Assalamualaikum .Wr.Wb. Hallo teman – teman yang senang memasak atau yang suka di dapur paling tidak mengetahui apa saja macam macam tepung. Nah di artikel ini saya akan mengulas tentang macam macam tepung. Anda juga dapat mempelajari tentang Resep masakan rumahan.

Tepung adalah partikel padat yang berupa butiran halus yang trbuat dengan proses penggilingan. Biasanya tepung dapat berasal dari bahan nabati misalnya tepung terigu dari gandum, tapioka dari singkong atau hewani misalnya tepung tulang dan tepung ikan.

Mari langsung saja kita bahas mengenai macam macam tepung. Simak di bawah ini agar kalian yang belom mengetahui tentang macam macam tepung dapat mengetahuinya sekarang.

Macam Macam Tepung

Membuat kue bagi sebagian orang merupakan hal yang menyenangkan. Kue adalah salah satu makanan yang banyak digemari di kalangan masyarakat.

Salah satu bahan untuk membuat kue adalah tepung. Adapun macam macam tepung untuk membuat kue, yaitu :

1) Tepung Terigu

tepung terigu

Tepung terigu adalah salah satu dari macam macam tepung. Biasanya terbuat dari biji gandum yang di giling hingga berbentuk butirana yang sangat halus dan berwarna putih. Tepung ini sering digunakan untuk bahan membuat berbagai macam makanan termasuk kue salah satunya.

Untuk informasi saja kata terigu berasal dari bahasa portugis “trigo” yang memiliki arti “gandum”. Namun terdapat perbedaan antara gandum utuh dengan terigu. Jika gandum berwarna agak keclokatan dan mempunyai tekstur yang cenderung kasar, sedangkan terigu berwarna putih dan teksturnya halus.

Fungsi tepung terigu

Tepung terigu berfungsi sebagai bahan pengolahan makanan contohnya seperti kue salah satunya yang memiliki banyak manfaat. Meskipun dalam proses pengolahan terigu mengalami beberapa tahap namun tidak merubah nilai gizi yang terkandung di dalamnya.

Kandungan dari tepung terigu adalah karbohidrat yang cukup tinggi, protein, asam volat, vitamin E, dll. Secara garis besar tepung terigu dikelompokkan menjadi 3 jenis yaitu tepung terigu protein tinggi, protein sedang, protein rendah.

Untuk terigu protein tinggi cocok di gunakan untuk baham membuat roti dan mie. Terigu protein sedang cocok digunakan untuk bahan membuat berbagai macam makanan. Namun jika ingin membuat bakpao atau roti kering bahan yang cocok untuk membuatnya adalah terigu protein rendah.

2) Tepung Beras

tepung beras

Sama seperti namanya, tepung beras adalah tepung yang terbuat dari bahan baku beras yang di giling hingga menjadi butiran halus. Tepung beras merupakan tepung yang biasanya digunakan untuk bahan baku berbagai kue tradisional. Sering di juluki dengan julukan tepung untuk kue.

Penggunaan tepung beras dalam pembuatan kue akan menghasilkan tekstur yang renyah. Sehingga tidak heran lagi jika tepung beras sering dicampur dengan tepung terigu agar rasa kuenya pas.

Manfaat Tepung Beras bagi Kecantikan

Sudah sejak lama tepung beras dijadikan bahan untuk perawatan kecantikan alami oleh para wanita di daerah Asia. Mengapa demikian? Ternyata tepung beras dikenal sangat efektif dalam mengatasi masalah kulit pada wajah. Mari langsung saja kita simak mengenaii manfaat tepung beras bagi kecantikan :

a) Mengurangi Jerawat

Tepung beras dikenal sangat efektif dalam membasmi kuman yang dapat menyebabkan jerawat pada wajah. Selain itu bahan ini juga mengandung allantoin yang dapat membantu memperbaiki tekstur pada kulit.

Cara penggunaan yaitu : Buat maseker wajah dengan bahan tepung beras, madu, gel lidah buaya. Aduk bahan – bahan tersebut hingga tercampur rata dan berbentuk pasta. Aplikasikan pasta yang sudah jadi tersebut lalu pijat dengan halus pada bagian kulit wajah. Biarkan hingga 5 menit lalu bilas dengan air bersih.

b) Mencerahkan Kulit

Mineral yang terkandung pada tepung beras sudah menjadi salah satu cara tradisional untuk mencerahkan kulit. Cara penggunaan : Siapkan dalam wadah dan campurkan tepung beras, kunyit, air jeruk nipis. Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum menggunakan masker tersebut. Aplikasikan masker ke wajah lalu tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

c) Melawan Penuaan

Tepung beras adalah salah satu dari maca macam tepung yang dapat digunakan untuk melawan penuaan pada kulit wajah. Tepung beras mengandung anti-oksidan yang dapat membantu mengencangkan kulit kendur. Tepung beras juga kaya akan vitamin B yang membantu Regenerasi sel – sel wajah dan melawan penuaan pada wajah.

Cara penggunaan : Siapkan bahan tepung beras, putih telur, dan madu. Campurkan ketiga bahan tersebut. Lalu aplikasikan pada wajah anda yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan hingga beberapa menit hingga benar – benar kering. Angkat masker yang sudah kering dari wajah anda. Bilas dengan air dingin.

d) Menyamarkan Kantung Mata Yang Gelap

Tepung Beras merupakan salah satu dari macam macam tepung yang dapat digunakan untuk bahan mebuta masker untuk menyamarkan mata panda. Kandungan Asam Amino dalam tepung beras inilah yang mampu membantu menyamarkan mata pand dan mendinginkan mata secara lelah secara efektif.

Cara Penggunaan : Potong pisang hingga setengah lalu haluskan. Campurkan pisang yang sudah dihaluskan tadi dengan minyak jarak dan tepung beras. Aplikasikan pada area kantung mata dan diamkan hingga 15 menit. Bersihkan masker dengan kapas yang sudah di basahi menggunakan air bersih.

3) Tepung Garut

tepung garut

Garut merupakan salah satu jenis umbi yang kebanyakan masyarakat jawa menyebutnya ganyong. Tidak seperti jaman dahulu garut hanya digunakan untuk makanan pengganti. Sekarang garut sudah banyak dijadikan tepung. Tepung garut ini terkenal memiliki berbagai manfaat, yaitu :

  • Pengenyal makanan. Tepung ini banyak di gunakan untuk bahan olahan makanan unntuk mengeyalkannya. Beberapa resep makanan yang biasanya menggunakan tepung garut sebagai bahannya yaitu seperti : puding, es krim, gula – gula,dll.
  • Mengatasi sakit maag. Mengatasi penyakit maag ini dapat dengan menggunakan campuran tepung garut dengan susu. Tekstur lembut dalam tepung garut dapat membantu kerja lambung dan dapat dikonsumsi oleh pennderita penyakit maag.
  • Mengatasi luka. Mencampurkan tepung garut dengan air dan balutkan pada luka luar dapat membantu proses pengeringan luka tersebut. Dan penyembuhannya akan lebih cepat.
  • Mengatasi keracunan. Tepung garut juga dapat digunakan untuk mengatasi keracunan. Kandungan yang terdapat di dalam tepung garut dapat mengeluarkan zat – zat racun yang telah masuk pada sistem pencernaan. Sehingga tubuh akan lebih terhindar dari racun dan dapat lebih sehat.
  • Mengatasi diare. Diare dapat menyebabkan tubuh menjadi kekurangan cairan apabila tidak segera diatasi. Salah satu cara selain menggunakan daun jambu biji untuk mengatasi diare bisa juga menggunakan tepung garut.
  • Menambah energi. Sama seperti umbi garut, tepung garut juga memiliki berbagai kandungan yang di dalamnya. Mengkonsumsi makanan yang berbahan tepung garut dapat menambah energi pada tubuh.
  • Melancarkan aliran darah. Tepung garut juga mengandung zat besi. Zat besi dapat membantu proses regenerasi sel – sel darah merah dan dapat membantu aliran darah.
  • Menjaga kesehatan otak. Kandungan asam float yang terkandung sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Dan juga dapat menambah daya ingat serta meningkatkan kecerdasan otak.

4) Tepung Hunkwe

Tepung hunkwe merupakan tepung yangg terbuat dari pati kacang hijau. Warnanya putih, aromanya lumayan harum, namun memiliki tekstur yang lebih kasar jika dibandingkan dengan tepung terigu. Jika tepung ini dijadikan adonan maka hasil adonannya akan kenyal dan lentur.

Untuk cara membuat tepung hunkwe ini cukuplah mudah. Pertama siapkan kacang hijau sesuai takaran. Rendam kacang hijau selama 24 jam. Setelah 24 jam buang air rendaman lalu cuci dengan air bersih. Saat mencuci remas kacang hijau hingga kulitny terkelupas semua.

Sangrai kacang hijau lalu haluskan hingga halus, bisa menggunakan blender atau bahan yang lainnya.

5) Tepung Kentang

tepung kentang

Tepung kentang adalah tepung yang terbuat dari kentang. Sel akar dari tanaman kentang mengandung butiran tepung. Cara untuk membuat tepung kentang ini yaitu haluskan kentang. Butiran tepung yang terkandungnya akan keluar dari sel yang telah di hancurkan. Tepung tersebbut di cuci lalu di keringkan.

Tepung kentang ibi mempunyai ffungsi dan kegunaan. Salah satu fungsinya adalah sebagai bahan pengental. Selain berfungsi sebagai pengental, tepung kentang ini juga mempunyaii fungsi dann kegunaan yang lain, yaitu :

  • Sebagai salahsatu campuran untuk membuat berbagai macam olahn makanan.
  • Dapat membantu menambah rasa, tekstur, stabilitas, penampilan dan kenikmatan makanan untuk menjamin gizi yang aman.
  • Sebagai salah satu bahan campuran produksi kertas.

6) Tepung Maizena

Tepung Maizena

Tepung maizena merupaknan tepung yang terbuat dari bahan jagung sehingga mengandung karbohidrat yang cukup banyak. Tepung ini terbukti bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita penyakit celiac.

Sejak dulu tepung ini sudah banyak digunakan dalam proses industri dan untuk mencuci pakaian. Tepung ini juga dapat dijadikan bahan membuat biskuit, kue kering, roti, makanan bayi. Pada gorengan kegunaan tepung ini adalah membuat tekstur lebih crispy.

Selain itu tepung ini juga dapat diolah menjadi sirup jagung atau pemanis jenis lain. jika dicampurkan ke dalam adonan tepung ini dapat membantu dalam pembentukkan adonan dengan cara mencampur tepung dengan air.

Cara membuat tepung maizena yaitu rendam jagung sebagai baha utama dengan menggunakan air hangat sekitar 2 hari sehingga jagung dapat sedikit terfermentasi.

Setelah itu isii inti dari jagung dipisahka dari rendaman untuk dilarutkan dalam air agar mendapatkan pati jagung. Kemudian pati ini dikeringkan sehingga menjadi tepung maizena. Sisa dari produk proses ini juga dapat dimanfaatkan kembali sebagai bahan minyak jagung.

7) Tepung Custard

Tepung Custard

Tepung Custard adalah tepung yang terbuat dari campuran tepung kentang, gula, susu, dan kuning telur.dan bahan pengental yang lainnya. Bentuknya butiran halus berwarna agak kuning. Biasanya di kemas dalam box atau kaleng.

8) Tepung Ketan

tepung ketan

Tepung ketan adalah tepung yang biasanya terbuat dari beras ketan yang telah ditumbuk hingga halus. Tepung ketan biasanya digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat berbagai makanan. Tepung ini mengandung pati yang cukup tinggi.

Di dalamnya terdapat zat amilopektin yang membuat ketan menjadi kenyal. Cara  mengolahnya sama seperti tepung lainnya. Penyimpanan tepung ini harus benar – benar terbaik.

9) Tepung Gandum Hitam

Tepung Gandum Hitam

Gandum hitam biasanya digunakan untuk bahan membuat campuran membuat roti. Memang roti gandum biasanya terbuat dari gandum hitam asli. Manfaat dari gandum ini tidak diragukan lagi karena roti gandum banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Jangan khawatir akan peningkatan kolestrol pada tubuh karena roti gandum ini rendah kolestrol. Gandum hitam memiliki kandungan berupa :

  • Protein yang berguna untuk meregenerasi sel – sel mati yang berada pada tubuh untuk menciptakan sel baru
  • Vitamin B yang berfungsi untuk mencegah penyakit beri – beri.
  • Antioksidan yang berguna untuk mencegah penuaan dini
  • Zat besi yang berguna untuk membantu perkembangan otak.

Dari kegunaan dari kandungan yang ada dalam gandum hitam ini juga banyak manfaat yang bisa di dapatkan untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Manfaat Gandum Hitam :

Kaya Akan Serat

Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan gizi penting yang baik untuk pencernaan. Serat dapat melancarkan sistem pencernaan. Sehingga dapat membantu proses pembuangan sisa makanan yang tidak digunakan oleh tubuh dengan sempurna

Diabetes

Diabetes biasanya disebabkan oleh tingginya kadar gula pada tubuh yang melebihi batas normal. Penyakit ini harus segera ditangani karena jika tidak akan berakibat fatal. Biasanya penderita penyakit ini karena disebabkan oleh pengonsumsian makanan tau minuman yang banyak mengandung gula. Tapi jangan takut untuk mengkonsumsi gandum hitam ini karena ini rendah kolestrol.

Untuk Diet

Banyak wanita gemuk yang tidak percaya diri akan penampilan tubuhnya. Nah biasanya untuk para wanita ini akan berusaha untuk membuat badannya tidak gemuk lagi. Cara  yang sudah biasa dilakukan yaitu diet. Namun bagi yang sedang menjalankan program diet ini juga perlu mengetahui apa arti dari dier.

Diet adalah mengatur pola makan buka berhenti untuk makan terutama untuk makanan nasi. Nasi merupakan salah satu makanan pokok yang mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber energi. Bayangkan saja jika kita berhenti untuk makan nasi dengan alasan karena diet. Yang ada buka langsing namun malah akan sakit.

Untuk program diet ini kita juga harus berhati – hati. Walaupun sedang diet tetapi harus makan nasi dan mengganti cemilan dengan roti gandum misalnya,

Mencegah Kanker

Kanker merupakan sel – sel yang berada pada tubuh yang berkembang secara tidak terkendali. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit mematikan di dunia. Sudah banyak yang menyidap penyakit ini dan berujung pada kematian.

Jika sudah memasuki stadium lanjut memang penyakit ini sulit untk disembuhkan. Namun jika masih pada tahap awal ada kemungkinan besar untuk bisa sembuh. Kanker bisa disebabkan oleh pola makan yang kurang sehat, pola pikir dan kurang olahraga.

Salah satu makanan yang dapat mecegah timbulnya kanker  yaitu makanan yang dengan bahan gandum hitam. Nah untuk kalian yang ingin selalu sehat cobalah untuk mengkonsumsi gandum hitam.

Menyehatkan Jantung

Salah satu manfaat yang ampuh dari gandu hitam ini adalah dapat menyehatkan jantung. Fungsi jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh agar semua organ tubuh dapat menjalankan tugasnya dengan sempurna. Makanan yang berbahan dari gandum hitam misalnya roti gandum hitam dapat membantu menyehatkan jantung.

Maka tidak rugi jika kalian yang mau mengkonsumsi makanan sehat yang terbuat dari gandum hitam karena banyak sekali manfaat di dalamnya.

Kesehatan Kulit

Gandum hitam juga memiliki manfaat untuk kesehata pada kulit. Kulit juga memerlukan nutrisi untuk menghasilkan kulit yang nampak sehat. Dalam gandum hitam mengandung vitamin E yang berfungsi untuk menyehatkan kulit.

Demikian artikel dari saya tentang macam macam tepung yang ada di Indonesia, semoga bermanfaat. Terimakasih bagi yang sudah menyempatkan waktu untuk mampir di artikel saya ini . Wassalamualikum. wr.wb.