Nah, arikel kali ini saya akan membahas cara merawat bebek. Bebek bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Ternak bebek memiliki banyak keuntungan dalam segi usaha. akan tetapi selain permintaan daging bebek yang cukup tinggi, telur bebek juga menjadi pilhan lain peternak bebek yang menguntungkan.

Ternak Bebek

Cara Merawat Bebek

Bebek adalah salah satu hewan ternak yang sangat cocok untuk di budidaya untuk menambah penghasilan sehari-hari. Bebek memiliki ke untungan yang bisa kita ambil seperti telur, daging, bulu, dan kotoran yang dapat di jadikan pupuk tananam. Selain sumber daya yang banyak, cara merawat bebek tergolong cukup mudah di lakukannya.

Pada saat ini di pasaran sudah banyak sekali peminat dari telur maupun daging bebeknya. Tentu saja itu menjadi suatu kesempatan bagi peternak bebek untuk meningkatkan penghasilan. Selain itu, bebek juga termasuk hewan peliharan yang penurut.

Baca juga Budidaya Ikan Gurame Untuk Pemula Dijamin Berhasil.

Jika bebek sudah mengenal kandangnya, bebek akan pulang kembali pulang ke kandang tanpa harus di suruh oleh si pemilik bebek tersebut. Penghasilan bebek akan lebih maksimal jika memiliki sawah di sekitar kandang bebek. Di sawah terdapat banyak sekali makanan si bebek.

Tentu dengan adanya sawah tersebut kita tidak perlu lagi memberikan makanan kepada si bebek, atau cukup hanya memberikannya sedikit makananan kepada bebek.

Cara Merawat Bebek Yang Baik Dan Benar

Artikel saya akan membahas bagaimana cara merawat bebek mulai dari anakan bebek sampai menjadi bebek dewasa dan tentunya menghasilkan. Umumnya bebek di pelihara untuk diambil telur atau dagingnya. Bebek dapat bertelur sekali dalam sehari. akan tetapi ada batasan waktu dimana bebek tidak  bertelur.

Nah pada saat itulah biasanya peternak bebek menjual daging bebeknya.Baiklah, Sebelum peternak bebek memulai usahanya, Peternak bebek harus menyiapkan terlebih dahulu mengenai pemahanam tentang kandang bebek, makanan ternak, bibit unggul, pemeliharan, hingga penjualan bebek.

Dengan menyiapkan pembelajaran tersebut, maka peternak bebek tidak akan terkejut ketika mengelola bebek dan dengan begitu pengelolahan bebek berjalan dengan baik dan lancar. Sebelum itu peternak bebek harus memahami waktu tertentu pemeliharan bebek seperti bagaimanakah cara merawat anak bebek ( 35 – 56 hari)

pemeliharan bebek daging ( 8 – 20 minggu keatas) dan bagaiman pemeliharan bebek petelur ( 20 minggu keatas). Masa produksi telur yang ideal bagi bebek petelur adalah 12 bulan. Produksi ideal telur bebek rata-rata bebek berkisar antar 250 – 300 an butir telur bebek per tahun dengan berat rata-rata 69 gram per butir telurnya.

Bebek petelur dapat menghasilkan jika sudah berusia 60 – 90 hari.Ingat bebek yang dapat bertelur hanya bebek perempuan saja. Satu bebek laki laki dapat membuahi semua bebek perempuan agar dapat bertelur terus. Jadi jika kamu memiliki banyak bebek laki laki lebih baik di jual saja. Berat badan bebek yang ideal untuk dapat di konsumsi yaitu 1,6 kg ke atas.

Dan disarankan untuk menjual daging bebek pada usia muda karena daging bebek pada usia muda lebih gurih dibandingkan daging bebek yang sudah berusia sangat tua sekali. Hal penting yang harus di perhatikan dalam merawat bebek. Mulai dari pangan, kandang, bibit, hingga penyakit.

Hal yang Harus di Perhatikan Dalam Merawat Bebek

1. Pemilihan Bibit Bebek Yang Baik Dan Benar

Pemilihan bibit bebek merupakan hal yang penting dalam merawat bebek. Jika bibit bebek yang seleksi sudah bagus, maka penghasilan bebek pun akan jauh lebih banyak di bandingkan dengan bibit bebek yang tidak unggul.

Berikut ini beberapa bebek-bebek unggul yang ada di Nusantara.

  1. Bebek Asahan ( Tanjung Balai)

    Ciri-Ciri : Warna badan hitam, cokelat dan putih. Warna moncong hitam. Penghasilan telur cukup tinggi.

  2. Bebek Mojosari (Mojosari Jawa Timur).

    Ciri-ciri : warna badan cokelat muda sampai cokelat tua, warna moncong hitam dan kaki berwarna hitam gelap.

  3. Bebek Alabio (Amuntai Kalimantan Selatan).

    Ciri-ciri : badan lebih besar dibandingkan bebek dari Tegal.

  4. Bebek Tegal (Tegal).

    Ciri-ciri : warna badan putih polos dan cokelat hitam, warna moncong dan kaki kuning atau hitam polos.

2. Ciri-Ciri Bebek Yang Berkualitas Bagus

Bebek yang kualitasnya baik, tentunya perlu diseleksi terlebih dahulu atau di pilih yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • calon bibit bebek atau anak bebek Sehat, lincah, gesit, tidak mengalami cacat tubuh, mata cerah, badan tidak kusam, bulu lembut dan alus, rongga bagian perut bila diraba terasa lembut dan halus, pusar kering, dan tidak radang pusar serta kaki tampak kokoh dan kokoh.
  • Bibit atau calon bibit bebek yang kualitasnya baik, tentunya perlu diseleksi atau dipilh yang mempunyai ciri-ciri sebagai contoh berikut ini :
    1. Bobot kurang lebih 38-40 gram.
    2. Berbulu bagus dan kering.
    3. Kedua matanya terbuka dan cerah.
    4. Anak bebek bergerak lincah.
    5. Pusarnya telah kering serta duburnya bersih.
    6. Tidak ada cacat pada kaki (pengkor).
  • bebek yang siap bertelur Sehat, tidak mempunyai cacat, mata bulat dan bersinar, warna badan seragam dan mengkilap, seperti ada minyaknya, lubang cloaca halus dan tidak berkeriput.
  • Calon induk petelur (layer) Sudah masuk kelamin (umur 5-5,5 bulan), syarat lainnya sama halnya dengan bebek dara siap bertelur, bentuk badan bulat dan bidang, perutnya lebar dan kenyal.
  • Calon pejantan bebek sehat dan tidak cacat, sudah berumur 12-15 bulan, kepala tidak terlalu besar, tetapi lebih besar daripada kepala itik betina, mata bulat dan cerah, bulu mengkilap seperti berminyak, bentuk badan memanjang dan dada lebih kokoh.

3. Pakan Dan Cara Menyusun pakan Yang Baik

Pakan bebek

Pakan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dalam merawat bebek. Seperti dikemukakan  Rohaeni dan Setioko pada tahun 2006, bahwa biaya pakan untuk pemeliharaan bebek Alabio berkisar antara 60 – 70% dari seluruh biaya produksi.

Pakan yang berkualitas sangat baik (cukup bergizi dan bahannya sangat murah), dapat diperoleh dengan cara emformulasikannya dan sesuai dengan perkembangan harga serta ketersediaan bahan pakan yang digunakannya.

Mencampur pakan sendiri dapat dilakuan menggunakan mesin pembuat pakan dengan beberapa jenis bahan, baik bahan baku pakan nabati (dedak halus, sagu, jagung kuning, bungkil kedelai, bungkil kelapa, dll.), maupun hewani (keong rawa, ikan kering, tepung ikan, kepala udang, cacing, dll.).

4. Beberapa Faktor Yang Perlu Di Perhatikan Dalam Penyediyaan Bahan Pakan Bebek

  1. Bahan pakan harus selalu tersedia secara menyeluruh di kandang, mudah di dapatkan, tidak bersaing dengan kebutuhan manusia dan yang pasti harganya murah.
  2. Bahan pakan yang di gunakan harus berkualitas baik, tidak rusak atau berjamur dan mengandung zat nutrisi yang di butuhkan bebek serta tidak berbau dan mengandung racun.
  3. Pakan bebek harus sesuai dengan jenis bebek, umur bebek dan tujuan memelihara bebek.

Berdasarkan informasi kandungan zat nutrisi makanan di atas, dapat tersusun beberapa alternatif formula pakan yang memenuhi standar kebutuhan bebek. Beberapa contoh makanan alternatif yang dapat di berikan kepada bebek, sebagai berikut :

1. Pakan anak bebek (starter) :

  1. Umur 7 – 14 hari, diberikan 6 gram dedak halus ditambah 6 gram jagung giling ditambah 3 gram konsentrat tepung ikan.
  2. Umur 21 – 42 hari, terdiri atas 20 gram konsentrat atau 30 gram tepung bekicot atau ikan kering.

2. Pakan bebek dara (grower) :

  1. Umur 42 – 56 hari, di berikan 30 gram dedak + 30 gram jagung kuning giling + 15 gram konsentrat atau 45 gram bekicot atau ikan kering.
  2. Umur 63 – 84 minggu, di berikan 70 gram dedak halus + 70 gram jagung kuning giling + 35 gram konsentrat atau 105 gram bekicot atau ikan kering.

5. Pemberian Pakan Untuk Bebek Yang Rontok Bulu (Molting)

Pada masa bertelur bebek di batasi oleh masa rontok bulu dan biasanya satu periode bertelur selama 180–210 hari, sementara rontok bulu berlangsung selama 60-90 hari dan 30 hari untuk istirahat bertelur. Pada masa tersebut produksi telur bebek terus menurun bahkan sampai tidak berproduksi.

Sementara itu konsumsi makannya lebih banyak, sehingga untuk mengatasi hal tersebut sebaiknya bebek di beri pakan yang murah (eceng gondok, dedak atau padi yang hampa). Setelah dua minggu pasca rontoknya bulu baru bebek di beri makan normal dengan makanan berkualitas.

Selain itu, untuk mempercepat rontok bulu, bebek sebaiknya di beri pakan yang komposisinya lebih banyak ikan asinnya. Rontok bulu adalah sebuah proses lepasnya bulu bebek  secara alami pada bebek betina dewasa saat masa reproduksi telur, sebagai akibat terdorong oleh tumbuhnya bulu baru.

Terjadinya rontok bulu adalah waktu istirahat bagi para bebek betina untuk menghasilkan telur dan sekalian melakukan regenerasi pada saluran reproduksi atau oviduk. Kejadian rontok bulu bebek ini bersifat alami pada bebek membuat para peternak berupaya membuat agar peliharaan ternaknya mengalami rontok bulu secara serentak atau

forced molting yang biasanya di lakukan peternak dengan pengambilan pakan dari kandang adalah memuasakan ternak dengan hanya di beri air minum saja atau pemberian makanan dengan jumlah yang sangat terbatas dan kualitas terendah. Kegiatan forced molting banyak yang menentang oleh para pencinta binatang,

karena termasuk kegiatan penyiksaan yang merupakan pelanggaran terhadap animal welfare. kejadian rontok bulu dengan produksi telur merupakan proses kejadian yang di kontrol oleh faktor lain yaitu hormon. Pada proses berhentinya produksi telur bebek terdapat perubahan kerja hormon-hormon reproduksi bebek tersebut.

Hormon prolaktin yang bertugas untuk pembentukan kerabang telur pada masa bertelur,akan beralih untuk pertumbuhan bulu pada saat berhenti bertelur. Tumbuhnya bulu-bulu baru pada bebek akan mendorong bulu-bulu lama lepas yang di sebut rontok bulu.

6. Perkandangan

Kandang Bebek

a. Lokasi Kandang Yang Tepat Untuk Bebek

Beternak bebek secara tertutup (sistem intensif) banyak memiliki keuntungan di bandingkan dengan pemeliharaan tradisional maupun semi intensif. Keuntungan tersebut antara lain :

lahan yang di perlukan tidak luas, dapat memelihara ternak dalam jumlah besar dengan pengawasan dan penanganan yang lebih mudah, tidak tergantung musim, produksi maksimal dan kotoran ternak dapat di manfaatkan sebagai pupuk. Beberapa persyaratan yang harus diperhatikan untuk membuat kandang bebek, antara lain:

  1. Pemilihan lokasi yang tepat. Pemilihan lokasi yang tepat dan memenuhi persyaratan untuk pembuatan kandang itik pedaging antara lain : Areal lahan atau tanahnya padat dan tidak berair atau becek dan Dekat dengan sumber air.
  2. Jauh dari kebisingan dan masyarakat.
  3. Transportasi mudah dan dapat di jangkau.
  4. Bahan kandang kuat dan harganya terjangkau.
  5. .Bahan dan penempatan kandang, bahan kandang yang di perlukan dalam pembuatan kandang bebek Alabio, tidak harus menggunakan bahan yang mahal, tetapi setidaknya di sesuaikan dengan kemampuan peternak, murah, kuat dan mudah di dapat.
  6. Perlengkapan kandang yang harus di perhatikan untuk kenyamanan ternak bebek yang di pelihara, antara lain : alat pemanas indukan (brooder) pada anak itik yang baru menetas, tempat pakan dan minum yang higienis dan tempat bertelur, serta alat penerangan (listrik).
  7. Ketersedian air yang memadai.

b. Bahan Kandang Untuk Bebek

Untuk bahan kandang bebek bisa terbuat dari kerangka kayu atau bambu kering, atap genteng dan lantainya pasir atau kapur.

c. Persyaratan Kandang Untuk Bebek Yang Baik Dan Benar

Ada beberapa persyaratan kandang bebek yang sehat dan nyaman, antara lain; tinggi kandang dari tanah sampai ke atap antara 1,5 sampai 2 meter, kandang di beri sekat atau petak dan di lengkapi dengan tempat umbaran. Kandang sebaiknya menghadap ke timur untuk memberikan sinar matahari masuk ke dalam kandang, sehingga kandang bebek menjadi terang.

Syarat-syarat kandang yang baik dalam merawat bebek :

  1. Kandang harus memberikan rasa aman dan nyaman pada bebek. Dengan itu, kandang di buat dengan rancangan dan konstruksi yang cukup bagus, sehingga bebek tidak merasa gelisah, tidak mudah stres dan dapat istirahat dengan tenang.
  2. Memiliki ventilasi udara yang baik agar kandang cukup mendapatkan sinar matahari dan udara segar, serta kandang di lengkapi dengan saluran drainase.
  3. Sebaiknya kandang tidak terletak di lokasi yang sibuk dan gaduh, karena bisa membuat bebek menjadi cepat stres.
  4. Lantai kandang di buat sebaik mungkin dengan dalam keadaan bersih dan kering.

d. Daya Tampung Kandang Untuk 100 Ekor Bebek :

Luas kandang harus di sesuaikan dengan jumlah dan umur bebek yang di pelihara. Patokan luas kandang yang di butuhkan untuk 100 ekor dan tingkat kepadatan kandang

  • Umur 1 hari – 14 hari 1 -2 meter.
  • Umur 2 – 4 minggu  2 – 4 meter.
  • Usia 28 – 42 hari 4 – 6 meter.
  • Umur 6 – 8 minggu 6 – 8 meter.
  • Umur 56 dan seterusnya 8 – 10 meter.
  • Bebek sampai umur 6 bulan 5 – 10 ekor/meter.

7. Tata Laksana Pemeliharaan Bebek Yang Baik Dan Benar

  • Pemeliharaan intensif ialah bebek secara menerus di kandang seperti ayam ras.
  • Perawatan semi intensif adalah bebek di pelihara di kandang yang ada halaman berpagar.
  • Pemeliharaan ekstensif : pemeliharaan yang berpindah-pindah.

Perbandingan antara jantan dan betina (sex ratio) adalah 1 : 10 dan di pilihlah bebek yang berproduksi tinggi.

8. Jenis Penyakit Dan Cara Mengatasi Pada Bebek

a. Lumpuh.

  1. Penyebab penyakit : Kekurangan asupan vitamin B.
  2. Tanda-tanda penyakit : Kaki bengkak di bagian persendian, jalan pincang atau lumpuh, kelihatan ngantuk, keluar air mata yang berlebihan.
  3. Pencegahan penyakit : Pemberian sayuran / hijauan dalam bentuk segar setiap hari.

b. Penyakit Cacing.

  1. Penyebab penyakit : Berbagai jenis cacing.
  2. Tanda-tanda penyakit : Nafsu makan bebek menurun, terkadang mencret, bulu terlihat kusam, kurus, dan produksi telur menurun.
  3. Pencegahan penyakit : Kandang harus bersih, kering tidak lembab, makanan dan minuman harus bersih dan sanitasi kandang.

c. Penyakit Berak Kapur.

  1. Penyebab penyakit : Bakteri Salmonella Pullorum.
  2. Tanda-tanda : Berak putih, lengket seperti pasta.
  3. Penanggulangan penyakit : kandang harus selalu di bersihkan, pakan, minum, di berikan vaksin, dan bebek yang sakit segera di pindahkan ke kandang lain.

 

Sekian dulu artikel saya tentang cara merawat bebek dengan baik dan benar, semoga ini bisa membatu anda dalam merawat bebek. Bila ada kata yang kurang berkenan di hati saya ucapkan mohon maaf sebesar besarnya,Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •