Mesin Pencacah Pelepah Sawit Terbaru 2024

Mesin Penghancur Sabut Kelapa

Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin Pencacah Pelepah Sawit atau Mesin Perajang Pelepah Sawit adalah mesin yang berfungsi untuk mencacah pelepah kelapa sawit menjadi bentuk-bentuk kecil bahkan sampai bentuk yang cukup lembut. Penggunaan mesin ini ditujukan untuk kebutuhan pembuatan kompos, pakan ternak dan lain sebagainya.

Mesin pencacah pelepah sawit artinya sebuah yang alat untuk bisa mencacah pelepah sawit yang akan di pakai atau digunakan sebagai pakan ternak khususnya sapi dan juga mengurangi sampah bekas panenen pelepah sawit. Penyediaan pun pakan ternak adalah suatu permasalahan yang harus akan segera di dapat diatasi.

Seperti contoh hamparan rumput – rumput untuk diarit sudah terbatas, dalam waktu yang cukup banyak dan juga tenaga yang sangat lebih besar karena ini harus di arit atau di potong lalu  (dikumpulkan) dari desa lain yang sangat cukup jauh sekali dari lokasi peternakan tersebut.

Salah satu cara agar bisa untuk mengatasi ketersediaan pakan tersebut yaitu dengan cara adanya mesin pencacah  pelepah kelapa sawit.

Hasil proses cacahan pelapah kelapa sawit tersebut yang akan dicampur dengan adanya unsur konsentrat adalah sebuah salah satu jenis pakan yang akan di sukai ternak sapi, bahkan juga bisa  dapat menggemukkan sapi.

Tujuan khusus peneliti ini adalah juga bisa untuk merancang dan juga nantinya dapat kita membuat sebuah alat pencacah pelapah kelapa sawit, yang harganya sangat murah dan juga efisien.

Dengan memakai atau menggunakan metode DFMA, Tahapan metode penelitian pertama melainkan interview langsung kepada calon pengguna alat ini yang peneliti akan rancang. Ke-2: Setelah kalian mendapat masukan dan juga data dari hasil interview calon pengguna, peneliti akan di lakukan dan mencoba men-sket.

Ke-3: peneliti akan juga mencari referensi dari internet baik itu dari jurnal maupun dari perusahaan yang akan menjual produk ini. Ke-4: Peneliti juga akan kembali meng interview kepada colon pemakaian atau pengguna dengan akan membandingkan yang akan didapat dari internet.

Ke-5: Memikirkan masukan~masukan bentuk desain, material, dan juga yang lain~lain. Agar hasil penelitian atau pengamatan lebih sempurna. Ke-6: setelah ditemukan sebuah bentuk baik masih berupa sket atau pun desain lalu digambar memakai atau menggunakan software Autodesk Inventor.

Luaran yang akan ditargetkan nantinya yaitu sebuah rancangan sebuah alat pencacah kelapa sawit, yang akan lengkap dan juga detail dan juga bisa akan siap untuk dibangun atau pun dibuat, menjadi produk. Uraian TKT penelitian ini yang akan diusulkan asumsi dan juga hukum dasar yang akan di pakai atau digunakan pada teknologi.

Studi literatur tentang prinsip dasar teknologi, Formulasi hipotesis penelitian yang sudah mendekati sempurna, tetapi juga untuk Karakterisasi komponen teknologi yang akan segera dikembangkan belum sepenuhnya akan dikuasai dan juga akan dipahami.

Mesin pencacah pelepah sawit ini di pakai atau di gunakan untuk mencacah pelepah sawit untuk juga bisa di jadikan serphan – serpihan kecil -kecil, di mana akan nantinya biasanya akan di jadikan sebagai pakan hewan sapi atau juga yang akan di jadikan bahan pembuatan pupuk kompos.

Mesin Pencacah Pelepah Sawit Andaro sangat cocok sekali di pakai atau di gunakan untuk dalam proses pengolahan pakan ternak atau pun kompos. Tangkai daun sawit yang sangat keras akan juga dicacah dengan menjadi sangat kecil-kecil dan juga lembut untuk bisa diolah kembali.

Limbah Tangkai daun kelapa sawit ini yang biasanya juga hanya ditumpuk di sekitar kebun sawit pun dapat juga bisa diolah dengan memanfaatkan mesin pencacah ini. Terlebih lagi, juga mesin mampu melakukan pencacahan dengan cepat dan hjuga pengoperasiannya tidak akan memerlukan banyak tenaga manusia.

