Yuk Cobain Bumbu Bistik Daging Giling

resep bistik daging giling

Bumbu bistik daging giling merupakan resep yang mudah dibuat dirumah. Selain mudah dibuat resep ini sering dijadikan menu utama karena rasanya yang lezat karena dibuat dengan bumbu khas nusantara yang sangat disukai oleh semua kalangan masnyarakat.

Pengertian Cara Memasak Daging Giling

Daging adalah bagian lunak dari hewan, terdiri dari serat yang sangat kecil, yang masing-masing merupakan sel yang disatukan oleh jaringan ikat, membentuk bundel ikatan yang terlihat jelas dengan lemak, pembuluh darah, dan saraf di sebagian besar jenis daging. Jika sepotong daging diamati dengan cermat, maka jelas bahwa daging terdiri dari jaringan yang terdiri dari air, protein, serat, jaringan adiposa, dan potongan tulang.

Kita bisa mengelompokkan berbagai jenis daging seperti daging sapi, ayam, kerbau, kambing, daging unta, dll. Namun yang sering kita jumpai adalah daging sapi. Daging sapi adalah daging yang diperoleh dari otot sapi dan biasa digunakan untuk mengonsumsi makanan.

Penggunaan daging ini berbeda-beda tergantung cara pengolahannya. Sebagai contoh makanan luar ruangan yang khas, iga terutama digunakan di Eropa dan Amerika Serikat sebagai bahan untuk membuat steak, itulah sebabnya bagian dari daging sapi ini sangat sering diperdagangkan. Selain itu daging ini juga bisa digiling dan dibuat bakso dengan choper dan mesin giling daging  bakso.

Meskipun hal ini umumnya terjadi di Indonesia dan berbagai negara Asia lainnya, daging ini banyak digunakan dalam makanan beraroma dan santan seperti rendang, kari sapi, dan lain-lain.

Bistik

resep bistik daging giling

Bistik sendiri marupakan kata serapan dari beef steak yang merujuk pada daging sapi. Nah, beef steak berupakan olahan daging yang tidak biasa, daging yang biasa dipakai adalah bagian daging tinderolin / sirloin (daging yang terlepas dari jaringan otot). Namun, bistik (beef steak) diIndonesia bahan utama resep beef steak tidak harus daging sapi, melainkan bisa menggunakan daging ayam atau daging ikan.

Perbedaan Sirloin dan Tenderloin

Sebenarnya banyak bagian daging sapi yang dapat diolah, namun untuk resep bistik daging giling ini biasanya mengunakan daging bagian sirloin dan tinderloin. Apa perbedaannya ? yuk simak.

1. Perbedaan Berdasarkan Struktur Daging

Baik sirloin dan tinderloin memiliki struktur daging yang paling lembut di antara bagian daging sapi lainnya. Namun, sirloin memiliki tekstur yang lebih keras atau lebih keras, sedangkan tinderloin umumnya lebih empuk. Potongan tinderloin juga lebih tebal dari sirloin.

2. Perbedaan Berdasarkan Waktu Memasak

Struktur daging pinggang yang lebih keras atau keras membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama, sekitar 6 hingga 10 menit untuk setiap sisi daging, agar diperoleh daging yang gurih dan empuk.

Berbeda dengan pengolahan sirloin, waktu pemasakan tinderloin tidak boleh terlalu lama dikarenakan tekstur daging yang lebih lembut. Jika dimasak terlalu lama, struktur daging yang dihasilkan akan menjadi keras.

3. Kandungan Gizi

Meski sering dikatakan bahwa sirloin memiliki lemak yang menempel di tepi daging, namun fakta menunjukkan bahwa dalam 100 gram sirloin mengandung 14,28 gram lemak. 100 gram daging fillet kini mengandung 18,16 gram lemak.baca juga cara memasak daging sapi

Dengan kandungan lemak yang lebih tinggi ini maka tinderloin akan semakin nikmat karena kandungan lemaknya dipercaya dapat menambah rasa dan aroma yang gurih. Namun, perlu anda waspadai bahwa lemak yang berlebihan bisa menyebabkan penambahan berat badan. Selain itu, konsumsi yang tidak diimbangi dengan makanan berserat dapat memicu gangguan pencernaan seperti sembelit.

Manfaat Daging Sapi

Selain lezat, daging sapi sirloin dan tenderloin sangat kaya akan manfaat yang diperlukan oleh tubuhmu. Nah, manfaat daging sapi untuk tubuhmu antara lain:

  • Sebagai sumber energi yang besar.
  • Membantu pembentukan otot agar tumbuh lebih kencang dan kuat.
  • Membantu mencegah diabetes dan obesitas.
  • meningkatkan sel darah merah, sehingga mencegah anemia.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh.
  • Merawat kesehatan kulit.
  • Mencegah stroke dan serangan jantung.
  • Mengatur berat badan.
  • Mencerdaskan otak anak kesehatan kognitif (otak).
  • Membantu mempercepat penyembuhan luka.

Trik Mengolah Daging Giling / Daging Cincang

Ikuti tips dan trik di bawah ini untuk memelihara dan membuat daging giling yang berkualitas dan higienis:

  1. Pilih daging tanpa lemak dan buang lemak keras.
  2. Potong daging menjadi irisan tipis dengan pisau lebar dan tajam.
  3. Cincang daging satu arah, jangan lupa balik daging cincang agar rata.
  4. Anda juga bisa menggunakan penggiling daging untuk hasil berkualitas tinggi.
  5. Untuk persiapan resep daging giling, ada baiknya mencampurkan daging dengan bumbu dan bahan lainnya sebelum dimasak.
  6. Saat membeli daging cincang dari pasar tradisional atau supermarket, sebaiknya daging tidak dicuci agar tidak larut.
  7. Sebaiknya tanyakan pada tukang daging di pasar tradisional apakah penggiling daging yang digunakan dibedakan menurut jenis dagingnya atau tidak. Lebih baik memilih penjual yang menggunakan penggiling dan pisau yang berbeda untuk setiap jenis daging.
  8. Pastikan penjual daging menjual daging segar dan halal di pasar tradisional dan supermarket

Sebelum membeli daging sapi, pastikan dagingnya segar. Berikut cara memilih daging sapi segar.

Cara Memilih Daging Yang Segar

daging segar

Pastikan kualitas daging sebelum membeli dan mengolahnya karena itu merupakan hal pertama yang harus dilakukan supaya masakan tetap sehat dan bergizi.Cara mengetahui kualitas daging sebenarnya mudah. Cobain yuk cara mengetahui kualitas daging dibawah ini :

1. Dengan Indra Penciuman

Cara ini sangat mudah karena yang perlu dilakukan hanyalah mencium bau daging cincang. Jika daging cincang berbau tidak sedap atau berbeda dengan bau biasanya, itu tandanya daging giling tersebut kurang enak.

2. Menggunakan Sentuhan

Daging cincang berkualitas baik memiliki tekstur permukaan yang kering dan lembab. Jika daging cincang terasa lengket dan berlendir, berarti daging cincang kurang enak.

3. Dilihat Dari Warnanya

Daging cincang kualitas bagus berwarna merah segar dan tidak luntur. Namun terkadang karena tidak memakan waktu lama untuk memasaknya, daging akan berubah warna menjadi warna kecoklatan dengan sendirinya. Meski demikian, daging cincang aman dikonsumsi.

4. Diletakkan Pada Udara Terbuka

Ketika daging kehabisan oksigen, warnanya berubah sesuai dengan sendirinya. Jika Anda membiarkannya bernapas, warnanya akan pulih kembali. Namun jika daging giling masih berwarna abu-abu dan tidak kembali merah, kemungkinan daging tersebut sudah tidak enak lagi.

5. Periksa Tanggal Kadaluwarsa

Saat Anda membeli daging cincang dari toko grosir, biasanya daging tersebut memiliki tanggal kedaluwarsa. Pastikan untuk mengonsumsi daging sebelum tanggal kedaluwarsa. Akan tetapi, berbeda jika Anda membeli daging giling di pasar tradisional yang tidak memiliki masa berlaku. Daging giling biasanya aman dimakan dalam beberapa hari, tentunya jika dagingnya disimpan dengan benar.

Sebelum memasak resep bistik daging giling, alangkah baiknya kenali dulu tingkat kematangan daging steak

Tingkat Kematangan Steak

Dalam menikmati olahan daging sapi atau steak, kita bisa menentukan tingkat kematangan daging sesuai dengan selera. Tapi ketebalan daging ini juga yang menentukan waktu memasaknya. Berikut ini adalah tingkat kematangan daging steak.

1. Rare

Tingkat kematangan steak daging yang paling rendah. Pada tingkat kematangan ini, 80% daging masih belum matang dan berwarna merah. Dimasak selama 2 menit tiap sisinya

2. Medium Rare

Di atas rare, ada steak dengan tingkat kematangan medium rare. Pada tingkat kematangan ini, 60% bagian dalam daging belum matang sedangkan bagian luarnya sudah matang. Medium rare ini juga sering disebut sebagai steak setengah matang. Sama dengan steak rare, medium rare ini juga menghasilkan tekstur daging yang lembut dan juicy.

3. Medium

Daging steak dengan kematangan medium mempunyai warna coklat yang lebih banyak sedangkan bagian mentah hanya 40% saja. Tingkat kematangan medium ini menjadi standard kelezatan daging steak di banyak negara. Bahkan untuk orang Indonesia, tingkat kematangan ini pas dan enak untuk dinikmati. Pada tingkat ini, tekstur daging tidak lagi se-juicy steak rare atau medium rare.

4. Medium Well

Tingkat kematangan steak selanjutnya yang juga bisa diterima oleh orang Indonesia adalah medium well. Pada tingkat ini daging steak sudah hampir matang seluruhnya dan bagian mentahnya hanya 20% saja. Meskipun daging sudah hampir matang, namun tekstur daging masih lembut dan terasa sedikit juicy.

5. Well Done

Tingkat kematangan daging steak yang terakhir adalah well done. Pada tahap kematangan ini daging matang sempurna dan tidak ada warna merah pada bagian dalam daging. Well Done, itu mungkin tingkat kedewasaan secara umum

Selelah mengetahui tingkat kematangan daging, saatnya memasak resep bistik daging giling.

Resep Bistik Daging Giling

resep bistik

1. Resep Bistik Bola Daging

Hidangan ini bisa Anda sajikan dalam mangkuk atau piring saji. Sebagai sentuhan akhir berikan taburan bawang goreng dibagian atasnya untuk membuat tampilannya terlihat lebih cantik dan rasanya lebih lezat. Hidangan ini juga akan terasa lebih nikmat jika disantap selagi masih hangat.

Bahan-bahan :

  • 500 gram daging cincang
  • 5 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok teh bubuk pala
  • 1 buah bawang bombay potong kasar
  • 2 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh lada
  • 500 gram tomat (rebus, haluskan dan disaring)
  • 1 sendok makan saos tomat
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 6 buah bawang merah, iris halus
  • 1 butir putih telor
  • 5 buah bawang putih iris halus
  • 250 ml air

Bumbu Bistik Bola Daging:

  • Lada 1/2 sendok teh
  • 1/2 sendok teh bubuk pala
  • Kecap manis 1/2 sedok makan
  • 1/2 sendok teh garam

Cara Membuat Adonan Bola Daging:

  1. Cara pertama yang bisa dilakukan terlebih dahulu pada kesempatan kali ini adalah dengan membuat adonan bola daging sapinya terlebih dahulu sebelum diolah dan dibuat dengan bumbu-bumbu lainnya.
  2. Kemudian untuk membuat sajian bola daging ini bisa dilakukan dengan mempersiapkan wadah mangkuk kaca atau wadah dengan ukuran sedang dan masukkan kedalamnya daging cincang bersama dengan bumbu serbuk seperti garam, pala dan lada. Lalu dengan menggunakan sendok aduk-aduk merata semua bahan hingga tercampur keseluruhan.
  3. Setelah semua teraduk merata, sekarang masukkan kecap manis dan putih telur kedalamnya.
  4. Aduk-aduk kembali dengan menggunakan sendok hingga merata.
  5. Setelah adonan diaduk menggunakan sendok, sekarang uleni dengan menggunakan tangan hingga kalis dan adonan bisa dibentuk.
  6. Silahkan ambil sedikit adonan apabila sudah kalis dan bentuk menjadi bentuk bulat-bulat seperti bakso. Lakukan hal yang sama pada semua adonan yang masih tersisa.

Cara Memasak Bumbu Bistik:

  1. Setelah adonan dibentuk bulat, sekarang siapkan wajan dan masukkan margarin kedalamnya, lalu tunggu hingga margarin meleleh dan panas.
  2. Setelah itu masukkan bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang bersama dengan bawang merah, lalu tumis hingga tercium bau harum yang sedap dan nikmat.
  3. Masukkan bulatan daging kedalamnya, tambahkan air dan masak hingga bola daging berubah warnanya dan teksturnya menjadi lebih kenyal.
  4. Tuangkan tomat yang telah disaring, saus tomat, lada, garam, kecap manis, gula pasir dan pala. Lalu aduk-aduk hingga merata sampai semua bumbu tercampur dan masak hingga air menyusut.
  5. Setelah airnya tingga tersisa kira-kira setengah, silahkan angkat dari tumisan dan sajikan.

2. Resep Steak Daging Giling

Bahan-bahan:

  • 150 gr daging giling
  • 50 gr tepung panir
  • 1/4 buah bawang bombay (dicincang halus)
  • 1 butir telur
  • Kaldu sapi 1/2 sendok teh
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • pala bubuk 1/4 sendok teh
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Garam secukupnya

Bahan Saus Steak Daging Cincang:

  • 1 sendok makan margarin untuk menumis
  • 1/2 buah bawang bombay (diiris panjang)
  • Tepung tapioka (cairkan dengan 1 sendok air) sebanyak 1/2 sendok makan
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan Pelengkap Steak Daging Cincang:

  • 6 buah sosis sapi (dikerat-kerat)
  • 2 buah wortel (dipotong panjang, lalu direbus sebentar)
  • 50 gr buncis (direbus sebentar)
  • 2 buah kentang (dipotong panjang, lalu digoreng)

Cara Membuat Steak Daging Cincang:

  1. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat sausnya terlebih dahulu, caranya itu dengan menumis bawang bombay, lalu masukkan semua bahan yang sudah dipersiapkan tadi, aduk sampai rata, kemudian tambahkan 1 sendok tepung tapioka yang sudah dicairkan dengan sedikit air, masak sampai meletup-letup dan mengental.
  2. Kemudian untuk membuat steaknya, campur semua bahan steak daging cincang, aduk sampai semua bahan dan bumbunya tercampur rata dengan daging cincang, kemudian bentuk bulat pipih, setelah itu panggang di grill pan yang sudah diolesi dengan margarin sambil sesekali diolesi sedikit saus steak.
  3. Kalau Anda menggunakan teflon biasa untuk memasaknya lebih baik digireng dulu sebentar di minyak terendam supaya bagian dalam dagingnya bisa matang secara merata, baru setelah itu bisa dipanggang sebentar di teflon sambil diolesi saus sampai matang.
  4. Untuk sosis, panggang sosisnya diatas teflon dengan diolesi dengan saus steak sampai matang.
  5. Resep steak daging cincang siap disajikan dengan bahan pelengkap.

3. Resep Bistik Daging Giling dengan Telur yang Enak dan Gurih

Salah satu resep bistik daging giling yang bisa Anda coba adalah bistik daging giling dengan campuran kocokan telur yang dipadu bersama dengan saus manis lezat dan juga kombinasi rempah lainnya. Hidangan kali ini tentu saja bisa menjadi hidangan yang lezat dan nikmat untuk keluarga Anda yang bisa disajikan kapanpun dan dimanapun.

Selain itu, resep bistik daging giling ini bisa dipadukan bersama dengan nasi hangat ataupun dengan ketupat. Apalagi kalau diberikan taburan bawang goreng dibagian atasnya. Sudah pasti semua makanan yang Anda sajikan ini akan banyak yang suka.

Bahan-bahan  :

  • 1/4 kg daging sapi cincang
  • 3 sendok makan mentega
  • 5 buah tomat
  • garam secukupnya

Bahan Untuk Saus Kecap Manis Bistik Giling :

  • Irisan halus 8 buah bawang merah
  • Kecap manis secukupnya
  • 300 cc kaldu sapi
  • 1/2 sendok teh lada putih bubuk
  • Garam secukupnya
  • 3 sendok makan margarin
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 5 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Bistik Daging Giling :

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan terlebih dahulu adalah dengan mencampur daging cincang halus dengan telur dan berikan garam untuk menambah rasa kemudian aduk-aduk hingga merata.
  2. Setelah selesai melumuri daging dengan telur dan garam, letakan adonan dalam wajan anti panas dan oven hingga bistik menjadi matang merata.

Cara Membuat Saus Bistik :

  1. Setelah selesai dengan daging bistik, selajutnya kita akan buat saus kecap manisnya dengan memanaskan minyak dalam wajan kemduian tumis irisan bawang merah hingga tercium aroma harum.
  2. Selanjutnya masukkan kuah kaldu sapi kedalam tumisa tersebut dan aduk-aduk hingga menjadi rata.
  3. Tambahkan lada, kecap manis, garam dan pala secukupnya hingga rasa dan bumbunya pas. Kemudian aduk kembali hingga merata.
  4. Selanjutnya masak saus bistik daging hingga mendidih. Angkat dan matikan.

4. Resep Semur Bola-Bola Daging Bumbu Kecap

Bahan-bahan :

  • 700 gram daging
  • 1500 ml air
  • Kecap manis secukupnya
  • 4 lembar daun Salam
  • 1 cm lengkuas
  • 1 cm Jahe
  • 4 butir cengkeh
  • 1 sendok makan gula merah
  • Garam secukupnya

Bahan bumbu daging giling:

  • 1/2 buah bawang bombai, potong2
  • 1 sendok teh garam

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 4 buah kemiri
  • 10 buah bawang merah
  • 1/2 sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk

Cara Membuat Semur Bola-Bola Daging Bumbu Kecap :

  1. Giling daging sampai halus, tambahkan 1 sdt garam dan bawang bombai. Giling lagi. Kemudian sisihkan
  2. Didihkan air lalu buat bulatan-bulatan
  3. Setelah itu rebus sampai matang
  4. Kemudian tumis bumbu halus tambahkan daun salam, lengkuas, cengkeh dan jahe. Tumis sampai harum dan matang.
  5. Masukkan bola-bola daging, beri gula, garam, kecap dan tuang air sisa rebusan bola daging(ambil kira2 500ml saja) Aduk2 sampai air menyusut, cicipi rasa, kemudian angkat.
  6. Sajikan selagi hangat

Nah, mudahkan? Kalian bisa mengkrasikan rasanya sesuai selera, jadi rasanya sudah pasti lezat. Selamat mencoba

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •