Usaha Bawang Putih Goreng, Cukup Mudah dan Menjanjikan

usaha bawang putih goreng

Kamu tahu tidak, bahwa bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur paling umum? Dalam masakan Asia maupun Indonesia sering sekali menggunakan bawang putih. Jadi tidak heran jika setiap rumah yang ada di Indonesia pasti memiliki bumbu dapur tersebut. Apalagi ketika ada yang membuat usaha bawang putih goreng semakin menguatkan bahwa saking umumnya bawang putih hingga ada yang membuat usaha bawang putih goreng.

Selain karena bawang putih yang sangat umum di Indonesia, ternyata bawang putih ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bahkan banyak yang menyarankan untuk memakan bawang putih secara mentah karena lebih banyak khasiatnya. Namun jika kurang suka dengan cara tersebut, kamu bisa mengolah bawang putih dahulu untuk memakannya. Menggoreng bawang putih juga salah satu olahan bawang putih.

Dengan usaha bawang putih goreng, kamu juga dapat menyehatkan pelanggan kamu. Sudah bumbu dapur umum yang mudah didapat dan ternyata juga memiliki banyak manfaat, tidak ada salahnya jika kamu memulai usaha bawang putih goreng ini.

Apa Itu Bawang Putih Goreng?

Seperti namanya, bawang putih goreng adalah bawang putih yang diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga berwarna kecokelatan. Bawang putih goreng sering dijadikan pendamping makanan seperti aneka mi, nasi goreng, aneka sup, dan lain-lain karena memiliki rasa yang gurih, manis dan garing. Dengan bawang putih goreng ini juga dapat mempercantik makanan dan dapat menggugah selera makan.

Secara umum bawang putih memiliki banyak manfaat seperti:

  1. Mengatasi flu dan pilek
  2. Mengontrol dan menurunkan kadar kolesterol
  3. Mencegah penyakit kanker dan jantung
  4. Mencegah gangguan otak (alzheimer dan demensia)
  5. Meningkatkan kinerja fisik

Biasanya bawang putih lebih berkhasiat jika cara memakannya secara mentah. Karena memang cara mengonsumsi bawang putih terbaik untuk mendapatkan seluruh khasiatnya adalah secara mentah. Memakan 1-2 siung bawang putih mentah setiap harinya bisa menjadi kebiasaan yang baik. Jika kurang suka secara mentah-mentah bisa kamu tambahkan dengan madu.

Walaupun bawang putih goreng adalah olahan bawang putih sedemikian rupa, ternyata tetap masih memiliki banyak manfaat. Bawang putih goreng mempunyai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas serta penyakit degeneratif lainnya. Kandungan flavonoid seperti quercetin yang terdapat pada bawang putih goreng dapat meredakan inflamasi serta menurunkan tekanan darah.

Serat pada bawang putih goreng bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan pencernaan sampai-sampai bisa mencegah masalah sembelit. Bawang putih goreng juga kaya akan vitamin C dan B6 yang dapat mendukung sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tinggi.

Berbagai Macam Jenis Bawang Putih

Ternyata bawang putih tidak hanya memiliki 1 jenis saja melainkan ada beberapa jenis bawang putih dengan segala macam perbedaannya. Dari sekian banyak jenis bawang putih, berikut adalah 6 jenis bawang putih yang cukup familier.

1. Bawang Putih Kating

Bawang putih kating ini adalah bawang putih paling umum. Banyak pada dapur rumahan maupun dapur rumah makan lainnya menggunakan bawang putih jenis ini. Walaupun memang bawang putih terkesan dari Indonesia, namun bawang putih kating ini berasal dari Tiongkok.

Bawang putih kating memiliki bentuk dari banyak siung kecil-kecil yang bergerombol. Jenis bawang kating ini sering digunakan untuk bumbu masakan karena memiliki aroma dan tekstur yang paling menyengat.

2. Bawang Putih Shin Chung/Honan

Jenis bawang putih shin chung masih serumpun dengan bawang putih kating yang sama-sama berasal dari Asia Timur. Jenis bawang putih ini berasal dari China. Di Indonesia ada yang menyebutnya bawang putih banci/honan.

Bawang shin chung juga sering masuk pada makanan-makanan umum namun memang aromanya tidak terlalu menyengat seperti bawang putih kating. Banyak orang masih mencari bawang putih ini sebagai alternatif bawang putih kating yang harganya sudah semakin tinggi.

Bawang putih ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bawang putih kating. Yang menjadi pembeda adalah ukuran siung dari bawang honan ini lebih kecil namun jumlah siungnya lebih banyak daripada bawang kating.

3. Bawang Putih Lanang/Tunggal

Bawang putih lanang sering disebut dengan bawang putih tunggal karena keunikannya. Tidak seperti bawang putih lainnya yang tiap siungnya biasanya bergerombol namun siung bawang putih tunggal ini berdiri sendiri seperti namanya. Dalam satu siung bawang putih tunggal memiliki ukuran yang lebih kecil dari satu siung bawang putih biasa atau kating, yang biasanya berukuran sekitar 2-5 cm saja.

Bawang putih jenis ini tidak terlalu familier pada orang umum daripada bawang kating yang sudah sering ada pada bumbu dapur umum. Jenis bawang putih ini memiliki aroma yang sangat harum dan masih memiliki banyak khasiat sehingga cukup sering digunakan pada pengobatan herbal.

Bawang ini sering dijual dalam bentuk olahan seperti acar atau kering. Khasiat dari bawang putih tunggal ini bisa meningkatkan stamina tubuh, mengobati diabetes, serta meredakan berbagai gejala flu.

4. Bawang Putih Porcelain

Pada umumnya bawang putih jenis ini disebut Porcelain Garlic. Bawang putih jenis ini memiliku bentuk yang sangat unik dan khas yaitu terdiri dari siung kecil yang menyatu serta memiliki ujung yang terlihat seperti tangkai panjang.

Kulit luar dari bawang putih porcelain memiliki tekstur yang sangat mulus dengan selaput kulit yang cukup tebal dan jika kamu raba sekilas hampir mirip kertas tebal sehingga kulit dari bawang putih jenis ini tidak mudah sobek.

5. Bawang Putih Gajah

Di internet, bawang putih ini bisa disebut juga dengan Elephant Garlic. Bawang elephant ini pada umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis bawang putih lainnya. Pada satu siung bawang putih gajah ini bisa memiliki ukuran sebesar satu butir telur ayam kampung.

Walaupun ukurannya yang lebih besar daripada jenis bawang putih yang lain, ternyata aroma bawang putih gajah ini tidak seperti bawang putih kating yang memiliki aroma lebih khas dan menyengat. Selain daripada itu jika soal tekstur, bawang putih jenis ini memiliki tekstur yang lebih lembut daripada jenis bawang putih lainnya. Aroma yang tidak terlalu menyengat dan tekstur yang lembut, sajian salad sering menggunakan bawang putih jenis ini sebagai pendamping atau pelengkap.

6. Bawang Putih Silver Skin

Di khalayak umum, sering menyebut bawang putih ini dengan Silver Skin Garlic. Seperti namanya yaitu silver skin, bawang putih jenis ini memiliki kulit yang berwarna silver yang terlihat seperti putih mengkilap. Bentuk dari bawang putih jenis ini hampir seperti pada kebanyakan jenis bawang putih yaitu siung kecil-kecil yang saling menyatu. Bawang putih jenis ini juga masih memiliki aroma dan cita rasa yang kuat.

Hampir sama dengan bawang putih gajah, bawang putih silver skin ini sering dijadikan sebagai pelengkap sajian salad. Bawang putih jenis ini juga dapat digunakan untuk pengobatan herbal. Sebagai pengobatan herbal, bawang putih ini dapat diolah dahulu seperti dikeringkan dan ditumbuk agar dijadikan bentuk bubuk bawang putih yang siap untuk dikonsumsi.

Cara Membuat Bawang Putih Goreng Tahan Lama

usaha bawang putih goreng

Sekarang kamu sudah tahu apa itu bawang putih goreng beserta manfaatnya bagi tubuh. Berikut adalah bagaimana cara untuk membuat bawang putih goreng. Kamu bisa tiru cara pembuatan ini atau kamu bisa membuatnya dengan porsi yang berbeda tinggal sesuaikan perbandingannya. Cara membuat bawang putih goreng ini menggunakan bawang putih kating dan cara pembuatan ini bisa membuat bawang putih goreng dapat tahan lama.

Alat dan Bahan

  • Wajan anti lengket
  • Sutil/sudip
  • Saringan minyak goreng
  • Pisau atau cutter dapur
  • Tisu atau kertas merang
  • 1 kg bawang putih kating
  • 500 ml minyak goreng (baru)

Langkah Pembuatan

  1. Kupas semua bawang putih kating lalu cuci hingga bersih.
  2. Iris tipis-tipis semua bawang putih kating dan buang bagian bawahnya.
  3. Masukkan minyak goreng baru (belum dipanaskan) dan bawang putih kating ke dalam wajan lalu aduk rata. Hal ini bertujuan agar bawang putih kating tidak lengket dan tidak menempel.
  4. Goreng dengan api sedang dan jangan lupa untuk sering mengaduknya.
  5. Setelah matang serta terlihat kecokelatan, dinginkan lalu tiriskan bawang putih kating dan letakan pada tisu atau kertas merang agar minyak pada bawang putih goreng tidak terlalu banyak.

Tips Pembuatan

  1. Pada pembuatan dalam jumlah produksi yang sangat besar lebih dari 1 kg bawang putih, kamu bisa menggunakan alat pengupas bawang.
  2. Pada langkah 2 saat mengiris dapat menggunakan cutter namun harus cutter baru. Jika menggunakan cutter yang sudah pernah digunakan, maka oleskan cutter dengan minyak goreng agar tidak ada kecacatan pada bawang putih kating.
  3. Setelah langkah 5, penyimpanan bawang putih goreng bisa kamu letakkan ke dalam wadah plastik dan simpan pada freezer untuk menjaga tahan lama bawang putih goreng. Bawang putih goreng dapat bertahan lama sekitar 7-8 bulan.

Tips dan Trik Menjalankan Usaha Bawang Putih Goreng

Setelah kamu tahu bagaimana cara membuat bawang putih goreng, sekarang kamu harus mengetahui apa yang harus kamu lakukan agar usaha bawang putih goreng ini bisa berhasil. Ada banyak strategi dalam menjalankan usaha seperti ini terutama usaha makanan seperti bawang putih goreng ini.

1. Pastikan Bawang Putih Goreng Tahan Lama

Pada cara pembuatan bawang putih goreng di atas bisa bertahan cukup lama yaitu 7-8 bulan sehingga jika ada pelanggan yang ingin membeli tidak harus menghabiskan dalam waktu yang sangat dekat dari waktu pembelian. Pelanggan jadi tidak perlu khawatir jika bawang putih goreng kadaluwarsa pada waktu yang singkat.

Pada kemasan bawang putih goreng bisa kamu tuliskan sampai kapan tanggal kadaluwarsa bawang putih goreng tersebut. Jangan lupa untuk memberitahu pelanggan bahwa jika ingin sedikit lebih tahan lama, bawang putih goreng dapat disimpan dengan cara dimasukkan ke dalam freezer.

2. Berbagai Macam Ukuran Kemasan Bawang Putih Goreng

Pada kemasan bawang putih goreng tadi sudah tertera tanggal kadaluwarsa dan rekomendasi penyimpanan. Namun belum tentu pelanggan akan membeli bawang putih goreng dengan besaran yang sama karena setiap pelanggan memiliki perbedaan kebutuhan dalam penggunaan bawang putih goreng tersebut. Membuat kemasan yang semenarik mungkin bisa saja menarik perhatian pelanggan baru untuk membeli bawang putih goreng kamu.

Pada kemasan bawang putih goreng, kamu bisa membuat variasi sebanyak atau kurang lebih 3 macam ukuran yaitu kecil, sedang, dan besar. Tak jarang pula bahwa pelanggan ingin membeli bawang putih goreng ini dengan ukuran yang sesuai selera pelanggan. Maka jangan lupa sediakan kemasan yang universal untuk menerima pesanan bawang putih goreng dengan jumlah banyak satu sekaligus.

3. Pemasaran Usaha Bawang Putih Goreng Bisa dari Mana Saja

Pada era globalisasi ini banyak sekali metode pemasaran usaha, entah dari cara tradisional biasa hingga yang memanfaatkan teknologi sekarang seperti media sosial.

Pembeli pertama usaha kita biasanya adalah orang-orang terdekat. Dari orang-orang terdekat kita tersebut, kita bisa meminta tolong mereka untuk mengenalkan produk kita ke orang-orang terdekat mereka. Dari orang ke orang ini maka akan ada banyak pelanggan baru yang berdatangan. Sekarang tinggal kamu harus menjaga agar pelanggan tersebut tetap membeli produknya.

Dengan adanya internet, sudah banyak sekali usaha yang membuka lapak pada platform online seperti pada media sosial maupun online shop. Ternyata sekarang kebanyakan orang-orang sudah membeli produk secara online. Sekarang juga hampir semua orang memiliki akun media sosial dari yang muda hingga yang tua.

Usaha jaman sekarang perlu melakukan pemasaran lewat media sosial dan menyediakan pembelian bawang putih goreng ini secara online. Dengan ini harapannya produk bawang putih goreng ini dapat menjangkau orang-orang yang mencari bawang putih goreng dan ingin membeli bawang putih goreng secara online maupun di tempat.

4. Kerja Sama dengan Rumah Makan dan Warung

Perlu kamu diketahui bahwa produk ini adalah bawang putih goreng yang sangat sering dijadikan pelengkap hidangan makanan. Rumah makan juga pasti membutuhkan bawang putih goreng untuk hidangannya yang akan mereka jual karena banyak orang menggemari bawang putih goreng pada makanannya.

Dengan kerja sama dengan rumah makan, kamu bisa menghasilkan penjualan yang cukup banyak karena pada hidangan rumah makan sering menggunakan bawang putih goreng sebagai pendamping. Kamu hanya perlu menawarkan ke rumah makan tersebut dengan kesepakatan yang bisa membuat rumah makan ini akan terus bekerja sama dengan usaha kamu. Untuk meyakinkan pemilik rumah makan, kamu dapat memberi sampel terlebih dahulu atau pendekatan lainnya.

Jangan lupa distribusikan bawang putih goreng kamu ke warung-warung maupun tukang sayur. Biasanya ibu rumah tangga mencari segala sesuatu untuk keperluan dapur di warung dan tukang sayur baik yang keliling maupun tetap.

Untuk menjalin kerja sama agar awet, pastikan memberi penawaran yang menarik. Penawaran bisa seperti jika membeli dengan jumlah tertentu akan mendapat porsi tambahan maupun diskon dan bisa saja penawaran menarik lainnya.

5. Harga yang Masuk Akal

Jangan terlalu mematok harga yang sangat tinggi karena hanya ingin keuntungannya saja. Dengan harga yang masuk akal dan tidak terlalu tinggi, usaha kamu bisa menjadi pilihan pelanggan baru untuk membeli produk kamu.

Kamu bisa memberikan diskon jika pelanggan kamu membeli jumlah yang sangat banyak. Sehingga jika pelanggan itu suka dengan bawang putih goreng kamu dan harganya yang cocok maka bisa saja pelanggan tersebut menjadi pelanggan tetap.

Penutup

Sekarang kamu telah mengetahui apa saja yang kamu perlukan untuk membuka usaha bawang putih goreng. Sebagai usahawan kamu juga harus memiliki seluk beluk dari produk kamu yaitu bawang putih maupun bawang putih goreng itu sendiri.

Pada artikel di atas kamu bisa mengetahui apa itu bawang putih goreng, jenisnya, dan manfaatnya. Dengan mengetahui hal tersebut pelanggan akan merasa bahwa kamu memang sangat paham dengan produk kamu sehingga tidak akan ragu untuk membeli bawang putih goreng di tempatmu.

Karena bahan utamanya sangat umum dan mudah untuk mencarinya kamu bisa melakukan usaha bawang putih goreng ini dengan cukup mudah. Kamu hanya perlu konsisten dan tekun dalam menjalankan usaha kamu dengan melakukan strategi yang kamu perlukan untuk menarik pelanggan sebanyak mungkin.

Dalam produksi besar dengan bawang putih yang banyak akan sangat susah jika kamu mengupas bawang satu persatu dengan jumlah orang yang belum tentu. Bantuan seperti alat pengupas bawang dapat meningkatkan produksi dari usaha bawang putih goreng kamu.

Tunggu apalagi, segera untuk mencoba menjalankan usaha bawang putih goreng. Jangan lupa untuk bagian artikel ini kepada yang ingin mencoba usaha tapi belum tahu produknya. Selamat berjuang para usahawan!

Detail Alat Pengupas Bawang

Dengan menghemat waktu dalam mengupas, kamu bisa meningkatkan efektivitas dan produktivitas hasil bawang putih goreng dalam usaha kamu.

Tinggalkan Balasan

Tertarik Dengan Mesin Kami? Hubungi kami sekarang, atau Anda dapat berdiskusi dengan kami :