Home » Artikel » Artikel Proses » Resep Sederhana, Hasil Gurih! Temukan Cara Menggoreng Kacang Mete Hanya Disini

Resep Sederhana, Hasil Gurih! Temukan Cara Menggoreng Kacang Mete Hanya Disini

Cara Menggoreng Kacang Mete – Kacang mete. Siapa yang tidak kenal dengan makanan  satu ini? Seperti yang kita ketahui jika kacang  mete dikenal memiliki rasa yang gurih serta baik untuk  kesehatan. Namun tahukah anda, meski di Indonesia sendiri banyak dijumpai berbagai jenis kacang ternyata kacang ini bukan asli dari Indonesia.

Kacang bisa masuk dan dibudidayakan di Indonesia karena dibawa para pedagang zaman dulu yang datang ke Indonesia. Dari situlah tumbuhan kacang mulai dibudidayakan di Indonesia.

Cara Menggoreng Kacang Mete

Meski menggoreng kacang mete sebenarnya cukup mudah, namun anda tetap perlu berhati-hati, terutama bagi anda yang belum pernah sama sekali. Hal ini karena jika anda tidak tahu cara menggorengnya akan gosong dan rasannya pasti pahit. Berikut ini beberapa bahan dan cara mengoreng kacang mete:

cara menggoreng kacang mete

Bahan Utama yang diperlukan

1 kg kacang mete

Bahan bumbu kacang mete goreng

  • 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan atau diparut
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 3 sendok teh garam
  • 50 ml air
  • Penyedap rasa
  • Minyak goreng

Langkah membersihkan kacang mete 

Sebelum menuju cara menggoreng kacang mete yang benar, anda harus bisa membersihkan kacang mete agar layak untuk dikonsumsi. Simak caranya berikut ini:

  • Pertama-tama anda harus mengeringkan kacang mete yang masih bercangkang. Belah cangkang dengan menggunakna pisau. Setelah proses ini anda akan mendapatkan kacang mete yang dilapisi kulit ari
  • Panaskan kacang mete yang sudah dikeluarkan dari cangkangnya di bawah sinar matahari kurang lebih sekitar 2 sampai 3 jam sebelum mengupas si kulit ari agar lebih mudah terlepas.
  • Setelah kacang mete dikupas dari kulit arinya jemur lagi agar lebih gurih setelah nanti digoreng. Anda tidak perlu terburu menggoreng kacang mete ini kacang mete tahan lama. Namun jika anda ingin proses yang lebih mudah, sebaiknya anda membeli kacang mete yang sudah dikeringkan dan dikeluarkan dari cangkangnya. Anda bisa membelinya di pasar, supermarket atau memesannya dengan cara online
  • Setelah kacang mete siap, anda bisa menyiapkan wadah atau tempat yang berisi air hangat. Air hangat yang diperlukan sebanyak disesuaikan dengan banyaknya mete yang ada.
  • Masukkan garam sebanyak tiga sendok makan ke dalam wadah. Aduklah sampai garam larut
  • Setelah garam larut masukkan kacang mete dan pastikan semuanya terendam. Diamkan kira-kira selama 3 sampai 5 menitan
  • Setelah itu aduk perlahan dengan menggunakan tanggan anda. Selama diaduk lama-kelamaan air akan berubah warnanya menjadi keruh dan agak kehitaman. Nah jika warna air yang digunakan untuk merendam kacang mete sudah seperti itu, artinya getah yang ada dan menempel pada kacang mete sudah hilang

Langkah Menggoreng Kacang Mete

Lalu bagaimana cara menggoreng kacang mete yang sudah dibersihkan tadi? Simak ulasan tentang cara menggoreng kacang mete tanpa gosong berikut ini:

  1. Buang air bekas rendamanya kemudian ganti air yang baru untuk menggulangi proses perendaman satu kali lagi. Kemudian setelah itu bilas kacang mete dengan air bersih
  2. Agar rasa kacang mete jadi gurih anda dapat menggorengnya dengan menggunakan bumbu. Bumbu yang diperlukan terdiri dari bawang putih dan garam yang dilumatkan atau ditumbuk sampai halus
  3. Setelah bumbu halus sementara ada bisa menyisihkannya sambil mengoreng kacang mete. Kacang mete digoreng dengan minyak panas selama kurang-lebih 1 sampai 2 menitan. Yang perlu diingat dalam mengaplikasikan cara menggoreng kacang mete, anda harus memastikan minyak goreng yang ada di wajan cukup banyak agar semua kacang mete terendam
  4. Setelah itu anda bisa mulai memasukan bumbu lalu aduk secara perlahan. Untuk pengadukan anda hanya perlu mengaduknya sebentar saja dan jangan terlalu sering. Hal ini karena jika anda terlalu sering mengaduk nanti bisa membuat kacang mete menjadi terbelah
  5. Lihat warna kacang mete yang anda goreng, jika sudah mulai berubah warna menjadi kecoklatan anda bisa mengangkatnya atau meniriskannya dari wajan
  6. Setelah ditiriskan letakkan kacang mete yang telah matang ke atas kertas bersih atau tisu agar minyanya terserap.
  7. Diamkan kacang mete beberapa saat sampai tidak panas lagi atau menjadi dingin. Sambil menunggu kacang mete dingin anda bisa sambil menyingkirkan bumbu-bumbu yang mengering
  8. Terakhir jika sudah dingin anda bisa menyimpannya kedalam wadah yang kedap udara. Karena dengan penyimpanan yang baik bisa menjaga kerenyahan kacang mete.

Jenis-Jenis Kacang di Indonesia

Nah seperti yang diketahui jika orang indonesia termasuk orang yang Hobi mengkonsumsi camilan kacang goreng. Kacang apa yang menjadi favorit anda? Karena kebetulan kita akan mengulas mengenai cara menggoreng kacang mete maka anda yang hobi makan kacang mete goreng harus membaca ulasan ini sampai habis. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai jenis-jenis kacang yang sering dijumpai di Indonesia  seperti:

cara menggoreng kacang mete

  1. Kacang merah

Kacang merah berasal dari kawasan Amerika yang kemudian menyebar luas hingga masuk ke Indonesia. Daerah di Indonesia yang banyak menanam kacang merah adalah pacet, malang dan pulau Lombok. Nah bagi anda yang sedang diet kacang yang satu ini sangat cocok untuk anda.

Hal ini karena kacang merah mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Selain untuk diet kacang merah banyak digunakan untuk selai isian kue sampai racikan es campur

  1. Kacang koro

Kacang koro termasuk dalam kacang  polong-polongan, dan memiliki butir kacang yang relative lebih besar dari kedelai. Ada tiga jenis koro yang populer di Indonesia yaitu kacang koro pedang, benguk dan kecipir.

Selain itu kacang koro biasanya dimasak, digunakan sebagai penganti kedelai sebagai bahan untuk pembuat tempe, tahu dan kecap, kacang koro juga sering digunakan sebagai camilan

  1. Kacang tanah

Kacang tanah berasal dari Spanyol yang kemudian dibawa ke Filipina, lalu disebar ke Cina, sebelum akhirnya masuk ke Indonesia. Penghasilan utama kacang di seluruh dunia adalah Cina, india dan amerika Serikat. Penghasil kacang terbesar di Indonesia berada didaerah pulau jawa dan Sulawesi.

Banyaknya kacang tanah yang dihasilkan kedua daerah di Indonesia ini membuat Indonesia menjadi Negara penghasil kacang tanah terbanyak no5 di dunia.

Bahkan untuk pengolahan kacang tanah sudah banyak dilakukan berbagai macam kreasi mulai dari kacang sukro, kacang telur, kacang disko, kacang rebus hingga kacang goreng. Selain sebagai camilan kacang tanah juga diolah menjadi bumbu dan campuran untuk membuat kue hingga dijadikan selai

  1. Kacang kapri atau kacang polong

Jenis Kacang yang satu ini pertama kali dibudidayakan di Myanmar dan Thailand. Saat ini kacang kapri sudah tersebar ke seluruh belahan dunia lainnya, termasuk di Indonesia. Kacang kapri berbeda dengan kacang lainnya dalam hal pemanenan.

Jika jenis kacang lainnya yang dipanen ketika sudah tua nah untuk kacang kapri dipanen saat masih muda dan bagian bijinya belum berkembang sempurna sehingga kacang kapri lunak saat dimakan.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis kacang yang ada di Indonesia selain empat tersebut salah satunya adalah kacang mete.  Kacang yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan camilan.

Berbagai olahan dari kacang metepun sangat beragam mulai dari dijadikan toping kue, coklat sampai dengan pengolahan yang sangat sederhana yaitu dengan cara  digoreng.  Untuk itulah kita akan membahas cara menggoreng kacang mete

Asal-Usul Kacang Mete

Sebelum kita membahas cara menggoreng kacang mete ada baiknya anda mengetahui asal-usul kacang mete. Kacang mete berasal dari biji buah jambu mete atau jambu monyet. Jambu mete memiliki nama latin Anacardium Occidentale L dan berasal dari Brazil tenggara.

Sekitar tahun 1580 an tanaman ini di bawa oleh pelaut portugis ke India. Dari india kemudian terus menyebar  ke daerah tropis dan sub tropis lainnya seperti Bahama, Senegal, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

cara menggoreng kacang mete

Varian Jambu Mete

Untuk jenisnya ada beberapa varian dari jambu mete , diantaranya ada jambu mete yang kulitnya berwarna putih, merah, merah muda, kuning, hijau kekuningan dan hijau. Kebanyakan  orang yang tidak tahu pasti mengira kalau buah jambu mete adalah bagian lunak yang berwarna merah.

Namun hal ini salah karena itu adalah dasar bunga (receptaculum) yang mengembang setelah terjadinya pembuahan. Buah yang sesungguhnya adalah bagian dari jambu mete yang keras dan berwarna  cokelat muda.

Jika kacang mete diangap sebagai jenis kacang di dunia boga maka berbeda dengan ilmu botani. Menurut ilmu botani, kacang mete sebenarnya merupakan biji tunggal. Biji tunggal ini selalu dikelilingi oleh cangkang ganda. Cangkang ganda inilah yang mengeluarkan getah yang mengandung urushiol.

Getah ini dapat mengakibatkan iritasi pada kulit manusia apabila terkena langsung untuk itu anda harus berhati-hati saat memegang buah jambu mete.

SIfat Tanaman Jambu Mete

Untuk pohon, seperti pohon pada umumnya pohon dari jambu mete tidak terlalu tinggi namun hanya berukuran sedang, dan tajuk melebar yang bercabang-cabang dan selalu hijau. Namun tinggi dan lebarnya tajuk jambu mete juga tergantung pada kondisi lingkungannya.

Sedangkan daun jambu mete terletak pada ujung ranting. Setiap helai daun jambu mete melekat pada tangkai pohon , dan berbentuk bulat seperti telur terbalik, kebanyakan dengan pangkal meruncing dan ujungnya yang bulat dan melengkung kedalam

Tanaman jambu mete memiliki beberapa sifat seperti:

  • Umur yang panjang yang bisa mencapai 30 tahun dengan ketinggian mencapai 10-12 meter
  • Akarnya sangat peka terhadap genangan air
  • Memiliki pertumbuhan akar tunggang yang dominan dan dapat mencapai lebih dari 9 meter
  • Tanaman jambu mete tidak menyukai naungan, jadi tanaman jambu mete lebih menyukai terkena sinar matahari secara langsung. Hal ini karena sinar matahari dapat membantu perkembangan buah menjadi lebih baik.

Bunga dan Buah Jambu Mete

Sebelum berbuah tanaman jambu mete akan berbunga terlebih dahulu jika sudah berumur 3-5 tahun. Bunga jambu mete berukuran kecil namun jumlahnya banyak dan berbau harum.

Pada satu tangkai pohon jambu mete terdiri dari bunga jantan dan bunga hemafrodit atau berjenis kelamin dua. Benangsari yang dimiliki masing-masing bunga dari jambu mete sebanyak 8-11 buah.

Kedua jenis bunga tersebut juga sama-sama memiliki bakal buah, tangkai putik dan kepala putik. Akan tetapi putik bunga jantan  yang dibuahi tidak semuanya dan hanya sekitar 85%. Jadi  sekian banyak bunga yang dibuahi tidak semuanya bertahan, biasanya hanya 4-6 saja .

Buah jambu mete terdiri dari dua bagian, yaitu buah semu  dan buah sejati. Buah sejati inilah yang  merupakan hasil utama tanaman mete yang ditunggu-tunggu. Ukuran biji mete Indonesia panjangnya antara 2,0-3,5 cm, lebar 1,5-2,5 cm dan tebalnya 1,0-2,5 cm. Nah buah sejati atau biji mete inilah yang kemudian lebih dikenal sebagai kacang mete.

Jenis Kacang Mete

Jenis kacang mete berdasarkan mutunya  di pasaran cukup bervariasi. Mutu kacang mete tersebut antara lain dipengaruhi oleh berbagai varietas tanaman jambu mete yang berbeda dan perlakuan serta pengawasan pada proses pengelolaan berlangsung.

Banyaknya varietas tanaman jambu mete di Indonesia, menyebabkan mutu mete yang dihasilkan sangat beragam baik dari segi warna, rasa, biji maupun rendeman kacang metenya. Hasil survey lapangan menunjukan bahwa pengusaha pengolah kacang mete membagi mutu kacang mete berdasarkan dua kategori yaitu sebagai berikut:

Kacang Mete Berdasarkan Ukuran

Membagi mutu kacang mete berdasarkan ukurannya yang dibagi menjadi empat kategori yaitu:

  1. Pertama, kacang mete utuh atau super yaitu kacang mete yang utuh seluruhnya tanpa cacat
  2. Kedua, kacang mete belahan atau mengalami pecah 50 % yaitu kacang mete setengah utuh
  3. Ketiga, kacang mete remukan besar yaitu kacang mete pecah ukuran ¼
  4. Keempat, kacang mete remukan halus atau menir yaitu kacang mete yang sudah remuk atau pecah menjadi butiran kecil-kecil

Kacang Mete Berdasarkan Warna Biji

Menurut warna biji mete dibagi menjadi tiga klasifikasi sebagai berikut:

  1. Pertama, kacang mete putih bersih
  2. Kedua, kacang mete setengah gosong
  3. Ketiga, kacang mete gosong dan berwarna coklat

Manfaat  Mengkonsumsi Kacang Mete

Selain enak ternyata kacang mete memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari kacang mete:

cara menggoreng kacang mete

  1. Mencegah kanker

Kacang mete memiliki kandungan proanthocyanidins yaitu jenis flavanol yang terbukti bisa mencegah sel kanker bereproduksi dan mematikan sel tumor. Bahkan hasil studi menunjukan bahwa kadar tembaga yang tinggi pada mete juga membantu menangkal radikal bebas sekaligus sumber phytochemical dan antioksidan yang baik bagi tubuh

  1. Menutrisi rambut dan kulit

Kacang mete kaya akan kandungan mineral tembaga yang merupakan komponen penting penyusun tirosin ke melanin, pigmen pemberi warna rambut.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kacang mete mengandung asam oleat yang berlimpah. Jenis lemak tak jenuh tunggal ini membantu meningkatkan kesehatan jantung serta menggurangi tingkat trigserida. Selain itu, terdapat juga magnesium yang ada di kacang mete yang bisa membantu menurnkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung. Dengan mengkonsumsi kacang mete kita bisa menghindari resiko  terkena penyakit jantung koroner dan kardiovaskuler

  1. Merawat kesehatan tulang

kacang mete juga mengandung magnesium, zat selain kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu, tembaga yang ada dalam kacang mete memberikan fleksibilitas pada tulang dan sendi ketika bergerak

  1. Mencegah batu empedu

Lewat sebuah hasil studi oleh Nurses health Study terhadap 80.718 wanita, diketahui mereka yang mengkonsumsi sekitar satu ons kacang mete setiap minggu, memiliki resiko 25% lebih rendah terkena penyakit batu empedu

  1. Baik untuk syaraf

Tidak hanya baik untuk tulang, kandungan magnesium ketika makan kacang mete juga member manfaat pada aliran syaraf dan otot. Magnesium menjaga pembuluh darah dan otot tetap rileks dengan cara memperlambat aliran kalsium ke sel-sel saraf. Hal inilah yang membuat magnesium dapat membantu mengurangi frekuensi serangan migrant, menurunkan tekanan darah tinggi. Sebaliknya jika anda kekurangan magnesium dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, ketegangan otot, dan mudah lelah

  1. Meningkatkan fungsi otak

Kacang mete bisa membantu meningkatkan oksigen ke otak.  Hal ini dikarenakan kacang mete mengandung  lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal berkaitan dengan produksi sel otak. Otak bergantung pada kedua jenis lemak ini dan kacang mete memiliki kandungan yang tinggi akan kedua lemak tersebut

  1. Menurunkan berat badan

Mereka yang mengkonsumsi kacang mete dua kali seminggu cenderung terhindar dari kegemukan. Sekitar 75 % lemak yang terkandung dalam kacang mete adalah lemak tak jenuh atau unsaturated fats yang merupakan lemak baik.

Selain itu, kacang mete mengandung serat dalam jumlah tinggi. Karena kandungan inlah yang membuat kacang metesangat cocok bagi anda yang  akan menurunkan berat badan. Selain itu kacang mete juga dapat membantu memperlancar metabolisme tubuh.

Semoga informasi mengenai seluk beluk kacang dan cara menggoreng kacang mete di atas bermanfaat untuk anda semua.

 

By | 2017-12-04T10:47:09+00:00 Desember 4th, 2017|Artikel Proses|Komentar Dinonaktifkan pada Resep Sederhana, Hasil Gurih! Temukan Cara Menggoreng Kacang Mete Hanya Disini

About the Author: