Press Emping Manual Terbaru 2024

alat pres emping melinjo manual

Alat Press Emping Melinjo Manual adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengepress biji jagung menjadi lempengan emping jagung secara manual.

Penggunaan Alat Press Emping Melinjo Manual akan lebih memudahkan serta lebih mempercepat pada saat proses pembuatan emping jagung.

Dimana anda hanya perlu menekan tuas dengan sedikit usaha / tenaga sehingga press akan menekan bulir jagung menjadi lempengan emping jagung tipis.

 Press Emping Manual
Gambar Press Emping Manual

 

Fungsi : Untuk memipih emping melinjo atau jagung secara manual

 

Informasi Pemesanan Alat Pres Emping Melinjo Manual Rumah Mesin

kontak rumah mesin

Rumah Mesin – Pusat Distributor Alat Dan Mesin Kebutuhan Usaha Anda.

Kantor & Workshop : Jl. Parangtritis Km 5,6 Sewon, Bantul, Yogyakarta.
Call Center : 0274 287 1809.
SIMPATI : 0812 2222 9224 / 0812 2447 4411.
XL : 0878 3336 8884 / 0877 3424 1313.
MENTARI : 081 666 9383.
  • Jam Buka :
    Senin – Jumat : Pukul 08.00 – 16.00 WIB
    Sabtu : Pukul 08.00 – 14.00 WIB

*Pelayanan melewati jam kerja dilayani Via SMS / WA / BBM

CV. RUMAH MESIN menyediakan Alat Pres Emping Melinjo Manual yang dapat membantu mempermudah sekaligus mempercepat proses pembuatan emping jagung anda.

Kami siap membantu anda dalam mengembangkan usaha anda. Kenapa Harus Kami? Kami adalah perusahaan penyedia / pembuat alat – alat / mesin – mesin yang terpercaya.

Seperti mesin-mesin industri, pertanian, perikanan, peternakan, perkebunan, konstruksi, UMKM, dan lain – lain. Mulai dari mesin sederhana hingga mesin – mesin industri besar, seperti Alat Pres Emping Melinjo Manual.

Layanan kami untuk anda adalah memberikan training dalam mengoperasikan mesin-mesin dari kami.

Selain itu kami siap memberikan konsultasi kepada anda pada saat anda bingung mau usaha apa? Sedangkan anda punya modal untuk diinvestasikan.

Rumah Mesin hanya akan memberikan mesin – mesin yang berkualitas untuk anda. Karena mesin – mesin kami dibuat oleh tenaga ahli kami sendiri, dan sudah melewati Quality Control.

Serta bisa anda coba sebelum anda bawa pulang. Sehingga anda akan merasa puas dengan pelayanan kami, karena kepuasan pelanggan adalah prioritas kami.


 

Deskripsi Melinjo

Melinjo sendiri dikenal dengan berbagai nama di Indonesia seperti mlinjo, tangkil, dan bago. Biasanya orang sering menggunakan buah dan daun tanaman ini, namun selain itu manfaat melinjo adalah sebagai naungan dan juga penghalang halaman.

Melinjo Sendiri bisa tumbuh ke atas ke 100 Tahun lebih dan setiap panen sedang dapat menghasilkan buah atau melinjo Benih Sebanyak sebagai 80-100 Kg, kemudian kalau tidak pernah Dipangkas Pohon bisa mencapai 25 m dari tanah tingkat.

Tanaman ini dapat disebarkan oleh generatif (benih) atau vegetatif (cangkok, cangkok, stek, dan penyambungan).

Melinjo dapat ditemukan di daerah kering, karena untuk tumbuh dan berkembang, tanaman ini tidak memerlukan tanah bernutrisi tinggi atau iklim khusus.

Hal inilah yang membuat melinjo sangat mudah ditemukan di berbagai daerah kecuali daerah pesisir, karena tanaman ini tidak bisa tumbuh di daerah yang memiliki kandungan garam tinggi. .

Tanaman ini memiliki banyak manfaat, meskipun disebutkan bahwa yang paling banyak digunakan dari tanaman ini biasanya buah dan daun saja.

Kayu dari melinjo dapat digunakan sebagai bahan papan sederhana dan peralatan rumah tangga, kemudian daun dan bunga (jantan dan betina) dapat digunakan untuk sayuran, kemudian biji- bijian. Melinjo bisa menjadi bahan utama emping dan kulit melinjo bisa dijadikan kulit abon melinjo.

Kandungan nutrisi yangpaling penting dari melinjo, terutama biji melinjo, adalah senyawa antioksidan yang diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, yaitu sekitar 9 sampai 10 persen di masing-masing. biji melinjo.

Sehingga dapat dikatakan bahwa kandungan nutrisi biji melinjo dapat dianggap sebagai kandungan yang efektif untuk menghilangkan radikal bebas yang kita ketahui dapat menjadi penyebab berbagai macam biji melinjo. eeds. penyakit.

 

Bahan:

  • Melinjo

Caramembuat:

  1. Kupas melinjo hingga bersih dan simpan melinjo dulu selama 1 hari
  2. Bersantai melinjo di atas wajan dan pasir yang sudah dipanaskan
  3. Selama proses, biarkan biji melinjo menjadi hitam dan panas.
  4. Jika warnanya menghitam, keluarkan dari wajan.
  5. Pecahkan kulit melinjo hingga hanya satu biji melinjo yang ada di dalam dan putih.
  6. Tempatkan biji melinjo di talenan kemudian kocok bijinya menggunakan palu hingga rata dan menjadi bentuk emping. Dinginkan terlebih dahulu sambil mengaturnya dalam wadah.
  7. Pindahkan emping ke tempat yang langsung terkena sinar matahri. Jika cuaca cerah maka Anda bisa mengeringkannya selama sekitar 2 jam saja.
  8. Jika kering, emping bisa digoreng dan sisanya.

 

Manfaat Melinjo Bagi Kesehatan

Selain enak, jika dimakan tanpa berlebihan, melinjo ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Baik biji dan daun melinjo memiliki jumlah antioksidan yang tinggi. Sda tujuh manfaat yang bisa Anda rasakan ketika mengosumsi melinjo.

Kesehatan Otak

Kandungan mangan di dalamnya sangat penting untuk fungsi otak dan juga mengobati gangguan saraf. Sedangkan superoksida menghilangkan radikal bebas dari tubuh yang meliputi jalur saraf.

Membantu Pertumbuhan

Melinjo baik juga untuk kesehatan dan pertumbuhan. Sangat penting untuk mencegah sistem kerangka, kardiovaskular, dan saraf. Baik untuk pertumbuhan jaringan dan organ yang sehat.

Atur Metabolisme

Kandungan zat besi di dalamnya sangat penting untuk pengaturan suhu tubuh. Hal itu membantu untuk mengatur suhu tubuh sesuai dengan kapasitas penyerapannya. Fungsi metabolisme akan lebih optimal.

Mencegah Stroke

Kandungan kalium di dalam daun dan biji melinjo sangat penting untuk fungsi otak. Jumlah potasium yang tinggi di dalamnya mengangkut oksigen ke otak dengan meningkatkan fungsi kognitif dan aktivitas saraf. Ini membantu untuk mencegah perkembangan stroke.

Obati Kram

Kandungan magnesium di dalamnya membantu menyehatkan ginjal dan melemaskan otot-otot punggung. Sehingga membantu penyerapan kalsium yang mempercepat penyembuhan tulang.

Kesehatan Ginjal

Kandungan fosfor di dalamnya membantu menjaga kesehatan ginjal. Kondisi ini mendorong pembuangan limbah dari ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Sehingga meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil agar tubuh mempertahankan jumlah keseimbangan air, asam urat, garam berlebih, dan lemak.

Kesehatan Otot

Kandungan protein di dalamnya sangat penting untuk kontraksi otot. Protein dalam bentuk mikrofilamen ditemukan di jaringan otot berfungsi membangun struktur untuk otot. Pertumbuhan otot tergantung pada jumlah protein yang cukup dalam tubuh.

 Sebagai Anti Mikroba

Manfaat berikutnya dari melinjo adalah anti mikroba. Namun jika moms mengonsumsinya secara teratur, dapat mencegah serangan mikroba yang buruk bagi tubuh. Meski penyakit hipertensi bisa diatasi apabila kita memakan melinjo secara teratur. Hasilnya tekanan darah akan kembali normal. Jadi efek mikroba dapat cukup fatal, jadi kita perlu makan makanan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit mikroba.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Dengan manfaat melinjo yang sangat penting adalah mengatasi tekanan darah tinggi atau menjadi obat alami untuk hipertensi. Meskipun penyakit hipertensi dapat diatasi apabila kita memakan melinjo secara teratur. Hasilnya tekanan darah akan kembali normal.

Menjaga Kesehatan Mata

Dari khasiat lain yang lainnya terkandung dalam kulit melinjo, adalah membantu sistem kerja mata dalam penglihatan. Meskipn melinjo juga yang kaya akan vitamin A yang baik untuk mata, yang akan membuat mata kita lebih jernih, sehat, dan tentu saja lebih tajam. Namun untuk manfaat mengonsumsi vitamin A setiap hari dapat membantu mempertajam penglihatan, sekaligus menjaga kesehatan kinerja organ mata, untuk penderita rabun dekat harus mulai memakannya secara teratur setiap harinya.

Mengandung Nutrisi Yang Baik

Dalam manfaat kulit melinjo adalah mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun kulit melinjo yang diketahui mengandung berbagai komponen atau senyawa, seperti beta karoten, fenolik, flavonoid, vitamin C, dan antioksidan, kulit melinjo tersebut juga mengandung mangan, tembaga, zat besi, zinc, dan potasium. Dengan kandungan inilah yang membawa berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh.Bahkan, manfaat kulit melinjo dapat Membantu penyerapan nutrisi lainnya, sebab kulit melinjo mengandung zat besi yang cukup banyak.

Membantu Pertumbuhan Anak

Meskipun zat mineral yang lain terkandung pada melinjo dan kulit adalah tembaga. Namun tembaga yang merupakan zat mineral mikro yang dibutuhkan bagi tubuh untuk membantu pertumbuhan, sehingga melinjo baik untuk anak-anak. Tidak hanya itu saja, manfaat kulit melinjo yang lainnya adalah dapat membantu mengatasi masalah pada sistem otot dan tulang serta menjaga kesehatan jantung serta kekurangan tembaga dapat menyebabkan jaringan dan sel tubuh mati dan tidak berkembang. Karenanya kulit melinjo baik untuk kesehatan.

Menyeseuaikan Suhu Tubuh

Tubuh memiliki pengaturan suhu tubuh sendiri. Pada saat lingkungan yang sedang dingin atau panas, maka otomatis tubuh akan menyesuaikan supaya suhu tubuh tidak terganggu. Dengan sedikit saja kenaikan atau penurunan suhu tubuh, dapat mengganggu fungsi bagi tubuh secara keseluruhan. Namun melinjo dan kulit melinjo dapat membantu tubuh menjaga suhu tetap stabil. Dalam manfaat kulit melinjo yang dibuktikan dapat membantu menjaga fungsi metabolisme dan enzim agar tetap stabil di lingkungan yang memiliki suhu ekstrem.

Mencegah Asam Urat

Yang selama ini bagi masyarakat yang menyimpulkan bahwa biji melinjo dapat menyebabkan asam urat. Namun dengan hal itu benar adanya, sebab manfaat kulit melinjo berasal dari senyawa bioaktif yang dapat menstabilkan kadar asam urat di dalam tubuh.Senyawa bioaktif yang dimaksud adalah zat antioksidan yang bisa bertindak seperti obat asam urat jenis urikostatik, yakni allopurinol. Dalam obat yang satu ini dapat menghambat kerja enzim xantin oksidase yang bisa menyebabkan penumpukan asam urat dan menjadi penyebab munculnya radang sendi kronis.

 Sumber Antioksidan

Namun bukan hanya kulit melinjo saja yang bagus digunakan yang dapat mencegah berbagai jenis penyakit berbahaya. Dalam adanya senyawa antioksidan dan sumber vitamin, menjadikan kulit biji-bijian jenis ini dapat digunakan sebagai sumber antioksidan yang tinggi.

Portofolio Kami

Disperindang Padang
Pengolahan Ikan – 2022
Disperindag Buol
Mesin Nata De Coco – 2022
Disperindag Rote Ndao
Mesin Gula Semut – 2022
Dinas Perkebunan Sulawesi Utara
Mesin Pengolahan Minyak – 2022
Disperindag Sulawesi Utara
Mesin Gula Semut – 2022
BI Lampung
Mesin Pakan– 2022
Poltana Mapena
Mesin Pengolahan Singkong – 2022
PT Gag Nikel
Mesin Sabut Kelapa – 2022
Dinas Perkebunana Merauke
Mesin Pengolahan Sagu – 2022
Kemendes
Mesin Pengolahan Kelapa – 2022
Disperindag Maluku Utara
Mesin Pengolahan Sabut Kelapa – 2022
Dinas Pertanian Ngada
Mesin Mete – 2022
UGM
Mesin JAHE – 2022
DINAS SOSIAL MATARAM
Mesin Minyak Kelapa – 2022
DLH Purworejo
Mesin Pengolahan Sampah – 2022
Dinas Pertanian Bantul
Mesin Pasca Panen Cabe – 2022
Dinas Pertanian Banten
Mesin pengolahan cabai – 2022
Kementrian Perindustrian
Mesin Pakan – 2022
Disperindag Halbar
Mesin Briket – 2022
DLH LEMBATA
Mesin Pencacah Plastik – 2023
DTPH KALTENG
Mesin Pengolahan cabai dan tomat – 2023
DKP KUTAI BARAT
Mesin Pengolahan jagung dan pakan – 2023
DLH SUMBA
Mesin Pengolahan Kompos – 2023

Portofolio Selengkapnya 

Manfaat Konsumsi Kulit Melinjo Saat Hamil

asih jarang yang mengetahui apa saja manfaat kulit melinjo untuk ibu hamil. Terlebih olahan kulit melinjo tidak sepopuler bijinya yang dijadikan keripik emping. Biasanya kulit emping dibuang begitu saja, padahal kulit melinjo juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Buah melinjo memiliki warna kuning kemerahan hingga merah. Buah yang juga dikenal sebagai melinjo ini kerap dijadikan bahan makanan. Terutama bagian biji, daun serta bunganya. Sedangkan kulit melinjo cukup jarang diolah jadi makanan.

Melinjo mengandung purin tinggi yang dapat menyebabkan peningkatan asam urat apabila dikonsumsi secara berlebihan. Namun ternyata di bagian kulit melinjo justru bermanfaat untuk menurunkan asam urat. Sehingga kulit melinjo sangat bagus dikonsumsi selama masa kehamilan

Menurunkan Asam Urat

Melinjo terbukti dapat meningkatkan asam urat yang signifikan apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebab biji melinjo mengandung purin, yang jika dikombinasikan dengan konsumsi gula dan lemak berlebihan dapat meningkatkan kadar asam urat. Namun ternyata di bagian kulitnya justru dapat menjadi obat untuk menurunkan asam urat.

Dalam kulit melinjo terkandung senyawa bioaktif yaitu zat antioksidan yang dapat menstabilkan kadar asam urat dalam tubuh. Zat antioksidan dalam kulit melinjo dapat bertindak seperti allopurinol, yaitu obat asam urat jenis urikostatik. Meski begitu manfaat allopurinol dari kulit melinjo ini tidak akan menimbulkan efek samping. Sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama yang memiliki riwayat asam uraT.

Mencegah Infeksi Kulit

Kulit melinjo mengandung zinc yang berperan dalam meningkatkan fungsi sel darah putih, sehingga dapat mencegah infeksi kulit. Meski begitu fungsinya ini memerlukan penelitian lebih lanjut supaya keefektifannya dapat terbukti. Apabila ingin mengonsumsi kulit melinjo, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Mengatasi Kram Dan Nyeri Otot

Salah satu kandungan nutrisi dalam kulit melinjo adalah magnesiumMagnesium ini memiliki banyak fungsi untuk ibu hamil. Terutama dalam mengurangi kram serta nyeri otot yang sering menjadi keluhan ibu hamil. Selain itu kandungan magnesium dalam kulit melinjo juga bermanfaat untuk mendorong alirah darah untuk janin, membantu persalinan, mengobati sakit kepala, mengatasi insomnia, serta menghindari kontraksi dini.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kulit melinjo juga mengandung vitamin C yang dapat membantu ibu hamil meningkatkan imun tubuh selama masa kehamilan. Jumlah vitamin C dalam 100 gram kulit melinjo sebanyak 7 mg. Konsumsi dengan jumlah sewajarnya dapat memberikan manfaat kekebalan tubuh yang meningkat saat masa kehamilan.

Mengembangkan Fungsi Saraf Bagi Rahim

Bagian kulit dari melinjo terkandung mineral berupa mangan. Dalam peran mangan itu sendiri adalah untuk mendukung perkembangan janin, salah satunya mengembangkan fungsi saraf bagi rahim. Namun mangan juga yang bermanfaat untuk membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, serta penyerapan kalsium dan regulasi gula darah bagi ibu hamil.

Cara Mengolah Kulit Melinjo untuk Ibu Hamil

Kulit melinjo seringkali dibuang dan hanya menggunakan daun serta biji saja untuk dikonsumsi. Padahal kulit melinjo dapat dimakan karena mengandung 5 manfaat di atas. Konsumsi kulit melinjo biasanya dijadikan dalam bentuk tumisan yang ditambah garam serta bumbu penyedap, atau dicampur dalam sayuran.

Namun sebenarnya, supaya mendapatkan manfaat kulit melinjo adalah dengan memilih kulit melinjo muda yang langsung dimakan dalam kondisi mentah, atau dengan direbus sebentar.

Batas Aman Konsumsi Emping Melinjo

Meski emping penyebab asam urat, bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali. Anda tetap boleh mengonsumsinya asalkan porsinya dibatasi.

Para ahli kesehatan mengatakan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi emping melinjo lebih dari 100 gram (10 keping ukuran kecil) dalam sehari.

Selain karena emping penyebab asam urat, makanan berbentuk kerupuk ini juga mengandung kalori yang tinggi. Sekitar 100 gram emping melinjo mengandung sedikitnya 350 kalori.

Jadi, dapat Anda dapat bayangkan sendiri jika emping dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Anda bukan hanya berisiko mengalami penyakit asam urat (gout), tapi juga obesitas alias berat badan di atas normal.

Adakah Penawar Asam Urat setelah Makan Emping?

Selain mekanisme normal tubuh yang berusaha menyeimbangkan segala sesuatunya, ada salah satu hal yang dapat membantu menjadi penawar emping melinjo, yaitu konsumsi vitamin C.

Dalam sebuah penelitian, suplemen vitamin C terbukti dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami atau berisiko mengalami penyakit asam urat (gout), cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dari jus jeruk, stroberi, jambu, dan tomat.

Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih dan rutin bergerak. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah, sehingga tidak berubah menjadi kristal-kristal di sendi yang dapat menyebabkan keluhan nyeri.