Mesin Pelet ( Pelletizer ) Pakan Ikan Terbaru 2022

Mesin Pelet

Mesin Pelet ( Pelletizer )

Mesin Pelet pakan ternak ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan pembuatan pelet, seperti pelet ikan, pakan ternak dan lain-lain sehingga sering disebut juga sebagai mesin pakan.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Pelet ( Pelletizer ) Rumah Mesin

Mesin Pelet
Gambar Mesin Pencetak Pelet ( Pellettizer )

Spesifikasi Mesin Pelet ( Pelet Apung ) Kapasitas 75 Kg – 100 Kg / Jam :

Energi Yang Digunakan : Solar.
Dimensi : 1200 mm x 800 mm x 1000 mm.
Penggerak : Motor Diesel.
Daya ( Power ) : 16 PK ( Motor Diesel ).
Kapasitas : 75 Kg – 100 Kg / Jam.
Bahan Material : Plattezer.
Rangka : Besi Siku.
Sistem : Press Dan Ulir.

Tersedia mesin pengolah pelet pakan ternak lengkap, lihat disini

Informasi Pemesanan Mesin Pelet ( Pelletizer ) Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

 

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pelet bagi anda para pengusaha pelet maupun pengusaha perikanan.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia/pembuat alat-alat/mesin-mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain-lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin-mesin industri besar, seperti Mesin Pellettizer.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin-mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin-mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Cara Membuat Pakan Ikan Lele Dengan Bentuk Pelet

Kelebihan dari jenis pakan ikan lele apung adalah rendahnya kotoran sisa pakan yang bisa saja  dapat mengotori isi kolam karenakan pakan ikan lele apung tidak akan tengelam ke dasar kolam sehingga akan lebih mudah untuk dibersihkan, tetapi harga pakan ikan apung yang termasuk mahal merupakan menjadi salah satu kekurangannya.

Jadi saya disini memberin tahu anda beberapa cara untuk membuat pakan lele apung sendiri yang dapat dilakukan oleh para pembudidaya ikan lele dan pastinya akan jauh lebih hemat.

1. Siapkan Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama yang dilakukan untuk pembuatan pakan pelet ikan lele terapung adalah untuk mempersiapkan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan untuk membuat pakan pelet iakan lele.

Bahan dasar untuk membuat pakan lele apung diantaranya tepung kedelai, tepung darah, tepung daun turi, tepung ikan, tepung tapioka, tepung terigu, garam mineral, kaldu, dedak bertekstur halus, dan juga tambahan vitamin.

2. Giling Setiap Bahan sampai Halus

Setelah semua bahan untuk membuat pakan lele sudah disiapkan dengan keadaan yang bagus dan kualitas bahan sesuai yang diinginkan maka setiap bahan yang ada harus digiling terlebih dahulu sampai halus.

Pengilingan tersebut berfungsi untuk menghindari bahan pakan ikan lele berbentuk gumpalan yang kasar terutama jika pencampuran bahan dilakukan dengan cara yang manual tanpa menggunakan mesin.

3. Tambahkan Bahan Perekat

Bahan yang sudah digiling sampai menghalus akan dicampur menjadi satu adonan dan kemudian akan ditambahkan beberapa bahan perekat. Bahan perekat yang biasa digunakan untuk menyatukan semua kebutuhan bahan pakan ikan lele diantaranya menggunakan tepung tapioka dan bisa juga dengan tepung kanji.

4. Tambahkan Sumber Protein dan Bahan Lainnya

Tambahkan sumber protein dan beberapa bahan pelengkap lainya dan sebaiknya dilakukan sebelum akan menambahkan bahan perekat supaya sumber protein dan bahan tambahan tersebut dapat tersebar secara homogen. Tepung ikan sebenarnya sudah memiliki protein didalamnya dengan jumlah yang besar.

5. Proses Pelet dengan Mesin

Mesin yang digunakan untuk membuat pelet ikan agar menjadi mudah pekerjannya dan salah satu andalan dalam langkah untuk  membuat pakan lele apung. Tetapi bagi anda yang tidak memiliki mesin maka anda dapat mencampurkan bahan adonan pakan ikan lele secaa manual dan untuk pencetakan pelet ikan bisa dapat dibantu dengan menggunakan mesin giling daging.

6. Pengemasan pakan lele apung

Langkah terakhir untuk pembuatan pakan ikan lele apung adalah memastikan bahwa hasil dari pembuatan pakan ikan lele apung disimpan dengan cara  yang baik karena sekali proses pembuatan pakan ikan apung pasti sebaiknya akan dilakukan dengan jumlah yang cukup banyak sehingga untuk dapat menghindari kondisi buruk pada kualitas produk yang akan dibeli.

 

Jenis – Jenis Pakan Pelet Ikan

mesin pelet

1. Pakan Pelet Ikan Terapung

Dari harga paka pelet terapung lebih cukup mahal harganya dibandingkan dengan pakan pelet tenggelam. Pakan pelet terapung memiliki ukuran sangat beragam mulai dari pakan pelet berbentuk serbuk sampai dengan pakan pelet berbentuk butiran.

Kandungan protein didalam pakan pelet terapung lebih besar jika dibandingkan dengan protein didalam jenis pakan pelet tenggelam. Semakin tinggi kandungan protein didalam pakan pelet maka semakin mahal juga harga nya, oleh karena itu pada umumnya peternak iakan lele biasanya mengcampurkan pemberian pakan pelet pada ikan lele.

Biasanya memberikan pakan pelet pada ikan lele disesuaikan dengan ukuran dan langkahnya. Langkah pertama bibit ikan lele berukuran 5 sampai 6 biasanya akan diberikan pakan pelet ikan terapung sampai bibit ikan lele tersebut berusia 2 bulan.

Pakan pelet terapung pada ikan lele yang diberikan pada langkah awal bibit, pakan pelet harus memiliki kandungan protein yang lebih tinggi didalamnya jika dibandingkan pada langkah pembesaran ikan.

Hal tersebut dikarenakan bibit ikan sangat membutuhkan asupan protein dalam jumlah banyak ditubuhnya dari papada ikan dewasa atau ikan yang berukuran besar. Dengan kandungan protein yang lebih tinggi pada pakan pelet ikan maka pertumbuhan benih ikan lele juga akan lebih cepat untuk berkembang.

2. Pakan Pelet Ikan Tenggelam

Kandungan protein didalam pakan pelet ikan lele tenggelam lebih kecil jika dibandingkan pakan pelet terapung, oleh karena itu banyak seorang peternak ikan lele yang menggunakan pakan pelet tenggelam pada saat ikan lele memasuki masa untuk panen.

Pada saat ikan lele memasuki masa untuk panen biasanya peternak ikan lele akan lebih fokus pada peningkatan bobot atau berat badan ikan lele. Semakin besar bobot ikan lele maka kadar protein yang harus diberikan kepada ikan lele akan semakin menurun juga.

 

Jenis – Jenis Pakan Pelet Ikan Yang Biasa Diberikan Untuk Bibit Ikan

mesin pelet

1. Kode PF 800

PF yang dimaksud  bukan nama merek sebuah produk tetapi kode untuk menyebutkan besaran atau ukuran diameter pada pakan pelet tersebut. Kode PF 800 merupakan pakan pelet yang memiliki ukuran diameter 0.8 mm sampai 1 mm. Pelet tersebut bisa untuk diberikan kepada ikan yang sudah berumur 30 sampai 45 hari atau dengan ukuran 2cm sampai 3cm.

2. Kode PF 1000

PF 1000 adalah besaran atau ukuran pakan pelet dengan memiliki diameter 1 mm sampai 2 mm, diberikan kepada ikan yang berumur 45 sampai 60 hari atau ukuran 4 cm sampai 7cm.

 

Jenis – Jenis Pakan Pelet Ikan Yang Biasa Diberikan Untuk Pembesaran Pada Ikan

1. Pakan Pelet 781

Angka 781 merupakan nama merek pelet yang di produksi oleh PT. Central Pangan Pratiwi. Pelet tersebut sangat umum dan hampir ditemukan disetiap toko pakan hewan ternak. Umumnya pakan pelet tersebut memiliki 3 jenis pakan pelet 781 yang terkenal yaitu 781-1, 781-2 dan 781-3.

Semakin besar angka terakhirnya, maka semakin besar juga diamter pada pakan pelet tersebut. Biasanya pakan pelet ini diberikan sesuai dengan masa petumbuhan pada ikan.

Angka 781-1 memiliki diameter 2 sampai 2,3 mm dan diberikan ke ikan pada masa awal tebar, angka 781-2 memiliki diameter 2,4 sampai 3 mm dan diberikan ke ikan pada saat ikan dalam masa pertumbuhan atau pertengahan, sedangkan angka 781-3 memiliki diamter 3,2 sampai 4 mm dan diberikan ke ikan pada saat ikan dalam memasuki masa untuk panen atau diberikan pada indukan ikan lele.

2. Pakan Pelet LP

Lp merupakan merek produk yang diproduksi oleh PT. Matahari Sakti. Biasanya pakan pelet ikan jenis LP digunakan setelah pemberian pakan pelet jenis PF 1000 ke ikan.

Kandungan protein didalam  pakan pelet LP lebih tinggi jika dibandingkan dengan pakan pelet jenis PF 781. Bagi sebahagian orang petani mereka berpendapat perbedaaan protein tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan pada bibit ikan lele, tetapi ada juga yang tidak mempermasalahkan hal tersebut, karena hal tersebut tergantung pada teknik management pakan yang baik.

 

Cara Untuk Membuat Pakan Ikan Sederhana

mesin pelet

Berikut ini adalah langkah atau cara untuk membuat pakan ikan yang baik, berkualitas dan juga sangat sederhana untuk membuatnya yang dapat untuk membantu anda dalam menghemat pengeluaran atau biaya untuk  pemeliharaan ikan.

Alat Dan Bahan

Yang dapat digunakan dalam pembuatan pakan ikan:

Mesin pelet pakan ternak untuk penepungan, mesin pelet pakan ternak untuk pencampur bahan pakan pelet, dan mesin untuk pencetak pakan pelet.

Dalam memproduksi, mesin pelet pakan ternak yang kami gunakan adalah mesin yang memiliki kekuatan 10 PK, dengan memiliki ukuran pelet 3,5 sampai 4 mm. Jika ingin mencetak pakan pelet dengan ukuran 2 sampai 3 mm, maka kekuatan diesel nya minimal 24 PK.

Bahan pakan pelet ikan yang kami cetak tidak akan mengalami proses penepungan karena bahan pakan pelet ikan kami mengalami namanya proses fermentasi dahulu, dimana tekstur bahan pakan pelet ikan sudah menjadi lunak pada saat bahan tersebut akan di cetak.

Adapun cara untuk fermentasi bahan pakan pelet ikan adalah:

  1. Semua bahan pakan pelet ikan seperti tepung ikan, tepung bungkil kedelai, kanji dan yang lainnya akan di timbang terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang diinginkan.
  2. Bahan pakan pelet ikan yang kering maupun bahan yang basah bisa dicampur dengan cara yang manual atau bisa dengan menggunakan mixer.
  3. Adonan bahan pakan pelet ikan akan di atur kelembabannya dengan kadar air antara 10 sampai 15 %.
  4. Pengaturan kelembaban pada pakan ikan adalah dengan cara menambahkan tetes atau mollase yang telah diencerkan dengan menggunakan air.
  5. Tambahkan juga ragi tape secukupnya, diaduk dan dicampur sampai adonan bahan pakan pelet ikan merata.
  6. Masukkan adonan bahan pakan pelet ikan kedalam sak yang telah dilapisi oleh plastik di dalamnya, ikat agar udara tidak masuk kedalam.
  7. Peram adonan pakan pelet ikan tadi dalam waktu selama minimal 5 hari atau bisa sampai adonan pakan pelet ikan menjadi dingin dan siap untuk di cetak.

Keuntungan Yang Di Dapat Dari Teknik Fermentasi

  1. Bahan pakan pelet ikan bisa menjadi bertekstur lebih lunak, sehingga tidak akan memerlukan proses penepungan lagi pada pembuatan pakan pelet ikan, dan hal tersebut dapat menghemat biaya produksi pembuatan pakan pelet ikan.
  2. Kandungan gizi protein bahan pakan pelet ikan akan dapat meningkat, karena aktifitas bakteri fermentasi dapat untuk mengubah protein yang komplek menjadi asam amino yang dapat langsung diserap oleh ikan.
  3. Dapat mengurangi bakteri pathogen yang terdapat didalam bahan pakan ikan tersebut.
  4. Pakan pelet ikan yang terbuat dari bahan fermentasi, akan dapat memacu terbentuknya bio flock atau red water system pada kolam pemeliharaan atau peternakan ikan.
  5. Mempermudah dalam penanganan bahan pakan pelet ikan yang cepat membusuk nantinya, seperti bahan pakan pelet ikan yang dari limbah peternakan atau juga limbah perikanan, sehingga dapat untuk memperpanjang masa daya penyimpanan bahan nya.

 

Proses Untuk Pencetakan Pakan Pelet Ikan

Bahan pakan pelet ikan yang sudah terfermentasikan, jika bahan kurang lembab bisa untuk di tambahkan air secukupnya, jika terlalu bahan pakan ikan lembek bisa ditambahkan bahan kering pakan pelet ikan lagi, seperti tepung ikan. Pada saat pakan pelet ikan akan di cetak, pakan pelet ikan tersebut dapat juga ditambahkan feed supplement seperti premix vitamin dan juga mineral, yang dapat ditemukan di pasaran karena disana banyak yang menjualnya.

Hasil dari pencetakan pakan pelet ikan yang baik adalah jika kelembaban adonan pakan pelet ikan sudah pas dengan takaran. Pakan pelet ikan yang sudah di cetak bisa langsung untuk di jemur di bawah sinar matahari dalam waktu selama 1 sampai 2 jam atau bisa juga untuk mengoven nya.

Pakan pelet ikan yang sudah kering siap untuk di kemas. Sebelum pakan pelet ikan di kemas pelet harus perlu di ayak terlebih dahulu agar serbuk pakan yang ada di pelet terpisah.

 

Waktu Pemberian Pakan Pada Ikan

mesin pelet

Pada masa awal penebaran benih ikan, pakan ikan yang diberikan adalah jenis pakan komersial atau pakan olahan pabrik. Mengingat pakan ikan yang kami produksi berkisar diameter 3 sampai 4 mm, maka dianjurkan untuk memberikan pakan ikan sesuai dengan besar nya mulut ikan.

Jika ikan lele, biasanya pada saat ukuran 40 ekor per kg, dengan mencampurkan 50% pakan ikan dari pabrik dan 50% pakan ikan hasil buatan sendiri. Takaran pakan ikan dari pabrik harus terus dikurangi seiring dengan besarnya ikan.

Pada saat ikan lele berisi 15 ekor per kg, harus diberikan 100% pakan ikan hasil buatan sendiri sampai ikan dalam masa panen.

Pakan pelet ikan lele yang anda akan produksi adalah pakan pelet ikan tenggelam. Pada saat akan memberikan makan ikan dengan menggunakan pakan pelet pakan pelet tersebut sebaiknya pakan pelet ikan dibasahi terlebih dahulu dengan menggunakan probiotik yang mengandung bakteri yang menguntungkan didalamnya seperti Lactobacillus sp atau premix yang mengandung vitamin dan juga mineral, untuk membantu daya cerna pakan pelet didalam usus ikan.

Pemberian pakan pelet ikan hasil buatan sendiri sebaiknya diberikan nya sedikit demi sedikit saja, agar dapat bisa mengontrol takaran pakan pelet yang akan kita berikan kepada ikan.

Bahan pakan pelet ikan tersebut yang kami tulis di dalam artikel, bukanlah syarat yang harus diikuti oleh anda, anda bisa saja untuk dapat memanfaatkan bahan yang tersedia di lingkungan atau disekitar anda dengan harga yang pasti lebih murah.

Pakan pelet ikan hasil dari resep yang kita buat sendiri adalah pakan ikan yang bersifat tambahan, pakan pelet ikan dengan resep yang kita buat menggunakan dengan cara yang sangat sederhana dan juga manual, sebagi usaha untuk dapat mencegah dan juga mengurangi ketergantungan pada pakan pelet ikan hasil dari olahan pabrik. Sehingga mungkin bisa dikatakan kreatif dan juga mandiri.

 

Peluang Usaha Dari Mesin Pelet Ikan

Pelet ikan! Makanan yang menjadi kebutuhan konsumsi ikan sehari-hari ini memang banyak dicari dan diperlukan semua orang. Bagi pengusaha ikan atau pembudiya ikan, setiap harinya mereka memerlukan jumlah pakan ikan dengan stok yang cukup besar. Dengan pemberian pelet ikan maka ikan akan dapat tumbuh besar dan berkemabang sangat bagus. Umumnya pelet ikan dibuat dengan berbagai bahan bersumber protein.

Pelet ikan merupakan makanan ikan yang paling banyak digunakan pembudidaya ikan. Jika dilihat dari peredarannya, pelet ikan memiliki 2 jenis, yakni pelet apung dan juga pelet tenggelam. Kedua jenis pelet ini memiliki sifat yang berbeda dan manfaat berbeda pula. Untuk mendapatkan pelet ikan memang tidak sulit, sebab banyak pengusaha pakan ikan yang memproduksinya. Anda dapat mendapatkan pelet ikan di berbagai toko perlengkapan ikan, pertanian dan lainnya.

Harga pakan ikan memang akhir-akhir ini melonjak tinggi. Hal ini disebabkan bahan baku impor yang digunakan dalam membuat pakan ikan melonjak naik seiring dengan meningkatnya dolar akhir-akhir ini. Sebelum kenaikan dolar memang harga pakan ikan sudah meroket. Tingginya harga pelet ikan di pasaran memang membuat banyak orang tergiur akan usaha pelet ikan.

Tinginya permintaan pelet ikan dari berbagai kalangan masyarakat menjadikan peluang dari usaha pelet ikan kini sangat menjanjikan. Pelet ikan menjadi salah satu komponen vital dalam usaha budiaya ikan, Apabila stok pelet ikan tidak ada maka dipastikan ikan akan tumbuh kurang baik dan dapat mati. Mengingat pentingnya pemberian pelet ikan bagi perkembangan ikan membuat banyak pengusaha ikan yang mencari dan memburu pakan ikan.

Usaha pelet ikan menjadi salah satu usaha agrobisnis yang patut untuk diperhitungkan. Usaha pelet ikan dapat dijalankan secara langkah yang mudah juga untung yang didapatkan terbilang sangat fantastis. Jumlah pencari pelet ikanyang terbilang besar dengan tidak menurun menjadikan usaha pelet ikan mendatangkan potensi yang besar menggapai kesuksesan. Meski usaha pelet ikanini mulai banyak bermunculan di masyarakat namun peminat pelet ikanini tak surut bahkan terus bertambah. Tingginya pencari pelet ikan, membuat usaha pelet ikan ini berkembang pesat hingga saat ini.

Peluang Untuk Usaha Pelet Ikan

Peluang usaha lewat pelet ikan terbilang sangat propektif dengan respon positif oleh berbagai kalangan masyarakat. Usaha pelet ikan menjadi suatu pilihan usaha yang menguntungkan hingga banyak orang yang terpincut dalam menerjuni usaha tersebut. Usaha pelet ikan menjadi suatu usaha pemasok kebutuhan pakan ikan dengan peminatnya sangat tinggi, jumlah peminatnya yang melonjak menjadikan usaha pelet ikan sebagai salah satu usaha berpotensi bagus dan juga cemerlang.

Usaha pelet ikan juga tidak mengenal waktu dan juga musim sehingga usaha ini cocok untuk pilihan usaha yang dapat dijalankan diwaktu kapanpun. Usaha pelet ikan juga menjadi salah satu usaha yang mudah dilakukan dengan keuntungan sangat menjanjikan. Peluang dengan usaha pelet ikan ini memang cukup mencenangkan juga sangat cocok menjadi pilihan bisnis yang cemerlang.

Prospek Usaha Pelet Ikan

Prospek saat menjalankan usaha pelet ikan dapat dikatakan sangat bagus juga nampak cemerlang.Kebutuhan pakan ikan yang terus mengalami peningkatan tajam menjadikan usaha pelet ikan patut untuk diperhitungkan. Meski bisnis pelet ikan telah lama dikenal banyak orang  namun usaha pelet ikan tetap saja tidak pernah mati bahkan terus berkembang. Hal ini juga membuktikan apabila prospek usaha pelet ikan tidak pernah redup dan begitu sangat cemerlang. Pilihan usaha pelet ikan tentu dapat diambil sebagai salah satu bisnis berprospek yang bagus.

Memulai Usaha Pelet Ikan

Jika Anda telah memutuskan untuk memulai usaha pelet ikan memang tidak begitu sulit. Dalam menjalankan usaha pelet ikan dapat dijalankan dengan kebutuhan modal kecil, dimana usaha pelet ikan dapat dijalankan dengan menjual di depan rumah langsung atau secara online. Proses produksi dapat memanfaatkan barang-barang dirumah yang dapat digunakan untuk membuat pelet ikan. Jika Anda menjadi yakin dan telah optimis maka usaha pelet ikan akan dapat berpeluang besar meraih sukses. Anda tidak perlu pusing-pusing mencari modal tinggi untuk dapat tercimpung di dalam usaha pelet ikan ini sehingga usaha pelet ikandapat dimulai dengan langkah usaha yang mudah.

Pelaku Usaha Pelet Ikan?

Peluang dari usaha pelet ikan ini dapat dijalankan bagi semua orang yang ingin memiliki bisnis usaha cemerlang dan sukses. Proses pengolahan pelet ikan yang cukup mudah dan juga cara pemasarannya yang tidak sulit menjadikan usaha pelet ikan ini bisa dilakukan oleh siapapun. Usaha pelet ikan bisa juga dijalankan bagi Anda dari ibu rumah tangga, buruh, petani, sopir, karyawan, pelajar, guru, mahasiswa,  pegawai, pedagang,  dan lainnya.

Lokasi Strategis Dalam Berjualan Pelet Ikan

Untuk menjual pelet ikan, Anda bisa menentukan pilihan lokasi yang tepat, strategis dan ramai banyak orang.Pastikan usaha pelet ikan didirikan di tengah-tengah masyarakat yang membudidayakan ikan dalam jumlah besar ataupun untuk ikan hias. Tempat atau lokasi berjualan pelet ikan dapat berada di tengah kota, di desa dan lainnya.

Strategi Promosi Usaha Pelet Ikan

Untuk dapat menjalankan pemasaran usaha pelet ikan memang bisa ditempuh dengan berbagai upaya yakni melalui promosi. Promosi pelet ikan dapat dikeluarkan lewat mulut ke mulut, dimana olahan pelet ikan harus diolah kandungan yang pas dan harag tidak terlalu mahal sehingga promosi bisa berjalan dengan sendirinya sehingga menjadi efektif dan juga banyak diperbincangkan banyak orang. Selain itu usaha pelet ikan dapat dipromosikan dengan memanfaatkan adanya media social seperti penggunaan faceboook, we chat, bbm, instagram, whats upp, twitter, dan lainnya. Anda dapat pula dengan memasang banner dan juga spanduk dengan desain usaha pelet ikan yang menarik juga ditempatkan dilokasi ramai agar banyak dilihat orang.

Keuntungan Pilihan Menjalankan Usaha Pelet Ikan

Keuntungan jika Anda memilih terjun di peluang untuk usaha pelet ikan ini yakni merupakan makanan utama yang banyak dicari dan diburu oleh pengusaha ikan, dengan kisaran harga yang murah serta mudah untuk dijangkau semua orang. Harga pelet ikan yang tetap bagus dan terus meningkat membuat keuntungan yang didapatkan lewat usaha pelet ikan sangat mencenangkan.