Cara Membuat Virgin Coconut Oil Mudah dan Pasti Berhasil

cara membuat minyak vco

Cara Membuat Virgin Coconut Oil – Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki banyak pulau dan negara penghasil kelapa utama di dunia. Hampir di semua provinsi Di Indonesia terdapat tanaman kelapa yang eksploitasinya dalam bentuk perkebunan orang-orang.

Ini merupakan peluang bagi pengembangan kelapa menjadi berbagai jenis produk yang bermanfaat. Pohon kelapa sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia karena nyaris seluruh bagian kelapa bisa digunakan.

Buah kelapa terdiri dari sabut kelapa, Tidak ada cangkang, ampas, dan udara kelapa yang terbuang dan dapat dibuat untuk menghasilkan produk industri antara lain sabut kelapa dapat dibuat keset, sapu, dan kasur.

Batok dapat digunakan untuk membuat karbon aktif dan kerajinan tangan. Dari batang kelapa dapat diproduksi bahan bangunan baik untuk rangka maupun untuk dinding dan atap.

Daun kelapa bisa diambil tutup yang bisa digunakan sebagai sapu, serta barang anyaman.

Daging buah dapat digunakan sebagai bahan baku untuk menghasilkan kopra, minyak Kelapa, santan, santan dan parut kering, sedangkan air kelapa bisa digunakan untuk membuat cuka dan nata de coco. Santan berbentuk cair diperoleh dengan cara memeras daging kelapa parut.

Santan merupakan bahan makanan yang digunakan untuk mengolah berbagai macam jenis masakan berisi daging, ikan, ayam, dan untuk berbagai olahan kue kering, es krim, kembang gula.

Baca Juga: Cara Membuat Minyak Atsiri dengan Mudah dan Praktis

Virgin Coconut Oil

cara membuat virgin coconut oil

Selain itu kelapa juga menghasilkan produk olahan Yang paling populer belakangan ini adalah Virgin Coconut Oil (VCO) yang bermanfaat untuk kehidupan manusia

Virgin coconut oil (VCO) adalah salah satunya produk olahan tanaman kelapa yang berbentuk cair dengan warna bening dan bau khas kelapa serta umur simpan yang lama.

Berbeda dengan minyak kelapa kopra Itu dibuat melalui proses pamanasan sehingga sifat minyak yang dihasilkan akan berwarna kuning kecoklatan, tidak berbau dan gampang tengik umur simpannya tidak lama.

Dengan bahan baku yang mudah didapat dan juga murah pengolahan sederhana (tanpa batasan) membuat minyak kelapa murni lebih ekonomis dibandingkan minyak kelapa kopra olahan memproses dengan membatalkan.

Dari perspektif ekonomi, minyak kelapa murni memiliki harga jual yang lebih tinggi dari minyak kelapa kopra minyak kelapa murni lebih menguntungkan untuk dikembangkan.

 

Cara Membuat Virgin Coconut Oil

cara membuat virgin coconut oil

1. Pemilihan Buah Kelapa

Pemilihan daging buah kelapa merupakan proses awal pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) dan penentuan jumlah minyak yang akan diproduksi, pilihlah buah kelapa yang sudah hampir tua, karena pertumbuhan dagingnya cukup dan tebal maka pemilihan kelapa yang berkualitas adalah juga perlu.

Pada saat kelapa tua, kandungan minyaknya telah berubah menjadi karbohidrat dan pada bagian pangkal kelapa biasanya terdapat gandos yaitu benjolan kecil berwarna kekuningan. Jika gandonya berukuran besar sebaiknya tidak digunakan karena kandungan minyak pada daging buah sudah mulai berkurang.

2. Buat Santan

Setelah mendapatkan kelapa yang sesuai, selanjutnya mulai membuat santan, santan diolah dengan cara diparut atau diblender.

Kemudian parutan hangat diisi dengan air matang secukupnya, selanjutnya kita bisa memeras kelapa parut dan mencairkan air hangat hangat tersebut. Setelah diperas dari parutan kelapa bisa menghasilkan santan.

3. Proses Pemisahan Santan

Cara selanjutnya pada proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) santan dapat dimasukkan ke dalam kantong plastik. Gunakan kantong plastik agar lebih mudah membuang udara yang ada di bawah santan.

Setelah itu tutup kantong plastik dengan menggunakan karet gelang. Kemudian diamkan kurang lebih 1-2 jam, usahakan selama tidak digunakan untuk mengurangi pergeseran kantong plastik dan letakkan di tempat yang rata.

Proses selanjutnya adalah membuat VCO, setelah dibiarkan akan dibentuk 2 lapis dalam kantong plastik berisi santan. Bagian atas adalah santan kental dan bagian bawah adalah air.

Karena kita tidak menggunakan air, biarkan airnya terbuang melalui lubang plastik yang ada di bawah santan dan segera tutup lubang tersebut bila air pada santan sudah habis.

4. Proses Kedua Memisahkan Santan

Proses dan kelanjutan pembuatan Virgin Coconut Oil selanjutnya adalah santan kental yang sudah dipisahkan ke dalam wadah plastik bersih dan tertutup.

Setelah itu, selama 24 jam santan akan menjalani proses ekstraksi dimana akan muncul gelembung-gelembung di permukaan dan membuat minyak mulai terpisah.

Setelah lewat 24 jam, akan terbentuk 3 lapis santan. Lapisan atas adalah minyak, bagian tengah adalah santan atau ampas blondo dan bagian bawah adalah udara.

Selanjutnya minyak yang ada di atas santan tersebut adalah VCO (Virgin Coconut Oil) yang nantinya dapat digunakan dan dirasakan, VCO tersebut dapat berasal dari zat lain dengan cara dimasukkan ke dalam botol yang bersih.

Memisahkan minyak dari santan membutuhkan kesabaran dan kesabaran karena santan biasanya terbawa dalam minyak sehingga cepat tercium.

Anda dapat menambahkan minyak dengan menggunakan corong yang memungkinkan kain atau tisu saring tanpa pewangi, sehingga membantu mencegah santan atau ampas kelapa terbawa. Kemudian sendok perlahan dan tuangkan di atas kesaringan. Biarkan minyak menetes perlahan ke dalam botol.

 

Cara membuat virgin coconut oil memang lah mudah. Untuk Lebih mempermudah anda dalam membuat virgin coconut oil atau VCO, anda juga bisa menggunakan mesin VCO. Sebagai referensi menggunakan mesin vco, simaklah video dibawah ini.

Perbedaan Coconut Oil dan Virgin Coconut Oil

1. Ekstraksi

Perbedaan minyak kelapa biasa dan VCO terlihat dari proses ekstraksinya. Minyak kelapa yang biasa digunakan untuk memasak dihasilkan dari daging buah kelapa yang kemudian dikeringkan atau disebut kopra. Proses selanjutnya adalah grinding atau pemadatan dingin dengan penambahan bahan kimia, seperti pelembab 6%.

Sedangkan VCO adalah hasil ekstraksi murni dari santan segar. Untuk menghasilkan VCO sendiri terdapat beberapa tahapan yaitu fermentasi, pengadukan atau proses pemisahan sentrifugal antara santan dan lapisan minyak pendingin, serta menawarkan tindakan enzim untuk menyimpan minyak dengan udara atau santan lembab.

2. Bentuk dan Komposisi

Secara umum, minyak kelapa biasa dan VCO tidak bisa dibedakan dengan mata telanjang. Namun perbedaan dapat dilihat dari partikel, koloid dan kadar antara minyak kelapa biasa dan VCO.

Jika dilihat dengan cermat dan cermat, asam lemak biasa mengendap di minyak kelapa biasa. Sedangkan VCO tidak memiliki endapan di dalam minyak dan terlihat sangat jernih seperti air.

Dari segi aroma, aroma VCO lebih segar dan terasa seperti menghirup air kelapa segar murni. Selain itu, VCO tidak hanya dapat dikonsumsi untuk perawatan kulit dan wajah.

Ada perbedaan komposisi minyak kelapa biasa dan VCO, beberapa bahan tetap sama. Kandungan kedua minyak tersebut antara lain polifenol, vitamin dan mineral.

Namun VCO memiliki komposisi tambahan lainnya yaitu asam lemak, kolesterol baik dan tidak memiliki asam lemak non trans. Selain itu, VCO juga mengandung Vitamin E yang tidak terdapat pada minyak kelapa biasa.

 

Manfaat Virgin Coconut Oil/VCO Bagi Kesehatan

cara membuat virgin coconut oil

1. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Manfaat virgin coconut oil untuk wajah antara lain dapat melindungi dari sinar UV, memudarkan bekas luka, dan mengobati berbagai penyakit kulit kronis (Foto: Istockphoto / EdwardDerule).

Minyak kelapa murni memiliki dampak yang luar biasa bagi kulit. Jenis minyak ini sangat baik sebagai pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya. Minyak kelapa adalah solusi perawatan kulit yang sempurna karena sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, dan penyembuhan luka.

Tak heran, minyak ini digunakan untuk mengobati gangguan kulit kronis seperti penyakit kulit kronis, dermatitis atopik, psoriasis, radiasi UV, dermatitis, xerosis, atau kulit kering, serta mempercepat penyembuhan luka dan mengurangi luka bakar. Bahkan pada kulit yang sehat, virgin coconut oil dapat melindungi kulit dari sinar UV dan menghilangkan bekas luka.

Hal ini disebabkan kandungan asam lemak kaprilat dan laurat dalam minyak kelapa murni dapat mengurangi peradangan secara internal maupun eksternal.

Melansir Stylecraze.com, berbagai kandungan asam lemak antara lain asam laurat, asam miristat, asam palmitat, asam kaprilat, asam kaprat, asam oleat, asam linoleat, dan asam stearat mampu menembus beberapa lapisan kulit.

2. VCO dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Tekanan Darah Tinggi

Minyak kelapa murni mengandung asam laurat yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan tidak hanya meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, tetapi juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Dalam uji coba yang dipublikasikan di Complementary and Alternative Medicine ditemukan bahwa konsumsi harian 2 sendok makan minyak kelapa murni meningkatkan kolesterol HDL.

Penelitian lain juga telah dilakukan pada pasien penyakit jantung koroner yang menjalani diet minyak kelapa murni mengalami peningkatan kolesterol baik (HDL) dan penurunan kolesterol jahat (LDL). Dengan meningkatkan kolesterol HDL dalam tubuh, kesehatan jantung kita bisa meningkat dan risiko penyakit jantung akan menurun.

Dengan mengganti minyak biasa dengan minyak pada masakan dapat membantu menjaga kesehatan kadar trigliserida, asalkan dibarengi dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur.

3. VCO Berguna Untuk Menutrisi Rambut

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan: Virgin coconut oil meningkatkan kandungan protein rambut, sehingga mencegah kerusakan dan kerapuhan serta menambah kilau.

Minyak kelapa murni telah banyak digunakan oleh wanita di daerah pantai tropis sebagai bagian dari perawatan rambut sehari-hari. Manfaat minyak kelapa murni adalah membantu pertumbuhan rambut dan memberi kilau pada rambut.

Selain itu virgin coconut oil juga mampu melembutkan rambut dan membersihkan rambut dari ketombe. Menerapkan minyak kelapa murni ke rambut yang rusak dan sehat dapat meningkatkan kadar protein dan melindungi batang rambut. Manfaat ini juga bisa diaplikasikan pada kuku agar tidak rapuh.

Minyak kelapa murni juga sangat baik dalam membantu proses menumbuhkan kembali rambut yang rusak. Minyak ini memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut rusak dengan mengurangi urutan ujung bercabang karena celah protein yang tinggi di antara sel-sel rambut dan melindunginya dari kerusakan kimiawi yang parah.

Untuk menjadikan minyak kelapa murni sebagai pengobatan, cukup oleskan ke rambut dengan ponsel sebagai masker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak kelapa murni mengandung asam laurat (monolaurin) yang telah terbukti dapat melawan bakteri dan menciptakan lingkungan yang tidak ramah terhadap virus, mengingat saat ini banyak penyakit yang disebabkan oleh tumbuhnya bakteri jahat, jamur, virus dan parasit di dalam tubuh.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, konsumsi satu sendok makan minyak kelapa murni tiga kali sehari saat Anda sakit.

5. Melindungi dari Karies gigi

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Tidak hanya untuk kulit, ternyata virgin coconut oil dapat mencegah terjadinya karies gigi karena dapat membunuh bakteri mulut penyebab timbulnya plak (Foto: Pixabay / Greyerbaby).

Berkumur atau menggosokkan minyak kelapa pada gigi dapat membantu menghilangkan plak dan radang gusi. Sifat antimikroba minyak kelapa murni dapat membunuh sebagian besar bakteri penyebab karies.

Sifat komponen aktif anti-inflamasi dan antimikroba menjadikan minyak kelapa murni sebagai bahan perawatan gigi yang murah dan aman.

6. Mengatasi Obesitas

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dunia. Trigliserida dalam minyak kelapa murni dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa murni juga bisa membantu mengurangi rasa lapar.

Dalam Studi alam terhadap 14 pria sehat menemukan bahwa mereka yang makan paling banyak trigliserida saat makan cenderung makan lebih sedikit kalori saat makan.

7. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Jika Anda kesulitan menurunkan berat badan, coba ganti minyak biasa atau mentega dalam masakan karena membantu lemak dan mendorong nafsu makan berlebih (Foto: Istockphoto / Urilux)

Minyak kelapa murni tidak mampu membantu lemak terutama di area perut, dan mengurangi nafsu makan. Berbeda dengan lemak lainnya, asam lemak yang terdapat pada minyak kelapa tidak menyebar dalam aliran darah sehingga dapat mencegah hiperkolesterol (kadar kolesterol darah tinggi).

Mereka berubah menjadi energi yang mencegah tubuh menyimpan lemak. Namun, minyak kelapa murni mengandung kalori yang tinggi, sehingga harus dikombinasikan dengan pola makan yang sehat dan olahraga untuk menurunkan berat badan.

8. Mengatasi Diabetes

Mengkonsumsi minyak extra virgin dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Ini adalah salah satu manfaat minyak kelapa murni yang belum diketahui.

Ketika sel menolak insulin, pankreas terus memompa lebih banyak insulin dan menciptakan kelebihan insulin di dalam tubuh. Ini bisa berbahaya karena resistensi insulin adalah penyebab diabetes tipe 2.

9. Meningkatkan Fungsi Otak

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Neurobiology of Aging tahun 2004 ditemukan bahwa kandungan asam lemak pada minyak kelapa murni dapat meningkatkan daya ingat pada lansia.

Peningkatan kemampuan juga meningkatkan semua pasien yang mengonsumsi asam lemak dalam minyak kelapa murni.

10. Menyembuhkan Infeksi Jamur Menggunakan VCO

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan: Asam kaprat dan asam laurat dalam minyak kelapa murni dapat membunuh infeksi jamur dan menghancurkan bakteri lain.

Wanita lebih rentan terhadap infeksi jamur atau kandidiasis. Pria juga dapat mengembangkan infeksi jamur sistem kekebalan, yang juga disebabkan oleh diabetes dan obesitas.

Merujuk pada pengobatan tradisional Tiongkok, kandungan asam kaprat dan asam laurat dalam minyak kelapa murni digunakan untuk mengobati infeksi jamur dan kandungan kaprilat dapat menghancurkan bakteri berbahaya.

11. Risiko Mengurangi Kanker dengan VCO

Dibandingkan dengan minyak atau mentega biasa, minyak kelapa murni dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap kanker payudara dan usus besar. Hal tersebut berdasarkan penelitian yang menunjukkan bahwa minyak kelapa murni dapat menghambat pertumbuhan usus besar dan tumor payudara.

Seringkali pasien kemoterapi merasa lemah karena nafsu makan yang rendah. Menambahkan minyak ini ke dalam makanan dapat meningkatkan nutrisi, energi, dan metabolisme.

12. Menyeimbangkan Hormon

Asam lemak dalam minyak kelapa murni dapat mempercepat metabolisme yang meningkatkan energi dan menstimulasi fungsi tiroid. Selain itu, asam laurat membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan meningkatkan kadar estrogen, terutama saat menopause.

13. VCO Untuk Meningkatkan Energi

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan Menambahkan minyak kelapa pada minuman atau makanan dapat meningkatkan stamina dan energi yang dihasilkan oleh tubuh.

Minyak kelapa murni mudah dicerna oleh lambung dan dapat menambah energi. Tak hanya itu, virgin coconut oil dikonsumsi para atlet sebelum dan selama latihan sebagai sumber tenaga. Mereka biasanya mencampurkannya dengan smoothie, kopi, atau mengoleskannya di atas roti sebagai mentega.

14. Pencernaan Lancar

Manfaat minyak kelapa murni atau minyak kelapa membantu pencernaan dalam menyerap komponen makanan penting yang larut dalam lemak, seperti vitamin dan magnesium serta menghilangkan bakteri yang memperburuk sistem pencernaan dan menyebabkan sakit maag.

Dengan mengkonsumsi minyak kelapa murni akan membantu terhindar dari sakit maag. Apalagi jika Anda mengkonsumsinya secara rutin dengan asam lemak omega-3 akan membuat penyerapan bekerja lebih efektif.

Itulah 14 manfaat minyak kelapa murni untuk kesehatan dan kecantikan. Meski memiliki berbagai manfaat, namun jangan berlebihan atau dikonsumsinya. Batasan maksimalnya kurang dari 2 sendok makan perhari.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •