Mesin Tali Sabut Kelapa Terbaru 2024

Mesin Pemintal Tali Sabut Kelapa

Mesin Tali Sabut Kelapa adalah sebuah alat yang berfungsi untuk memintal sabut kelapa menjadi tali tambang yang sangat kuat dan elastis sesuai dengan kebutuhan.

 

Model Dan Spesifikasi Mesin Tali Sabut Kelapa Rumah Mesin

Mesin Pemintal Tali Sabut Kelapa
Gambar Mesin Pemintal Tali Sabut Kelapa

Spesifikasi Mesin Pemintal Sabut Kelapa 3 Kg / Jam :

Kapasitas : 3 Kg / Jam.
Daya : ¼ HP.
Tegangan Listrik : 220 Volt.
Frekuensi Listrik : 50 Hz / 60 Hz.
Energi Yang Digunakan : Listrik.
Bahan Material Rangka : Besi Siku.
Penggerak : Motor Listrik ( Elektro Motor  ).
Dimensi Mesin : 1200 mm x 400 mm x 900 mm.
Dilengkapi Dengan : Pemutar Balik.

*Spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan*

 

Video Mesin Pemintal Tali Sabut Kelapa

Informasi Pemesanan Mesin Tali Sabut Kelapa Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383
Email : rumahmesin@gmail.com
Fax : 0274 443 9219
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Mesin Pemintal Sabut Kelapa bagi anda yang ingin menjalankan usaha dibidang tali sabut kelapa.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Mesin Pemintal Sabut Kelapa.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 


 

Definisi Sabut Kelapa

bisnis sabut kelapa

Meski sabut kelapa merupakan bagian dari mesocarp yang merupakan bahan baku kerajinan sabut kelapa. Namun sabut kelapa biasanya disebut sebagai limbah yang hanya ditumpuk di bawah pohon kelapa kemudian dibiarkan membusuk atau mengering, sebagian besar penggunaannya untuk kayu bakar.

 

Cara Membuat Tali Dari Sabut Kelapa

Meski tali dari sabut kelapa atau sering disebut dengan tali sabut kelapa, dapat kita buat dengan dua cara, yang pertama secara manual dan yang kedua dengan bantuan mesin yaitu mesin pemintal sabut kelapa.

Cara Membuat Tali Kelapa Secara Manual

  • Kupas sabut kelapa dari batoknya
  • Setelah itu ambil beberapa sabut kelapa, usahakan jangan terlalu tipis atau terlalu kental.
  • Gabungkan sabut kelapa dengan cara memutar atau memelintirkannya.
  • Untuk panjangnya bisa disesuaikan dengan kebutuhannya
  • Terakhir, ikat kedua ujungnya menjadi satu.
  • Selesai

Cara Membuat Tali Sabut Kelapa Dengan Mesin Pemintal Tali

Meski tali sabut kelapa merupakan bahan baku pembuatan kerajinan tangan dari kelapa seperti pembuatan sapu, serta berbagai jenis kerajinan dari tali kelapa lainnya.

Namun mesin pemintal tali kelapa juga dapat digunakan untuk memintal tali dari mendong, eceng gondok, atau bahan lainnya, untuk membuat tali dari kelapa diperlukan mesin pemintal tali kelapa.

Tetapi mesin pemintal tali kelapa kelapa ini merupakan mesin yang digunakan untuk pemintalan tali dari buah kelapa. Mesin tali sabut kelapa merupakan bahan baku pembuatan kerajinan kelapa misalnya untuk pembuatan sapu, serta untuk berbagai jenis kerajinan dari tali kelapa lainnya.

 

Manfaat Sabut Kelapa

1. Sabut Kelapa Untuk Menetralkan Bau Semen Pada Kolam Yang Baru Dibuat

Dalam kolam ikan yang baru dibuat seringkali meninggalkan bau semen yang tidak sedap, hal ini tentu saja menghambat budidaya ikan.

2. Sebagai Pupuk Organik

Namun sabut kelapa kaya akan nutrisi dan mineral yang baik untuk pertumbuhan tanaman, oleh karena itu sabut kelapa sangat cocok untuk produksi pupuk organik.

3. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Briket

Kamu pasti sering mendengar nama briket berasal dari batu bara atau batok kelapa, bukan? dan itu benar. Namun ternyata briket kini juga bisa dibuat dari sabut kelapa. Sehingga kamu akan merasa aneh jika briket tersebut terbuat dari sabut kelapa.

4. Sabut Kelapa Sebagai Bahan Kerajinan Dasar

Meski dari manfaat lain dari sabut kelapa yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi lingkungan kita yakni sabut kelapa sebagai bahan dasar kerajinan atau barang.

5. Sabut Kelapa Sebagai Ketahanan Terhadap Erosi Di Tebing

Media sabut kelapa yang digunakan dalam teknik ini adalah dengan membuatnya menjadi jaring sabut kelapa, atau sering disebut juga sebagai kelapa. Cara membuat cocomesh itu cukup sulit dan pastinya membutuhkan banyak sabut kelapa.

6. Pembuatan Sapu Ijuk

Namun sapu lontar seakan menjadi salah satu alat rumah tangga yang tidak lepas dari kehidupan bersih-bersih seorang ibu rumah tangga atau asisten rumah tangga karena, sapu ijuk adalah sejenis sapu yang salah satunya terbuat dari limbah pengolahan kelapa yakni batok kelapa.

7. Kertas Pengganti Media Pembakaran

Namun bagi yang sering membuat arang dari batok kelapa, sering kali menggunakan kelapa sebagai media pembakaran batok atau kelapa.

8. Pembuatan Coco Net

Meski kelambu atau coco net adalah salah satu bentuk olahan sabut kelapa yang berbentuk seperti jaring. Untuk jaring kelapa ini yang biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya longsor di suatu daerah dengan langkah-langkah meminimalisir terjadinya longsor di suatu daerah.

9. Sebagai Bahan Baku Selimut, Spring Bed Dan Jok

Meskipun untuk anda yang belum ketahui bahwa ada banyak yang berbagai jenis tempat duduk, termasuk tempat tidur bulu atau disebut juga tempat tidur, dibuat dari bahan dasar yang terbuat dari batok kelapa. Karena hal ini buah kelapa yang pertama kali diolah menjadi serabut kelapa dalam bentuk sabut kelapa.

10. Pembuatan Keset

Dalam manfaat sabut kelapa lainnya yang perlu anda ketahui adalah digunakan sebagai keset. Namun keset ini memiliki bahan bakunya yang hampir sama dengan sapu ijuk dan sabut juga yang iasanya alas batok kelapa diletakkan di luar rumah.

Dengan demikian penjelasan yang mengenai bagaimana cara membuat tali dari sabut kelapa. Dari tali sabut kel tali sabut kelapa ini juga dapat kita dijadikan bisnis kecil kecilan, karena tali ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

 

Kerajinan Dari Sabut Kelapa

Meski sabut kelapa merupakan salah satu bagian kelapa yang seringkali tidak dimanfaatkan dengan baik, padahal jika dimanfaatkan dengan baik bisa menghasilkan kerajinan dari sabut kelapa yang bernilai tinggi.

Namun ada beberapa macam jenis kelapa yang bisa diambil sabut dan diolah menjadi aneka kerajinan dari sabut kelapa. Dalam proses pembuatannya tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu ketekunan, kesabaran dan ketelitian dalam membuatnya.

 

Apa Itu Kerajinan Sabut Kelapa?

Meski sabut kelapa merupakan bagian dari selimut atau pelindung dari buah kelapa yang berupa serat kasar. Dengan ketebalan masing-masing sabut kelapa berbeda antara satu dengan yang lain, tergantung dari jenis kelapa.

Pada umumnya sabut kelapa yang digunakan untuk kerajinan diambil dari kelapa tua, ini dikarenakan kelapa yang sudah tua memiliki sabut yang tebal dan lebih kokoh, alasan sabut kelapa dapat diolah adalah karena adanya kandungan serat sabut dan serbuk sabut.

Selain kedua kandungan itulah yang menjadi bahan kerajinan dari sabut kelapa paling utama. Nah sebelum diolah menjadi kerajinan, sabut kelapa akan melewati proses pembersihan dan lain sebagainya agar fungsinya lebih baik.

 

Apa Manfaat Kerajinan Sabut Kelapa?

Yang seperti sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali manfaat yang di dapat dari limbah sabut kelapa. Berikut ini adapun manfaat-manfaatnya.

1. Berfungsi sebagai Pupuk Organik

Anda perlu ketahui bahwa sabut kelapa memiliki kandungan mineral dan unsur hara yang tinggi, sehingga sangat bagus untuk pupuk tanaman, dalam kedua kandungan yang penting itu, sabut kelapa dapat membantu dalam pertumbuhan tanaman.

Selain begitu, serabut kelapa juga yang dipercaya dapat menyimpan 60% kandungan air dibandingkan dengan pupuk lainnya, ini sangat cocok bagi kamu yang bercocok tanam di daerah dengan curah hujan rendah atau sedang dilanda kekeringan.

2. Menetralkan Bau Semen

Untuk pembuatan kolam ikan terkadang meninggalkan bau semen dan mengganggu kehidupan para ikan, tidak jarang pula ikan yang ditempatkan di kolam tersebut menjadi mati dan gelisah.

Namun ada yang digunakan di sini adalah bagian gabus kerajinan dari sabut kelapa yang sudah dipisah sebelumnya, cara penggunaannya juga mudah, tinggal mencampurkan gabus bubu dengan daun yang mudah membusuk.

Selain dengan taburkan kedua bahan campuran tadi ke dalam kolam secara merata dan biarkan dalam waktu 1-2 minggu, air kolam yang tadinya jernih akan berubah warna menjadi kehijauan ataupun kecoklatan. Untuk perubahan warna pada air kolam menandakan bahwa kolam sudah terbebas dari bau semen.

3. Menahan Erosi pada Tebing

Meski tanah yang berada di tebing biasanya mengalami erosi karena daya cengkram yang lemah. Sabut kelapa bisa dimanfaatkan untuk mencegah ataupun menahan terjadinya erosi pada tebing, dalam hal ini sabut kelapa dibuat menjadi cocomest atau yang lebih dikenal sebagai jaring-jaring.

Dalam cocomesh menjadi salah satu produk kerajinan dari sabut kelapayang umumnya ditemukan dalam bentuk tali serabut atau dibuat anyaman, penggunaan cocomesh dipercaya dapat menghijaukan kembali lahan yang sudah terkena erosi.

4. Pengganti Kertas yang Dibakar

Meski penggunaan kertas sebagai media pembakaran untuk menyalakan arang memang terkenal kurang efektif dan boros, berbanding terbalik dengan sabut kelapa yang lebih efektif dalam membuat api untuk pembakaran arang.
Namun sabut kelapa terkenal akan serabut yang mudah terbakar dan dapat menghasilkan api yang lebih baik dibandingkan kertas.

Mungkin segi dari durasi waktu api bertahan juga lebih baik serabut kelapa, penggunaannya tentu dapat mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan contoh dan teknik kerajianan dari sabut kelapa.

 

Cara Membuat Kerajinan Sabut Kelapa

Berikut ini ada contoh beserta teknik dalam membuat sebuah kerajinan yang berasal dari sabut kelapa, diantaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Tali Tambang

Namun tali tambang yang satu ini menjadi salah satu kerajinan dari sabut kelapa yang mudah dibuat, bahkan untuk pemula sekalipun dan diameter tali tambang yang beredar di pasaran juga beragam tergantung dari ketebalannya.

Meski lilitan pada tali tambang tersebut disebut sebagai ply dan umumnya yang sering beredar di pasaran biasanya sekitar 2-3 ply.Dan ada juga yang lebih dari 3 ply dan biasanya digunakan pada pekerjaan berat untuk mengangkat sesuatu. Berikut cara pembuatannya:Setelah sabut kelapa diolah sesuai langkah di atas, mulailah memisahkan serat kelapa yang benar-benar mengering.

  • Bersihkan serat kelapa dari kotoran sampai benar-benar bersih.
  • Sembari membersihkan, tarik serat kelapa menjadi lurus.
  • Sekarang, mulailah dengan memutar serat tersebut sampai padat dan tidak ada celah satu sama lain.
  • Tambahkan dan gabungkan serat lain agar lebih tebal dan panjang.
  • Tahap awal ketika tali mulai terbentuk biasanya masih belum kuat.
  • Lakukan putaran beberapa kali sampai tali dirasa cukup kuat.
  • Sekarang buatlah tali kedua sama seperti langkah sebelumnya dengan panjang yang sama.
  • Setelah kedua tali berhasil dibuat, mulailah memutar kedua bagian tali dengan gerakan seperti mengepang rambut sampai tali benar-benar aman.

2. Jok Mobil

Mungkin industri otomotif brand terkenal seperti Mercedes Benz, pada beberapa mobil keluarannya sudah menggunakan jok yang terbuat dari sabut kelapa, contoh produk kerajinan dari sabut kelapa adalah jok mobil dan ini masih jarang diketahui banyak orang.

Untuk penggunaan sabut kelapa sebagai jok ini dilatarbelakangi oleh daya lentur yang dimilikinya. Dari sisi lain juga memiliki daya tahan yang baik dan tidak berbau. Selain begitu sabut kelapa juga dianggap memiliki tingkat pencemaran yang rendah. Berikut cara mengolahnya:

  • Persiapkan terlebih dahulu serat sabut kelapa atau cocofiber. Cara membuatnya adalah dengan menyikat sabut kelapa yang masih kasar dengan sikat kawat agar menghasilkan serat.
  • Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan mesin pengurai sabut kelapa yang lebih praktis dan bisa menghasilkan banyak.
  • Setelah serat sabut kelapa terbentuk dalam jumlah banyak, masukkan ke dalam desain jok mobil. Cara memasukkannya bisa secara manual atau menggunakan alat.
  • Jangan lupa lakukan tekanan ke dalam agar benar-benar padat dan tidak ada udara ataupun celah pada kerajinan dari sabut kelapa
  • Setelah cetakan jok dari serat sabut kelapa terbuat, lapisi jok menggunakan kulit sintetis atau lapisan lain sesuai keinginan masing-masing.

3. Sapu Ijuk dari Sabuk Kelapa

Meskipun Indonesia sendiri sapu ijuk yang terbuat dari sabut kelapa sangatlah tidak asing lagi karena menjadi salah satu peralatan rumah tangga untuk bersih-bersih. Dari jenis sabut kelapa tersebut yang manfaatkan untuk pembuatan sapu ijuk yang merupakan sabut kelapa yang halus dan tipis, contoh sapu ijuk menjadi kerajinan dari sabut kelapa yang sederhana dibuat dengan modal yang tidak terlalu banyak.

Demikian bagi anda hanya perlu mengumpulkan sabut kelapa dan melakukan sortir sabut yang halus serta tipis. Berikut langkah membuatnya:

  • Pisahkan terlebih dahulu sabut kelapa yang keras dan halus, pilihlah yang halus.
  • Setelah yang halus dikumpulkan, mulailah dengan merangkainya satu sama lain dengan panjang sesuai keinginan.
  • Kumpulkan sabut kelapa halus tersebut dalam jumlah yang banyak.
  • Sekarang masukkan sabut kelapa tersebut ke tubuh sapu yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Proses pemasangan atau penyatuan ke tubuh sapu biasanya menggunakan alat tambahan agar lebih cepat.

4. Keset Unik dari Sabut Kelapa

Meskipun produk kerajinan dari sabut kelapa yang mudah dibuat yaitu keset dan ini sangat mudah ditemukan di lingkungan masing-masing, karena hal ini, adapun beberapa variasi keset dari sabut kelapa yang tersebar di pasaran, mulai dari yang diberi ucapan Welcome dan lain sebagainya.

Namun pembuatan keset ini yang menggunakan sabut kelapa ini juga yang memanfaatkan bagian sabut kelapa yang kasar dan tebal. Sealin itu, daya serap dari keset tersebut yang terbuat dari sabut kelapa lebih baik, proses pengeringannya juga tergolong cepat. Langkah membuatnya sebagai berikut:

  • Siapkan sabut kelapa yang sudah diolah seperti cara umum sebelumnya.
  • Pilihlah sabut kelapa yang kuat dan cukup tebal dan jadikan satu.
  • Sekarang campurkan sabut kelapa sampai menjadi satu kesatuan atau saling menyatu sama lain.
  • Masukkan sabut kelapa yang saling menyatu ke dalam cetakan keset dan lakukan pressing agar padat.
  • Biarkan di dalam cetakan selama 1-2 hari, lalu keluarkan dari cetakan dan keset dari sabut kelapa siap digunakan.

5. Cocopeat atau Media Tanam

Namun bagi anda yang menyukai bercocok tanam bila sudah tidak asing lagi dengan media tanam cocopeat. Meskipun cocopeat yang merupakan jenis kerajinan dari sabut kelapayang berasal dari hasil samping sabut kelapa yang dihasilkan dari uraian serat menggunakan mesin pengurai.

Tetapi yang biasanya cocopeat dimanfaatkan sebagai media tanam pembibitan dan bisa juga dijadikan sebagai campuran kompos untuk menggantikan wood fiber. Demikian apabila tanaman tersebut mulai besar, kamu tidak perlu mengeluarkannya dari cocopeat, langsung saja pindahkan ke media tanam baru.

Cara Membuat Cocopeat Atau Media Tanam :

    • Pilih dan kumpulkan cocopeat hasil uraian menggunakan mesin pengurai tadi.
    • Sekarang rangkai sabut kelapa tadi satu sama lain dan mulailah dengan membentuk menyerupai pot.
    • Hasil awal dari bentuk pot biasanya masih ringan dan tidak kokoh.
    • Lakukan beberapa kali lilitan ke bentuk yang sudah dibuat tadi sampai benar-benar kokoh dan dapat diberi tanah.