Rumah Mesin Mendapatkan Kunjungan dari Bumdes Taruna Jaya awal tahun 2019 lalu. Kunjungan tersebut dalam rangka uji coba mesin pengurai sabut kelapa dari Rumah Mesin. Selain uji coba juga untuk pelatihan pengoperasian mesinnya.

Uji coba mesin pengurai sabut kelapa dari Rumah Mesin, Bumdes Taruna Jaya Mlaran Kecamatan Gebang Purworejo mengirimkan dua perwakilanya yakni bapak Istiyanto dan Agus. Untuk pelatihan pengoperasian mesin ini dipandu oleh teknisi langsung dari Rumah Mesin, sehingga  konsumen bisa bertanya langsung terkait hal-hal yang belum dimengerti.

Perwakilan dari Bumdes Taruna Jaya Purworejo

Istiyanto mengatakan bahwa tujuan dari pemesanan mesin pengurai sabut kelapa adalah untuk pengembangan usaha dan pemanfaatan dari potensi yang dimiliki desanya terutama untuk limbah-limbah masyarakat. Di desanya salah satu limbah terbesar adalah sabut kelapa. Ia ingin mengolah limbah sabut kelapa tersebut menjadi barang berharga.

Beberapa barang berharga yang ia maksud yakni kerajinan-kerajinan seperti sapu, kesed, dan lain sebagainya. Istiyanto berharap ke depan desanya bisa maju dari pengolahan sabut kelapa ini. “Kita hari ini ke sini untuk memesan mesin dan untuk uji coba. Alhamdulillah bagus sekali. Dari proses awal pencarian atau browsing hingga mengecek ke sini alhamdulillah dilayani dengan baik”, jelas Istiyanto.

Uji Coba Mesin Pengurai Sabut Kelapa

Sabut kelapa sendiri merupakan salah satu limbah yang dapat dioleh dengan serangkaian mesin pengolah sabut kelapa. Untuk mesin pengolahan sabut kelapa, Rumah Mesin menyediakan dari mesin pengupas sabut kelapa, mesin pengurai sabut kelapa, mesin penyaring sabut kelapa, mesin press sabut kelapa, mesin penghancur sabut kelapa, dan juga mesin pemintal tali sabut kelapa. Mesin-mesin tersebut tentu memiliki fungsi masing-masing.

Mesin pengurai sabut kelapa yang merupakan pesanan dari Bumdes Taruna Jaya Mlaran Kecamatan Gebang Purworejo ini berfungsi untuk menguraikan sabut kelapa menjadi cocofiber serta untuk mendapatkan serbut sabut kelapa atau cocopeat. Pengolahan selanjutnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Apabila ingin dijadikan tali tambang berarti tahapan yang harus dilalui selanjutnya adalah menggunakan mesin penyaring sabut kelapa, mesin press sabut kelapa hingga mesin pemintal tali sabut kelapa.

Sabut Kelapa yang Sudah Terurai

Hasil akhir dari mesin pengolahan sabut kelapa bisa beragam. Mulai dari bahan media tanam, matras, jok mobil, kesed, kasur, tali tambang, cocomesh jaring, coir net, peredam getar dan suara, pupuk organik, bahan pembuatan briket, dan kerajianan lainnya.