Spesifikasi Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin Pencacah Pelepah Tandan Sawit

Rp.  Call

Berikut ini adalah spesifikasi mesin pencacah pelepah sawit :

Dimensi :  2300 x 970 x 1250mm
Material Rangka :  Besi UNP
Material Body :  Plat Eser
Material Pisau :  Besi Baja
Susunan Pisau :  Spiral & Knock Down
Penggerak :  Diesel
Daya ( Power ) :  Yanmar TS230R 23PK
Bahan Bakar :  Solar
Pendingin :  Radiator
Fungsi :  Untuk Mencacah Pelpeah sawit

Harga Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Untuk harga, anda dapat langsung menghubungi Call Center kami, anda dapat berkonsultasi tentang kebutuhan mesin anda, budget (alokasi dana) anda, dan konsultasi lainya mengenai Mesin Pencacah Pelepah Sawit.

kontak rumah mesin


Kegunaan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Perlu anda ketahui bahwasanya peranan ternak sapi untuk industri perkebunan kelapa sawit sangatlah penting. Dikarenakan antara peternakan sapi dengan perkebunan kelapa sawit merupakan model simbiosis mutualisme yang bermanfaat dan cukup efektif untuk menekan biaya pakan di sebuah industri peternakan sapi.

Dengan metode mengubah limbah pelepah sawit menjadi pakan ternak sapi menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit. Yang telah diketahui secara ilmiah bahwasanya pelepah sawit dapat menggantikan rumput sampai 80% tanpa mengurangi laju pertumbuhan bobot badan ternak.

Timbal baliknya adalah, limbah dari perkebunan kelapa sawit yang berupa pelepah sawit tidak menyebabkan pencemaran lingkungan. Dapat juga menjadi suatu barang yang lebih bermanfaat, dengan adanya Mesin Pencacah Pelepah Sawit atau Mesin Perajang Pelepah Sawit ini .

Video Proses Pencacahan Pelepah Sawit dengan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Keunggulan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Rumah Mesin

Mesin Pencacah Pelepah Sawit kami sudah banyak digunakan oleh para pelaku usaha pertanian, perkekebuan, peternakan serta daur ulang limbah pelepah kelapa sawit. Mesin ini mempunyai keunggulan untuk mencincang dan memotong kecil-kecil pelepah kelapa sawit.

Bahkan hasil cacahan bisa sampai ukuran yang cukup lembut untuk kemudian diolah kembali menjadi kompos, pakan ternak atau bahkan bahan membuat biogas ataupun biomasa.

Mesin Pencacah Pelepah Sawit ini sangat penting peranannya dalam proses pembuatan pakan ternak atau kompos berbahan dasar pelepah kelapa sawit. Jangan salah pilih Mesin Pencacah Pelepah Sawit, pilihlah Alat Pencacah Pelepah Sawit yang memang berkualitas dan dari sumber atau produsen mesin terpercaya.

Cara membuat Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Sebagai catatan bahwa Pelepah sawit memiliki karakter yang unik, serat nya tidak terlalu keras akan tetapi pada saat proses pencacahan akan susah dihancurkan, untuk itu harus dilakukan treatment khusus terhadap pelepah sawit yang akan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk kompos organik.

Biasanya para operator Mesin Pencacah Pelepah Sawit cukup dibuat kecewa dengan hasil cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit yang tidak bagus pada saat mereka menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit, keadaan ini terjadi apabila pelepah sawit tidak dipersiapkan dengan baik.

Berikut adalah langkah pembuatan pupuk kompos dari pelepah sawit :

  1. Siapkan Pelepah Sawit dan masukkan ke mesin.
  2. Hasil cacahan mesin diberi Bioaktovator, tujuannya adalah untuk memberikan serta mengembangkan mikro-organisme yang akan mengurai hasil cacahan dari mesin tersebut.
  3. Sebagai Catatan = Bioakoivator ini bisa anda beli di toko – toko pertanian disekitar anda). Selain menambahkan Bioaktovator ke hasil cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit tadi. Anda juga dapat menambahkan kotoran sapi pada cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit tadi.
  4. Tujuannya adalah sama dengan menambahkan Bioaktivator tadi yaitu untuk memberikan serta mengembangkan mikro-organisme pada cacahan Mesin Pencacah Pelepah Sawit.
  5. Setelah itu siapkan semua bahan yang sudah kita buat dan sediakan diatas, kemudian campur semua bahan diatas menjadi satu sampai merata.
  6. Selanjutnya buat cetakan dari bambu,caranya sangat mudah, yaitu cukup dibuat dari bambu yang dirakit dan dibentuk menjadi kubus dan diberi terpal pada bagian sisi-sisi-nya.
  7. Campuran pelepah sawit tadi kita masukkan kedalamnya secara berselang-seling, sambil diinjak-injak supaya padat.
  8. Setelah semua campuran pelepah sawit memenuhi cetakan. Kemudian yang anda lakukan adalah melepas cetakan bambu tadi dari campuran pelepah sawit.
  9. Tahapan terakhirnya adalah membungkus hasil cetakan pupuk kompos organik pelepah sawit tadi dengan terpal lalu diikat agar tidak kehujanan.
  10. Selain itu pembungkusan dimaksudkan untuk menjaga suhu dan kelembaban dari pupuk kompos organik pelepah sawit tadi. Jika kelembaban dan suhunya terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menghambat bahkan menggagalkan proses fermentasi kompos.

Peluang Usaha Pupuk Kompos dari Pelepah Sawit

Membuat serta menggunakan pupuk kompos organik dari pelepah sawit merupakan salah satu ide cemerlang dalam mengatasi masalah keuangan terutama bagi para pelaku industri perkebunan kelapa sawit , pelepah dan juga daun kelapa sawit tidak boleh terlalu rindang tau banyak.

Jika pelepah dan daun sawit terlalu banyak maka pertumbuhannya akan sedikit terganggu , tapi jangan khawatir, kami punya solusinya, tebang atau potong saja pelepah sawit yang terlalu banyak atau melampaui jumlahnya, kemudian pelepah sawit yang sudah ditebang atau dipotong tadi.

Anda bisa manfaatkan dengan memprosesnya menjadi pupuk kompos organik bagi pohon kelapa sawit itu sendiri, cukup menguntungkan bukan? Sangat menguntungkan sekali, tapi bagaimana cara memprosesnya?

Mesin ini cenderung lebih banyak pemanfaatanya untuk penyiapan bahan baku pembuatan kompos dalam proses produksi pupuk kompos organik. Yaitupenyiapan awal ( pre treatment) untuk penyediaan bahan utama dan tambahan untuk reactor digester dalam pembangkit energi biogas.

Selain itu digunakan untuk penyediaan pakan tambahan ternak ( ruminansia) sapi.

Perolehan dari hewan ternak sapi adalah kotorannya, yang sangat bermanfaat untuk dijadikan pupuk kompos . Karena dapat meningkatkan tingkat kesuburan pohon kelapa sawit. Maka biaya alokasi untuk pengadaan pupuk pohon kelapa sawit pun dapat diminimalisir.

Tidak hanya itu, biomassa hasil pengolahan mesin yang dicampur dengan kotoran sapi yang kemudian diproses didalam reaktor digester akan mampu menghasilkan biogas.

Ternyata ada yang lebih menarik lagi, biogas hasil pemrosesan dari reaktor digester tadi, dapat diproses lagi dengan cara dimurnikan. Kemudian akan menghasilkan biometan yang dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin, bahan bakar generator pembangkit listrik. Juga dapat digunakan untuk bahan bakar kompor biogas.

Sangat menarik bukan menjadi sebuah peluang usaha untuk Anda?

Informasi Pemesanan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Rumah Mesin – Pusat distributor alat dan mesin kebutuhan usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.

 

CV. RUMAH MESIN adalah produsen mesin-mesin pertanian, perkebunan, kehutanan, peternakan, perikanan, makanan, UMKM, dan industri lainnya yang membutuhkan mesin-mesin berkualitas. Kami menyediakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit berkualitas.

Jadi, masih ingin mencoba Mesin Pencacah Pelepah Sawit dari produsen lain? Atau anda masih bingung mau bagaimana? Tenang, kamilah solusi anda, dengan menghubungi Call Center kami, kami akan segera membantu anda, karena kami menyediakan layanan konsultasi yang cukup istimewa dibandingkan produsen mesin lainya.

Mesin Pencacah Pelepah Sawit kami sangat berkualitas, karena Mesin Pencacah Pelepah Sawit kami dirancang dan dibuat oleh tenaga ahli kami, serta menggunakan bahan-bahan yang berkualitas juga, yang tentunya telah berstandar SNI.

Sehingga menghasilkan mesin yang pastinya berkualitas, dan tidak hanya itu, kami pastikan akan menggaransi Mesin Pencacah Pelepah Sawit untuk anda. Lebih dari itu kami juga memfasilitasi anda untuk training menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit  yang akan anda gunakan.

Cara Kerja Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Mesin pencacah pelepah sawit ini juga akan bekerja dengan cara yang sangat disk, yaitu dengan pisau di tempelkan pada disk. Jadi ketika disk ini akan berputar maka dari itu pisau juga akan ikut berputar.

Di saat akan mulai pisau itu berputar maka dari itu otomatis akan segera memotong pelepah sawit yang akan di masukkan kedelamnya. Sedangkan yang akan memutar disk itu yaitu mesin penggeraknya.

Entah itu dari akan memakai atau menggunakan mesin dieselatau juga bisa memakai atau menggunakan motor listrik. Sebagai transmisi daya dari sebuah mesin penggerak ke AS kita memakai atau menggunakan V belt dan juga pilley.

Pisau Mesin Mencacah Pelepah Sawit

Untuk pisau sendiri kita ada 3 jenis – jenis bahan yaitu memakai atau menggunakan dari bahan SKD- 11, memakai atau menggunakan spring stell, dan juga memakai atau menggunakan bahan insert (  gabungan besi dan juga baja ).

Pisau itu yang akan harus juga selalu di jaga atau di rawat terutama ketajamannya. Oleh karena itu , jika suatu tumpul maka pisau tidak akan bisa bekerja dengan se cara maksimal.

Cara mengasah pisau sangat lah mudah, cukup dengan di lepas bautnya yang ada untuk mengikat pisau kemuadian lalu asah. bisa juga di asah memakai atau menggunakan gerinda atau juga memakai atau menggunakan mesin asah.

Pengalaman kita di saat untuk bahan bahan pisau memakai atau menggunakan bahan dari SKD – 11  jangan kalian di asah memakai atau menggunakan gerinda tangan, karena bahan ini tidak akan boleh sama sekali terkena panas. Kalauterkena panas akan sangat muda. Resikonnya akan sangat tumpul sekali.

Agar bisa untuk menjadi tajam lagi harus di sepuh ulang ( harden ). Pisau ini jika memang sudah benar – benar aus dan juga tidak bisa di asah lagi maka secepatnya harus segera di ganti. Penggantian pisau ini juga bisa pesan melalui di tempat kita lagi atau juga bisa pesan di tempat penjual pisau atau juga di tukang panda besi.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

Penggerak Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Untuk mesin pencacah pelapah sawit ini kita melengkapi dengan 2 varian penggerak yaitu :

  1. Menggunakan atau memakai mesin diesel
  2. Memakai atau menggunakan motor listrik

Untuk di daerah yang tidak memerlukan suara yang sangat bising namun pasokan listrik nya sangat cukup maka dari itu kita sarankan memakai atau  menggunakan motor listrik.

Dan sebaliknya juga untuk di daerah pasokan listriknya tidak cukup dan juga tidak peduli dengaan apapun suara bising maka dari itu kita sarankan memakai atau menggunakan mesin diesel. Masing – masing penggerak nya mempunyai atau memiliki kelebihan atau kekurangan masing – masing.

Atau kalian juga bisa pesan pada kita tanpa mesin penggerak, jadi kita hanya menyediakan mesin penggilingnya saja yaitu terdiri dari  : Rangka , Block ( ruang pencacah ) , Hoper , Pulley dan juga rotor ( as ) . Nanti setibanya di tempat tinggal kalian tinggal connect ke mesin penggerak saja.

Cara Pemesanan dan Pengiriman

Hubungi kita untuk bisa konfirmasi selanjutnya tentang ketersediaan stock , sebab kadang – kadang ada stock , namun juga kadang – kadang stock pun sedang menipis atau juga mau habis. Jika sedang habis ini juga harus indent 7 – 14 hari kerja. Namun jika dalam sedang ready stock bisa cash and carry.

Untuk pemesanan akan di kenekan DP 50 % di awal , sisanya juga di lunasi setelah barang ready. Unruk Pemesanan kita ada beberapa informasi yang ingin kita tanyakan :

  1. Berapa kapasitas yang ingin kalian capai per jam nya.
  2. Penggeraknya mau pakai apa ? Kita memiliki atau mempunyai 2 jenis – jenis penggerak yaitu memakai atau menggunakan mesin diesel dan juga motor listrik ( pilih satu saja ). Jika kalian ingin memakai atau menggunakan motor listrik pastikan juga bahwa pasokan listrik di rumah kalian sangat cukup.
  3. Besar watt tergantung kapasitas yang ingin kalian capai, kita juga sudah menyediakan aneka macam – macam kapasitas mulai dari mesin yang dengan penggerak 5 PK, 10 PK, 20 PK, 30 PK, 40 PK, 50 PK.

Keunggulan Mesin Pencacah Pelepah Sawit Andaro, 

Ada beberapa keunggulan dari pencacah Tangkai daun sawit antara lain:

  • Mesin kuat dan juga sangat kokoh karena rangka terbuat dari besi sedang material body dari besi pelat dan juga pisau pencacah dari baja.
  • Cara mengoperasikan pun mesin sangat mudah, praktis, dan juga aman sekali.
  • Hasil cacahan Tangkai daun sawit juga menjadi optimal karena lebih halus dan juga sangat lembut.
  • Tidak memerlukan banyak waktu juga dan juga tenaga untuk mencacah Tangkai daun sawit yang sangat keras.

Perawatan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Cara melakukan perawatan sebuah alat pencacah Tangkai daun sawit ini cukup sangat mudah sekali. Berikut ini adalah beberapa cara untuk bisa terus menjaga kualitas dan juga kinerja alat:

  • Perhatikan atau pahami kapasitas maksimal dari alat tersebut. Jangan memaksa mesin untuk bisa mengerjakan proses di luar kapasitasnya.
  • Sisa-sisa cacahan sawit juga harus selalu dibersihkan dengan secara rutin. Jika tidak, komponennya akan mudah rusak.
  • Lakukanlah pemeriksaan secara berkala untuk pada body hingga ke komponen-komponen alat tersebut.

Cara Menggunakan Mesin Pencacah Pelepah Sawit

Selalu dilengkapi dengan adanya manual penggunaan. Demikian halnya dengan proses pencacah Tangkai daun sawit. Berikut ini adalah suatu panduan singkat penggunaan sebuah alat pencacah yang perlu kalian ketahui.

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu Tangkai daun sawit di dekat kalian agar bisa untuk memudahkan menjangkau dan juga memasukkan Tangkai daun sawit ke mulut alat tersebut.
  • Periksa terlebih dahulu persediaan bahan bakar dan juga alat apakah sudah dalam kondisi siap.
  • Siapkan penadah untuk bisa hasil cacahan yang akan keluar dari bagian output alat. Sebaiknya kalian menggunakan atau memakai plastik atau terpal lebar agar cacahan yang akan keluar tertampung semua dan juga tidak tersebar berserakan.
  • Kini, saatnya kalian untuk menyalakan alat tersebut.
  • Masukkan Tangkai daun kelapa sawit ke dalam hopper sambil juga sedikit didorong. Gerakan pisau ini yang akan berputar akan juga bisa memotong pelepah sawit sekaligus dan mencacahnya agar bisa menjadi potongan-potongan yang sangat kecil.
  • Serpihan Tangkai daun sawit ini yang sudah lembut akan bisa keluar melalui corong output alat, sedangkan yang masih kasar juga akan kembali di cacah mesin.
  • Lakukanlah berulang kali sampai pelepah sawit ini habis.
  • Jangan lupa matikan alat pencacah setelah kalian selesai.

Begitu juga banyak pelaku usaha yang akan sudah memakai atau menggunakan mesin pencacah pelepah sawit ini. Alasannya yang sudah tentu karena mesin ini juga multifungsi dan juga sangat membantu usaha peternakan hingga pertanian.

Telebih, usaha peternak juga dengan memakai atau menggunakan limbah pelepah sawit untuk bahan pakan ternak bakal sangat menguntungkan sekali. Harganya lebih sangat murah ketimbang harus membeli pakan ternak kemasan.

Menyempitnya sebuah lahan rumput juga bisa untuk pakan pun membuat para peternak mencari cara agar bisa ternak mereka tetap juga terpenuhi kebutuhan pakannya tanpa perlu harus menghabiskan banyak dana. Namun, tentu saja peternak harus mesti memberikan pakan dengan adanya gizi seimbang.

Nah, ini kalian juga dapat menjadi peluang bìsnis bagi kalian untuk memproduksi pakan ternak dari limbah pelepah sawit. Mesin Pencacah Pelepah Sawit tentu juga akan menjadi modal yang bisa dapat membantu meringankan kinerja kalian masing – masing,

 

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :