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Ternyata, antioksidan yang dibutuhkan tubuh bisa didapatkan dari mengonsumsi tempe.
Tempe mengandung antioksidan isoflavon yang berperan dalam memerangi radikal bebas. Antioksidan ini dapat membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif seperti penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, diabetes, dll, dan juga dapat mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker prostat dan kanker payudara.

4. Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 ditemukan dalam daging, ayam, ikan, dan susu. Tempe merupakan satu-satunya sumber vitamin B12 yang berasal dari tumbuhan karena mengandung 0,0017 mg vitamin B12.
Vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh karena memiliki fungsi antara lain produksi sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, menjaga kesehatan sistem saraf, dan menjaga fungsi otak. Oleh karena itu, tempe bisa menjadi pilihan makanan vegan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12.

5. Menurunkan kolesterol

Kolesterol darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun Anda tidak perlu khawatir karena mengkonsumsi tempe dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.
Tempe kedelai secara alami mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Isoflavon ini berperan sebagai penurun kolesterol jahat atau LDL. Senyawa niasin dalam tempe juga dianggap sebagai pengontrol kolesterol dan baik untuk Anda yang memiliki risiko lebih tinggi terkena serangan jantung atau stroke yang disebabkan oleh kolesterol LDL.

6. Cocok digunakan sebagai menu diet

Tempe bisa menjadi menu diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Salah satu menu terbaik untuk diet adalah makanan yang tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak. Kandungan protein dan serat pada tempe membuatnya sangat baik untuk menu diet.
Tempe juga merupakan makanan yang mudah diserap tubuh. Kandungan vitamin B kompleks dalam suhu juga sangat baik untuk menutupi asupan makanan Anda saat berdiet.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Pada fermentasi tempe, kedelai dan khamir menghasilkan asam fitat dan berbagai bakteri baik, termasuk probiotik. Probiotik ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Selain itu, probiotik juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan usus.
Dengan probiotik, tubuh dapat dengan mudah memecah nutrisi dan menjelaskan pencernaan.

8. Mencegah osteoporosis

Tempe tidak hanya kaya akan protein dan vitamin B12, tetapi juga kaya akan kalsium dan vitamin K. Kedua bahan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk proses pembentukannya. Proses fermentasi tempe juga meningkatkan kadar vitamin K dan mineral lain dalam kedelai.
Oleh karena itu, tempe sangat cocok untuk penderita osteoporosis yang membutuhkan asupan kalsium yang tinggi. Dengan asupan kalsium dan vitamin K yang cukup, penderita osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang.

9. Menurunkan gula darah

Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Diabetes juga bisa terjadi karena seringnya mengonsumsi makanan manis. Memilih menu untuk penderita diabetes tentu bukan hal yang mudah. Namun, tahukah Anda bahwa tempe bisa menjadi makanan alternatif untuk membantu menurunkan kadar gula darah?
Tempe yang dibuat khusus dari kacang kedelai mengandung isoflavon dan serat yang dapat mengontrol kestabilan gula darah dan meningkatkan resistensi insulin. Selain cocok untuk penderita diabetes tipe II, tempe juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Selain itu, tempe juga mengandung mangan yang diperlukan untuk menghasilkan enzim pencernaan untuk membantu proses glukoneogenesis. Tempe kaya akan mangan, protein, dan vitamin B3, yang dapat menurunkan kadar gula darah.

10. Mencegah kanker

Kanker dapat muncul dari sel-sel abnormal yang terus bermutasi, menghasilkan sel-sel baru dengan gen yang tidak sempurna. Proses ini menyebabkan adanya jaringan yang dapat merusak jaringan sel sehat lainnya.
Tempe mengandung senyawa polifenol dan isoflavon yang berperan dalam menghambat proses pembentukan pembuluh darah oleh sel kanker. Studi lain menemukan bahwa konsumsi isoflavon yang lebih tinggi dikaitkan dengan kematian yang lebih rendah pada wanita dengan kanker payudara.

11. Mencegah Asma

Serat memainkan peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan yang terkait dengan respons pernapasan. Tempe merupakan makanan berserat tinggi yang baik untuk kesehatan paru-paru. Kesehatan paru-paru dipengaruhi oleh bagaimana serat dan asam lemak masuk ke aliran darah.
Serat dalam tempe memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru untuk mengurangi reaksi alergi.

12. Mengurangi risiko penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah penyakit yang ditandai dengan fungsi abnormal dari sistem saraf pusat. Kerusakan saraf ini menyebabkan kadar dopamin dalam tubuh turun. Dalam hal ini, niasin bertindak sebagai bantuan dalam perbaikan sel dan dapat mengurangi risiko penyakit Parkinson.
Niasin terdapat pada tempe. Niasin adalah senyawa mirip vitamin yang memainkan peran penting dalam kesehatan otak dan gangguan neurologis lainnya. Orang yang sering mengonsumsi niasin dapat mengurangi risiko depresi, kelelahan, dan anemia.
nah itu beberapa manfaat tempe bagi kesehatan,dan ternyata tempe bisa dibuat keripik jugaa mari simak baik”.

Spesifikasi Mesin Keripik Tempe Rumah Mesin

Mesin Keripik Tempe
Gambar Mesin Keripik Tempe

Spesifikasi Mesin Kripik Tempe :

Energi Yang Digunakan: Listrik.
Bahan Material: Besi Plat.
Material Kontak Produk: Stainless Steel Anti Karat Berstandar Food Grade.
Bahan Rangka: Besi Siku.
Kapasitas Proses Mesin: 20 Kg – 30 Kg / Jam.
Dimensi Mesin: 600 mm x 400 mm x 630 mm.
Penggerak: Elektro Motor.
Daya: 1/4 HP.

Fungsi Mesin Kripik Tempe :

  • Memotong tempe menjadi sesetan tempe dengan ketebalan minimal kira 1 – 2 mm.
  • Memotong tempe menjadi sesetan tempe dengan ketebalan sesuai selera.
  • Alat pengiris tempe tidak akan mengotori tempe yang Anda potong, karena alat ini higienis dan mudah untuk Anda rawat.

Tempe Slicer terdiri dari plat besi dan besi siku sebagai rangka. Bahan cutter / pengiris terbuat dari stainless steel bebas karat, yang sesuai dengan standar makanan. Dengan kata lain, mesin pemotong tempe tidak menurunkan kualitas tempe yang dipotong. Selain itu, alat ini juga menggunakan listrik sebagai sumber tenaga, sehingga lebih menghemat tenaga dan waktu. Anda juga bisa lebih fokus mengelola bisnis tempe goreng tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

 

Keunggulan Mesin Kripik Tempe :

  • Operasioanal ( CaraPenggunaan ) Sangat Mudah
  • Ketebalan Tempe Bisa Diatur Sesuai Kebutuhan
  • Hemat Energi, Tenaga, Pikiran, Dan Biaya
  • Proses Perajangan Tempe Sangat Cepat
  • Cara Perawatan Mudah
  • Efektif Dan Efisien

Cara Membuat Keripik Tempe

1. Bahan-Bahan

  • 3 kotak tempe, iris tipis-tipis dan angin-anginkan sebentar
  • 100 gram tepung terigu
  • 150 gram tepung beras
  • 100 gram tepung tapioka
  • air secukupnya

Bumbu Halus:

  • 8 siung bawang putih
  • 2 sendok makan ketumbar
  • garam secukupnya

Cara Membuat Keripik Tempe:

  1. Campur tepung terigu, tepung tapioka dan tepung beras dengan bumbu halus. Tambahkan air hingga jadi adonan agak kental.
  2. Masukkan satu per satu tempe ke adonan tepung basah.
  3. Goreng dalam minyak hingga tenggelam. Gunakan api sedang.
  4. Goreng hingga kering dan berwarna kecokelatan, lalu angkat dan tiriskan minyaknya.

Sajikan keripik tempe yang sudah digoreng. Jika hendak disimpan, biarkan sampai dingin terlebih dahulu. Setelah itu baru disimpan di dalam toples kedap udara.

2. Bahan-bahan

  1. 15 sdm tepung beras [ setara dengan 250 gr ]
  2. 7 sdm tepung tapioka [setara dengan 125 gr]
  3. 2 Papan tempe super [tekstur padat] per papan beratnya 600 gr
  4. 1 butir telur utuh [bisa diskip]
  5. 1 Bungkus Royco atau kaldu
  6. sesuai selera Garam
  7. Air sekitar 300-350 ml [kalau tidak menggunkan telur, volume air ditambah sekitar 100 ml]
  8. secukupnya Minyak untuk goreng
  9. Bumbu Yang dihaluskan
  10. 3 siung bawang putih
  11. 1 siung bawang merah
  12. 1 sdt ketumbar
  13. 2 Ruas kencur
  14. 2-3 buah kemiri

Langkah – Langkah

  1. Iris tipis tempe. Agar tipis, cara mengirisnya dengan diseset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-32 tempe. Sesuai ketebalan dan ukuran sih ya.. Kalau tante aku yang ngiris, 1 papan tempe bahkan bisa dapet 40 irisan. Sisihkan
  2. Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk hingga rata. Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer dikit yah. Jadi hasilnya kriuk dan tidak keras.
  3. Lalu celupkan irisan tempe satu persatu kedalam adonan tepung dan goreng dalam minyak panas, aduk bolak balik hingga kuning keemasan dan angkat
  4. Setelah dingin masukan toples atau kemas sesuai selera
  5. TIPS DAN TRIK: kalau mau hasil tempe yang super renyah dan kesat [tak berminyak]. Setelah digoreng, ketika tempe sudah dingin kita bisa mengovennya sebentar dengan suhu rendah. Kalau saya, caranya dengan dioven di suhu 100 dercel, pake api atas bawah selama 20 menit. Hasilnya tempe jadi garing kriuk, ngeprul. Dan kalau sudah dingin, tempe bisa dikemas rapat. Awet 2-3 bulan. Karena selama ditutup rapat tekstur tempe tetap kriuk.
  6. Ingat, kualitas tempe juga berpengaruh pada hasil tempe goreng yah. Karena itu, pastikan menggunakan tempe kualitas bagus, yang padat dan matangnya pas.
  7. Penggunaan air takarannya sekitar 300-350 ml itu kalau mau kental ya cukup 300 ml maka tekstur tepung tempe jadi tebal.. kalau mau tipis-tipis saja maka gunakan air sebanyak 350 ml. Intinya sesuai selera ya.
  8. Penggunaan telur dalam resep ini bisa diskip atau dilewatkan karena emang hasilnya juga gak terlalu beda jauh ya. Kalau yang pake telur renyahnya sedikit empuk, nah kalau yang gak pake telur renyahnya itu garing. Tapi sama2 enak.. Syaya suka yg pake telur karena pertimbangan punya anak kecil aja sih.. Jadi biar makin banyak nutrisinya gitu. Kalau misal mau dijual dan ingin menekan biaya produksi, penggunaan telur bisa dilewatkan.
  9. Dan yang harus dicatat, kalau tidak menggunakan telur, tekstur adonan gak boleh terlalu kental ya.. ntar bisa-bisa keras dan alot hasilnya. Jadi pastikan adonan lumayan encer, sedikit mirip dengan adona peyek.
  10. Pastikan tempe goreng yang sudah digoreng dan didinginkan, disimpan di wadah tertutup. Karena kalau dibiarkan di tempat terbuka, tekstur tempe akan jadi mlempem dan tidak renyah lagi.
  11. Penggunaan tepung tapioka bisa diganti dengan tepung sagu ya guys.. Hasilnya tempe lebih lembut kriuknya, hanya saja untuk warnanya tempe goreng terlihat lebih cokelat ya, jadi tidak bisa kuning cantik seperti menggunakan tepung tapioka. So the choice is in yours.

Informasi Pemesanan Mesin Kripik Tempe Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

CV. Rumah Mesin menyediakan Mesin Pembuat Keripik Tempe bagi anda para pengusaha keripik tempe yang membutuhkan sebuah alat tepat guna. Yang dapat mempermudah sekaligus mempercepat proses perajangan atau penyesetan tempe untuk usaha keripik tempe anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami?

Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya, seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain.

Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Perajang Tempe.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami .

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Dikarenakan mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Anda juga dapat menguji atau mencoba mesin kami sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.