Mesin Pembelah Pinang Terbaru 2021

Mesin Pembelah Pinang

Mesin Pembelah Pinang

Mesin pembelah buah pinang adalah alat yang digunakan untuk mempercepat suatu pekerjaan untuk membelah buah pinang agar mempermudah pekerja dan dapat membantu pekerjaan lebih ringan dan mendapatkan hasil yang baik.

Buah pinang yang kecil dan bertekstur keras diharapkan bisa dibelah dengan menggunakan mesin ini. Mesin ini juga mempunyai mata pisau yang tajam, sehingga buah pinang yang keras pun akan terbelah dengan mudahnya.

 

Spesifikasi Mesin Pembelah Pinang

Mesin Pembelah Pinang
Gambar Mesin Pembelah Pinang
Dimensi:1200 mm x 800 mm x 1200 mm
Rangka:Besi Siku 50/50
Material Bahan:Plat Eser 2 mm dan 1 mm
Penggerak:Diesel Solar 8 Pk China
Kapasitas:300 Kg/Jam

*Harga Juga Dapat Berubah Sewaktu Waktu Sesuai dengan Spesifikasi yang Diminta

 

Info Pemesanan Mesin Pembelah Pinang Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop:Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center:0274 287 1809.
SIMPATI:0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL:0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI:081 666 9383.

RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pembelah Pinang bagi anda yang kesulitan membelah pinang karena teksturnya yang keras.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami ? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin – mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pembelah Pinang.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin – mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa ? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Buah Pinang | Mesin Pembelah Pinang

Mesin Pembelah PinangBuah Pinang adalah jenis tanaman kelapa yang ditemukan di Cina, India, Asia Tenggara, dan Afrika tropis. Mengunyah Buah Pinang adalah kegiatan populer di zaman kuno, dan masih sering dilakukan untuk orang-orang yang tinggal di pedesaan hingga hari ini.

 

Jenis Jenis Pohon Buah Pinang | Mesin Pembelah Pinang

Ada beberapa jenis pohon Pinang yang bisa dibudidayakan. Bahkan, di beberapa negara penghasil Pinang selain Indonesia memiliki jenis pohon pinang unggul secara individual.

Misalnya, India memiliki beberapa jenis pohon Pinang unggul seperti, Pinang Mangala, Srimangala, Samruthi, dan masih banyak lagi.

  1. Pinang Betara

Indonesia juga memiliki spesies pohon pinang unggul yaitu Pinang Betara. Pinang Betara merupakan Pinang unggul pertama di Indonesia yang berasal dari Jambi. Tepatnya di Wilayah Kelurahan Betara, Kecamatan Tanjung Jabung Barat, Jambi. Buah Betara Betara lebih besar dan produktivitasnya lebih tinggi dari Pinang biasa.

Memilih Pinang Betara untuk budidaya dapat meningkatkan pendapatan tahunan yang lebih besar dari Pinang biasa.

Umumnya, kebutuhan buah ini semakin tinggi, karena merupakan komoditas ekspor yang prospeknya diyakini akan terus meningkat.

Dengan unggulnya Pinang, tentu dapat meningkatkan pendapatan para pengusaha perkebunan pohon Pinang. Buah muda pohon betara berwarna hijau tua dan akan berwarna oranye saat matang. Ini memiliki bentuk buah oval, seperti telur dan sabut putih sedikit kecoklatan di bagian dalam.

Pinang Betara sedikit kecoklatan. Tanaman ini dapat berkembang biak di lahan gambut atau daerah lembab.

Keunggulan Pinang Betara

  • Memiliki periode produktif yang lebih cepat, pada usia 4 – 5 tahun jenis pohon ini sudah mulai berbuah dan memasuki masa produktif pada usia 6 – 7 tahun.
  • Produksi buah mencapai 131 butir/tandan
  • Buah ini memiliki berat 47 gram utuh, dengan berat biji kering 8,68 gram
  • Memiliki kandungan tanin 9,79%
  • Produksi kernel/kering/pohon/tahun sebesar 5,70 kg
  • Memiliki potensi hasil kernel/ha sebesar 7,81 ton
  • Tinggi batang 10,28 m
  • Usia tanaman hingga 25 tahun
  1. Pinang Bulawan

Pohon Pinang ini juga telah ditetapkan oleh Balai Besar Pertanian Tanaman Palma (Balit Palma), Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sebagai varietas unggul yang berasal dari kotamobagu, Sulawesi Utara.

Penetapan ini berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bersama peneliti pohon pinang dari Balit Palma Mapanget, Minahasa Utara.

Pohon Pinang Bulawan memiliki keunggulan termasuk ukuran buah yang besar dengan kandungan tanin yang tinggi dan potensi produksi yang tinggi.

Pembagian pohon Pinang meliputi wilayah Desa Molinow, Mongkonai, Pobundayan dan Bilalang. Pelepasan Pohon Belawan Pinang ke pasar dilakukan pada Oktober 2017 dan menjadi agenda nasional.

Bahkan kabarnya Pohon Pinang Bulawan sudah dilirik oleh jepang.

  1. Pinang Merah / Pinang Raja

Pinang tersebut diduga berasal dari Semenanjung Malaka, Pulau Sumatera, dan Kalimantan. Jenis Pinang ini memiliki batang langsing, dengan daun senyawa hijau yang disematkan, dan pelepah kemerahan.

Pinang ini kecil, dan ovoid, dengan ukuran 1 cm dan diameter 6 mm. Batang pohon Pinang Merah tua digunakan sebagai santan.

  1. Pinang Hutan

Pinang ini tumbuh subur di daratan Jawa dan Sumatera. Jenis pinang ini tumbuh dalam rumpun, dengan bentuk batang dan buku yang ramping.

Pinang hutan dapat tumbuh hingga 2-6 m, dengan diameter 2-5 cm. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik jika berada di area tanah dengan ketinggian 10-1.600 meter di atas permukaan laut.

  1. Pinang Kelapa | Mesin Pembelah Pinang

Pohon Sirih ini memiliki nama ilmiah Actinorhytis calapparia BI Wendi. Pohon Kelapa Pinang tumbuh di tanah Sulawesi dan telah menyebar ke seluruh Indonesia.

Banyak yang menggunakannya sebagai tanaman hias. Di pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, masyarakat dikenal sebagai jawar.

Namun berbeda dengan orang Sunda yang lebih sering menyebutnya jambe sinagar. Teknik budidaya varietas Pohon Sirih dapat dilakukan secara generatif menggunakan biji dan getah.

Istilah “kelapa” yang digunakan pada pohon Pinang bukan karena bentuknya yang menyerupai kelapa, tetapi karena dapat mengalami pertumbuhan yang lebih tinggi dan lebih besar dari jenis dan varietas pohon Pinang lainnya.

Pohon ini dapat tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 500 m di atas permukaan laut. Ketinggian pohon Pinang ini bisa mencapai 20 m bahkan lebih dari itu.

Keuntungan lain yang ada pada ragam pohon Pinang ini adalah bentuk judul yang indah, sehingga berpotensi sebagai tanaman hias. Selain itu, ekstrak buah Pinang dapat digunakan sebagai bedak bayi dan pengganti dalam kegiatan menyipitkan mata.

 

Pengolahan Buah Pinang dengan Mesin Pembelah Pinang

Mesin Pembelah Pinang

Ada dua masa panen yang bisa dilakukan. Yaitu ketika Pinang sudah tua, yang biasanya ditandai dengan buah berwarna oranye kemerahan, atau memanen buah ketika muda ketika buah masih hijau tua sekitar 7-8 bulan.

Tetapi dalam proses pasca panen melalui perebusan sehingga buah mengeras dan tidak anak muda dipengaruhi oleh hama atau penyakit.

Jika Pinang sudah seperti ini Petani Pinang bisa langsung mengeringkan Buah Pinang di bawah terik matahari, hingga buahnya berubah menjadi coklat dan kulit buah sudah mulai terurai seperti benang atau rambut.

Setelah buah kering yang sempurna bisa langsung dikupas atau dibelah dua dengan menggunakan Mesin Pembelah Pinang.

Setelah mengelupas, keringkan kembali Pinang langsung di bawah sinar matahari. Sehingga kadar air dalam buah yang dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dapat dikurangi.

Untuk waktu pengeringan Bibit Pinang pada proses kedua dilakukan selama 50 jam atau 4 hari. Pinang yang masih mengandung banyak air dapat mempengaruhi harga jual.

Setelah buah benar-benar kering, langkah selanjutnya adalah proses pengepakan. Untuk pengepakan dapat menggunakan karung plastik / goni atau karung sabut.

Jika sudah Pinang siap didistribusikan kepada pedagang, kolektor atau agen untuk selanjutnya dikirim ke pabrik pengolahan Buah Pinang. Sehingga dapat dibuat menjadi berbagai ramuan yang dapat bermanfaat bagi tubuh.

 

Manfaat Buah Pinang | Mesin Pembelah Pinang

Mesin Pembelah Pinang

Biji Buah Pinang biasanya digunakan untuk berbagai perawatan dengan dimakan mentah, dikeringkan, direbus, dipanggang, atau dibakar.

Meskipun memiliki ukuran yang kecil, Buah Pinang menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat Buah Pinang adalah:

  1. Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan Mulut

Buah Pinang dikenal bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Ini berkat kandungan zat antibakteri dalam Buah Pinang yang dapat membunuh bakteri jahat di rongga mulut serta gigi dan gusi.

Buah ini juga digunakan secara tradisional untuk membersihkan mulut dan mengatasi masalah pada gigi dan mulut, seperti mulut kering, gigi berlubang, dan karang gigi.

  1. Tekanan Darah Lebih Rendah

Kandungan tanin dan kalium yang tinggi dalam Buah Pinang berguna untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Efek ini membuat Buah Pinang aman dan dikonsumsi dengan baik oleh penderita hipertensi.

  1. Mencegah Dan Mengatasi Anemia

Buah Pinang juga mengandung zat besi yang memainkan peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Oleh karena itu, Buah Pinang baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kekurangan darah atau anemia.

Selain mengonsumsi Buah Pinang, anemia juga dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan lain yang kaya zat besi, seperti daging, hati, ikan, bayam, dan kedelai.

  1. Pencernaan Yang Lancar

Dalam pengobatan tradisional, Buah Pinang sering digunakan untuk membunuh parasit, seperti cacing, di saluran pencernaan. Buah Pinang juga dapat merangsang buang air besar dan mengatasi masalah pencernaan, seperti perut kembung dan sembelit.

  1. Tingkatkan Energi | Mesin Pembelah Pinang

Buah Pinang mengandung senyawa alkaloid alami dan zat stimulan. Zat yang terkandung dalam Buah Pinang berguna untuk meningkatkan energi dan stamina, serta meningkatkan daya konsentrasi.

Selain manfaat di atas, Buah Pinang juga dikatakan meningkatkan nafsu makan, merangsang produksi air liur, dan mengobati penyakit mata, seperti glaukoma.

Namun, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa Buah Pinang terbukti efektif dan aman dikonsumsi sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit.

Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Ingin menggunakan Buah Pinang sebagai pengobatan.

  1. Mencegah Gigi Berlubang

Alasan banyak orang purba mengunyah Buah Pinang, salah satunya karena buah ini dipercaya dapat memperkuat gigi.

Memang, Buah Pinang dapat membantu mengurangi kadar bakteri yang menyebabkan gigi berlubang di mulut.

Meski begitu, mengunyah Buah Pinang bisa membuat warna gigi menjadi kuning, merah, bahkan coklat kehitan. Risikonya tidak sebanding dengan manfaat Buah Pinang ini.

  1. Mengatasi Mulut Kering

Mengunyah Buah Pinang juga dapat membantu menjaga kesehatan oral dengan memicu keluarnya air liur. Dengan demikian, kebiasaan ini dapat memberikan manfaat bagi orang yang memiliki mulut kering.

Namun, karena efek yang dapat timbul dari mengunyah Buah Pinang cukup berbahaya, maka cara lain yang lebih aman harus menjadi pilihan.

  1. Kurangi Gejala Skizofrenia

Buah Pinang juga dianggap membantu mengurangi gejala yang muncul pada penderita skizofrenia. Namun, buah ini dapat memberikan efek samping lainnya berupa tremor dan kekakuan tubuh pada penderita skizofrenia.

  1. Membantu Penyembuhan Stroke | Mesin Pembelah Pinang

Manfaat lain dari Buah Pinang yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang adalah membantu proses penyembuhan stroke. Buah ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kemampuan bicara, fungsi kandung kemih dan kekuatan tubuh pasien stroke.

  1. Meredakan Gangguan Kecemasan

Manfaat lain dari Buah Pinang untuk kesehatan mental adalah membantu meringankan gejala depresi. Sebab, Buah Pinang dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol, yang merupakan hormon penyebab stres.

  1. Membantu Menghilangkan Racun Dari Tubuh

Dalam praktik pengobatan tradisional, Buah Pinang sering digunakan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

Buah ini juga sering digunakan untuk menyingkirkan parasit dan cacing yang diduga menjadi penyebab penyakit. Meski begitu, belum ada penelitian ilmiah yang bisa mengonfirmasi manfaat pinang ini.

  1. Baik Untuk Kesehatan Darah

Manfaat Buah Pinang dalam pengobatan tradisional rupanya belum habis. Seringkali, tanaman ini digunakan untuk membantu menyeimbangkan kadar zat besi dalam tubuh dan mencegah anemia. Kandungan tannis dalam buah ini juga dianggap dapat menurunkan tekanan darah.

  1. Meredakan Gejala Depresi | Mesin Pembelah Pinang

Buah Pinang juga dipercaya dapat menurunkan kadar kortisol. Kortisol adalah hormon yang dapat memicu stres dalam tubuh. Dengan menurunkan kadar hormon ini, gejala depresi yang terjadi, diyakini juga akan berkurang.

 

Beberapa Risiko Efek Samping Buah Pinang | Mesin Pembelah Pinang

Mesin Pembelah Pinang

Di balik berbagai manfaat yang ditawarkan, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa Buah Pinang berpotensi menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Efek samping ini lebih berisiko jika Buah Pinang dikonsumsi dengan cara-cara tertentu, misalnya dalam hubungannya dengan tembakau.

Berikut ini adalah beberapa risiko dan efek samping Buah Pinang yang mungkin terjadi:

  1. Meningkatkan Risiko Kanker

Buah Pinang dikenal mengandung karsinogen, yaitu zat yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa penggunaan Buah Pinang dalam jangka panjang dengan mengunyah (nyirih) dapat meningkatkan risiko kanker mulut, kanker kerongkongan, dan kanker tenggorokan.

  1. Menyebabkan Peradangan Pada Mulut | Mesin Pembelah Pinang

Kebiasaan mengunyah Buah Pinang diketahui memicu peradangan di mulut. Ini dapat memicu berbagai masalah di mulut, seperti pembentukan jaringan parut di rongga mulut dan peningkatan risiko kanker mulut.

  1. Mengganggu Kesehatan Saraf Dan Otak

Buah Pinang mengandung stimulan alami. Zat ini dapat merangsang kinerja dan aktivitas saraf otak. Namun, jika dikonsumsi dalam jangka panjang, Buah Pinang dapat mengganggu aktivitas saraf dan otak.

Buah Pinang bahkan disebut dapat memicu efek halusinasi jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa konsumsi Buah Pinang jangka panjang dapat meningkatkan risiko gangguan mental.

  1. Membahayakan Kehamilan Dan Janin | Mesin Pembelah Pinang

Hingga saat ini, Buah Pinang belum terbukti aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Bahkan, tidak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa Buah Pinang berpotensi menimbulkan masalah pada kehamilan, seperti berat badan janin yang rendah.

Secara umum, Buah Pinang masih terbilang baik dikonsumsi sebagai suplemen herbal atau makanan sehat.

Namun, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsinya secara berlebihan atau dalam jangka panjang, karena buah ini belum terbukti benar-benar aman bagi kesehatan.

Meskipun jarang, Buah Pinang juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi tersebut dapat memicu gejala gatal, mual, diare, hingga sesak napas.

Jika Anda mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi Buah Pinang, segera temui dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat.